KASKUS

Berpikirlah Berkali - Kali Bila Hendak Membeli Mobil Dengan Cara Kredit

Spoiler for "Jangan Lupa ini di buka dolo ya gan":


Maaf kalau or
Saya sudah search gak ada judul yang sama kok tapi gan...

Berikut penjabarannya....
Spoiler for "Simak Gan":


Maaf ya gan jika berantakan....

Pendapat Para Agan - Agan
Spoiler for Dari Agan - Agan:
Quote:Original Posted By SzL
MASUKIN DI PAGE ONE YA GAN

Ane punya pengalaman beberapa waktu lalu ane beli mobil merk #tiiitttt (sensor) nah.. waktu itu ane udah siapin nih uangnya.. Cash keras.. bayar pake Debit aja bisa.. hahahah #sombong yaa... padahal itu bakal nabung 3tahun.

hal itu ane lakuin karena dari 3 th lalu ane udah sadar masalah itu.. dan monggo disimak kira2 percakapannya :

A : Ane
D : Dealer Mobil

D : Anda tertarik dengan mobil yang ini? kita semua ready kok. beserta dengan kredit kendaraan bermotor dari bank #tiiittt (sensor)
A : Bener pak saya tertarik, kalo gitu saya ambil yang itu aja pak.. tapi tidak usah pakai fasilitas kredit. karena saya sudah siapkan uangnya
D : oh begitu. oke pak kalau begitu. tapi mobilnya inden 3 bulan.
A : Loh? tadi katanya ready?
D : Iya pak. ready buat yang bayar secara kredit. kalau cash barangnya masih di jakarta. tapi pilihan warnanya terbatas loh pak.. tapi kalau kredit bisa pilih warna semua..
A : %$#^$@R&(@%$#

Buset gan... sampe begitu loh... sialan..


Quote:Maaf kalau theard saya tidak berkenan bagi agan - agan.... Semua masalah pasti ada pro dan kontra...saya tidak menyalahkan agan2 ketika coment, tapi saya minta tolong yang sopan gan...
Quote:Original Posted By teknologian
kalo menurut pendapa tsaya pribadi, apa yang agan ts jelaskan bisa benar bisa juga salah.

# Benar
Kalo dia punya uang dia akan beli cash dan dia akan terhindar dari resiko membayar lebih seperti yang agan ts jelasin diatas.

#Salah
1. Oportunity cost --> dia akan kehilangan kesempatan pendapatan yang lain. maksudnya adalah katakanlah harga mobil tersebut 300 jt. Pada saat dia membayar cash, dia akan langsung kehilangan uang sejumlah 300 jt. Tapi jika dia secara kredit, dia hanya akan membayar DP saja 30% ato sebesar Rp. 90 Jt. terus sisanya ? dia bisa gunakan untuk investasi atau usaha yang lain. Dan tentu saja hal tersebut akan lebih menguntungkan karena dia akan mendapatkan double pendapatan sehingga pembayaran akan menjadi ringan. Dia mungkin akan membayar uang sebesar 2x lipat harga moil trsebut (sprti yang agan ts jelaskan) tapi ingat setelah itu dia akan terus mendapatkan pendapatan dari usaha baru trsebut. jadi lebih menguntungkan mana?

2. kemampuan --> bagi orang2 yang uangnya pas2an, kalo dia menunggu uangnya ngumpul dulu untuk beli rumah ato mobil, mungkin dia akan bisa membeli mobil 5 sampe 10 taon kedepan.
- resiko pertama adalah dia akan tetap naik motor maupun ngekos selama bebrapa tahun tersebut dan dia akan tetap mengeluarkan biaya lebih untuk ngekos.
- resiko yang kedua adalah dia harus menunggu dan berhemat selamat 5 - 10 taon trsebut.
- dan resiko yang terakhir adalah ingat harga mobil ato rumah akan selalu naik setiap tahunnya, bisa2 uang yang kita kumpulkan di taon ke 5 ato taon ke 10 malah tidak bisa membeli mobil ato rumah tersebut. okelah kalo kenaikan gaji kita ato pendapatan kita kenaikanya selaras dengan kenaikan mobil ato rumah tersebut, kalo tidak bagaimana?

NB: Meskipun berhutang itu perlu namun kita juga harus melihat bunga yang diberikan, jangan pada saat bunga tinggi agan ambil. ato jangan pinjem pada rentenir. Selain itu pastikan agan pada saat berhutang di bank agan sanggup untuk membayar bunganya, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.

semoga membantu!
Kalo bisa taroh di atas gan. thank u

Quote:Original Posted By disko.distasiun
kayanya bnyk yg ga ngerti mksd TS,
menurut ane bener kata TS, jgn memaksakan beli mobil baru, kalo memang butuh mobil, mending beli mobil second tapi cash, ato beli mobil second tapi usahakan DPnya besar + Tenornya tidak terlalu lama..



klo mau investasi jangka pendek, properti jg bisa d sewain kan ??

sedangkan untuk investasi jangka panjang, tetep properti yg paling menguntungkan,
apalagi d jakarta sama bali, kenaikan harga propertinya udah ngalahin dubai, ada beritanya di detikcom,
nyewain mobil resikonya lebih gede, biaya perawatan beesar, penyusutan harga kendaraan tetep ada..


