KASKUS

Lightbulb Cara Agar Mudah Mengingat Pelajaran






Ada cara mudah yang bisa kamu lakukan agar bisa mengingat pelajaran. Bagaimana? Inilah 10 cara agar mudah mengingat pelajaran:

1. Membaca
Membaca merupakan kunci belajar supaya kamu memahami. Bacalah materi baru 2 kali dalam sehari, yaitu sebelum dan sesudah materi itu diterangkan. Otak yang sudah mengolah materi itu sebanyak 3 kali bakal tersimpan cukup lama di otak kamu.

2. Memahaminya
Belajar yang benar itu bukan sekadar menghapal, tapi harus memahaminya. Kamu boleh saja menghafal 100% semua detail pelajaran, tapi yang lebih penting adalah apakah kamu memahami semua semua materi yang di hafal itu? Agar yang dipelajari itu tidak cepat dilupakan, alangkah baiknya untuk memahami dulu garis besar materi pelajaran sebelum kamu menghafal.

3. Mencatat hal-hal penting
Kamu harus mengambil intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci itulah yang nanti berguna saat ujian nanti karena kamu sudah mengingatnya. Dengan mencatat hal-hal penting itu, sebagian besar akan kamu ingat.

4. Menghafalkan kata-kata kunci
Terkadang, kamu diharuskan menghafal materi yang begitu banyak. Namun ada cara untuk menyiasatinya yaitu denga membuat kata kunci. Buatlah kata-kata kunci dari setiap hafalan agar mudah diingat pada saat otak kamu memanggilnya. Misalnya, kata kunci untuk nama warna pelangi adalah ‘Mejikuhibiniu’, yang artinya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

5. Pilih waktu belajar yang tepat
Belajar yang paling enak adalah pada saat badan kamu masih segar. Waktu belajar yang dilakukan setiap orang itu berbeda-beda. Tapi biasanya, pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Kamu bisa memanfaatkan waktu ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah.

6. Bangun suasana belajar yang nyaman
Banyak hal yang bisa membuat suasana belajar kamu nyaman, Salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu memilih tempat yang sunyi agar bisa berkonsentrasi. Namun ada juga orang yang belajar sambil mendengarkan musik kesukaannya. Berbagai cara tersebut bisa kamu lakukan asalkan bisa membuat nyaman dan tetap berkonsentrasi.

7. Membentuk kelompok belajar
Jika bosan belajar sendiri, maka kamu bisa membentuk kelompok belajar. Buatlah kelompok belajar yang beranggotakan 5 orang. Kemudian, setiap orang secara bergilir menerangkan materi yang dikuasainya kepada seluruh anggota lainnya. Suasana belajar seperti ini tentunya akan terasa nyaman dan seru.

8. Melatih kemampuan
Pada setiap akhir bab pelajaran, biasanya selalu diberikan soal-soal latihan. Tanpa perlu menunggu perintah dari guru, kamu bisa langsung menjawab semua pertanyaan tersebut dan periksa sejauh mana kemampuan yang kamu miliki. Jika ada yang kurang jelas mengenai pertanyaannya, maka kamu bisa bertanya pada guru.

9. Mengembangkan materi yang sudah dipelajari
Jika kamu sudah mengulang materi dan menjawab soal, maka jangan langsung menutup buku. Kamu bisa membuat pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan dan mintalah bantuan guru untuk menjawabnya. Jika belum merasa puas, maka kamu bisa mencari jawabannya dari buku atau internet. Cara ini bisa dilakukan agar kamu selalu berpikir ke depan dan kritis.

10. Beristirahat
Belajar boleh-boleh saja tapi jangan sampai lupa juga menyediakan waktu untuk beristirahat. Setelah 30-45 menit belajar di rumah, kamu harus segera beristirahat untuk melemaskan badan dan pikiran. Jangan memaksakan belajar jika pikiran sedang suntuk karena hanya membuang waktu kamu saja.

Itulah cara agar mudah mengingat pelajaran. Jika menerapkan itu dalam kehidupan sehari-hari, maka akan lebih mudah mengingat pelajaran di sekolah. Selain itu, saat ujian tiba kamu tak usah mempelajari semua materi karena beberapa materi pelajaran sudah di kuasai.


Quote:Cendolnya gan.. bila bermanfaat dan

Quote:Menolak

koment kaskuser :

Quote:Original Posted By thememe
tambahan deh ya gan, memgajari teman pelajaran ternyata membantu loh, selain dapat pahala, bisa memperkuat ingatan gan


Quote:Original Posted By apriliannote
tambahan gan, nyari teman'' yg pinter n rajin
biar jadi ketularan pinter n rajin


Quote:Original Posted By fluupy
menurut ane ada tambahan gan
sebisa mungkin kita menyukai pelajaran yang akan kita pelajari, karena kalo dari awal udah ga minat dan ga suka ma pelajarannya, malah sulit untuk mengingatnya




nice share gan.. ane praktekin ah
ninggalin jejak sekalian bukmark
makasih gan infonya, berguna banget buat ane

wew

jutaan orang memperebutkan pertamax. nice infoh gan

Thumbs up 


nice trit
banyak membaca samadengan banyak ilmu
mantap inpohnya gan...

klo ane c biasanya buku pelajarannya d bakar trus abunya d campur aer lalu minum deh gan..
pasti dh ...???

nice inpo gan...
Nice theard
infonya berguna sekali... selanjutnya tinggal d praktekin aja.
ane coba ye gan
Kalo ane sih belajarnya SKS ( Sistem Kebut Semalam) kalo mau ujian gan, hahaha
paling sip belajar sama orang yang uda paham gan xD
Intinya sih be passionate gan, mempelajari sesuatu kalo disertakan dgn passion yg kuat pasti sesulit apapun kita bakal ttp enjoy ngejalaninnya. Cocok nih gan buat ane yg tar lagi mau UN doain yak
Kalo ane sih langsung istirahan gan
Ane malas baca gan
Mejeng dulu di pejwan
kata guru ane dulu, "gak ngerti gpp, yg penting paham"..


keep posting...

...
5 Tahapan Jadi Dokter
Nice to Know
Rahasia di Balik Ujian
thread Motivasi
Pengalaman Malam Pertama
ane setuju gan.... benar2 membantu
kalo ane sih biasanya ngafalinnya habis subuh gan. di jamin cepet deh hafalnya
nice trit gan... ane coba praktekin ah
boleh nih d coba gan