- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
8 hal yang ingin pilot katakan kepada anda


TS
kopimania
8 hal yang ingin pilot katakan kepada anda
lagi masa liburan kayak sekarang biasanya agan2 pada pengen liburan pastinya
buat agan2 yang pengen liburan naik pesawat tapi ngerasa agak ragu karena mikirin keselamatan, delay, dan hal-hal lain seputar penerbangan, ane nemu artikel menarik nih buat agan2
semoga ga repost nih gan
kalo agan2 penasaran apa yang dilakukan maskapai sebelum penerbangan, agan bisa baca di bawah ini gan
1.Pemeliharaan Pesawat
Setiap hari, para teknisi pemeliharaan pesawat berlisensi (licensed Aircraft Maintenance Engineers (AMEs) melakukan serangkaian program pemeliharaan pesawat untuk memastikan aspek keselamatan yang berkelanjutan. Serangkaian pengecekan yang dilakukan antara lain, pengecekan tekanan ban, inspeksi ada tidaknya kebocoran fluida dan kerusakan struktur pesawat, maupun testing fungsi sistem dan kontrol di dalam pesawat. Apabila ada kelainan-kelainan ditemukan, AMEs melakukan langkah-langkah yang dirasa perlu untuk menjaga pesawat selalu dalam kondisi layak terbang
2.Merencanakan Penerbangan
Beberapa jam sebelum take-off, petugas dispatcer menyiapkan rencana terbang, mengkaji lengkap rute yang akan dilalui, altitude (ketinggian terbang), bahan bakar, dan kondisi cuaca selama penerbangan, yang di dalamnya termasuk informasi detail kondisi cuaca di airport tujuan. Kondisi cuaca adalah hal yang paling utama yang harus diperhatikan dalam menyiapkan rute penerbangan, oleh karena pilot ingin menghindari kondisi buruk seperti lapisan es, badai, tekanan angin, dan bahkan abu volkanik.
3.Mengamankan Pesawat
Customer service, petugas bagasi, dan petugas darat lainnya mengamankan pintu masuk pesawat, pintu palka, jembatan penghubung masuk pesawat yang akan dilalui penumpang, dan mencegah orang-orang yang tidak berkepentingan mempunyai akses masuk ke dalam kabin pesawat dan komponen kargo. Hanya petugas yang berhak untuk melakukan pengecekan dan memasukkan kargo ke dalam pesawat.
4.Persiapan Darat
Petugas darat membersihkan dan mengosongkan toilet, dan mengisi air ke dalam pesawat. Banyaknya bahan bakar yang dibutuhkan selama penerbangan dibawa melalui sebuah truk tanki bahan bakar yang kemudian diisikan ke dalam pesawat.
5.Pengecekan Penumpang
Petugas bandara melakukan pengecekan penumpang dan barang bawaannya dari item-item yang berbahaya dan dilarang untuk dibawa selama penerbangan. Petugas maskapai melakukan pencocokan indentitas yang tertera di borading pass sebelum boarding.
6.Brifing Awak Kabin
Awak kabin dan pilot melakukan brifing penuh untuk menyiapkan penerbangan terkait dengan alat dan elemen keselamatan yang ada di dalam pesawat.
7.Persiapan di dalam kabin pilot (flight deck)
Ketika pilot berada dalam flight deck, mereka memasukkan rencana penerbangan ke dalam sistem komputer navigasi, melakukan pengecekan keselamatan di dalam kokpit, dan persiapan terbang. Kapten dan Penyelia penerbangan bekerja sama dalam melakukan serangkaian pengecekan untuk memastikan bahwa mereka dalam satu arahan keselamatan yang sama.
8.Pengecekan Keselamatan
Petugas kabin (pramugari/a) mengecek semua peralatan keselamatan yang ada maupun keamanan di dalam kabin pesawat sebelum penumpang boarding. Snack dan makanan diantarkan oleh petugas katering pada saat ini.
