Cool Dampak Sertifikasi, Guru Rentan Perselingkuhan

TEMPO.CO, Sleman - Salah satu dampak negatif dari sertifikasi guru adalah perselingkuhan. Sebab, dengan dana sertifikasi yang lumayan besar guru sangat rentan terhadap perselingkuhan.

Dengan uang berlebih selain dari gaji itu profesi guru merupakan salah satu yang sangat rentan atas terjadinya perselingkuhan. Baik antar guru maupun dengan yang lainnya. Namun jika yang bersangkutan mempunyai komitmen dan iman yang kuat maka perselingkuhan bisa diatasi.

"Dana sertifikasi guru lumayan tinggi, dari uang gaji yang diterima setiap bulan sebenarnya sudah mencukupi. Ditambah lagi dengan dana yang besar, guru sangat rentan perselingkuhan," kata Rani Pribadi, Direktur Aksara, lembaga pembela hak-hak perempuan Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis, 24 Januari 2013.

Pernyataan itu bukan tanpa alasan dan landasan. Dari pengakuan teman-temannya yang suaminya berprofesi guru, perselingkuhan karena ada uang berlebih terjadi di semua wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Perselingkuhan yang sangat rentan merusak harmoni keluarga disebutkan adalah perselingkuhan yang diimbangi dengan cinta atau yang berkelanjutan. Sehingga sangat mengganggu kehidupan keluarga yang berdampak pada istri/suami, bahkan anak-anak.

Namun, jika perselingkuhan karena suami membayar pekerja seks komersial tidak banyak dampaknya ke keluarga (kalau tidak ketahuan). Karena hanya sesaat untuk melampiaskan birahi.

"Perselingkuhan terjadi bukan hanya dari pihak laki-laki, tetapi juga pihak perempuan. Tapi untuk kasus perselingkuhan yang dilakukan guru perempuan sangat jarang," kata Rani.

Jika guru perempuan yang mendapatkan dan sertifikasi, yang jumlahnya puluhan juta setiap tahunnya lebih banyak dimanfaatkan hal yang positif. Meskipun juga banyak yang berperilaku konsumtif, tidak dimanfaatkan ke hal yang negatif menurut ukuran moral.
Memang, kata dia tidak hanya guru yang berselingkuh. Tetapi dari semua profesi, orang zaman sekarang banyak yang berperilaku negatif seperti perselingkuhan. Bahkan pejabat, pengusaha, dan profesi lain tetap rentan perselingkuhan.

Di Daerah Istimewa Yogyakarta pada 2012 tercatat ada 84 kasus perselingkuhan yang dilaporkan. Namun, angka itu diyakini lebih banyak karena banyak yang tidak melapor.

Kasus perselingkuhan ini terjadi di semua lapisan masyarakat. Tidak terkecuali oleh para pejabat. Namun, memang tidak ada angka yang pasti untuk kasus perselingkuhan yang melibatkan pejabat. Sebab, dari perselingkuhan itu, kasusnya banyak yang ditutupi.

Berdasarkan data di Rifka Annisa, women crisis center di Yogyakarta, perselingkuhan mencapai 272 kasus. Kasus ini dihitung sejak 2010. Pada 2010 ada 85 kasus, 2011 ada 83 kasus. Dan hingga November 2012 ada 84 kasus perselingkuhan yang dilaporkan.

"Bahkan ada teman saya yang suaminya guru minta dana sertifikasi dihapuskan, karena suaminya setelah punya uang banyak justru berselingkuh," kata Rani.

Pada Kamis, 23 Januari 2013, para guru di Sleman yang sudah mengikuti uji sertifikasi menerima sertifikat. Sertifikat Pendidik Lulus 2012 di kabupaten itu sebanyak 785 dari 862 pendidik yang ikut.

"Dari 785 orang guru yang lulus sertifikasi, sertifikat pendidik yang telah terbit 780 sertifikat, sedangkan lima orang guru lainnya belum terbit," kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Sleman, Arif Haryono.

Bupati Sleman Sri Purnomo menyatakan, guru yang menerima sertifikat berarti juga memperoleh hak untuk mendapatkan peningkatan kesejahteraannya yang jumlahnya tidak sedikit. Besaran peningkatan penghasilan ini sudah diatur oleh Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 dan sudah menjadi ketetapan.

"Namun perlu diingat, bahwa diberikannya tunjangan sertifikasi pendidik adalah untuk meningkatkan kinerja, kapasitas, dan profesionalitas guru," kata dia.

Dengan menerima sertifikat ini, diharapkan agar para guru dapat termotivasi untuk meningkatkan kinerja, disiplin, dedikasi, dan loyalitas untuk kepentingan masa depan bangsa. Simak berita skandal perselingkuhan di sini.

