KASKUS

[Sekilas Info] Orang Gila Masuk Surga Atau Neraka??



Assalamu'alaikum wr, wb

Spoiler for no repost:


Quote:
Spoiler for awas muncrat gan :D:

Agan pernah ketemu orang gila ?? Pernahkah agan kepikiran, kalau orang gila itu masuk surga gak ya??
Ada anggapan bahwa orang gila tidak masuk ke neraka juga tidak ke surga. Ada yang beranggapan akan dicampur dengan binatang -binatang. Anggapan itu menurut saya tidak beralasan. Karena dalam agama tidak ada keterangannya.

Orang gila adalah orang yang hilang akalnya, orang seperti ini dalam Islam tidak dimintai pertanggung jawaban amalnya di Dunia.

(رُفِعَ الْقَلَمُ عَنْ ثَلاَثَةٍ: النَّائِمِ حَتَّى يَسْتَيْقِظَ، وَالْمَجْنُوْنِ حَتَّى يُفِيْقَ، وَالصَّغِيْرِ حَتَّى يَبْلُغَ. (رَوَاهُ أَحْمَدُ وَأَبُوْ دَاوُوْدَ وَالنَّسَائِيُّ وَابْنُ مَاجَه

“Diangkat pena dari tiga orang:. Orang tidur hingga dia bangun, Orang gila hingga dia sadar, Anak-anak sampai ia baligh.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, An-Nasa-i, dan Ibnu Majah).

Tapi...ada masa-masanya gan :

1. Gila dari kecil terus sampai meninggalnya
Orang gila ini dapat dimasukkan bagian anak-anak, sedang anak-anak itu ditentukan masuk surga, sebagaimana sabda Rasul dalam HR. Ahmad :”Nabi di dalam surga, orang yang mati sahid di dalam surga dan anak-anak di dalam surga.”

2. Gila dari kecil kemudian sembuh sesudah baligh.
Orang ini nanti ada perhitungan amal baik dan amal buruknya sesudah ia sembuh dari gila dan baligh.

3. Gila sesudah baligh sampai mati
Kalau ia gila sesudah baligh, maka dari waktu baligh sampai ia gila itu ada perhitungan amalnya.

4. Gila yang putus-putus
Menurut hadits diatas dalam masa gila perbuatannya tidak dihitung. Di dalam masa sehatnya yang putus-putus itu akan akan dihitung amal baik-buruknya.

Demikianlah garis-garis besar tentang keadaan gila


Quote:Sumber disini
dan disini


Terima kasih atas kunjungannya
Jangan lupa untuk selalu komeng yang bermutu ya gan





mampir ke lapak ane gan
Umroh bareng yuk gan
add me
Inspirasi Setiap Hari
Lailatus Sya'adah

ane cewe gan :(

ada yg komen kalo pict ilustrasi diatas adalh foto ane sebagai TS dan teman ane
ane cewe gan cek ajah FB ane Lailatus Sya'adah

Quote:Quote:Original Posted By orankconyol
wah begitu toh penjelasannya

btw itu ts nya narsis


Quote:Original Posted By pangeranbaik
mwkwkwkwk... itu pict ilustrasi nya TS ya.. narsis amat yak hahha


Quote:Original Posted By aloery23
itu mah foto TS nya wkwkwkwk





nih gan ane kasih foto ane (narsis sekali kali di kaskus gk papa lah gan )
Spoiler for ane beserta anak ane :D:
ane taunya masuk surga
iya gan. setuju ane sma trit ente
wah begitu toh penjelasannya

btw itu ts nya narsis
Quote:Original Posted By mortedabo
setau gue si gan.. gak masuk neraka gak masuk surga juga.. tapi dia bakal di kumpulin di suatu bukit.. nah nama bukitnya itu apa gue lupa.. pernah di ceritain si sama guru agam lagi SD.



ane baru denger malah gan, itu ane ada haditsnya bahwa orang gila itu gk dihitung amal perbuatannya sampai dia sembuh gan
iya ya, gag kepikiran saya dari dulu, klo org gila masuk surga pa neraka
krn semua apa yang mereka lakukan tanpa mereka sadari
Quote:Original Posted By .bens22.
ane taunya masuk surga

iya masuk surga gan, kalau dia dari sebelum baligh dah gila sampai dia mati

Quote:Original Posted By graftones
iya gan. setuju ane sma trit ente

cendolnya dong gan

Quote:Original Posted By orankconyol
wah begitu toh penjelasannya

btw itu ts nya narsis

enak aja si agan orang ane cewe juga

Quote:Original Posted By mortedabo
setau gue si gan.. gak masuk neraka gak masuk surga juga.. tapi dia bakal di kumpulin di suatu bukit.. nah nama bukitnya itu apa gue lupa.. pernah di ceritain si sama guru agam lagi SD.


kalo ga salah, ane jg pernah denger kyk gini.
sama seperti halnya hewan dan tumbuhan

Quote:Original Posted By MWIsthetoscope
iya ya, gag kepikiran saya dari dulu, klo org gila masuk surga pa neraka
krn semua apa yang mereka lakukan tanpa mereka sadari


iya gan orang gila itu dah gk bisa ngebedain mana yg baik dan buruk...
makanya gk diperhitungkan amalnya sampai dia sembuh dari gilanya
Quote:Original Posted By arcizy


kalo ga salah, ane jg pernah denger kyk gini.
sama seperti halnya hewan dan tumbuhan



ane gk pernah denger tuh gan
orang gila itu kan biarpun dia gila, dia tetap manusia gan...
nah, manusia itu kan gk sama kaya hewan dan tumbuhan, hewan dan tumbuhan kalo mereka mati gak ada perhitungan amalnya
setau ane ga masuk neraka atawa surga...
tapi masuknya RSJ..
mwkwkwkwk... itu pict ilustrasi nya TS ya.. narsis amat yak hahha
kirain langsung masuk surga gan..
udah di pastika dia masuk surga bro

soalnya mereka ilang akal

mangkanya kalo mau masuk surga gila aja
Boleh juga gan
ia gan.. kyknya amalnya terhitung sejak dia sadar.. selama gila ga masuk hitungan.. cmiiw
Quote:Original Posted By darkangel17


ane gk pernah denger tuh gan
orang gila itu kan biarpun dia gila, dia tetap manusia gan...
nah, manusia itu kan gk sama kaya hewan dan tumbuhan, hewan dan tumbuhan kalo mereka mati gak ada perhitungan amalnya


nah ane mau tanya. ntar hewan sama tumbuhan ada dmn donk?
wah,, bener jg ya gan, orang gila pasti pernah sadar ..