KASKUS

MEMBUAT BIODIESEL DARI MINYAK JELANTAH

Karena di forum teknik tidak ada sub teknik kimia, ane share di sini aja ya.

cek this out lah

Spoiler for sedikit penjelasan:


neh reaksi kimia transesterifikasi

Spoiler for transesterifikasi:


proses transesterifikasi penghilangan FFA

Spoiler for penghilangan FFA:


transesterifikasi dengan reaksi penyabunan

Spoiler for reaksi penyabunan:


kombinasi proses esterfikisasi dan transesterifikasi

Spoiler for kombinasi:


buat yang mau bikin skala rumahan atau lab, berikut caranya

Spoiler for skala lab:


proses di atas adalah alur buat bahan baku minyak goreng yang masih bagus atau baru. buat minyak goreng bekas atau minyak jelantah, ga perlu pake proses deguming


mohon bagi
atau
jangan dikasih
reserved gan.. ane ada rencana buat ini sebagai pkm. dan kemungkinan mau mendalaminya . tertarik ane dengan bahan bakar ini gan
Quote:Original Posted By eurosach
reserved gan.. ane ada rencana buat ini sebagai pkm. dan kemungkinan mau mendalaminya . tertarik ane dengan bahan bakar ini gan


dalami aja gan. ane seneng kalo yang ane share bisa menginspirasi org lain. lebih baik pake minyak jelantah dari pada minyak baru gan.

Di rmh mana ada alat2 gituan gan.
Quote:Original Posted By sing BaurexXxo
Di rmh mana ada alat2 gituan gan.


kan cuma istilah gan. maksudnya itu industri rumahan yg kapasitasnya ga gede2 amat. kalo pengen bikin d rumah tinggal beli gan alatnya. itu pun kalo rumahnya ada labnya kaya di pilem jimmy neutron (kalo ada lhoo).
kira-kira beli alat-alatnya itu abis berapa ya gan?
bisa pake perincian biaya nya ga? takut mau buat usaha gitu
Quote:Original Posted By rifqivengeance
kira-kira beli alat-alatnya itu abis berapa ya gan?

hmmm. kalo alat lab-nya ane ga begitu tahu harganya gan. selama ini ane minjem alat di lab kamppus
agan bisa cari-cari di om google

Quote:Original Posted By kangokim
bisa pake perincian biaya nya ga? takut mau buat usaha gitu

kalo perincian biayanya sih ane ga tau pasti gan. mungkin puluhan atau ratusan juta buat skala industri rumahan. tapi, asal agan kreatif, alat-alatnya bisa dibuat dari barang-barang yang ada kan.

makasih buat agan yang udah mampir
busset gan,
ribet tapi pengetahuan sekali gan...

hasilnya gimana gan
apa setingkat dengan solar dipasaran atau masih butuh penyempurnaan lagi?
apa sama prosesnya minyak bekas dari semua jenis sisa gak gan? (maksutnya sisa mengoreng ikan apa sama prosesnya dengan sisa gorengan pisang goreng)
Quote:Original Posted By biru.maroon
busset gan,
ribet tapi pengetahuan sekali gan...

aslinya mah ga ribet2 amat gan. cuma lumayan lama.

Quote:Original Posted By Jokiez
hasilnya gimana gan
apa setingkat dengan solar dipasaran atau masih butuh penyempurnaan lagi?

sama gan. cuma harga mahal. makanya di indonesia adanya bio solar kalo di SPBU pertamina, ga murni biodiesel. karena harganya yang mahal. jadi misal B20. 80% minyak solar dan 20% biodiesel. biar ada bio-bionya tapi lebih murah. tapi kalo dikonsumsi langsung juga bisa asalkan biodieselnya bener2 terbentuk

Quote:Original Posted By musliawan
apa sama prosesnya minyak bekas dari semua jenis sisa gak gan? (maksutnya sisa mengoreng ikan apa sama prosesnya dengan sisa gorengan pisang goreng)

sama gan. cuma sebelum dipake harus disaring dulu gan. nanti kan zat-zat yang ga kepake bakalan misah dari biodiesel tersebut
Quote:Original Posted By AaGhun

aslinya mah ga ribet2 amat gan. cuma lumayan lama.


sama gan. cuma harga mahal. makanya di indonesia adanya bio solar kalo di SPBU pertamina, ga murni biodiesel. karena harganya yang mahal. jadi misal B20. 80% minyak solar dan 20% biodiesel. biar ada bio-bionya tapi lebih murah. tapi kalo dikonsumsi langsung juga bisa asalkan biodieselnya bener2 terbentuk


sama gan. cuma sebelum dipake harus disaring dulu gan. nanti kan zat-zat yang ga kepake bakalan misah dari biodiesel tersebut


lebih mahal biodiesel karena?
dari jarak juga bisa kan
udah pernah lihat di TV
ribetnya minta ampunnnnnnnnnn
-------------------
mending langsung beli solar aja dah
ask again yak
kira2 ini sama ga polusi yg ditimbulkan dengan solar
Quote:Original Posted By Jokiez


lebih mahal biodiesel karena?
dari jarak juga bisa kan
udah pernah lihat di TV

karena bahan makunya mahal gan.
bisa banget gan. thread di atas ane pengen share gimana cara manfaatin minyak jelantah yang selalu dianggap sampah gan

Quote:Original Posted By musliawan
ribetnya minta ampunnnnnnnnnn
-------------------
mending langsung beli solar aja dah

hehhehe.
bisa aja ni agan.
yang penting minyak jelantah di rumah agan bisa dijual-jualin ke anak teknik kimia yang lagi praktek bikin biodiesel

Quote:Original Posted By Jokiez
ask again yak
kira2 ini sama ga polusi yg ditimbulkan dengan solar

buat polusinya, biodiesel lebih rendah polusi gan. karena emisi yang dikeluarkan rendah
Quote:Original Posted By AaGhun

karena bahan makunya mahal gan.
bisa banget gan. thread di atas ane pengen share gimana cara manfaatin minyak jelantah yang selalu dianggap sampah gan


hehhehe.
bisa aja ni agan.
yang penting minyak jelantah di rumah agan bisa dijual-jualin ke anak teknik kimia yang lagi praktek bikin biodiesel


buat polusinya, biodiesel lebih rendah polusi gan. karena emisi yang dikeluarkan rendah


berarti ini bisa juga untuk energi pengganti fosil
terlebih lebih ramah lingkungan
Quote:Original Posted By Jokiez


berarti ini bisa juga untuk energi pengganti fosil
terlebih lebih ramah lingkungan

bisa gan.
di jerman, australia dan swedia biodiesel dikomersialkan dalam bentuk B100 (100% biodidesel tanpa campuran minyak solar)
sedangkan, di indonesia baru pake B5 dan B10
Quote:Original Posted By AaGhun

bisa gan.
di jerman, australia dan swedia biodiesel dikomersialkan dalam bentuk B100 (100% biodidesel tanpa campuran minyak solar)
sedangkan, di indonesia baru pake B5 dan B10


wah semoga indonesia lekas menyusul
karena apa?
Indonesia sebenernya mau bikin ladang buat tanaman yg bisa buat bahan biodiesel udah memadahi cuman masih terkendala masalah teknis doang
teruskan TS

ane pernah liat di tv, kalo g salah di amrik sono pernah ada mahasiswa pake mobil VW Combi yg mesinnya udh dimodif, pake bahan bakarnya minyak jelantah, keliling amerika...tiap singgah di satu kota mereka mampir ke restoran siap saji minta minya bekas goreng kentang...
×