KASKUS

Pengamat: Militer Israel Lebih Kuat Daripada TNI

Military observer Connie Rahakundini Laspetrini says that in spite of major differences between Indonesia and Israel, both countries have a similar history in the formation of their militaries.

Israel’s military developed from Haganah, a paramilitary organization defending the incipient Israeli state as it struggled for existence between 1920 and 1948.

Meanwhile, the Indonesian Military (TNI) developed in part from the PETA, a volunteer army fostered by the Japanese during their occupation of the then East Indies. PETA veterans later played a crucial role in Indonesia’s struggle for independence.

However, that is where the similarity end.

According to Connie, Indonesia would have to struggle to catch up to the capabilities of the Israeli military, which is three times larger than the TNI.

Connie said that Israel, with waters comprising only 2 percent of its area, has a stronger navy than Indonesia, an archipelagic nation. The Navy’s effective force was about two-thirds of Israel’s, which operates three submarines to guard its waters.

The poor performance of the TNI was attributed by Connie to a “lack of awareness of the country’s political elites about possible external threats” that led to insufficient funding of the nation’s defense and deterrence systems.

“Israel occupies a land that is only 1 percent of Indonesia’s total land area. Their population is less than 3 percent of Indonesia’s and also lacks natural resources. Indonesia has more than enough to build a strong military, but look at us, we are far behind a small country like Israel,” Connie said in her presentation to earn a doctorate in politics at the University of Indonesia (UI) on Wednesday.

Members of Connie’s committee included Presidential spokesman Julian Aldrin Pasha, who is also a professor at UI; and Indonesia’s former representative at the UN Makarim Wibisono.

The title of her dissertation is “Development of State Power: Comparative Study of Indonesia and Israel based on Military Power”.

For her dissertation, Connie interviewed prominent figures in the defense sector including TNI chief Adm. Agus Suhartono; Defense Minister Purnomo Yusgiantoro, former Israeli internal security minister Tzachi Hanegbi, Israeli Knesset lawmaker Yehuda Bein Meir and the director of the Israel-based Institute for National Strategic Studies (INSS), Oded Eran.

Connie, who is the executive director of Institute of Defense and Security Studies, said that for a country much smaller than Indonesia, Israel allocated US$15 billion, or 7.5 percent of its budget, for defense, while Indonesia had allocated only US$5 billion, or around 1 percent of its budget for the TNI.

The Israeli Defense Force (IDF), which comprises its air force, army and navy, fields one soldier for every 45 civilians and for 130 square meters of land, while the ratios for the TNI are one soldier for every 664 civilians and 5 square
kilometers.

The IDF also maintains 3,500 tanks and 460 state-of-the-art aircraft, while the TNI fields 405 tanks and 100 aircraft.

“Israel has this strong military power because their political elites are aware of possible threats from Palestinians and other Arabic nations,” Connie said.

“Indonesia, however, can’t decide if it has no threats, and therefore has stopped developing its defense systems.” (aml)

sumber: http://www.thejakartapost.com/news/2...-observer.html

=========================

bingung mau komentar apa. hehehehehehe
Connie Rahakundini Laspetrini


antek Shitrahell

pasti agen asing, temennya reihardbil & kitingbol
Perbandingannya jauh bener ya? Kok bisa proposal desertasinya di Acc?
bukannya emang begitu... fakta kan?
Lha iya belum2 sudah sara aja negatif lagi maksud beliau itu sebagai perbandingan supaya Indonesia ini lebih meningkatkan budget militer dan perhatian pada pertahanan seiring dengan meningkatnya kerawanan terhadap keamanan negara. Kalau diterjemahin ke bahasa planetnya "Tuh Israel aja yang wilayahnya kecil budget pertahanannya lebih gede dari Indonesia, dan pertahanan milternya lebih kuat karena keseriusan pemerintahannya juga"
ya iyalah lebih kuat IDF... gimana sih mbok dhe???
Nga fair membandingkan IDF & TNI,krn projeksi keduanya berbeda......lebay nih peneliti
gw paling ga percaya itung2an diatas kertas.....biar lebih valid pembuktian dilapangan mutlak diperlukan,mau 1 on 1 atau keroyokan terserah



Posted with kaskusQR
fakta in numbers bener om..................

tapi sumber pendanaan Israel untuk perekonomian, especially militer coba liat dan ditelaah...............

Quote:Original Posted By sangehan
gw paling ga percaya itung2an diatas kertas.....biar lebih valid pembuktian dilapangan mutlak diperlukan,mau 1 on 1 atau keroyokan terserah



Posted with kaskusQR


bener tuh buktinya Mesir ama Syria yg di atas kertas menang jumlah keok ama Israel...kok BISA ya?