9.Pre-Boarding
awak kabin membantu para penumpang yang membawa anak-anak dan yang memerlukan bantuan khusus untuk masuk ke dalam pesawat terlebih dahulu. Jika diperlukan mereka akan melakukan brifing keselamatan kepada para penumpang ini
10.Boarding Keseluruhan
kemudian boarding semua penumpang dilakukan. Setelah penumpang memasuki pesawat, semua bagasi harus dimasukkan di dalam kabin tempat penyimpanan atau di bawah kursi masing-masing. Penumpang juga diharuskan untuk mematikan handphone dan alat elektronik yang lainnya agar tidak membahayakan keselamatan penerbangan.
lanjut di bawah ya gan

buat agan2 yang pengen liburan naik pesawat tapi ngerasa agak ragu karena mikirin keselamatan, delay, dan hal-hal lain seputar penerbangan, ane nemu artikel menarik nih buat agan2

semoga ga repost nih gan

Spoiler for pilot bilang:
1. Turbulensi memang mengganggu, tapi itu tidak berhubungan dengan masalah keselamatan
Apakah Anda pernah mengalami guncangan saat berada di dalam pesawat? Sesaat memang terasa menyeramkan, pesawat terasa seolah akan jatuh. Tapi tidak perlu kuatir berlebihan.
"Turbulensi jauh dari hal yang harus dikuatirkan penumpang," kata pilot yang sudah bekerja selama 21 tahun dan menjadi penulis di AskthePilot.com, Patrick Smith.
Turbulensi bukan berarti pesawat mengalami kerusakan. Itu adalah hal yang wajar dialami pesawat ketika terbang karena perbedaan tekanan udara. Sebelum terbang, pesawat sudah melakukan banyak tes, terutama soal keselamatan. Namun jika memang panik, tidak ada salahnya Anda mengencangkan sabuk pengaman.
Apakah Anda pernah mengalami guncangan saat berada di dalam pesawat? Sesaat memang terasa menyeramkan, pesawat terasa seolah akan jatuh. Tapi tidak perlu kuatir berlebihan.
"Turbulensi jauh dari hal yang harus dikuatirkan penumpang," kata pilot yang sudah bekerja selama 21 tahun dan menjadi penulis di AskthePilot.com, Patrick Smith.
Turbulensi bukan berarti pesawat mengalami kerusakan. Itu adalah hal yang wajar dialami pesawat ketika terbang karena perbedaan tekanan udara. Sebelum terbang, pesawat sudah melakukan banyak tes, terutama soal keselamatan. Namun jika memang panik, tidak ada salahnya Anda mengencangkan sabuk pengaman.
Spoiler for pilot bilang:
Apakah Anda pernah mengalami guncangan saat berada di dalam pesawat? Sesaat memang terasa menyeramkan, pesawat terasa seolah akan jatuh. Tapi tidak perlu kuatir berlebihan.
"Turbulensi jauh dari hal yang harus dikuatirkan penumpang," kata pilot yang sudah bekerja selama 21 tahun dan menjadi penulis di AskthePilot.com, Patrick Smith.
Turbulensi bukan berarti pesawat mengalami kerusakan. Itu adalah hal yang wajar dialami pesawat ketika terbang karena perbedaan tekanan udara. Sebelum terbang, pesawat sudah melakukan banyak tes, terutama soal keselamatan. Namun jika memang panik, tidak ada salahnya Anda mengencangkan sabuk pengaman.
"Turbulensi jauh dari hal yang harus dikuatirkan penumpang," kata pilot yang sudah bekerja selama 21 tahun dan menjadi penulis di AskthePilot.com, Patrick Smith.
Turbulensi bukan berarti pesawat mengalami kerusakan. Itu adalah hal yang wajar dialami pesawat ketika terbang karena perbedaan tekanan udara. Sebelum terbang, pesawat sudah melakukan banyak tes, terutama soal keselamatan. Namun jika memang panik, tidak ada salahnya Anda mengencangkan sabuk pengaman.
Spoiler for pilot bilang:
2. Pilot atau kapten tidak selalu lebih senior dari co-pilot
Saat ini mungkin kebanyakan orang berpikir kalau pilot atau kapten lebih senior dari co-pilot. Nyatanya tidak.
"Banyak yang mengira co-pilot adalah dalam pelatihan, tapi tidak. Banyak co-pilot adalah pilot sesungguhnya dan bisa mengoperasikan seluruh pesawat, termasuk saat kondisi darurat," kata Smith.
Satu-satunya yang membedakan, tambah Smith, hanyalah kapten memiliki tanggung jawab yang lebih penuh selama penerbangan.
Saat ini mungkin kebanyakan orang berpikir kalau pilot atau kapten lebih senior dari co-pilot. Nyatanya tidak.
"Banyak yang mengira co-pilot adalah dalam pelatihan, tapi tidak. Banyak co-pilot adalah pilot sesungguhnya dan bisa mengoperasikan seluruh pesawat, termasuk saat kondisi darurat," kata Smith.
