KASKUS

Anda Bertanya, Apoteker cenok Menjawab. Konsultasi Obat Gratis.

Hi agan agan kaskuser semua, perkenalkan nama saya Erna, profesi saya Apoteker.
Perkenankan saya membuka thread konsultasi masalah farmasi/obat2an di sini.
Bagi agan-agan mau konsultasi atau curhat mengenai obat, langsung aja tanyakan di sini....
Misal agan abis periksa ke dokter dapet resep, bisa agan tanyakan di sini fungsi obatnya, cara mengkonsumsi, dll.

Selama ini banyak orang yang tidak memahami betul obat yang dikonsumsi, apakah cara minum, cara penyimpanan, interaksi obat, dll oleh karena itu saya ingin berbagi pengetahuan tentang dunia farmasi. Saya akan berusaha membantu agan semampu saya.
Tapi khusus masalah yang berhubungan dengan obat aja ya gan, jangan tanya masalah penyakit krn saya bukan dokter

Ok semoga thread ini bermanfaat
halo, mau tanya apakah ada obat yg bisa menurunkan detak jantung secara cepat ya ? krn saat ini saya ada sakit jantung lemah, dimana terkadang jantung berdebar2 dan itu bisa bertahan sampai 1 hr 1 malam.

yang kedua saya mau tanya apa ada efek samping buruk dari obat tidur clozaril 25mg ? terkadang saya pakai untuk tidur, tetapi saya tdk ada sakit kejiwaan ya

thanks
apakah anda ada informasi bagaimana mendapatkan obat-obatan sitostatika seperti 6-MP dan Hydrea?

di beberapa tempat, termasuk apotek besar sering tidak ada stok dan untuk mendapatkannya seringkali dipersulit dengan membutuhkan resep dokter spesialis konsultan, padahal dokter spesialis konsultan hanya ada di kota besar. Hal ini sangat menyulitkan untuk pasien-pasien di daerah.

terima kasih.
[QUOTE=sancomp33;5105da8e1cd7197f6c00000a]halo, mau tanya apakah ada obat yg bisa menurunkan detak jantung secara cepat ya ? krn saat ini saya ada sakit jantung lemah, dimana terkadang jantung berdebar2 dan itu bisa bertahan sampai 1 hr 1 malam.

yang kedua saya mau tanya apa ada efek samping buruk dari obat tidur clozaril 25mg ? terkadang saya pakai untuk tidur, tetapi saya tdk ada sakit kejiwaan ya

thanks [/QUOT

untuk jantung lemah kalo boleh saya tau tensi dan EKG nya bagaimana? dan apakah pernah dikonsultasikan ke dokter? Bila belum sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.
Berdebar-debar bukan lemah jantung.
Lemah jantung bisa disebabkan :
1.Kerusakan fungsi jantung akibat darah tinggi atau serangan jantung.
2.Kelebihan tekanan pada jantung.
3.Terdapat penyekatan aliran darah dari jantung seperti aortic stenosis.
4.Gangguan degupan jantung.
5.Penyakit lain yang dapat menyebabkan aliran darah melemah, misalnya anemia.

Jantung berdebar : bisa karena konsumsi obat/minuman yang mengandung caffein dan karena psikis.

Efek samping dari clozaril/clozapin :
Granulositopenia dan agranulositosis, leukositosis, eosinifilia, fatigue, pusing, sedasi, mulut kering, penglihatan memudar, gangguan pengaturan keringat dan temperatur, hipersalivasi, takikardia, hipotensi postural, hipertensi, depresi saluran nafas, mual, muntah, konstipasi, inkontinens urin dan retensi urin.
Takikardi terjadi bisa disebabkan karena konsumsi clozaril 25. Takikardi = denyut jantung lebih cepat dari normal.
Halo gan. Numpang nanya ya

Ane punya anak umur 15bulan. Udah 6 hari demam (kadang sampe 39 celcius), batuk. Har sabtu kmrn ke dokter terus di kasih obat 3 macem dan disuruh inhalasi 3 hari berturut2.

Abis di inhalasi,muntah2 berlendir.mungkin dahaknya mulai pada keluar. Tapi sampe sekarang masih suka demam.

Yg mau ane tanyain, boleh ga anak ane di kasih minum air degan buat ngeluarin racun di badannya? Apakah ntar ada kontradiksi sama obat yg udah d kasih dokter?

