BANDUNG, KOMPAS.com - Menyikapi semakin padatnya Kota Bandung dengan antrean kendaraan, Polda Jawa Barat mencoba menerapkan program 4 in 1 yang pada Jumat (18/1/2013) pukul 15.00 WIB.
"Kita masih uji coba program 4 in 1 ini, makanya baru dari jam 3-6 sore dulu," ucap Kasatlantas Polrestabes Bandung, AKBP Yully Kurniawan, di Mapolrestabes Bandung di Jalan Jawa.
Jalur 4 in 1 berlaku di rusa jalan mulai dari Jalan Pasteur, tepatnya dari persimpangan Jalan Surya Sumantri (keluar Tol Pasteur) hingga simpang Jalan HOS Cokroaminoto atau Jalan Pasir Kaliki (Rumah Sakit Hasan Sadikin) yang menuju Jembatan Layang.
Penerapan 4 in 1 ini rencananya mulai diujicobakan hari ini dari pukul 15.00-18.00 WIB dan Hari Sabtu (19/01/2013) dimulai pada pukul 09.00 - 12.00 WIB. "Ini masih situasional, jadi kalau ada yang melanggar, kita kasih teguran simpatik dulu," ucap Yully.
Di lokasi yang menjadi jalur 4 in 1 sudah terlihat pula rambu-rambu yang dipersiapkan untuk membantu penerapan aturan baru ini. Pada jam tertentu, satu mobil harus berisi minimal 4 orang.
Hampir setiap hari Kota Bandung kerap dilanda kemacetan yang cukup parah dan ini menjadi sebuah pemandangan yang tidak aneh lagi. Ditambah jelang akhir pekan Kota Bandung pun akan kembali padat dengan kendaraan-kendaraan dari luar kota.
Editor :
Tri Wahono
http://regional.kompas.com/read/2013...a.Jalur.4.in.1
pantes temen ane di bandung pada apdet status 4 in 1
----
ternyata rame...nih ane rekap update komen kaskuser kontra 4in1
v
v
Quote:
Original Posted By Assassinations►
Justru ide yg buruk gan...

Ini bukan untuk mengurai kemacetan, tapi memindahkan titik kemacetan...
Jalan alternatif untuk menghindari 4 in 1 adalah jalan yang sempit, kemudian di titik keluarnya jalan itu adalah daerah macet juga..
Terbukti pada hari pertama ini, dapet laporan kalo macet total di daerah sekitar pasteur.. padahal hari ini masih Jumat, mayoritas pengguna jalan masih warga Bandung juga yg pulang kerja..
Bagaimana kalo udah weekend yang penuh dgn orang luar kota + warga Bandung sendiri?
Quote:
Original Posted By ikanebo►Ini polisi cuma mindahin macet aja. Kasatlantas dengan bangganya bilang pasteur jadi lancar, padahal daerah sekitarnya terutama surya sumantri jadi macet panjang. Padahal weekend ini juga arus dari jakarta ga banyak2 amat gara2 jakarta lagi kena musibah.
Rambu lalu lintas harus ditegakkan! Contohnya di perempatan suci-pahlawan. Angkot ngetem dibawah letter S dan taksi ngetem dibawah letter P ga jauh dari perempatan. Padahal di perempatan itu ada polisi.
Pasteur jalan segitu lebar tapi ga pernah lancar. Banyak titik tempat ngetem taksi. Travel juga suka nurunin penumpang seenaknya (arah flyover), dan naekin penumpang di badan jalan (arah toll). Banyak tempat usaha ga punya lahan parkir jadi pake badan jalan. Angkot ngetem depan BTC, dan ada puteran yg dijaga pa ogah jadi suka nyetop kendaraan seenaknya. Itu dulu benahin, kalo itu udah rapih tapi masih tetep macet baru kebijakan macem 4 in 1!
Quote:
Original Posted By sonicsonic►Mau di bkin praturan 4 in 1 atau apapun ga bakalan bsa mengatasi macet kalo semua pemakai jalan di bandung masih ga bisa tertib atau ga disiplin berlalulintas.. Ga cuma motor, mobil juga. sign no parking dpake parkir, pejalan kaki jalan di pinggil jalan raya, pedagang kaki lima ngambil jalan trotoar, trotoa dpake jalan pintas buat motor, angkutan umum brhenti seenaknya, kendaraan pribadi maju pelan2 buat nyari parkiran.. Sampe kapanpun ga bakalan beres ni masalah macet..
Quote:
Original Posted By -vg-►Lancar di Pasteur tapi maceeeeddd semua di tempat yang lain.. pada ambil jalur alternatif.. Ane biasa dari pasteur ke riau cuman 10 menit paling lama, kemaren bisa sampe 1 JAM!!
1. Konsumsi BBM makin tinggi, tidak efektif
2. Polusi + global warming
3. Semakin banyak volume kendaraan di jalanan karena untuk mencapai tujuan mustinya hanya 10 menit jadi 1 jam
4. Pake joki bisa jadi meningkatkan angka kriminalitas
5. Keluarga baru (2-3 orang) ga bisa, jakarta 3 in 1 aja udah repot, apalagi 4 IN 1.. (otak di cendol kali)..
Fenomenanya begini: semua produsen mobil saling bersaing untuk mencapai target penjualan yang jumlahnya beribu2 unit per tahunnya, TAPI VOLUME JALAN TIDAK DITAMBAH, ini kesalahan fatal!! Seperti gelas yang terus diisi air, akhirnya jebol semuanya..
Solusinya:
1. Perbanyak volume jalan
2. Buat varian transportasi publik yang benar2 aman, nyaman, murah, dan efektif (MRT, dll)
BUKAN DIJADIIN 4 IN 1!!!

