KASKUS

Fakta yg membuat Raja Ampat Terkenal di Dunia


Kepulauan Batanta di Raja Ampat Papua

banyak yg tanya kenapa sih Raja4 yg selalu dipromosikan apakah begitu indahnya disana? saya coba jawab ya kenapa Raja Ampat begitu dikagumi oleh Travelers Mancanegara maupun lokal, walaupun banyak destinasi lain yg tidak kalah indahnya di Indonesia.

yang membuat Raja Ampat Spesial karena letaknya itu diantara wilayah segitiga karang dunia (coral triangel) yang belum tahu apa itu segitiga karang dunia (coral triangel) lokasi ini merupakan pusat keanekaragaman hayati dunia.


tidak hanya keindahan alamnya saja,tetapi Raja Ampat punya Budaya Lokal

Segitiga karang itu sebenarnya meliputi Indonesia, Philipina, Malaysia, Timor Leste, Papua New Guinea dan Kepulauan Salomon. yg terbesar adalah Indonesia. kalau Hutan Amazon dikenal punya aneka macam spesies binatang didalamnya, nah Raja Ampat itu adalah Hutan Amazonnya bawah laut.

Wilayah yg masuk Segitiga Karang (Coral Triangle) adalah Raja4, Derawan, Wakatobi dan Komodo. tidak heran keindahan bawah laut tempat ini. garis batas wilayah terumbu karang di ke-6 negara menyerupai segitiga. Itu sebabnya wilayah tsb disebut sebagai segitiga karang dunia.


salah satu dermaga yang berada di Kepulauan Raja Ampat

dari sekian banyak Destinasi Segitiga Karang Dunia & Raja4 yg hanya ada di Indonesia,tidak heran Negara tetangga pada ngiri hehe.. ini dia Peta Segitiga Karang (Coral Triangle) yang sebagian besar meliputi wilayah Indonesia ^_^


Peta Segitiga Karang Dunia (Coral Triangle)


Kalau agan engga percaya sama keindahan Raja Ampat Papua, nih gan..ane sharing foto2 lain tentang Keindahan alam dan Budaya Raja Ampat


jernih banget kan gan pantai dan air lautnya, ini dalem lho gan


keindahan bawah laut Raja Ampat Papua gan..


Festival Maritim Raja Ampat yang rutin diadakan tiap tahun gan, dan meriah banget


Pembuatan Sagu yang merupakan makanan pokok suku Papua


nah ini kuliner favorite ane gan, Ulat Sagu Bakar. asli rasanya enak banget kaya mentega dibakar gurih dan renyah


karena tiap hari makan ikan, lihat gan baik tua dan muda mereka suku Papua kotak2 perutnya gan hehe..


pasir putih dimana2 ada di Raja Ampat


Pantai di Batanta Raja Ampat

gimana gan udah percaya dengan keindahan Raja Ampat Papua? inilah kelebihan Raja Ampat yang merupakan Coral Segitiga Dunia dan tidak salah jika Wisatawan asing menjuluki Raja Ampat sebagai Heaven on Earth.



Photo and Text by Barry Kusuma
www.smileIndonesia.com (English)
www.alambudaya.com (Indonesia)
Spoiler for Mengintip Buku 15 Destinasi Wisata Terbaik Indonesia Karya BARRY KUSUMA:


Thread ini khusus buat info update dari agan2 tentang Raja Ampat Papua
rate 5 gan.. ane baru tau kalo raja ampat letaknya di segitiga koral dunia..
mesti di lestarikan nih ekosistem Indonesia, bukan cuma Raja Ampat tapi semuanya. biar gak kayak Jakarta, yg banjir krn kutukan dr keserakahan manusianya
kekayaan alamnya sangat mempesona yah
Quote:Original Posted By Riemagination
mesti di lestarikan nih ekosistem Indonesia, bukan cuma Raja Ampat tapi semuanya. biar gak kayak Jakarta, yg banjir krn kutukan dr keserakahan manusianya


betul gan jangan sampai raja ampat ini terkena dampak kerusakan lingkungan, karena yang ane denger raja ampat kaya akan mineral tambang dan kalau tidak dijaga dengan benar bisa dikeruk mineral disana yang membuat alam raja ampat nantinya akan rusak..
Wow, ane baru tau mengenai raja ampat ini, kayanya mengasikkan
Quote:Original Posted By bheka
betul gan jangan sampai raja ampat ini terkena dampak kerusakan lingkungan, karena yang ane denger raja ampat kaya akan mineral tambang dan kalau tidak dijaga dengan benar bisa dikeruk mineral disana yang membuat alam raja ampat nantinya akan rusak..


Kalo dijaga ama orang lokal sih ane yakin pasti aman, soalnya dr yg ane denger, kearifan lokal masyarakat sana tinggi, jd mereka sgt menghormati & menghargai alam.