Satu-satunya yang membedakan, tambah Smith, hanyalah kapten memiliki tanggung jawab yang lebih penuh selama penerbangan.
Spoiler for pilot bilang:
3. Take off memang berisiko, tapi sangat kecil
Jika ditanya apakah sebuah penerbangan aman, seorang pilot akan mengatakan semua bagian penerbangan aman. Tapi jika harus mengakui mana yang paling berisiko, pilot akan menjawab bagian take off atau lepas landas.
"Kondisi pesawat ketika take off cukup berat dan penuh bahan bakar, kemudian terbang dengan kecepatan yang relatif rendah, bisa terjadi kegagalan mesin. Jika terjadi maka membutuhkan penanganan yang cepat," kata salah seorang pilot yang sudah bertugas selama 22 tahun, George (bukan nama sebenarnya).
Oleh karena itu, simulator kegagalan mesin saat penerbangan selalu dilakukan setiap 6 bulan sampai 1 tahun. Meski begitu, kejadian ini langka terjadi.
Jika ditanya apakah sebuah penerbangan aman, seorang pilot akan mengatakan semua bagian penerbangan aman. Tapi jika harus mengakui mana yang paling berisiko, pilot akan menjawab bagian take off atau lepas landas.
"Kondisi pesawat ketika take off cukup berat dan penuh bahan bakar, kemudian terbang dengan kecepatan yang relatif rendah, bisa terjadi kegagalan mesin. Jika terjadi maka membutuhkan penanganan yang cepat," kata salah seorang pilot yang sudah bertugas selama 22 tahun, George (bukan nama sebenarnya).
Oleh karena itu, simulator kegagalan mesin saat penerbangan selalu dilakukan setiap 6 bulan sampai 1 tahun. Meski begitu, kejadian ini langka terjadi.
Spoiler for pilot bilang:
Jika ditanya apakah sebuah penerbangan aman, seorang pilot akan mengatakan semua bagian penerbangan aman. Tapi jika harus mengakui mana yang paling berisiko, pilot akan menjawab bagian take off atau lepas landas.
"Kondisi pesawat ketika take off cukup berat dan penuh bahan bakar, kemudian terbang dengan kecepatan yang relatif rendah, bisa terjadi kegagalan mesin. Jika terjadi maka membutuhkan penanganan yang cepat," kata salah seorang pilot yang sudah bertugas selama 22 tahun, George (bukan nama sebenarnya).
Oleh karena itu, simulator kegagalan mesin saat penerbangan selalu dilakukan setiap 6 bulan sampai 1 tahun. Meski begitu, kejadian ini langka terjadi.
Meski memiliki perangkat autopilot, ini tidak akan menggantikan tugas pilot yang sesungguhnya. Autopilot memang membantu segala pengaturan navigasi vertikal dan horizontal, tapi tidak untuk lepas landas dan mendarat. Hal itu memerlukan pelatihan khusus.
"Ketika transisi dari satu posisi ke posisi lain, Anda perlu melalui pelatihan khusus, termasuk kelas dan pelatihan simulator," jelas Smith.
"Kondisi pesawat ketika take off cukup berat dan penuh bahan bakar, kemudian terbang dengan kecepatan yang relatif rendah, bisa terjadi kegagalan mesin. Jika terjadi maka membutuhkan penanganan yang cepat," kata salah seorang pilot yang sudah bertugas selama 22 tahun, George (bukan nama sebenarnya).
Oleh karena itu, simulator kegagalan mesin saat penerbangan selalu dilakukan setiap 6 bulan sampai 1 tahun. Meski begitu, kejadian ini langka terjadi.
Meski memiliki perangkat autopilot, ini tidak akan menggantikan tugas pilot yang sesungguhnya. Autopilot memang membantu segala pengaturan navigasi vertikal dan horizontal, tapi tidak untuk lepas landas dan mendarat. Hal itu memerlukan pelatihan khusus.
"Ketika transisi dari satu posisi ke posisi lain, Anda perlu melalui pelatihan khusus, termasuk kelas dan pelatihan simulator," jelas Smith.
Spoiler for pilot bilang:
5. Pilot dan staf maskapai juga tidak suka pergantian gate dan delay, sama seperti penumpang
Penumpang pesawat bukanlah satu-satunya pihak yang membenci pergantian gate. Ini karena setiap perubahan membutuhkan kerja lebih banyak dari berbagai pihak, mulai dari pihak maskapai, katering, sampai penanganan bagasi.
