KASKUS

[ASK]RAHASIA MILITER INDONESIA???

terimakasih atas jawabannya semua...
jadi intinya mungkin semua negara punya rahasia masing2 yang memang datanya tidak semua dibuka ke ruang publik...terutama masalah alutsista
meskipun sekarang jamannya keterbukaan, apalagi bila berhubungan dengan anggaran...

TS Tidak ada maksud macam2, hanya prihatin dengan data2 alutsista TNI pada khususnya yg menggambarkan akan usia yg uzur dan keterbatasan... dan berharap TNI punya sesuatu yg lebih dari ini
walaupun secara personel dan semangat juang sudah tidak usah diragukan lagi kemampuan TNI

terimakasih... best regards
Quote:Original Posted By king_zurga_1
TS ingat saja pasal 17 ayat c UU KIP
Setiap Badan Publik wajib membuka akses bagi setiap Pemohon Informasi Publik untuk mendapatkan Informasi Publik, kecuali :
..
c. Informasi Publik yang apabila dibuka dan diberikan kepada Pemohon Informasi Publik dapat membahayakan pertahanan dan keamanan negara, yaitu:
1. informasi tentang strategi, intelijen, operasi, taktik dan teknik yang berkaitan dengan penyelenggaraan sistem pertahanan dan keamanan negara, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengakhiran atau evaluasi dalam kaitan dengan ancaman dari dalam dan luar negeri;

Dalam penjelasannya, yang dimaksud dengan “Informasi yang terkait dengan sistem pertahanan dan keamanan negara” adalah Informasi tentang:

- infrastruktur pertahanan pada kerawanan: sistem komunikasi strategis pertahanan, sistem pendukung strategis pertahanan, pusat pemandu, dan pengendali operasi militer;

- gelar operasi militer pada perencanaan operasi militer, komando dan kendali operasi militer, kemampuan operasi satuan militer yang digelar, misi taktis operasi militer, gelar taktis operasi militer, tahapan dan waktu gelar taktis operasi militer, titik-titik kerawanan gelar militer, dan kemampuan, kerawanan, lokasi, serta analisis kondisi fisik dan moral musuh;

- sistem persenjataan pada spesifikasi teknis operasional alat persenjataan militer, kinerja dan kapabilitas teknis operasional alat persenjataan militer, kerawanan sistem persenjataan militer, serta rancang bangun dan purwarupa persenjataan militer;

2. dokumen yang memuat tentang strategi, intelijen, operasi, teknik dan taktik yang berkaitan dengan penyelenggaraan sistem pertahanan dan keamanan negara yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengakhiran atau evaluasi;

3. jumlah, komposisi, disposisi, atau dislokasi kekuatan dan kemampuan dalam penyelenggaraan sistem pertahanan dan keamanan negara serta rencana pengembangannya;

4. gambar dan data tentang situasi dan keadaan pangkalan dan/atau instalasi militer;

5. data perkiraan kemampuan militer dan pertahanan negara lain terbatas pada segala tindakan dan/atau indikasi negara tersebut yang dapat membahayakan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan/atau data terkait kerjasama militer dengan negara lain yang disepakati dalam perjanjian tersebut sebagai rahasia atau sangat rahasia;

6. sistem persandian negara. Dalam penjelasannya yang dimaksud dengan “sistem persandian negara” adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan pengamanan informasi rahasia negara yang meliputi data dan informasi tentang material sandi dan jaring yang digunakan, metode dan teknik aplikasi persandian, aktivitas penggunaannya, serta kegiatan pencarian dan pengupasan informasi bersandi pihak lain yang meliputi data dan informasi material sandi yang digunakan, aktivitas pencarian dan analisis, sumber informasi bersandi, serta hasil analisis dan personil sandi yang melaksanakan;

7. sistem intelijen negara. Dalam penjelasannya yang dimaksud dengan “sistem intelijen negara” adalah suatu sistem yang mengatur aktivitas badan intelijen yang disesuaikan dengan strata masing-­masing agar lebih terarah dan terkoordinasi secara efektif, efisien, sinergis, dan profesional dalam mengantisipasi berbagai bentuk dan sifat potensi ancaman ataupun peluang yang ada sehingga hasil analisisnya secara akurat, cepat, objektif, dan relevan yang dapat mendukung dan menyukseskan kebijaksanaan dan strategi nasional.



kalo tiap beli alutsista belinya borongan dan grosiran ya gapapa kalo sebagian disembunyikan atau dirahsiakan tapi kalo beli ngeteng apa yang mau diumpetin
terus kalo udah tahu buat apa? Yang penting ts bisa beraktifitas dengan lancar kan?
kayak nya gak ada tu RAHASIA2 an
Quote:Original Posted By amsorigame
kalo tiap beli alutsista belinya borongan dan grosiran ya gapapa kalo sebagian disembunyikan atau dirahsiakan tapi kalo beli ngeteng apa yang mau diumpetin


he,he.. iya yah... selama ini belinya ketengan, jadi ketauan belinya berapa
unit, apa aj yang dibeli...

