KASKUS

[ask] Pengurusan Surat Pindah Antar Provinsi [cendol inside]

ceritanya begenong gan..
awal taon ini gw pindah tugas ke luar jawa (posisi tugas lama di jakarta)
nah gw pengen bikin surat pindah domisili ke kantor kelurahan

sesampainya disana, dgn surat pengantar RT dan RW gw masukkan berkas ke loket yg ditentukan..
trus langsung dapet jawaban dari petugas loket kalo proses pembuatan surat pindah ini lama, paling cepet selesai 3 minggu, soalnya kudu dari kelurahan -> kecamatan -> walikota
kecuali...?? you know what i mean


yg jadi pertanyaan gw :
1. apakah seperti itu prosesnya gan? apa tidak cukup dgn surat pindah yg dikeluarkan oleh kelurahan??
2. apakah Nomor Induk Kependudukan (NIK) saat ini sudah berlaku nasional, sehingga saat ini bagi kita yg udah punya KTP gk bisa bikin KTP dobel lg? FYI KTP gw masih KTP lama dan e-KTPnya belon jadi pas gw tanya (gk tau nyangkut dimenong)

trims buat agan2 yg udah mau respon, yg membantu dapet cendol +2 dari gw...tenang aja, pasukan ada dibelakang..jadi jgn bilang gw belon ISO udah umbar cendol..
pertamax lg abis gan
pasti ujung2 nya duit tuh gan.......maklum lah birokrasi di negara kita masih acakadut..




Quote:Original Posted By ellenkaz
pasti ujung2 nya duit tuh gan.......maklum lah birokrasi di negara kita masih acakadut..
Spoiler for jangan dibuka:

iya sih gan..belakangan kalo mo cepet satu dua hari kelar kudu bayar 250rebon..
Kelurahan gk cukup gan harus sampe kecamatan yang bener, tapi agan bisa minta tolong sama kepala desa aja kalo mau cepet. Kalo gk gitu berkas agan cuma ditumpuk doang..

KTP udah nusantara tapi kalo agan belum masukin sidik jari di kecamatan ya dianggep belum aktif....

(sodara ane pegawai kecamatan gan )
ane pernah juga ngurus surat pindah, tapi masih dalam satu kota, cuma beda kelurahan dan kecamatan. proses nya memang agak lama gan, sekitar 2 minggu lebih.

tapi proses nya ga ribet, cuma surat pindah dari daerah asal (RT, RW, Kelurahan) dan langsung ane serahin ke kelurahan domisili baru ane.

ya memang sih, jika prosesnya mau agak cepat kita ngasih uang 'rokok' tapi ga ada paksaan juga. tergantung dari kita nya, mau lama apa cepet.
Quote:Original Posted By holyweapon
Kelurahan gk cukup gan harus sampe kecamatan yang bener, tapi agan bisa minta tolong sama kepala desa aja kalo mau cepet. Kalo gk gitu berkas agan cuma ditumpuk doang..

KTP udah nusantara tapi kalo agan belum masukin sidik jari di kecamatan ya dianggep belum aktif....

(sodara ane pegawai kecamatan gan )

lah berarti sampe walikota akal2an tuh oknum aja ya gan?? biar keliatannya ribet banget

nah itu dia gan, kalo mo cepet udah ada tarifnya...
but thanks infonya gan..

cendol sent, cek sempak..
emang kaya' gitu gan!

jangankan antar provinsi gan!
antar kabupaten di 1 provinsi aja kek gitu jg!

ngurus dari RT/RW - kelurahan - kecamatan - catatan sipil kota/kab

kalo masalah "bisa cepet tapi .... " di tempat ane kagak ngaruh gan!
yang penting kelengkapannya komplit. tanya kelengkapannya aja di tempat yg mau kita masukin berkas.

ane ngurus sendiri dari bawah.
lama karena :
- mesti ubah KK tempat asal kita
- mesti buat KK tempat baru + KTP nya
- kemaren sempet bolak balik karena kurang SKCK

bikin cape' deh emang birokrasi kita ini!