Quote:
Original Posted By y0g4►baru baca tadi pagi dari koran lokal Bandung yaitu 'Piki*an Rak*at' kalau 4 in 1 berlaku utk kendaraan yang datang dari tol pasteur
sedangkan yg datang dari arah pasirkaliki, gunung batu, surya sumantri dsb katanya sih ga kena 4 in 1
praktek di lapangan sih ga tau ya karena emang polisi suka cari" kesalahan terutama utk plat luar Bandung & polisi suka sok tau + miskomunikasi perintah dari atasan
menurut ane sih kalau demikian aturannya berarti ini salah satu program gagal dari walikota Bandung, karena penyebab macet itu sebenernya ada di puteran BTC dan asalnya dari arah pasirkaliki, bukan dari Tol Pasteur
yang bikin ane ngakak, yaitu sebelumnya si walikota ngomong kalau macet itu daya tarik Bandung, sekarang dia malah berusaha bikin ga macet
pernyataan yg saling bertentangan, jadi tujuan utama dia di Bandung bikin macet atau ga bikin macet sih?

Quote:
Original Posted By myHEAVEN►peraturan yang aneh

orang disuruh muter muter buat ngehindarin 4 in 1
- buang buang bensin
- polusi makin tersebar luar
- yang pasti banyak jalanan baru tempat polisi ngumpet buat nilang 
Quote:
Original Posted By alexquall►Td smpt d stop dpan2 btc..pdhl udh ber 5 d dlm mbil....
kykny krena plat E
emng bnr hri ini cmn sosialisasi td cmn d mnt sim stnk ama sosialisasi 4in1 jumat 15-18,sabtu 9-12
dpan maranata macet ampe k arah setra sari mall
efektif ngurangin macet d dpn btc tpi bkin macet parah k arah maranatha dn sterusny..
lagian 4 in 1 itu targetny apa?gk kbnykan y dlm 4? 3 aj syusah...grrr
Quote:
Original Posted By wucustom►Sudah terbukti aturan 4 in 1 tidak menyelesaikan masalah yang ada memindahkan dan menambah masalah serta menyulitkan masyarakat bandung!!
mari kita sama" boikot aturan 4 in 1
batasi plat luar bandung yang menjajah!!
Quote:
Original Posted By erdick►ini kayanya belum bisa diterapin sekarang2 deh gan..
kemarin hari pertama sosialisasi aja kayanya 'ancur2an'.
Imbas macetnya ke mana2, dari surya sumantri ke antapani bisa sampe 4 jam

