4mMe2YouAvatar border
TS
4mMe2You
[SHARE & SOLUSI] Suka Duka sebagai Online Shopper
Hmm, sebenernya ini dimulai dari 6 bulan lalu ketika ane membeli sebuah CD (untuk pertama kalinya CD original) & secara langsung memaksa ane untuk 'terjun' ke dunia bisnis online yang cukup menjanjikan.
emoticon-Ngakak



Pertama kali terjun ke bisnis ini, ane bisa dikatakan OS judes yg menanggapi costumer2 bawelnya dengan setengah hati. emoticon-Najis (S)
Lama kelamaan ane sadar ada point2 tertentu dalam online shop yang bisa merugikan ane jika terus-terusan seperti itu (judes). emoticon-Cape d... (S)

Naahh, ane mau share suka duka ane sebagai online shopper disini gan. emoticon-I Love Indonesia (S)
Semoga buat yang baru mau buka atau sudah buka online shop, bisa berbagi pengalamannya (saja) disini.
Ane sih GA BAKAL BALES PM untuk yang tanya2 supplier, forwarding, dan semacamnya, kecuali menanyakan soal BLACKLIST COSTUMERS yang sudah ada di daftar saya emoticon-Bata (S)


DUKA emoticon-Berduka (S) (Ini yang paling banyak, jadi ane tulis duluan)

1.Costumer yang bawel & ga sabaran
Ini pastinya satu hal yang sering dikeluhkan sama pemilik OS, maupun yg pre-order barang atau yang menunggu masa produksi barang hingga selesai.
Bisa diperkirakan 90% dari costumer yang kita terima adalah costumer yang termasuk dalam kategori ini. emoticon-Bingung (S)
Kadang-kadang ada yang tidak mengerti, padahal sudah kita jelaskan berkali2 sampai mulut berbusa emoticon-Najis (S), lalu udahnya malah maki2 kita gan. emoticon-Cape d... (S)
KENAPA SEPERTI ITU? :
*Mungkin si costumer BELUM PERNAH beli di online shop
*Mungkin baru pertamakali beli di OS agan
*Mungkin aja emang costumernya bawel & terlalu teliti (kena syndrom takut ditipu)emoticon-Ngakak (S)
SOLUSInya : Sabar & sabar emoticon-Malu (S) , kalau kita tanggapi dengan nada bicara baik maka si costumernya juga bakal malu sendiri gan. emoticon-Cendol (S)

2.Saingan dengan Online Shop lain
Tiap usaha pasti ada saingan di berbagai penjuru. Bahkan beberapa online shop 'merusak' harga mereka sendiri supaya dapat pelanggan banyak.
Ane juga kejadian sih gan, barang di ane bisa 500 lebih, eehh di online shop lain bisa jatuh tuh tuh sampai 300rb emoticon-Cape d... (S)
Cuma gara2 mereka pakai trik nyediain ready stock banyak.
Yang ane ketawain dari OS macem begitu sih, ane yakin mereka lama2 bangkrut gan, KENAPA? :
1. Modal mati suri dalam jangka waktu lama. Memangnya setiap in stock pelanggan bakal langsung beli stock yang sudah ready? Belum tentu. Apalagi kalau sistem olshop itu sendiri sebenarnya PO bukan sistem ready stock & punya toko offline.
2. Harga yang sudah ditetapkan sudah murah. Costumer pasti akan kabur kalau mereka sedikit aja naikkin harga. Maka alesan pertama akan terus berlaku & mereka makin banyak nampug ready stock. emoticon-Cape d... (S)
3. Kalau alasan 2 berlangsung terus menerus, yang pastinya lama2 akan bangkrut lah OS tsb. emoticon-Ngakak (S)
Jadi kalau ane sih STAY CALM aja sama harga ane, toh memang ane beli mahal & ga mungkin ane bisa untung banyak (toh dri modal juga udh mahal) emoticon-Cape d... (S)
SOLUSInya : Yah kalau agan ada saingan seperti ini sih, bikin event tertentu yang menarik pelanggan datang. Eventnya tentu aja harus "fresh" & beda dari OS lain, yah misalnya agan bikin event diskon, dll. JANGAN BIKIN EVENT GIVEAWAY, pasti ga terlalu banyak yg ikut & akhir2nya ga bisa mendongkrak popularitas OS agan.

3.Pelanggan Tetap yang ketauan 'selingkuh'
Ane ada nih yang seperti ini. Dia pelanggan tetap ane yang sering beli ke ane, tapi tiap beli DP tuh gan. Waktu ane liat update-an FBnya ehhh, dia bisa beli barang yang mahalnya 3x lipat dari barang yang dia beli ke ane (pake DP). Kalau bilang ke ane sih alesan DPnya nungguin income dari orang tuanya per bulan.
Ane sih jujur, nyengir aja deh gan kaya kuda, kok gitu banget, di ane bisa ngutang (kasarnya) di yang lain bisa beli yg lebih mahal emoticon-Cape d... (S)
SOLUSI : kalau ada yang seperti ini sih, mari kita bersabar aja gan. emoticon-Berduka (S)