Selain itu, hal lain yang juga tidak disukai pilot dan staf maskapai adalah keterlambatan atau penundaan penerbangan.
"Rumor beredar kalau pilot menyukai penundaan karena kami dibayar untuk waktu tambahan, tapi sebenarnya kami ingin lepas landas tepat waktu." kata Smith.
Penumpang pesawat bukanlah satu-satunya pihak yang membenci pergantian gate. Ini karena setiap perubahan membutuhkan kerja lebih banyak dari berbagai pihak, mulai dari pihak maskapai, katering, sampai penanganan bagasi.
Selain itu, hal lain yang juga tidak disukai pilot dan staf maskapai adalah keterlambatan atau penundaan penerbangan.
"Rumor beredar kalau pilot menyukai penundaan karena kami dibayar untuk waktu tambahan, tapi sebenarnya kami ingin lepas landas tepat waktu." kata Smith.
Spoiler for pilot bilang:
6. Penumpang benar-benar harus mematikan mematikan ponsel
"Meski sinyal ponsel tidak menganggu banyak peralatan pesawat, tapi penumpang sebaiknya tetap tidak menyalakan ponsel" kata Smith.
Namun jika ingin menyalakan ponsel, selama penerbangan Anda bisa mengaktifkan 'Airplane Mode' yang ada di ponsel. Jadi, meski tidak bisa berkomunikasi, Anda tetap bisa mendengarkan musik atau bahkan mengambil foto selama berada di pesawat.
Bukan cuma itu, penumpang juga diharapkan bisa mematikan segala peralatan elektronik yang dimiliki.
"Alasan utama kami untuk Anda mematikan elektronik adalah karena bisa menyebabkan perubahan akselerasi dalam penerbangan," tambah Smith.
"Meski sinyal ponsel tidak menganggu banyak peralatan pesawat, tapi penumpang sebaiknya tetap tidak menyalakan ponsel" kata Smith.
Namun jika ingin menyalakan ponsel, selama penerbangan Anda bisa mengaktifkan 'Airplane Mode' yang ada di ponsel. Jadi, meski tidak bisa berkomunikasi, Anda tetap bisa mendengarkan musik atau bahkan mengambil foto selama berada di pesawat.
Bukan cuma itu, penumpang juga diharapkan bisa mematikan segala peralatan elektronik yang dimiliki.
"Alasan utama kami untuk Anda mematikan elektronik adalah karena bisa menyebabkan perubahan akselerasi dalam penerbangan," tambah Smith.
Spoiler for pilot bilang:
7. Ketika di udara, mata pilot tidak selalu memandang ke depan
"Berada di udara bukan berarti mata pilot selalu di depan. Mereka bisa saja sedang baca koran atau bahkan bermain puzzle," kata George.
Menurutnya, kegiatan-kegiatan ini bisa menahan kantuk. Terlebih, autopilot telah bekerja.
"Kami tidak perlu melihat ke luar jendela terus, sampai nanti sebelum mendarat," kata pilot komersial Kanada, Joe.
Tapi ini bukan berarti pilot selalu santai ketika berada di kokpit. Sesekali mereka juga mengadakan komunikasi dengan air traffic control dan pihak monitoring pesawat.
"Berada di udara bukan berarti mata pilot selalu di depan. Mereka bisa saja sedang baca koran atau bahkan bermain puzzle," kata George.
Menurutnya, kegiatan-kegiatan ini bisa menahan kantuk. Terlebih, autopilot telah bekerja.
"Kami tidak perlu melihat ke luar jendela terus, sampai nanti sebelum mendarat," kata pilot komersial Kanada, Joe.
Tapi ini bukan berarti pilot selalu santai ketika berada di kokpit. Sesekali mereka juga mengadakan komunikasi dengan air traffic control dan pihak monitoring pesawat.
Spoiler for pilot bilang:
8. Pilot tidak selalu bekerja dengan co-pilot yang sama
"Banyak kapten dan co-pilot yang tidak kenal satu sama lain, bahkan ada yang baru bertemu saat itu," kata salah satu pilot sekaligus penulis di GeekInTheCockpit.com.
Ini karena setiap pilot dan co-pilot memiliki jadwal penerbangan yang berbeda.