Quote:Original Posted By toonarm
terus kalo udah tahu buat apa? Yang penting ts bisa beraktifitas dengan lancar kan?

justru TS berharap negara kita masih punya "sesuatu" sebagai kejutan buat siapaun yg mencoba mengganggu NKRI... klo menurut data2 kan militer kita alutsistanya aga kelimpungan (armada tua dan kurang unit)


Quote:Original Posted By ghilang27
kayak nya gak ada tu RAHASIA2 an

berarti kekuatannya emang segitu-gitu nya?? sesuai data....

@ Ts .. Baju ente ukuran brp?
Quote:Original Posted By we supratman
@ Ts .. Baju ente ukuran brp?


pertanyaannya terlalu kekanak2an ya... mohon maaf
Quote:Original Posted By AnggaLLAH


pertanyaannya terlalu kekanak2an ya... mohon maaf


pahami pertanyaannya bukan dari yang tersurat.. tapi dari apa yang tersirat..
Jangan ada rahasia diantara kita gan
BNV?
Rahasia tetep rahasia, gak akan ada yang tau. kalo dipublikasi ya bukan rahasia lagi dong
Quote:Original Posted By Novemb
Rahasia tetep rahasia, gak akan ada yang tau. kalo dipublikasi ya bukan rahasia lagi dong


itu maksud TS... sangat berharap Indonesia masih punya "sesuatu" yg tidak dipublikasikan....
bukankah "kerahasiaan" sangat berperan penting dalam dunia militer

Pastinya gak semua hal bisa diungkapkan ke publik gan,...
Quote:Original Posted By toonarm
terus kalo udah tahu buat apa? Yang penting ts bisa beraktifitas dengan lancar kan?


Semua ada bagian2nya yg sudah disusun seproporsional mungkin sesuai karakter tiap pengembannya, lakuin aj yg terbaik buat negri ini. "Negara" juga ga perlu tau kan HP lu ada berapa biji...

Kan sekarang jamannya keterbukaan.. Alutsista dibeli dari udang rakyat. Semua 'rakyat' (ga tau rakyat yg mana), termasuk para LSM minta kemenhan membuka pembelian alutsista selebar-lebarnya ke 'rakyat', termasuk invoice dan item detail nya

Sekarang apa yg bisa diharapkan dari menyimpan TOP SECRET?
yg namanya rahasia ya hanya yg bersangkutan dan tuhan yg tau...
Quote:Original Posted By we supratman
@ Ts .. Baju ente ukuran brp?


pake strada hitam apa innova om?
Quote:Original Posted By namasayainsan


Semua ada bagian2nya yg sudah disusun seproporsional mungkin sesuai karakter tiap pengembannya, lakuin aj yg terbaik buat negri ini. "Negara" juga ga perlu tau kan HP lu ada berapa biji...



setubuh!
Quote:Original Posted By Mirror2
Kan sekarang jamannya keterbukaan.. Alutsista dibeli dari udang rakyat. Semua 'rakyat' (ga tau rakyat yg mana), termasuk para LSM minta kemenhan membuka pembelian alutsista selebar-lebarnya ke 'rakyat', termasuk invoice dan item detail nya

Sekarang apa yg bisa diharapkan dari menyimpan TOP SECRET?


iya sih gan, tapi kan masa data2 militer & intelejen harus dibuka juga? karena alasan jaman keterbukaan...
nanti klo dibuka semua kekuatan militer benar2 bisa diukur dong...

Kalo mau tahu rahasia alutsista, sering2 perhatiin tuh anggota dpr...
kadang ngomong keceplosan... tapi ente harus tahu tanda2 bedain hoax sama yg beneran.

Kalo gak perhatiin aja laporan2 lembaga negara kayak laporan anggaran di kemenkeu, dsb...

Menurut ane yg rahasia itu kenapa meriam S60 menurut sesepuh2 di sini sakti mandraguna. Kesaktiannya itu wujudnya apa?
×