KASKUS

10 Hewan Dengan Senjata Luar Biasa

Mungkin kita hanya mengetahui hewan-hewan seperti Singa, Harimau atau Badak saja yang memiliki sistim pertahanan atau senjata luar biasa. Tapi sebenarnya di alam liar sana, terdapat banyak sekali hewan dengan sistem senjata atau pertahanan tubuh yang luar biasa. Seperti beberapa hewan berikut misalnya:

1. Belut Listrik



Sidat listrik atau belut listrik (Electrophorus electricus) adalah sejenis ikan air tawar yang dapat menghasilkan aliran listrik kuat (sampai 650 volt) untuk berburu dan membela diri. Walaupun disebut sidat atau belut, ia termasuk anggota ordo Gymnotiformes, yang tidak mencakup keduanya.

Sidat listrik biasa ditemukan di Sungai Amazon dan Sungai Orinoko serta daerah-daerah di sekitarnya. Ia bisa tumbuh hingga panjang 2,5 m (8,2 kaki) dan berat 20 kg (44 pound), walaupun biasanya ukuran rata-ratanya adalah 1 m.

2. Hagfish



Hagfish atau Remang adalah hewan serupa ikan yang memiliki tulang belakang (vertebra) semu. Hewan air ini dianggap sebagai bentuk ikan purba. Habitatnya adalah laut, sungai, dan danau. Salah satu bentuk pertahanan dari hewan ini, ketika terancam, makhluk ini melepaskan lendir lengket, berurat dan licin yang bertindak sebagai lapisan pelindung. Ketika bahaya hilang, hagfish membersihkan dengan mengikat diri dalam sebuah simpul dan menarik tubuh sambil membersihkannya. Hewan ini hanya tumbuh sekitar 40 sentimeter panjangnya tapi bisa melepaskan lebih dari satu liter lendir dalam waktu sekitar satu detik. Begitu hagfish digigit oleh ikan predator, lendir merembes keluar dan insang predator akan segera penuh lendir dan tersedak sampai mati.

3. Kumbang Pengebom (Bombardier beetle)



Tidak seperti serangga lainnya, kumbang tidak bisa langsung terbang ke udara ketika berada di bawah serangan predator. Untuk itu, mereka membutuhkan alat-alat lain untuk melindungi diri terhadap musuh. Kumbang pengebom dipersenjatai dengan sistem pertahanan yang mengesankan. Kumbang yang luar biasa ini, bisa membuat hidrokuinon mereka sendiri dan hidrogen peroksida (dua bahan kimia yang sangat berbahaya), menyimpannya dalam perut mereka dan, ketika dalam bahaya, mencampur dua bahan kimia untuk membuat asam yang memanaskan sampai 100 ° C (212 ° F) dan kemudian disemprotkan keluar tepat ke wajah penyerang, dan membuat suara tembakan.

4. Horned Lizard



Kadal bertanduk memiliki salah satu senjata yang paling aneh yang ia gunakan untuk melindungi diri dari ancaman predator. Tapi kadal ini dilengkapi dengan taktik pertahanan yang begitu banyak dan akan menggunakan senjata rahasia setelah semua taktik lainnya gagal. Ketika dalam bahaya, kadal pertama akan mencoba untuk membingungkan ketajaman visual musuh dengan semburan pendek dan berhenti tiba-tiba. Jika ini tidak berhasil, reptil ini kemudian akan membusungkan tubuhnya untuk menyebabkannya terlihat lebih besar dan lebih sulit bagi predator untuk menelan. Jika taktik ini gagal juga, kadal bertanduk akan menggunakan taktik yang terakhir – menyemprotkan darah keluar dari matanya. Kadal ini dapat melakukan hal ini dengan meningkatkan tekanan darah di kepala. Ketika tekanan meningkat, pembuluh darah di sudut matanya pecah dan tunas darah keluar, kadang-kadang untuk jarak hingga 1,5 meter (5 kaki). Darah tidak beracun tetapi tampaknya untuk membingungkan predator dan memungkinkan kadal untuk melarikan diri.

5. Ikan Pemanah (Archer Fish)



Di perairan yang tenang dari Timur, ada seekor ikan aneh yang dikenal sebagai ikan pemanah, terkenal karena kemampuannya untuk menciptakan pistol air yang efektif dan mampu menembak jatuh serangga dan makhluk darat kecil lainnya yang terbang atau berjalan di atas tanaman air. Ikan pemanah biasanya menghabiskan waktunya tepat di bawah permukaan air, dan ketika korban yang berada dalam jangkauan, kemudian akan muncul ke permukaan air dengan bibir dan menyemprotkan jet air yang kuat pada serangga sampai terjatuh ke dalam air. Terlepas dari kenyataan, rata-rata ikan pemanah hanya berukuran 15 cm (6 inci) panjangnya, namun mereka dapat memuntahkan jet air sangat kuat yang dapat mencapai hingga 1,5 meter (5 kaki). Faktanya serangan ikan ini hampir selalu mencapai target pada tembakan pertama dan benar-benar luar biasa.

6. Sigung



Sigung adalah binatang mamalia yang memiliki warna hitam dan putih. Sigung termasuk golongan binatang penyendiri yang mencari mangsa pada malam hari. Sementara dari pagi hingga petang, ia lebih suka bersembunyi dalam terowongan.

Yang paling khas dari sigung adalah kemampuannya mengeluarkan sejenis gas yang berbau menyengat dan busuk dari kelenjar khusus yang terdapat di sekitar anusnya. Kelenjar ini menghasilkan bau yang mengandung sulfur (belerang), methyl and butyl thiols. Bau ini berfungsi sebagai alat pertahanan diri terhadap predator.