Prosedur....

emang gitu prosedurnya gan...
ane juga baru pindah dari medan ke aceh gan... trus ane ngurus surat pindah ke kelurahan... butuh waktu 3 minggu karena mereka harus cabut berkas dulu ke dinas pendudukan... tapi ane harus bayar 20 rebu gan...


wah makasih banget gan nyaaa.....

moga-moga ngurus2nya lancar ya....

lama bener gan prosesnya deh kayaknya..
pangkalnya bakal duit lagi biar dilancarin...
Bulan lalu ane abis ngurus surat pindah provinsi gan. Ane cuman mbawa surat pengantar dari kelurahan doang, setelah sampe di kecamatan yang baru ternyata syaratnya emang banyak banget gan. Kalo dirinci kira-kira butuh:
1. KTP yang lama ( ya iyalah pasti)
2. KK yang lama
3. SKCK
4. Surat keterangan pindah
5. Trus karena ane pindah ke alamat kakak ane yang kebetulan di provinsi tujuan jadi KKnya kakak ane diminta juga ditambah surat pengantar dari kelurahan yang baru.

Pertama gw nyoba lengkapin satu-persatu, eh masih aja 2mingguan ngga jadi-jadi tu KTP. ujung"nya gw tanyain aja taripny berapa.
Gimana mau maju nih endonesia
Quote:Original Posted By iponkandri
emang kaya' gitu gan!

jangankan antar provinsi gan!
antar kabupaten di 1 provinsi aja kek gitu jg!

ngurus dari RT/RW - kelurahan - kecamatan - catatan sipil kota/kab

kalo masalah "bisa cepet tapi .... " di tempat ane kagak ngaruh gan!
yang penting kelengkapannya komplit. tanya kelengkapannya aja di tempat yg mau kita masukin berkas.

ane ngurus sendiri dari bawah.
lama karena :
- mesti ubah KK tempat asal kita
- mesti buat KK tempat baru + KTP nya
- kemaren sempet bolak balik karena kurang SKCK

bikin cape' deh emang birokrasi kita ini!



itu syarat bikin surat pindahkan cuma surat pengantar dari RT RW, KTP n KK aja kan gan?
btw cendol besok yah..
Quote:Original Posted By holyweapon


wah makasih banget gan nyaaa.....

moga-moga ngurus2nya lancar ya....


cek PM donk..minta info lg neh, besok gw paketin lg cendolnya ke ente..masih ada selusin neh stoknya
Quote:Original Posted By ajietulank
ane pernah juga ngurus surat pindah, tapi masih dalam satu kota, cuma beda kelurahan dan kecamatan. proses nya memang agak lama gan, sekitar 2 minggu lebih.

tapi proses nya ga ribet, cuma surat pindah dari daerah asal (RT, RW, Kelurahan) dan langsung ane serahin ke kelurahan domisili baru ane.

ya memang sih, jika prosesnya mau agak cepat kita ngasih uang 'rokok' tapi ga ada paksaan juga. tergantung dari kita nya, mau lama apa cepet.


Quote:Original Posted By pasa1000
emang gitu prosedurnya gan...
ane juga baru pindah dari medan ke aceh gan... trus ane ngurus surat pindah ke kelurahan... butuh waktu 3 minggu karena mereka harus cabut berkas dulu ke dinas pendudukan... tapi ane harus bayar 20 rebu gan...


Quote:Original Posted By kokomokomo
Bulan lalu ane abis ngurus surat pindah provinsi gan. Ane cuman mbawa surat pengantar dari kelurahan doang, setelah sampe di kecamatan yang baru ternyata syaratnya emang banyak banget gan. Kalo dirinci kira-kira butuh:
1. KTP yang lama ( ya iyalah pasti)
2. KK yang lama
3. SKCK
4. Surat keterangan pindah
5. Trus karena ane pindah ke alamat kakak ane yang kebetulan di provinsi tujuan jadi KKnya kakak ane diminta juga ditambah surat pengantar dari kelurahan yang baru.

Pertama gw nyoba lengkapin satu-persatu, eh masih aja 2mingguan ngga jadi-jadi tu KTP. ujung"nya gw tanyain aja taripny berapa.
Gimana mau maju nih endonesia

