Bismillah
Ane mau mencoba berbagi tips nih gan, yups...sesuai judulnya agar terhindar dari tabrakan beruntun pada saat ente bawa mobil di jalan tol.
Yang pertama dan utama: BERDOA!!
perlu alasan kenapa kita berdoa??
Quote:
JAGA JARAK.
Quote:
Ini penting bgd mas bro, usahakan... wajib bahkan pada saat ente mengemudi jaga jarak dengan kendaraan di depan ente, maksimal space-nya ( jarak ) 1 sampai 2 mobil. ini dimaksudkan kalau kendaraan di depan tiba-tiba berhenti mendadak. jadi ente udah punya space buat menghindar atau mengerem.
bila ada mobil yg berusaha mengisi space kosong anda, biarkan. dan anda memberi jarak lagi dengan kendaraan di depan.
Quote:
KONSENTRASI.
Quote:
Ini penting bgd mas bro, di jalan tol memang rawan orang hilang konsentrasi, bengong, ngelamun, ngantuk. Alasannya sudah pasti, kontur jalan yang membosankan ( lurus ) dan kecepatan yang itu-itu aja ( konstan)
kalau ente nyetir hilang konsentrasi, fatal akibatnya. Respon ente telat dan akhirnya kaget. hingga mobil hilang kontrol dan ngga bisa meng-cover laju mobil nya.
contohnya: kalo lagi bengong, mobil di depan berhenti/lambat reaksi ente berlebihan. yang akhirnya malah menginjak rem penuh, sehingga mobil hilang kontrol atau malah parah lagi banting stir. sampai sini biasanya mata melek dan jantung deg-deg an.

Quote:
HP, HARAM MUTLAK
.
Quote:
Tau kan alasan ngga boleh maen hp pas lagi bawa mobil? apalagi di tol..
Kalo dari ane, ketika mata dan konsentrasi ente teralihkan oleh gadget ente. otomatis ente ngga bisa lihat kondisi jalan di depan anda.
di tol biasanya jalan 60-80 kpj, kalau anda lihat hp selama 3 detikkk aja itu mobil udah melaju puluhan meter. yang artinya, jarak tersebut bisa saja membuat mobil anda keluar jalur dan ngga bisa mantau kendaraan di depan kondisi nya seperti apa
Quote:
TEKNIK MENGEREM
Quote:
Ini cuman butuh skill dan pengalaman aja sih.
intinya kalau mau menginjak rem, apalagi pada saat dadakan. JANGAN menginjak rem secara penuh, ini mengakibatkan roda mengunci otomatis sehingga ban kehilangan traksi (cengkraman) sehingga mobil ngeloyor bebas tak terkendali.
usahakan melepas-menginjak-melepas( teknik ABS ) jadi ban masih bisa mencengram atau nge-grip di aspal sehingga mobil mudah untuk dikontrol.
Terbalik jika mobil yang sudah mengadopsi teknologi ABS Anti-lock Brake System. ini malah WAJIB di rem penuh, karena agar sistem abs-nya berjalan.
makannya kalo di tol suka liat jejak rem putus-putus pasti itu dari sistem ABS-nya
Quote:
HINDARI JALUR CEPAT
.
Quote:
Coba lihat foto diatas deh.
Kalo di jalur sebelah kiri ( mobil jarang ) ini gpp, aman buat dilewatin. karena jarak kendaraan lenggang, kosong. jadi jarang banget tabrakan beruntun dengan situasi diatas.
berbeda dengan jalur satunya lagi, padat-lenggang. Ini yg biasanya SERING terjadi tabrakan beruntun. kenapa??
pada saat kondisi jalan seperti itu (rapet) biasanya kecepatannya lumayan 40-60km. bila didepan tiba-tiba mengerem yg belakang kaget diikuti kendaraan dibelakang dan seterusnya. bila sudah nabrak, sulit buat ngehindar karena tadi, terlalu rapat jarak di depan.
kalo ane sih ya, ngindarin dan nyari jalan yang lenggang. kalo memang sama aja ya itu tadi Jaga Jarak dan Konsentrasi
Tp Disini TS bukannya nyaranin nyusul dari kiri jalan ya...cuman waspada aja kalo di jalur cepat yg padat.
Quote:
BERPIKIR KALAU ANDA YANG MEMEGANG NYAWA MEREKA.
.
Quote:
Ini yang bikin ane slalu hati-hati kalau bawa mobil sama keluarga atau temen-temen.
kalau kita yang bawa, otomatis kita yang memegang kendali penuh di jalan. kita selengean, bisa membuat yg didalam mobil mati atau bahkan orang lain yang ngga salah ikut kena.

yang ada, malah menyesal. Trauma. Berdoa untuk bisa memutar balik waktu.
Hati-hati dalam mengemudi, nyawa mereka (bisa) ada di tangan ente.
Quote:
YANG PELAN MOHON MINGGIR ke JALUR LAMBAT
.
Quote:
Disini ngga ada patokan seberapa pelan ente dan seberapa cepat ente.
yang ane maksud pelan disini adalah, mobil anda ngga bisa/jauh dari mobil yg berada di depan anda sehingga banyak ruang kosong (berjarak puluhaan meter )di depan. sementara jalur kiri anda kosong. kalau seperti ini ya mbok minggir... apalagi dibelakang ngantri mobil yg mau lebih cepat dari pada anda.
ada mobil yang buru-buru, mengejar waktu sehingga ia tetap berada di jalur kanan.
kalau anda ngga minggir malah memaksa orang lain berjalan zig-zag karena menghindari anda.
kalau pun nyalip silahkan dan balik lagi ke jalur anda.
Kadang ada yg suka ngengkel udah di dim dan klakson ngga mau minggir karena udah 80 kpj. aduh..ngerti sih maksimal 80kpj. tapi terkadang di Indo susah, maksimal yg sering itu 100kpj. jarang juga ada polisi nilang karena speed anda 90kpj. biasanya yg kena tilang diatas 160 kpj dan berjalan zig-zag ( membahayakan yang lain )
Terima Kasih dan berhati-hatilah di Jalan, Musibah ngga ada yg tau bor.
Gue aja jalan pelan, hati-hati... pas mau masuk tol gate malah ditabrak belakang. gara2 dia lepas kopling langsung.
alhamdullilah ngga knp2...tersangka aja yg suru ganti kerusakan..