"Banyak kapten dan co-pilot yang tidak kenal satu sama lain, bahkan ada yang baru bertemu saat itu," kata salah satu pilot sekaligus penulis di GeekInTheCockpit.com.
Ini karena setiap pilot dan co-pilot memiliki jadwal penerbangan yang berbeda.
kalo agan2 penasaran apa yang dilakukan maskapai sebelum penerbangan, agan bisa baca di bawah ini gan

Spoiler for pre flight:
1.Pemeliharaan Pesawat
Setiap hari, para teknisi pemeliharaan pesawat berlisensi (licensed Aircraft Maintenance Engineers (AMEs) melakukan serangkaian program pemeliharaan pesawat untuk memastikan aspek keselamatan yang berkelanjutan. Serangkaian pengecekan yang dilakukan antara lain, pengecekan tekanan ban, inspeksi ada tidaknya kebocoran fluida dan kerusakan struktur pesawat, maupun testing fungsi sistem dan kontrol di dalam pesawat. Apabila ada kelainan-kelainan ditemukan, AMEs melakukan langkah-langkah yang dirasa perlu untuk menjaga pesawat selalu dalam kondisi layak terbang
2.Merencanakan Penerbangan
Beberapa jam sebelum take-off, petugas dispatcer menyiapkan rencana terbang, mengkaji lengkap rute yang akan dilalui, altitude (ketinggian terbang), bahan bakar, dan kondisi cuaca selama penerbangan, yang di dalamnya termasuk informasi detail kondisi cuaca di airport tujuan. Kondisi cuaca adalah hal yang paling utama yang harus diperhatikan dalam menyiapkan rute penerbangan, oleh karena pilot ingin menghindari kondisi buruk seperti lapisan es, badai, tekanan angin, dan bahkan abu volkanik.
3.Mengamankan Pesawat
Customer service, petugas bagasi, dan petugas darat lainnya mengamankan pintu masuk pesawat, pintu palka, jembatan penghubung masuk pesawat yang akan dilalui penumpang, dan mencegah orang-orang yang tidak berkepentingan mempunyai akses masuk ke dalam kabin pesawat dan komponen kargo. Hanya petugas yang berhak untuk melakukan pengecekan dan memasukkan kargo ke dalam pesawat.
4.Persiapan Darat
Petugas darat membersihkan dan mengosongkan toilet, dan mengisi air ke dalam pesawat. Banyaknya bahan bakar yang dibutuhkan selama penerbangan dibawa melalui sebuah truk tanki bahan bakar yang kemudian diisikan ke dalam pesawat.
5.Pengecekan Penumpang
Petugas bandara melakukan pengecekan penumpang dan barang bawaannya dari item-item yang berbahaya dan dilarang untuk dibawa selama penerbangan. Petugas maskapai melakukan pencocokan indentitas yang tertera di borading pass sebelum boarding.
6.Brifing Awak Kabin
Awak kabin dan pilot melakukan brifing penuh untuk menyiapkan penerbangan terkait dengan alat dan elemen keselamatan yang ada di dalam pesawat.
7.Persiapan di dalam kabin pilot (flight deck)
Ketika pilot berada dalam flight deck, mereka memasukkan rencana penerbangan ke dalam sistem komputer navigasi, melakukan pengecekan keselamatan di dalam kokpit, dan persiapan terbang. Kapten dan Penyelia penerbangan bekerja sama dalam melakukan serangkaian pengecekan untuk memastikan bahwa mereka dalam satu arahan keselamatan yang sama.
8.Pengecekan Keselamatan
Petugas kabin (pramugari/a) mengecek semua peralatan keselamatan yang ada maupun keamanan di dalam kabin pesawat sebelum penumpang boarding. Snack dan makanan diantarkan oleh petugas katering pada saat ini.
9.Pre-Boarding
awak kabin membantu para penumpang yang membawa anak-anak dan yang memerlukan bantuan khusus untuk masuk ke dalam pesawat terlebih dahulu. Jika diperlukan mereka akan melakukan brifing keselamatan kepada para penumpang ini
10.Boarding Keseluruhan
kemudian boarding semua penumpang dilakukan. Setelah penumpang memasuki pesawat, semua bagasi harus dimasukkan di dalam kabin tempat penyimpanan atau di bawah kursi masing-masing. Penumpang juga diharuskan untuk mematikan handphone dan alat elektronik yang lainnya agar tidak membahayakan keselamatan penerbangan.
lanjut di bawah ya gan

0
2.7K
Kutip
8
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan