KASKUS

Star Pendapat Anda: "Yogya Masuk Nominasi Calon Ibu Kota"

Berita yang panas di Jogja

JAKARTA (KRjogja.com) - Wacana pemindahan ibu kota, harus didasari pada pemikiran pembangunan kewilayahan dan pemerataan pembangunan di Indonesia. Bukan karena persoalan banjir dan kemacetan yang selalu melanda Jakarta.

Hal tersebut dikatakan Staf Presiden Bidang Pembangunan Daerah dan Otonomi Daerah, Velix Wanggai di Jakarta, Kamis (24/1). "Jadi, wacana itu harus ditempatkan dalam konteks distribusi dan pemerataan pembangunan di tanah air," katanya.

Seperti diketahui, wacana pemindahan ibu kota ke daerah lain kembali mencuat untuk mencari solusi permasalahan Jakarta. Kemacetan yang akut dan seringnya banjir yang merendam Jakarta menjadi salah satu alasan wacana ini menyeruak.

Sejumlah kalangan sepakat dengan wacana pemindahan ibu kota ini. Namun, tak sedikit pula yang menentangnya. Sejumlah daerah pun diajukan sebagai kandidat pengganti Jakarta, antara lain Jonggol Jawa Barat, Yogyakarta dan Palangkaraya Kalimantan Tengah.

Untuk mempelajari wacana pemindahan ibu kota, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengarahkan untuk memantapkan regional plan. SBY berharap pada periode kepemimpinannya rencana induk pemindahan ibu kota ini telah ditetapkan.

"Beliau mengarahkan untuk memantapkan regional plan untuk itu, beliau berharap pada periode beliau, grand planing sudah bisa ditetapkan," ujarnya. (Mgn/Sim)

Lebih jauh baca SKH Kedaulatan Rakyat edisi Jumat 25 Januari 2013.
http://krjogja.com/read/159496/yogya...on-ibu-kota.kr

Pendapat Pribadi:
Dengan ini saya menyatakan tidak setuju apabila ibukota pindah d DIY, dengan berbagai alasan dan pertimbangan, melihat sisi negatif yang lebih besar dari sisi positif
pindah ke kawasan timur aja, biar disana juga maju
joga udah mcet kumuh gini mau ditambah semerawut apa ya???

ek tekape dulullaaaahh...tod
Quote:Original Posted By damon.baird
pindah ke kawasan timur aja, biar disana juga maju


di jogja udah rame, udah macet
kalau pendapat ane sih, ibukota kayaknya lempar aja ke kalimantan, pas di rengah
itu pendapat ane
saya sebagai masyarakat yogya asli menyatakan sangat tidak setuju apabila pemindahan ibukota ke yogyakarta karena saat ini pun sudah banyak imigran dari jakarta ke jogja dan memenuhi seluruh jalanan disini...
kalo saya bisa rekomendasikan saya lebih memilih PALANGKARAYA atau pulau bagian SULAWESI
Quote:Original Posted By keyindoperkasa
joga udah mcet kumuh gini mau ditambah semerawut apa ya???

ek tekape dulullaaaahh...tod


pokoknya saya bakalan demo, kalo ibukota pindah jogja
Quote:Original Posted By kontrolBESAR
kalau pendapat ane sih, ibukota kayaknya lempar aja ke kalimantan, pas di rengah
itu pendapat ane


seperti renca soekarno dulu, mau di pindah di kalimantan
Quote:Original Posted By newtequilaro
saya sebagai masyarakat yogya asli menyatakan sangat tidak setuju apabila pemindahan ibukota ke yogyakarta karena saat ini pun sudah banyak imigran dari jakarta ke jogja dan memenuhi seluruh jalanan disini...
kalo saya bisa rekomendasikan saya lebih memilih PALANGKARAYA atau pulau bagian SULAWESI


betul, setuju banget gan. pokoknya besok tolak kalau mau pindah di jogja, demo besar-besaran
Jogja terlau kecil buat jadi Ibukota.+ rawan gempa
Ibukotanya pindah aja ke Nusa Kambangan enak tuch sepi...lagian kalo ada yg KORUPSI bisa CEPAT jelbosin ke Penjaranya..!!
Quote:Original Posted By 5y4hdu
Jogja terlau kecil buat jadi Ibukota.+ rawan gempa


pindah kalimantan aja ya
Quote:Original Posted By 191205
Ibukotanya pindah aja ke Nusa Kambangan enak tuch sepi...lagian kalo ada yg KORUPSI bisa CEPAT jelbosin ke Penjaranya..!!


malah ngejokes
Ayo bantu biar semua wargo jogja bisa berpendapat di sini . yang bukan warga jogja juga bisa menyampaikan pendapatnya,jangan lupa
berati pemerintah pusat nyari enaknya aja
padahal jogja udah mulai macet
mending bangun lagi dengan penataan seoptimal mungkin
gak setuju ane gan ..
tapi ada untung ruginya juga ..
untung :
traffic naek

rugi :
macet gan ..
brangkat kuliah musti lebih lama ..

tp tergantung pemerintahnya juga .. soalnya jogja kota pelajar juga
kalo di sentralin ya pembangunan kampus" baru kemungkinan besar bisa lebih maju ..

Quote:Quote:Original Posted By 5y4hdu
Jogja terlau kecil buat jadi Ibukota.+ rawan gempa




gempa kasur juga gan
jangan di jogja. malah jadinya indonesia terkesan hanya milik orang jawa

Quote:Original Posted By gazta012

Pendapat Pribadi:
Dengan ini saya menyatakan tidak setuju apabila ibukota pindah d DIY, dengan berbagai alasan dan pertimbangan, melihat sisi negatif yang lebih besar dari sisi positif


naj, di kalimantan dah. Palangkaraya kan sentral
jangan sampai deh, sekarang aja dah macet kl pas jam berangkat kerja
pindahin keluar jawa aja
ane lebih setuju kota malang
Quote:Original Posted By newtequilaro
saya sebagai masyarakat yogya asli menyatakan sangat tidak setuju apabila pemindahan ibukota ke yogyakarta karena saat ini pun sudah banyak imigran dari jakarta ke jogja dan memenuhi seluruh jalanan disini...
kalo saya bisa rekomendasikan saya lebih memilih PALANGKARAYA atau pulau bagian SULAWESI




tidak setuju jogja jd ibukota
wilayah sempit, penduduk padat
transportasi sdh macet, setau ane

biarlah jogja berkembang secara alami
ane setuju pindahkan ke Palangkaraya saja