KASKUS

Ini gaji jokowi setelah jadi gubernur dki

Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta seolah menjadi jabatan paling prestisius di seantero provinsi di Tanah Air. Apakah yang mereka cari? Tahukan Anda berapa gaji dan pendapatan seorang Gubernur Ibu Kota?

Sekretaris Nasional Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran ( FITRA), Ucok Sky Khadafi menegaskan, selain mendapatkan gaji dan tunjangan, seorang Gubernur dan Wakil gubernur juga mendapatkan tunjangan untuk operasional hariannya.

"Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 59 Tahun 2000 Tentang Hak Keuangan/Administratif Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah Dan Bekas Kepala Daerah/Bekas Wakil Kepala Daerah Serta Janda/Dudanya menetapakan bahwa gaji seorang gubernur adalah sebesar Rp3.000.000 per bulan, dan wakil gubernur sebesar Rp2.400.000," katanya

Namun, selain gaji seorang Gubernur dan Wagub berhak mendapatkan tunjangan jabatan sebagaimana diatur Keputusan Presiden Nomor 168 Tahun 2000 tentang Tunjangan Jabatan Bagi Pejabat Negara Tertentu. Gubernur mendapat tunjangan sebesar Rp5.400.000 per bulan dan untuk wagub Rp4.320.000 per bulan. Sehingga, jika diakumulasi total pendapatan setiap bulan bagi gubernur sebesar Rp8.400.000 dan bagi wagub Rp6.720.000.

Jika dilihat secara nominal, jumlah uang yang diterima gubernur dan wagub dari gaji dan tunjangan jabatannya terbilang kecil. Namun, kata Ucok, lagi-lagi tak cuma dari situ orang nomor satu dan dua mendapatkan penghasilan.

"Di DKI Jakarta, tunjangan operasional seorang gubernur dan wagub dianggarkan sebesar Rp17,6 miliar untuk tahun 2012," jelasnya. Alokasi tersebut, tambah dia, masuk dalam jenis belanja tidak langsung. Dimana pemanfaatan anggaran ini tidak langsung bersentuhan dengan masyarakat, atau tidak diperoleh masyarakat.

"Dengan demikian, dalam setiap bulannya, seorang gubernur dan wagub mendapatkan tunjangan operasional sebesar Rp1,4 milar," katanya.

Tunjangan operasional tersebut, kata Ucok, mencapai hampir 100 kali lipat dari gaji dan tunjangan yang diterimanya. Hal inilah, menurut Ucok, yang membuat DKI Jakarta berbeda dengan provinsi-provinsi lain. Hal ini pula yang menggoda para politisi untuk bisa menduduki kursi nomor satu dan dua di Pemprov DKI Jakarta.

"Makanya banyak yang 'ngiler' ingin menjadi Gubernur di Jakarta, karena gaji besar, dan sebagai tidur saja seorang Gubernur bisa menerima gaji bersih. Karena perputaran uang di Jakarta besar sekali." pungkasnya.

Dari data itu, maka dalam sebulan, seorang Gubernur DKI Jakarta akan menerima take home pay sekira Rp743.400.000, sedangkan seorang wakil Gubernur menerima Rp741.720.000, belum termasuk gaji resmi yang mereka terima.

Spoiler for sumber:
Beuh. . . Banyak banget gan duitnya!
Quote:Original Posted By iNhetwoRK
Beuh. . . Banyak banget gan duitnya!


ya bgitu lah gan. semoga aja jokowi-ahok bisa merubah nasib jakarta


gpp , klo d lihat kinerja jokowow, masi ok lah. dari pada
fokemon. udah dibayar mahal2 hasilnya gak ada.

Quote:Original Posted By liukangmk
gpp , klo d lihat kinerja jokowow, masi ok lah. dari pada
fokemon. udah dibayar mahal2 hasilnya gak ada.



bnra gan. semoga aja kinerja jokowi bisa buat jakarta ngga banjir lagi

gak ada di undang - undang tentang Fasilitas..... cuma akal-akalan orang luar/dalem biar dapet lebih
Quote:Original Posted By Raniely
gak ada di undang - undang tentang Fasilitas..... cuma akal-akalan orang luar/dalem biar dapet lebih



semoga gaji ama kinerja bisa seimbang gan
Euuh, itu duit apa daun
Quote:Original Posted By AngelMalaika
Euuh, itu duit apa daun



duit itu gan. tanya aja ama jokowi
banyaknya
Quote:Original Posted By miracle.gadget
banyaknya




nggak masalah yg penting kerjanya bener
lagian pak joko waktu di solo gak pernah ambil gaji, beliau dah kaya
alhamdulilah dah.
Quote:Original Posted By kopitesasli
nggak masalah yg penting kerjanya bener
lagian pak joko waktu di solo gak pernah ambil gaji, beliau dah kaya


tambahan aja gan: Program MRT sudah 26 tahun digantung. sejak jokowi-ahok menjadi gubernur dan wakil gubernur. Akhirnya program MRT disetujui



Uang banyak atau sedikit akan dipertanggung jawabkan penggunaan dan asal muasalnya
gapapa kalo buat bayar jokowi dan ahok
Quote:Original Posted By liukangmk
gpp , klo d lihat kinerja jokowow, masi ok lah. dari pada
fokemon. udah dibayar mahal2 hasilnya gak ada.



setuja gan
Quote:Original Posted By mangli5
banyak bgt gan gajinya









menurut ane gan. ada perubahan sejak jokowi-ahok tapi belum keliatan jelas. tunggu beberapa tahun lagi

hampir 1 M gan,
bnyak yh gaji pak jokowi,
ke pengen gurbernur nih gw :
semoga dengan uang sebanyak itu mereka bisa berikan yang terbaik
×