MUH SYAIFULLAH

http://www.tempo.co/read/news/2013/0...Perselingkuhan

Pendapat Pribadi:
waah, kaum adam seperti di sudutkan kasianlah, tidak juga semua guru laki-laki berselingkuh setelah dapat sertifikasi, atau mungkin kebijakan sertifikasi perlu di tata lebih baik lagi


Zhu Songhua apa juga selingkuh ya ane mau eit dia kan di china
Quote:Original Posted By GPO2A


Zhu Songhua apa juga selingkuh ya ane mau eit dia kan di china


maap yeeh,
dimana ada uang kaget,,, biasanya kaget pula yg nerimanya
klo cuman kaget trus dibawa pulang di kasi ke bini/ortu sih gak masalah
tapi klo kaget trus nyasar ke seram2 sedap,,,, gak mao dilanjut ah
Quote:Original Posted By .NoShade.
dimana ada uang kaget,,, biasanya kaget pula yg nerimanya
klo cuman kaget trus dibawa pulang di kasi ke bini/ortu sih gak masalah
tapi klo kaget trus nyasar ke seram2 sedap,,,, gak mao dilanjut ah


merajuk istri ke dua
tergantung orangnya...ga perlu gaji gede juga selingkuh mah selingkuh ajah...
Quote:Original Posted By r4diKaL
tergantung orangnya...ga perlu gaji gede juga selingkuh mah selingkuh ajah...


modal cinta yaaah

Nais Inpoh gan....

Setubuh ! ! ! !..
Tolol banget pernyataan tuh orang, Sertifikasi kok dampaknya ke Perselingkuhan, masalah perselingkuhan mah bukan karna sertifikasi tapi karna iman seseorang kuat gak nahan si otong
intinya orang yg punya duit lebih dan punya kuasa akan mudah tergoda imannya dengan gemerlap duniawi
Quote:Original Posted By Radzagaia
Setubuh ! ! ! !..


apane?
Quote:Original Posted By 2011november11
Tolol banget pernyataan tuh orang, Sertifikasi kok dampaknya ke Perselingkuhan, masalah perselingkuhan mah bukan karna sertifikasi tapi karna iman seseorang kuat gak nahan si otong


betul juga sih, masak yang disalahkan sertifikasinya, orangnya ya yang harus disalahkan.
Quote:Original Posted By l2.l2.l2
intinya orang yg punya duit lebih dan punya kuasa akan mudah tergoda imannya dengan gemerlap duniawi


semakin tinggi pohon semakin besar pula angin yang menerpanya
Quote:Original Posted By r4diKaL
tergantung orangnya...ga perlu gaji gede juga selingkuh mah selingkuh ajah...


Quote:Original Posted By 2011november11
Tolol banget pernyataan tuh orang, Sertifikasi kok dampaknya ke Perselingkuhan, masalah perselingkuhan mah bukan karna sertifikasi tapi karna iman seseorang kuat gak nahan si otong


setju agan di atas

trus para guru gajinya dikurangi biar miskin gitu? tukang batu aja bisa selingkuh koq, mengada-ada nih





maksudnya semakin tinggi kesejahteraan dengan tingkat kesibukan kerja yang rendah memang membuka peluang selingkuh.
duit berlebih, waktu luang banyak. sempurna....



Quote:Original Posted By rodam.dam




setju agan di atas

trus para guru gajinya dikurangi biar miskin gitu? tukang batu aja bisa selingkuh koq, mengada-ada nih


wee ya jangan laah, kasian gurunya kalo gaji di kurangi (modus) , saya juga setuju
Quote:Original Posted By abdani.yahya





maksudnya semakin tinggi kesejahteraan dengan tingkat kesibukan kerja yang rendah memang membuka peluang selingkuh.
duit berlebih, waktu luang banyak. sempurna....





semoga saya kelak tidak . ..



anjriiiitttttttttttttttttttttttttttttt




PNS banyak yang begini ga cuma guru, so jangan pukul rata.

ini orang analisa lulusan mana sech ?
Quote:Original Posted By batu.merah



anjriiiitttttttttttttttttttttttttttttt




PNS banyak yang begini ga cuma guru, so jangan pukul rata.

ini orang analisa lulusan mana sech ?


sabar lho boss, jadi perselingkuhan banyak terjadi yaaa, bahaya .
Quote:Original Posted By 2011november11
Tolol banget pernyataan tuh orang, Sertifikasi kok dampaknya ke Perselingkuhan, masalah perselingkuhan mah bukan karna sertifikasi tapi karna iman seseorang kuat gak nahan si otong


Makin tolol bilang klo selingkuh sm psk dampaknya gk terlalu besar (klo gk ketahuan), ini orang otaknya dimana? Klo misalnya suaminya selingkuh sm psk yg kena aids terus dirumah si suami berhubungan dengan si istri, kemungkinan sangat besar si istri kn bisa tertular