Sigung yang merasa terpojok akan mengancam lawan atau predator dengan cara menundukkan kepala, menaikkan ekornya, dan akan menjejak-jejakkan cakar depannya di tanah. Jika musuh atau predator tidak segera pergi, sigung akan melengkungkan tubuhnya menyerupai huruf “U” dengan kepala dan dubur menghadap ke lawannya. Dan menyemburlah bau yang sangat busuk

Semburan sigung sangat kuat hingga mampu mencapai jarak 3,6 meter yang arahnya bisa ke kanan, ke kiri, ke atas, atau lurus. Bau ini sangat kuat yang mampu menyebabkan iritasi dan kebutaan.

7. Semut Malaysia



Dalam bahasa Jepang kata “semut” yang ditulis menghubungkan dua karakter “serangga,” dan “kesetiaan.” Semut Malaysia begitu setia yang siap mati dalam salah satu cara paling aneh untuk melindungi sisa jajahannya. Juga disebut “semut meledak” dan “semut kamikaze.” Makhluk kecil ini, benar-benar meledakan diri ketika koloni mereka dalam bahaya. Semut memiliki dua racun penuh di kelenjar mandibula yang menjalar diseluruh tubuhnya dan, ketika predator muncul, prajurit kecil akan berkontraksi otot untuk membangun racun dan kemudian akan meledak, penyemprotan racun akan menempel pada predator.

8. Kalajengking Cambuk



Atau Ketonggeng adalah sekelompok hewan beruas mirip kalajengking namun memiliki semacam “cambuk” di bagian belakangnya, alih-alih sengat. Semua ketonggeng termasuk ke dalam bangsa Thelyphonida. Kalajengking cambuk mungkin terlihat lebih menakutkan daripada kalajengking, tetapi mereka tidak hampir sama berbahayanya dengan lebih spesies kalajengking umum. Pada kenyataannya, mereka sangat kecil (hanya sekitar 18 sentimeter panjang), tidak memiliki Pinschers atau racun dan ekornya tidak menyengat. Tetapi mereka memiliki mekanisme pertahanan yang menakjubkan. Ketika terancam, kalajengking cambuk akan menyemprotkan cairan cuka seperti (kombinasi asam asetat dan asam oktanoat) dari kelenjar pertahanan yang terletak di pangkal ekor. Meskipun tidak beracun, asam ini adalah lima belas kali lebih kuat dari cuka rumah tangga dan cukup menjengkelkan untuk membuat predator mundur.

9. Laba-Laba Meludah



Meskipun ukuran tubuhnya hanya 3-6 mm, laba-laba meludah adalah ancaman serius bagi mangsanya. Ia memiliki kemampuan untuk meludahkan zat seperti lem pada korbannya. Selain kelenjar sutra di bagian perutnya, makhluk ini juga memiliki kelenjar sutra yang terhubung dengan kelenjar racunnya. Bila sudah siap untuk menangkap mangsanya, laba-laba akan menyelinap dengan hati-hati ke arah korban dan, dari sekitar 10 mm, akan mengukur jarak ke mangsanya tanpa. Ketika semuanya selesai, laba-laba akan memuntahkan dua benang sutra beracun pada korban dengan kecepatan dari 1/600th per detik. Setelah korban bergerak, laba-laba siap untuk memangsanya.

10. Paus Bungkuk



Paus Bungkuk yang sangat cerdas telah mengembangkan keterampilan berburu canggih, yang dikenal melibatkan sekelompok paus bekerja sama untuk menangkap mangsa. Paus memulai perburuan mereka mengelilingi sebuah kelompok ikan dan kemudian mulai meniup gelembung raksasa, menciptakan jaring gelembung yang sangat kuat dan mampu menangkap ikan seperti jaring yang nyata. Ketika ikan terjebak, ikan paus kemudian berenang ke atas melalui, dengan mulut mereka terbuka lebar, menelan ribuan ikan dalam satu tegukan.

SUMBER

Semoga berkenan gan,cuma berharap atau sekedar

terima kasih
sigung noh yang mengeluarkan bau

tp paling keren paus bungkuk
Quote:Original Posted By syahrialrinaldy
sigung noh yang mengeluarkan bau

tp paling keren paus bungkuk


pausnya udah tua gan jadi bungkuk
wuih keren bgt yah..ane paling suka sm belut listriknya gan.
maybe klo pln lg pada libur, ntar bs digantiin pake belut listrik.
Quote:Original Posted By temysurya
wuih keren bgt yah..ane paling suka sm belut listriknya gan.
maybe klo pln lg pada libur, ntar bs digantiin pake belut listrik.


coba gan check di FJB siapa tau ada yang jual
canggih bener gan.. semut malaysia bisa meledakan diri untuk melawan musuhnya.. tapi sayang langsung mati gan..
keren keren gan, tapi ada yang nyeremin juga
Quote:Original Posted By 7light
canggih bener gan.. semut malaysia bisa meledakan diri untuk melawan musuhnya.. tapi sayang langsung mati gan..


sebelum dia meledakkan diri, dia udah kumpulin dragon ball gan.
jadi misalnya dia mati bisa hidup lagi
Ane paling takut ma belut listrik gan.. Gila ketoel doang sakit banget bisa metong
Ane ga berani macem macem ama sigung gan
yg nyemprotin darah itu sangar banget gan
sigung yg paling mangstan
pake kentut
ngeri banget gan hewan-hewannya

tapii gitulah cara bertahan hidup masing2 hewan itu
horned lizard keren banget , pertahanin diri nya pake cara ngeluarin darah dr mata nya
Mungkin bisa menginspirasi manusia gan.
belut listrik berguna tuch gan buat cas hp..
senjata yang mematikan semua
nice share gan
wow senjatanya amat luarbiasa
×