Mohon pencerahannya ya gan
Quote:Original Posted By Fireapi
apakah anda ada informasi bagaimana mendapatkan obat-obatan sitostatika seperti 6-MP dan Hydrea?

di beberapa tempat, termasuk apotek besar sering tidak ada stok dan untuk mendapatkannya seringkali dipersulit dengan membutuhkan resep dokter spesialis konsultan, padahal dokter spesialis konsultan hanya ada di kota besar. Hal ini sangat menyulitkan untuk pasien-pasien di daerah.

terima kasih.


6-MP dan Hydrea memang sudah jarang dan sulit ditemukan, terutama untuk 6-MP(mercaptopurin) sy jarang dan hampir tidak pernah menerima resep tersebut. Hydrea masih ada alternatif pengganti merk dagang lain yang lebih mudah didapatkan dimana kandungan/isi sama persis dengan hydrea yaitu cytodrox dan hydroxyurea medac. Sebaiknya agan menginfokan kepada dokter yang menangani jika sangat sulit mendapatkan hydrea dan ada alternatif lain yang kandungannya sama.
obat yang manjur untuk batuk + flu apa ya gan? sudah 1 minggu gak sembuh2, padahal sudah ke dokter
Quote:Original Posted By apriwansyah
Halo gan. Numpang nanya ya

Ane punya anak umur 15bulan. Udah 6 hari demam (kadang sampe 39 celcius), batuk. Har sabtu kmrn ke dokter terus di kasih obat 3 macem dan disuruh inhalasi 3 hari berturut2.

Abis di inhalasi,muntah2 berlendir.mungkin dahaknya mulai pada keluar. Tapi sampe sekarang masih suka demam.

Yg mau ane tanyain, boleh ga anak ane di kasih minum air degan buat ngeluarin racun di badannya? Apakah ntar ada kontradiksi sama obat yg udah d kasih dokter?

Mohon pencerahannya ya gan


hallo juga,
Lebih baik tidak usah campur2 dengan air degan gan, jika badannya masih demam berikan obat penurun panas saja yang kandungannya paracetamol/ibuprofen. Obat dari dokter tetap diminumkan saja, antibiotika diminumkan terus sampai habis.
Semoga bisa membantu,
wah boleh nih....
gan klo mau beli obat generik dalam jumlah besar (natrium diclofenac 25mg)
bisa beli dmn yah???

cz malu juga, mondar2ir apotek gan, cuma buat bli tuh obat....
Quote:Original Posted By xTr33m
obat yang manjur untuk batuk + flu apa ya gan? sudah 1 minggu gak sembuh2, padahal sudah ke dokter


Pemilihan obat batuk disesuaikan dengan jenis batuknya gan, bila batuk kering pilih obat batuk yang ada komposisi dextrometorpan dan biasanya sudah terfomulasi dengan anti alerginya (dexchorphenamin maleat, ctm) untuk gatal di tenggorokan.
pada kemasan obat2 batuk biasanya sudah tertulis indikasi untuk jenis batuknya. bila batuk dahak bisa OBH, GG, ambroxol, bromhexin dsb.
Semoga bisa membantu..
Quote:Original Posted By rookie01
wah boleh nih....
gan klo mau beli obat generik dalam jumlah besar (natrium diclofenac 25mg)
bisa beli dmn yah???

cz malu juga, mondar2ir apotek gan, cuma buat bli tuh obat....


Gan kalo boleh tanya, emang buat apa gan kok beli obat nyeri sebanyak itu. Maaf ya gan soalnya obat nyeri hanya boleh diminum pada saat keluhan aja jika sudah tidak ada nyeri ya harus dihentikan. Minumnyapun harus setelah makan karena efek samping mengiritasi lambung.
Pembelian obat keras (termasuk Na diklofenak) dilayani di apotek baik apotek di RS, klinik ataupun apotek yg berdiri sendiri itupun menggunakan resep dokter karena termasuk obat keras.
Trims ya gan semoga bermanfaat.

alergi

gan, obat alergi yg cocok buat saya ap y? kayaknya gw alergi susu whey nih, abis minum susu hi-protein gitu selam 3 hari mulai muncul bintik2 merah, awalnya ditangan terus sampe badan.. sdh 1 minggu berhenti minum tuh susu..
Quote:Original Posted By kevintanamal
gan, obat alergi yg cocok buat saya ap y? kayaknya gw alergi susu whey nih, abis minum susu hi-protein gitu selam 3 hari mulai muncul bintik2 merah, awalnya ditangan terus sampe badan.. sdh 1 minggu berhenti minum tuh susu..


konsumsi susu whey dihentikan karena pencetus alergi,
obat alergi...bisa agan beli obat yang kandungannya :
1.dexchlorpheniramin maleat minum 3x sehari
2.homochlorcyclin hcl minum 3x sehari
3.mebhydrolin napadisylate, minum 3x sehari
minumnya salah satu dari 3 obat di atas ya....biasanya yang mudah di dapat di apotek2 mebhydrolin napadisylat.
trims ya gan, semoga bermanfaat...
Ane seminggu yg lalu beli cuka apel di apotek trus ane bikin ramuan resep olahan cuka apel pake perasan jahe, bawang putih sama jeruk lemon (lemon mahal bgt skrg ). Katanya ramuan itu baik untuk turunin hipertensi sama kontrol kolesterol jantung (soalnya saudara ane ada yg berhasil).

