Thumbs up Jenis - jenis , Tujuan , dan ciri-ciri alat musik Harmonis,Ritmisdan melodis

Nama :
Kelas : 8 C

Jenis – jenis alat musik :
1. Alat musik Harmonis adalah alat musik bernada , tetapi tidak bisa di bentuk . alat musik yang biasanya membunyikan melodi pada suatu lagu, pada umumnya alat musik ini tidak bisa memainkan kord secara sendirian. Contoh alat musik melodis adalah biola, trupet, recorder, flute.
Jenis alat musik melodis Tradisional :
1. ANGKLUNG : Asal dari Jawa Barat (Sunda).
Cara memainkan dengan diguncang.
2. KACAPI : Asal dari Jawa Barat (Sunda).
Cara memainkan dengan dipetik.
3. KOLINTANG : Asal dari Sulawesi Utara (Minahasa).
Cara memainkan dengan dipukul.

4. SASANDO : Asal dari Nusa Tenggara Timur (NTT).
Cara memainkan dengan dipetik.
5. KENONG DAN KETHUK (BAGIAN DARI GAMELAN) : Asal dari Jawa.
Cara memainkan dengan dipukul.
6. TALEMPONG : Asal dari Sumatera Barat (Minangkabau).
Cara memainkan dengan dipukul.
7. GAMBANG : Asal dari Jawa .
Cara memainkan dengan dipukul.


2. Alat musik harmonis adalah alat musik yang dimainkan untuk memainkan harmoni pada suatu lagu . Cirinya adalahbisa memainkan tiga nada atau lebih secara bersamaan .
1. Piano
2. Arkodion
3. Rekorder
4. Gitar
5. Kecapi
6. Biola
7. Harmonika

3. Alat musik ritmis dimainkan sebagai pengiring sekaligus pengatur tempo pada lagu . biasanya alat musik bernada tetap atau tidak bernada .



Alat musik ritmis yaitu alat musik yang berfungsi untuk mengatur jalannya irama musik atau mengatur lagu. Berikut ini yang termasuk alat musik ritmis :
a. Tamborin, adalah alat musik jenis rebana, dengan atau tanpa hiasan kerincing logam di sekitar bingkai atau kerangkanya, dipakai pada orkes – orkes modern atau dangdut .
.
b. Triangle/trikoma, alat musik perkusi berbentuk lengkungan segitiga dan terbuat dari baja. Dimainkan dengan pemukul kecil dari logam pula. Bunyinya lembut dan tanpa nada tertentu. Namun dentingnya merdu triangle sering terdengar dalam orkes maupun band.

c. Table, alat musik India yang banyak dimainkan dalam berbagai kegiatan, misalnya sebagai pengiring siter, semacam gendang yang lazimnya dimainkan perpasang, dengan ketinggian bunyi yang berbeda.

d. Drum Set, adalah seperangkat alat musik perkusi, khususnya jenis drum, yang jumlah dan macamnya tidak tertentu, tetapi siap dimainkan seorang pemain.









PERTAMAX di Thread yang umm, ga jelas?