thanks infonya gan..cek sempak masing2 yah..
wahh makasih banyak gan, nya

semoga lancar urus surat2 kepindahannya.
Ane pernah mau urus Surat Pindah, karna mau bikin KTP baru. tapi pas ane minta surat pengantar dari RT yg di DKI, malah gk d'kasih gan. Alasannya karena Fasilitas DKI lebih banyak. (KTP ane DKI mau pindah jadi warga Tangerang). Begitu juga RT yg di Tangerang. ane minta tolong urus KTP, malah katanya sayang kalau pindah. kata beliau; orang kampung aja pengen punya KTP kota, masa kamu dari kota pengen bikin KTP kampung??.
e-KTP ane jg blm jadi. terpaksa perpanjang aja yg ada..
Stelah ane pikir2, ngapain juga pindah?! toh juga nomor kependudukan ini berlaku di seluruh Nusantara, dan Data kita udah masuk ke MenDaGri. Lagian juga, kalau mau perpanjang KTP tinggal sempatin waktu ke Jakarta, 1 hari perpanjang KTP slesai.
Mungkin kita cuma butuh Domisili aja. Kalau di Tangerang, bikin keterangan Domisili itu cukup ke RT kemudian ke Kelurahan aja. gk sampai kecamatan. dan prosesnya cuma 2jam udah jadi. gk pakai suap-suapan..


Klw masalah suap-menyuap, mendingan jangan deh gan. lebih baik kasih ke Yayasan aja.. Kecuali cuma administrasi paling banyak 20ribu ya wajar. hehe

Semoga membantu...
Quote:Original Posted By Jag0anELITE
Ane pernah mau urus Surat Pindah, karna mau bikin KTP baru. tapi pas ane minta surat pengantar dari RT yg di DKI, malah gk d'kasih gan. Alasannya karena Fasilitas DKI lebih banyak. (KTP ane DKI mau pindah jadi warga Tangerang). Begitu juga RT yg di Tangerang. ane minta tolong urus KTP, malah katanya sayang kalau pindah. kata beliau; orang kampung aja pengen punya KTP kota, masa kamu dari kota pengen bikin KTP kampung??.
e-KTP ane jg blm jadi. terpaksa perpanjang aja yg ada..
Stelah ane pikir2, ngapain juga pindah?! toh juga nomor kependudukan ini berlaku di seluruh Nusantara, dan Data kita udah masuk ke MenDaGri. Lagian juga, kalau mau perpanjang KTP tinggal sempatin waktu ke Jakarta, 1 hari perpanjang KTP slesai.
Mungkin kita cuma butuh Domisili aja. Kalau di Tangerang, bikin keterangan Domisili itu cukup ke RT kemudian ke Kelurahan aja. gk sampai kecamatan. dan prosesnya cuma 2jam udah jadi. gk pakai suap-suapan..


Klw masalah suap-menyuap, mendingan jangan deh gan. lebih baik kasih ke Yayasan aja.. Kecuali cuma administrasi paling banyak 20ribu ya wajar. hehe

Semoga membantu...

masalahnya ane kan jauh pindahnya gan..ntar kalo ada apa2 pasti ribet kan kudu ke jakarta lg, di jakarta jg gk ada sodara, sebatang kara..

soal e-KTP, kalo misalnya kita belon bikin..apakah data kita udah terdaftar secara nasional??
ane masih bingung neh soal data e-KTP sama KTP yg biasa, apakah source datanya sama dari data KTP yg lama cuman diapdet aja pake program e-KTP, atw sama sekali input baru saat kita bikin e-KTP??

cendol ntar sore ya gan, nunggu mateng dulu..yg tadi udah abis dibagi2..
5 bulan yang lalu istri ane , ane urusin buat pindah (coz kita nikah 2 tahun masih beda KK), KTP aslinya dari madiun gan mau dipindah ke jogja.
Tapi awalnya kita ngurus sendiri mulai dari RT RW Kelurahan... nah begitu sampai kecamatan ane dipersulit gan.. katanya ada yg kurang tanda tangan, kurang fotocopy, & kurang surat pengantar dari madiun.... Posisi bini udah pernah ikut foto EKTP di madiun, sempet ane tanyain malah disuruh ikut foto lagi di kecamatan alasannya tar nomer ktp nya beda ..

ane juga udah gk punya waktu harus tiap jam 9 ngantri di kecamatan.. akhirnya pake jasa calo sih gan, tapi karena proses ibaratnya udah 80 % gitu jadi biaya ane kena 80rb. 1 minggu kemudian kartu keluarga (C1) udah jadi, tapi KTPnya masih dikasih model lama... baru belum lama ini koq gan EKTP yang baru jadi trus KTP lama diminta dituker EKTP..

mungkin proses tiap-tiap daerah sama kali gan

tips nih gan : mau tau calonya siapa ?? tukang parkir kecamatan gan ampuh & negotiable

kalo yg mau pindah anak doang, pindah antar propinsi

Gans, mo nanya nih kalo yg mo pindah anak doang apakah mesti ribet gitu ? Krn anak ane kan masih kecil blm punya ktp , trims pencerahannya