Yang jadi masalah, kalo udah ada orang luar yang masuk, yang biasanya cuma mau ngeruk kekayaannya doang
Quote:Original Posted By Riemagination


Kalo dijaga ama orang lokal sih ane yakin pasti aman, soalnya dr yg ane denger, kearifan lokal masyarakat sana tinggi, jd mereka sgt menghormati & menghargai alam.

Yang jadi masalah, kalo udah ada orang luar yang masuk, yang biasanya cuma mau ngeruk kekayaannya doang


betul gan masyarakat disana mereka masih memiliki kearifan lokal yang tinggi, masyarakatnya pun mengambil ikan hanya untuk kebutuhan sehari3 mereka. dan mereka juga sudah menyadari potensi wisata daerah mereka dan bisa menjadi penghidupan mereka nantinya dimasa depan.
tapi sayang gan..sebagian besar resort dan penginapan bagus di Raja Ampat punya asing
Quote:Original Posted By jn82
tapi sayang gan..sebagian besar resort dan penginapan bagus di Raja Ampat punya asing


pendapat saya ya gan.. dulu sebelum raja ampat terkenal tidak ada investor lokal yang mau bangun resort dan penginapan disini, orang asing malah yg melihat potensi pariwisata yg luar biasa disini. akhirnya mereka investor asing ini (banyak dari mereka bule perorangan yg pensiun & buka resort disini) membuka dan berinvestasi yg tidak sedikit untuk membangun infrastruktur & akomodasi.

saya pernah denger yg punya misool resort (salah satu resort terbaik di dunia yg ada di raja ampat) dulu waktu pertama kali buka bisa dihitung jari wisatawan yg datang dalam sebulan. mereka dengan semangat mempromosikan wisata raja ampat ke negaranya & luar negeri. akhirnya sampai bisa terkenal sekarang barulah investor lokal melirik & baru membangun penginapan disana.

saya sih berterima kasih dengan mereka (bule2) yg punya resort di raja ampat, karena merekalah raja ampat saat ini bisa terkenal di dunia
Quote:Original Posted By bheka


pendapat saya ya gan.. dulu sebelum raja ampat terkenal tidak ada investor lokal yang mau bangun resort dan penginapan disini, orang asing malah yg melihat potensi pariwisata yg luar biasa disini. akhirnya mereka investor asing ini (banyak dari mereka bule perorangan yg pensiun & buka resort disini) membuka dan berinvestasi yg tidak sedikit untuk membangun infrastruktur & akomodasi.

saya pernah denger yg punya misool resort (salah satu resort terbaik di dunia yg ada di raja ampat) dulu waktu pertama kali buka bisa dihitung jari wisatawan yg datang dalam sebulan. mereka dengan semangat mempromosikan wisata raja ampat ke negaranya & luar negeri. akhirnya sampai bisa terkenal sekarang barulah investor lokal melirik & baru membangun penginapan disana.

saya sih berterima kasih dengan mereka (bule2) yg punya resort di raja ampat, karena merekalah raja ampat saat ini bisa terkenal di dunia


berarti orang negeri kita sendiri yang cupu, gak bisa liat potensi negeri sendiri. Sedih liat kenyataan kayak gini
Quote:Original Posted By tyResUs
Wow, ane baru tau mengenai raja ampat ini, kayanya mengasikkan


Raja Ampat destinasi impian setiap Travelers gan
Quote:Original Posted By jn82
rate 5 gan.. ane baru tau kalo raja ampat letaknya di segitiga koral dunia..


betul gan dan inilah yang membuat raja ampat indah, selain itu raja ampat juga merupakan taman nasional yg dijaga kelastariannya...
alam indonesia emang surga nya dunia gan, kalo pemerintah indonesia sampahnya dunia
tempat2 pariwisata di Indonesia emang bagus2
Quote:Original Posted By fazriaja
alam indonesia emang surga nya dunia gan, kalo pemerintah indonesia sampahnya dunia


hehe mereka sudah berusaha juga kok gan..cuma memang butuh waktu yg panjang untuk mempromosikan Indonesia, karena Indonesia memang sangat luas daerahnya.. kalau malaysia dan thailand negara mereka juga paling banter sebesar pulau sumatera, sedangkan kita punya 5 besar pulau hehe..
Quote:Original Posted By albanjar
tempat2 pariwisata di Indonesia emang bagus2


betul gan..dan yang lebih bagus dan banyak dari raja ampat sebenarnya banyak..raja amapat hanya salah satunya aja gan dari keajaiban indonesia..
keren banget pemandangan raja ampat
Quote:Original Posted By siyyal
keren banget pemandangan raja ampat


percaya deg gan..aslinya lebih bagus daripada fotonya
×