4.Rude Costumer yg Bikin Emosi Meluap
Ane sudah beberapa kali dapet rude costumer, beberapa diantaranya seperti ini :
1. Tanya berbelit2, dari awal mau beli apa jadinya apa, trus ganti lagi adi apa, trus tawar2 harga, bilang di OS lain murah, trus tanya2 OS trusted seller atau ngga, ngomong harganya di kita kaya harga reseller, dll.
Jujur aja sih gan,yang kaya gitu sih saya permanent blacklist & tentu saja saya sebarkan no nya ke OS lain.
2. Beli barang ready stock, seudh ditotalkan hilang beberapa hari, setelah barangnya dibeli orang lain dia baru transfer, ane minta no reknya untuk dibalikin, marah2 & maki2 kenapa ga di keep dll.
Kalau yg satu ini sih, DIA SENDIRI YANG BODOH, namanya barang ready stock kan cepet abis, & buat keep barang yg ga transfer2 pasti udh kita anggap ga jadi beli.
3. Beli barang yang ada bonusnya, tapi 'maksa' agar kita bisa dapetin 'bonus'nya tersebut pake embel2 ntar kalau dapet bakal promosiin OS kita. Sinting sih menurut saya yg kaya gini. Ngga selamanya bonus bisa didapet kalau sudah lewat masa rilis suatu barang.emoticon-Mad (S)
SOLUSInya sih : Ditanggapi dengan sopan gan, memang kadang2 yang seperti ini menyulut emosi, tapi jangan sampai kita terpancing emosi. Yah namanya jaman sudah canggih & social media, apapun omongan jelek yg kita tuliskan bisa mereka capture dan dijadikan barang bukti untuk mencemarkan nama baik OS kita.

5.Harga Pasaran Barang
Merujuk ke point 2, memang harga yang tiba2 'Jatuh' bisa merugikan harga pasaran yang udh kita tentukan.
SOLUSInya : Lancarkan Promosi OS agan & STAY CALM, karena OS yang harga murah tapi kalah di promosi lama2 juga akan bangkrut.

6.NOT Serious Buyer
Bisa juga termasuk ke point 4, tapi ada satu tambahan lain yaitu:
* Costumer yg suka minta berulang2 untuk keep barang, sampai waktu yg telah ditentukan oleh kita, mereka tiba2 'kabur' tanpa kabar. Saya malah ada yg terang2an mendelete kontak saya ketika ditanyakan soal ordernya (padahal itu diajak ketemuan & bayar ditempat [COD], ane malah pesenin dulu barang die, gmna ga baiknya ane gan emoticon-Berduka (S))
SOLUSInya : Masukin daftar blacklist gan, biar nanti kalau dia order lagi ke agan, bisa agan emoticon-DP

7.Reseller Tidak Tahu Diri
Jujur aja sejauh ane berbisnis online shop, ane baru nemu satu reseller ane yang 'rajin' copy-paste sampe titik koma semua update status, notes, album, bahkan foto yg udh ane tag nama OS ane dia copy juga.
Namanya copy-paste sih boleh2 aja gan, ASAL TAHU DIRI.
SOLUSInya : KICK dari daftar reseller & blacklist sesegera mungkin. Siapa tau dia memang ada niat untuk ngacurin usaha agan kan bahaya tuh emoticon-Cape d... (S)

8.Ready Stock yang ngga laku2
SOLUSInya : Giat promosi gan. Yang namanya dagang tapi ga ada promosi ke situs lain, apalagi kalau agan belum punya nama, sama aja mati suri.

9.Ribet menyebarkan promosi
Ynag namanya mepromosikan diri sendiri sih agak SUSAH yah gan. Pasti 90% dari orang2 yang baca promosi kita belum tentu percaya sama usaha kita.
SOLUSInya : kalau agan ppunya testimonial, jangan ragu kasih link testimonial agan. Karena itu yang bikin ketidakpercayaan si calon costumer ini berkurang sedikit demi sedikit.

SUKA emoticon-I Love Kaskus (S) (sedikit sih gan, cuma ini yang buat ane bertahan jadi online shop)
1.Untung yang cukup besar
Ngga bisa dipungkiri memang kalau yang namanya OS itu kerjanya gampang dan walau kita kehidupan sehari2 tinggal ongkang2 kaki pun masih dapet penghasilan cukup lumayan. Tapi kita juga ga bisa berbesar hati & berhenti bekerja keras, karena ga selamanya online shop kita ada di atas (roda terus berputar loh gan). Nah kalau OS sepi, mau makan apa nanti keluarga agan ? emoticon-Malu (S)

2.Pelanggan / Costumer yang Ramah
Ini sih pelanggan YANG PALING SUSAH DICARI, ane aja baru ketemu pelanggan model seperti ini HANYA 2 orang dari keseluruhan pelanggan ane yang ada.


SARAN ANE BAGI AGAN YG PUNYA OS
1. Jujurlah dalam berdagang. (Tapi jangan ter-la-lu)
Adakalanya kita hrus jujur pada sikon tertentu tapi ga setiap sikon bisa mendukung kita kalau kita jujur.
2. Menjatuhkan harga pasaran = memperpendek umur OS sendiri
Inget aja poin kedua dari "DUKA"yang udah ane tuliskan di atas.
3. Selalu bersikap ramah & sopan
Yah biarpun pelanggannya amit2 bikin emosi & naik darah. Jagalah sikap kita gan sebagai OS. Omongan kita adalah citra OS kita juga.

Segitu aja sih share dari ane, semoga berguna yah gan emoticon-Ngakak
0
2.6K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan