KASKUS

Bioskop Pertama Di Jakarta

Dulu Jakarta masih bernama Batavia. Bioskop pertama di Batavia diusahakan oleh seorang Belanda bernama Talbot “Gedung”nya sebuah bangsal berdinding gedek dan beratap kaleng di Lapangan Gambir. Setelah pertunjukan di Lapangan Gambir selesai, bioskop itu pun lalu dibawa keliling ke kota-kota lain. Kemudian seorang Belanda yang lain bernama Schwarz mengikutinya. Mula-mula bioskop yang diusahakannya itu main di tempat orang belajar menunggang kuda, lalu di Kebon Jahe, dekat Tanah Abang. Terakhir bioskop Schwarz ini menempati gedung di Pasar Baru. Sayang tak lama kemudian gedung permanen itu habis terbakar.

bioskop Tahukah Kamu Bioskop Pertama di Jakarta ?

Seorang Belanda lagi bernama de Callone mengusahakan bioskop Deca Park. Mula-mula berupa bioskop terbuka di lapangan yang di jaman sekarang disebut “misbar”, gerimis bubar. Tetapi kemudian de Callone menggunakan sebuah gedung yang dimamakannya “Capitol” di Pintu Air.

Seorang pengusaha Cina setelah itu mendirikan pula bioskop di Pintu Air. Nama bioskop itu ialah “Elite”. Beberapa tahun kemudian bioskop itu dijual kepada Universal Film Co. Pada jaman itu penonton sangat menyukai film-film seperti Fantomas, Zigomar, Tom Mix, Edi Polo dan film lucu yang dibintangi oleh Charlie Chaplin, Max Linder, Arsene Lupin dan lain lain. Film-film itu semua adalah film bisu yang diramaikan oleh orkes.

Sampai saat penyerahan Belanda kepada Jepang pada tahun 1942, bioskop yang ada di Jakarta adalah sebagai berikut : “Rex” di Kramat Bunder, “Cinema” di Krekot, “Astoria” di Pintu Air, “Centraal” di Jatinegara, dua bioskop “Rialto”, masing-masing di Senen dan Tanah Abang. Kemudian bioskop “Thalia” di jalan Hayam Wuruk, “Olimo” yang sekarang tdak ada lagi, “Orion” di Glodok dan “Al Hambra” di Sawah Besar.

Bioskop Capitol di Pintu Air khusus di peruntukkan bagi orang Belanda saja. Sebagai perkecualian ialah para bupati dan anggota “Volksraad” bangsa Indonesia. Tarif “Capitol” cukup mahal pada jaman itu. Satu setengah gulden, tanpa kelas. sekarang bioskop ini sudah tidak ada lagi.

Bioskop “Oost Java” terletak di pojok Merdeka Utara – Jalan Veteran III, sekarang sudah tidak ada lagi. Di Gedung inilah dulu berlangsung rapat umum yang diselenggarakan oleh Kongres Pemuda II. Dalam rapat umum ini W.R Supratman dengan biolanya memperkenalkan lagu “Indonesia Raya” untuk pertama kalinya.

Begitu juga bioskop “Rembrandt” di Pintu Air sekarang hanya tinggal kenangan saja bagi orang-orang tua yang pernah tinggal di Batavia.

Ini gambarnya
Spoiler for Gambar:


Spoiler for Sumber:
sorry kalau ada salah-salah..
maklum nubi gan ^^
Spoiler for :
g bisa bayangin film apa juga yang diputer..

mamprit ke trit ane please
Langit Malam Bulan Januari

baru tau ane
Hey Newbie... Nice thread.. Tapi saran ane TS coba kalo mau bikin thread lagi rapihan dikit dan tampilannya menarik.. Bukan mau sok menggurui.. Tapi biar agan lebih maju untuk kedepannya.. Nice info
udah lama juga berdirinya ya gan
Quote:Original Posted By KekuatanHati
Hey Newbie... Nice thread.. Tapi saran ane TS coba kalo mau bikin thread lagi rapihan dikit dan tampilannya menarik.. Bukan mau sok menggurui.. Tapi biar agan lebih maju untuk kedepannya.. Nice info


thx agan ^^ next trit semoga bisa lebih baik
Amin Quote:Original Posted By dankiyoshi


thx agan ^^ next trit semoga bisa lebih baik


nice info agan TS baru tau nih
Quote:Original Posted By KekuatanHati
Amin


amin agan
Keren banget bangunannya serasa di luar negeri
Quote:Original Posted By pentolkukus
Keren banget bangunannya serasa di luar negeri


belanda banget ya gan
rembrandts theater gan?

brarti ddalemny ad backsound :

i'll be there for you ........


wah mantap bioskop pertamax ya gan
Quote:Original Posted By dankiyoshi


belanda banget ya gan


Iya brasa belanda ya gan
Quote:Original Posted By farizkewok


Iya brasa belanda ya gan


maklum aja gan jaman segitu kita masih dijajah belanda

pertanyaan ane cuman satu gan,, yang pada nonton itu orang indonesia apa belanda ya??
mantap gan bioskop pertama ampe skrg aja jg masi adayha masbro nice share
anee bantu ngeramein thread yah gan
Quote:Original Posted By xaverius14
anee bantu ngeramein thread yah gan


thanks agan
×