Quote:
Original Posted By igiet►** Bener gan, ada rumah sakit hermina juga, lha kalo mau ngelahirin atau cek up kudu nyari JOKI, alahmak... aya2 wae kieu aturan, kudu naksi? kalo jakarta pan ada jalur busway.. lha ini Pasteur, pintu utama masuk bandung.. semoga GAGAL deh.. ane menolak, walau sebenrnya jarang lewat pasteur... cuma ini g angasi solusi, 3 in 1 masi masuk akal, ini 4 pula, bikin juga motor kudi 2in1, terus plat no ganjil genap...
** yang sering bikin macet tuh perempatan yang lampu merah alias trafficlight suka mati, apalagi kalau ujan, genangan aer bikin banjir, aparat ga tanggap, udah macet total baru nongol, itu juga kalo ada...
** Sarana dan prasarana dibenahi, kalo mau aturan 4in1 kenapa ga 3in1 aja, ini sih mindahin macet... #GRRRRR
Quote:
Original Posted By faral►pulisi n walikota wadux pengen gampang n murahnya doang aja boss, ga mikirin kesusahan rakyatnya sndiri...
pusat macet itu ada d pasteur yg merupakan ikon gerbangnya kota bandung, harusnya bukan d saring dgn menggunakan sistem 4in1 tp bikin baypass yang banyak, mo under or fly
kalo mampet, jangan d saring, malah bikin mampet d tempat lain, tp d kasih cabang yg banyak biar terurai
bandung jg kan udah punya flyover kaya pasupati, tapiiiii..... anak sd jg tau kalo flyover pasupati itu kurang panjang ga nelesein masalah kemacetan d pasteur, harusnya tuh flyover hulunya d GTO pasteur bukan d persimpangan pasteur
yang bikin AMDAL(lalulintas) dulu buat flyover itu ternyata ga cukup pinter.
kepolisian kota bandung jg anget2 tai ayam mentang2 yg mimpinnya masih anget, meski skarang udah banyak pulisi d stiap persimpangan, tp kenyataannya tetep aja ga ga ada tujuan buat menyadarkan para pengendara supaya nyakola kalo make jalan, yg paling gedek n bikin gereget itu pulisi2 yg sering nagkring d perempatan gardujati paskal
jangan pake diskriminasi plat boss, plat luar bandung itu penyumbang apbd kota bandung terbesar, meski penggunaannya tau tuhh buat apaan, ga kerasa banget mangpaatnya

intinya, jangan ada pembatasan kendaraan, orang mo beli mobil brp banyak n mo pake gmna jg biarin aja,
justru yang harus d atur itu cara menggunakannya d jalan yang baik n bener tanpa ngerugiin kendaraan yg d blakannya alisa bikin macet.
contohnya banyak lahhh prilaku2 menyimpang n ga berotak yg d tunjukin sama orang yg pake kendaraan...
lalu kemudian ciptain penyadaran kpd masyarakat untuk membuat gerakan cinta menggunakan angkot (mass trans), nahhh angkotnya dulu tuhh yg musti d perbalikin fisik, sikap n budi pekertinya supaya bs d cintai oleh masyarakatnya

ane aja skarang dah beralih pake angkot kalo tujuannya deket, lumayan ngirit boss kalo pake angkot, ane jd bs nabung buat beli mobil dehhh

Quote:
Original Posted By 3toilet►kok ane brasa bodoh ya bacanya .. haloooooo coba itu di liat angkot2 di bandung ... udah gak ketulungan gan jumlahnya .. sampe2 dari ledeng ke kalapa aja isinya cuma satu orang saking banyaknya angkot .. blom lagi kalo ngetem .. ya ampuuuun numpuk di satu titik !!!!
aneh2 aja nih ... blum lagi mahasiswa yang di bandung tuh pake motor ama mobil semua .. banyak lobang pula di jalan ... gmna gak macet kalo gini
