KASKUS

Keindahan Kuil Wat Rong Khun di Thailand



Sebuah kuil megah dengan arsitektur yang unik terdapat di Thailand. Kuil bernama Wat Rong Khun ini sering dimasukkan dalam brosur-brosus wisata Thailand Utara.
Berkunjung ke Thailand Utara sepertinya belum lengkap jika belum berkunjung ke Wat Rong Khun karena tempat ini merupakan ikon Thailand Utara yang sangat terkenal.
Memiliki julukan sebagai white temple, Wat Rong Khun terletak sekitar 13 km dari Kota Chiang Rai.
Karena letaknya yang strategis, yaitu di jalan yang menghubungkan Chiang Mai dan Chiang Rai, banyak agen travel yang menawarkan perjalanan ke tempat ini.

Keindahan kuil Wat Rong Khun tidak terelakkan, ada banyak hal yang akan membuat anda kagum saat memasuki bangunan serba putih ini. Perlu anda ketahui, kuil Wat Rong Khun terus mengalami pembenahan agar terlihat semakin bagus dan menarik. Pembuat kuil ini adalah seorang seniman asal Thailand bernama Chalermchai Kositpipat. Pembangunan kuil ini dilakukan karena ia ingin menciptakan bangunan megah yang akan diingat sepanjang masa. Keindahan kuil Wat Rong Khun tidak tercipta dalam sekejap, pembangunannya sudah dimulai sejak tahun 1997 dan diperkirakan baru akan selesai 60 tahun mendatang atau pada tahun 2070.

Kositpipat sangat serius dalam menggarap bangunan ini, bahkan ia sudah mempersiapkan beberapa orang untuk terus melanjutkan pembangunan setelah ia meninggal nanti. Menurut rencana, beberapa bangunan seperti museum, pagoda, dan krematorium akan melengkapi keindahan kuil Wat Rong Khun. Warna serba putih dari bangunan ini juga merupakan tontonan yang menarik karena kuil-kuil di Thailand biasanya memiliki warna keemasan yang mencerminkan kemakmuran dan kemurnian. Pemakaian warna putih bagi orang Asia merupakan simbol dukacita. Memakai warna ini pada kuil di Thailand menjadi keunikan tersendiri karena menabrak pakem yang sudah ada.



Menurut Kositpipat, emas adalah warna yang pantas dipakai untuk orang-orang yang takluk godaan setan. Sedangkan warna putih menurutnya adalah warna suci yang melambangkan kemurnian dan kedamaian dari umat Buddha. Tidak hanya warna bangunannya saja yang unik, beberapa ornamen juga cukup menarik perhatian. Salah satunya adalah kepingan-kepingan kaca pada dekorasi bangunan. Dekorasi ini membuat kuil terlihat bersinar jika terkena sinar matahari. Hal lain yang juga menarik adalah deretan patung aneh yang terdapat pada bangunan utama, salah satunya adalah di depan kuil. Disini anda bisa melihat jejeran patung yang menjulurkan tangannya keluar. Ada juga patung biksu, dinding yand dihiasi mural dengan gambar Michael Jackson, Spiderman, dan Doraemon yang turut melengkapi keindahan kuil Wat Rong Khun.




Yang bikin ini, citarasa seni nya tinggi banget yah gan



SUMBER
Bagus ya gan tempatnya

Moga² suatu saat ane bisa maen kesana
untung ada di thailand coba di indonesia, pasti udah dirusak ama teroris FPI

indah gan kuilnya
Woooww...keren pisan euy


Kapan bisa wisata kesana..

Nice Info y Gan...




Keren bener gan.... ukirannnya mantab
weah di thailand banyak kuil begini yak
I love Thailand