Quote:“Indonesia, however, can’t decide if it has no threats, and therefore has stopped developing its defense systems.”

Udahlah, semua sepakat zero enemy
Masalahnya Israel setiap saat harus menghadapi kemungkinan gebuk2an dengan tetangganya. Jadi otot dan gembok rumah harus sama2 gede. Lha disini sama tetangga paling banter senggolan. Terakhir kali mau gebuk2an sudah berdekade lalu. Belum lagi ada anggota dewan terhormat yg bilang "Indonesia tidak akan menghadapi perang sampe 50 tahun mendatang.". Trus sekalinya nggedein otot nggak jelas program nggedein ototnya gimana, malah belinya steroid abal2.

Belum ada komen mengundang SARA ya?
Quote:Original Posted By Beka.RM.ST.
Masalahnya Israel setiap saat harus menghadapi kemungkinan gebuk2an dengan tetangganya. Jadi otot dan gembok rumah harus sama2 gede. Lha disini sama tetangga paling banter senggolan. Terakhir kali mau gebuk2an sudah berdekade lalu. Belum lagi ada anggota dewan terhormat yg bilang "Indonesia tidak akan menghadapi perang sampe 50 tahun mendatang.". Trus sekalinya nggedein otot nggak jelas program nggedein ototnya gimana, malah belinya steroid abal2.

Belum ada komen mengundang SARA ya?


karena dibawah ini...

Quote:Original Posted By Bowo1908


Quote:“Indonesia, however, can’t decide if it has no threats, and therefore has stopped developing its defense systems.”

Udahlah, semua sepakat zero enemy


Quote:Original Posted By kiting
Nga fair membandingkan IDF & TNI,krn projeksi keduanya berbeda......lebay nih peneliti



ini gamer asing ngaku intel ikut-ikutan komeng
Setuju . . . memang maksud tulisan diatas seperti itu. Sebenarnya pasca reformasi banyak pihak asing terutama negara2 yang punya kepentingan ekonomi dengan Indonesia menginginkan agar kita memperkuat angkatan bersenjata kita terutama kekuatan laut karena letak negara kita yang sangat strategis. Banyak sekali forum2 militer luar yang menyayangkan lemahnya pertahanan Indonesia bahkan untuk peralatan militer dengan singapura saja kita masih kalah.

Quote:Original Posted By sangehan
gw paling ga percaya itung2an diatas kertas.....biar lebih valid pembuktian dilapangan mutlak diperlukan,mau 1 on 1 atau keroyokan terserah



Posted with kaskusQR


Kalau dari jumlah porsonil bersenjata yg bisa digerakkan , Israel juga lebih banyak dari Indonesia, tapi kalau kita ngerahin yg cuma modal parang, batu + bambu runcing, kita bisa menang jumlah.

itu pun kalau mau seperti rusia saat perang dunia kedua, saat sebagian besar serbuan masal cuma bermodal senapan lawas dan serba kekurangan, yg sebagian bisa dilumpuhkan hanya dengan beberapa tim senapang mesin jerman.

Biarpun rusia mampu memukul mundur jerman, tapi korban yg berjatuhan tidak sedikit, saat rusia memukul mundur sekitar 2 juta tentara jerman, setidaknya rusia harus kehilangan 17 juta tentaranya.

Tanya ama ama orang Kopasu yg pernah "dididik" ama IDF
Quote:Original Posted By sangehan
gw paling ga percaya itung2an diatas kertas.....biar lebih valid pembuktian dilapangan mutlak diperlukan,mau 1 on 1 atau keroyokan terserah



Posted with kaskusQR


Disana pasukan cadangan bawa Merkava,disini pasukan cadangan nga ada,paling satpol pepi
Quote:Original Posted By AbdiYazkiHermit


Kalau dari jumlah porsonil bersenjata yg bisa digerakkan , Israel juga lebih banyak dari Indonesia, tapi kalau kita ngerahin yg cuma modal parang, batu + bambu runcing, kita bisa menang jumlah.

itu pun kalau mau seperti rusia saat perang dunia kedua, saat sebagian besar serbuan masal cuma bermodal senapan lawas dan serba kekurangan, yg sebagian bisa dilumpuhkan hanya dengan beberapa tim senapang mesin jerman.

Biarpun rusia mampu memukul mundur jerman, tapi korban yg berjatuhan tidak sedikit, saat rusia memukul mundur sekitar 2 juta tentara jerman, setidaknya rusia harus kehilangan 17 juta tentaranya.



Quote:Original Posted By kiting
Disana pasukan cadangan bawa Merkava,disini pasukan cadangan nga ada,paling satpol pepi



merkava cuma tahan lawan kerikil, kena AK 47 aja bolong
jelaslah..karena ancaman israel lebih besar dari TNI..
×