Quote:Original Posted By Diablo13
Gue pribadi kalo ngomongin *pembelian Mobil*, antara Cash or Kredit.. Jujur, gue lebih milih cash biar kata seken juga.

Kenapa?

Dari sisi Konsumen :

"Dengan membeli mobil kredit, itu sama aja kita nyusahin diri sendiri.. Dari hitung2an matematika ekonomi, harga kredit bisa jauh lebih mahal daripada harga cash, disamping itu kita juga mesti mikirin biaya cicilan (Pokok + Bunga), asuransi, service mobil, konsumsi bensin (Kita juga nggak tau bakal naek brp % ditahun2 mendatang, sukur2 kagak naek )..."

Laen halnya Dengan beli mobil seken.. Kita nggak dipusingin ama Un-Important variable Cost (Cicilan & Asuransi) yang mesti kita bayar Gan/Sist, seenggaknya biaya Un-important tadi bisa dipake buat tambah2 biaya service & konsumsi bensin...

*Gimana yang kalo punya mobil baru cuma buat gaya2an/keren2an tapi hasil kredit? bisa mokat berdiri loe gan, iya kalo selama loe kredit (Kita tau lah tenor mobil berape lame minimal) sehat wal-afiat, kalo tiba2 elo di PHK, sakit ato parahnya lagi kita meninggal gimane (Masa depan, siapa yang bisa nebak)? mau nih, kita mati dibebanin utang? Kalo yang masih single sih nggak terlalu jadi masalah karna belom ada tanggungan, nah buat yang udah berkeluarga? (Mikir sendiri ye)...

Dari sisi owner/dealer :

"Pernah tau Debt Equity Ratio? Dengan terlalu banyak kita ngasih utang/kredit ke konsumen, kita bakal ngehambat laju operasional (Perputaran uang) dealer kita sendiri & itu sama aja bunuh diri bos (Nggak jarang loh ane liat dealer mobil yang gulung tikar).. Seharusnya kalo ada customer yang beli cash, jangan dipersulitlah, mesti inden sekian bulan, padahal kita tau, kalo duit customer yang beli cash itu dipake buat diputerin lagi buat operasional perusahaan..."

Kalo berkenan, taro do page one ye gan? biar jadi bahan pembelajaran buat kita bersama.








bagus gan buat panduan agar lebih berhati2 kalau mau kredit, analisanya TS juga joss gandos
emang gan kalo kredit mah pasti jadi 2 kali lipat....
Quote:Original Posted By gooair
bagus gan buat panduan agar lebih berhati2 kalau mau kredit, analisanya TS juga joss gandos


Makasih gan....
Kalo mau GAYA harus ada BIAYA gan..
kredit ko dijadiin budaya
kredit=belajar miskin. Mendingan sabar nabung mungkin ada yang lebih bagus kedepannya, kalau emang gak mampu ya gak usa beli terus uangnya ditabung

Quote:
Apps terbaru Iphone/Ipad
Quote:Original Posted By hamzah1987
emang gan kalo kredit mah pasti jadi 2 kali lipat....


Betul kalau itu gan.

Quote:Original Posted By cabekriting21
Kalo mau GAYA harus ada BIAYA gan..


Semua perlu biaya ya gan di dunia ini.... hahahaha
kredit di ambil jika terpaksa n pingin gaya cepet. klo mampu ya bli cash, secara dapat diskon juga
Makasih banget gan masukan agan bener2 manfaat buat ane. Jadi lebih ke lupain gengsi, pintar milih fungsi.
nyusutnya jauh banget ya . mikir2 lagi deh kalo mau kredit
mantap TS nya nih...ane bantu rate 5 aje ye
analisa yang bagus sekali
makasih sudah share
emg gan namanaya kredit pasti jatouhnya mahal, ya itu masing" orang sendiri mau lunas atau kredit, kan kalo kredit ga begitu berasa duit keluar semua, kalo cas berasa itu duit langsung terkuras
Ganti leasinggg Gan... mahal amat leasignnya OTO, bunga ampe 12%an per tahun....gilakk..

Temen ane baru ngambil pake leasing ACC, bunganya dibawah 10%. kalo gak salah 8%an...
Quote:Original Posted By stomace
Makasih banget gan masukan agan bener2 manfaat buat ane. Jadi lebih ke lupain gengsi, pintar milih fungsi.


ciusssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss kk

oiya, jadi Sometimes yang mahal itu bukan biaya hidup, Tapi gaya hidup

skrg mah sesuaikan sm kebutuhan aj x yah, bodo lah org laen udah punya pesawat terbang jga, lah kita msih pke becak, don't worry yg penting happy kan gan
Bagus juga nie infonya..
Tapi kalau ane lebih tertarik untuk di invetsasikan dari pada buat beli mobil..lagi pula jalanan juga macet terus..bikin lama sampai tujuan..
Wahh.. Nice info gann.. makasih yaa gann
Emang bener, gw ex sales mobil.emang bunga leasing mobil gede banget + bayar asuransi + penyusutan.apalagi kalo nunggak langsung di tarik.pokoknya kredit motor n mobil rugi banget.kalo ada duit beli mobil /motor baru /bekas tunai aja .jangan maksain diri.lebih baik kredit rumah.walaupun bunganya gede tapi harga naik terus.ga rugi.
iya gan, emang gila..

ane takut banget kalo udah urusan pinjem duit bank, ato kredit2 smacam itu..
×