Cuman karena sifat dan rasanya yg asem apakah bisa berpengaruh sama lambung? Trus bener ga efek cuka apel yg katanya bagus untuk kontrol kolesterol, soalnya ane blom nemu penelitian yg lebih mendalamnya. Selama ini ane minum habatussaudah, bisa ga minum ramuan cuka apel itu sama habatussaudah di barengin? Atau harus dipisah atau hanya boleh pilih salah satu aja?

Makasih banget untuk jawabannya..
mau tanya soal obat penghilang bekas luka meilibahenling yang di jual di apotik sama situs2 online itu bener gak sih gan?
Quote:Original Posted By red_gear
Ane seminggu yg lalu beli cuka apel di apotek trus ane bikin ramuan resep olahan cuka apel pake perasan jahe, bawang putih sama jeruk lemon (lemon mahal bgt skrg ). Katanya ramuan itu baik untuk turunin hipertensi sama kontrol kolesterol jantung (soalnya saudara ane ada yg berhasil).

Cuman karena sifat dan rasanya yg asem apakah bisa berpengaruh sama lambung? Trus bener ga efek cuka apel yg katanya bagus untuk kontrol kolesterol, soalnya ane blom nemu penelitian yg lebih mendalamnya. Selama ini ane minum habatussaudah, bisa ga minum ramuan cuka apel itu sama habatussaudah di barengin? Atau harus dipisah atau hanya boleh pilih salah satu aja?

Makasih banget untuk jawabannya..


maaf gan ane blm pernah konsumsi cuka apel sebelumnya dan belum mengenal lebih dalam. Olahan apel yang difermentasi alami yang terjadi pada cuka apel mampu menyempurnakan kandungan nutrisi, vitamin, mineral, serat, enzim, asam amino dan anti oksidan dalam buah apel serta dapat mengaktifkan dan mengoptimalkannya untuk meningkatakan kualitas kesehatan manusia.
Jika mempunyai sakit maag konsumsinya diencerkan 1 sendok teh dalam 200 ml air + madu.
Apel sendiri mengandung banyak serat sehingga baik untuk penderita kolesterol.
karena belum ada penelitian lebih lanjut mengenai habatussaudah/jintan hitam sebaiknya jgn dikonsumsi bersamaan dgn obat2 kimia atupun obat tradisional lainnya dikwatirkan terjadi kontraindikasi


Quote:Original Posted By David.ben.Yosef
mau tanya soal obat penghilang bekas luka meilibahenling yang di jual di apotik sama situs2 online itu bener gak sih gan?


ane baru aja denger produk meilibahenling gan, untuk lebih amannya dalam menggunakan produk sebaiknya cek dulu pada kemasan produk tersebut apakah sudah terdaftar di BPOM.

CYTOTEC

Maaf Gan, Mohon info tentang Cytotec, ponakan ane baru kelas 2 SMA.
Kasihan masih pengen nerusin sekolah, bisa beli di mana ya di SOLO.
Quote:Original Posted By ndaryatmo
Maaf Gan, Mohon info tentang Cytotec, ponakan ane baru kelas 2 SMA.
Kasihan masih pengen nerusin sekolah, bisa beli di mana ya di SOLO.


emang kalo tanpa cytotec ga bisa sekolah ya gan?
ane banyak dapet anak SMP dan SMA tanpa cytotec juga baik2 aja tuh..
Quote:Original Posted By ndaryatmo
Maaf Gan, Mohon info tentang Cytotec, ponakan ane baru kelas 2 SMA.
Kasihan masih pengen nerusin sekolah, bisa beli di mana ya di SOLO.


Cytotec ada di apotek2 tapi Tidak DiJual Bebas...karena termasuk obat keras dan sering disalahgunakan...
Apoteker domisili dimana sist? Bagus nih trit, secara jarang-jarang kan ada apoteker yang 'berani' unjuk gigi
Semoga ilmunya bermanfaat ya sist