Om win mau tanya

1. Apa bener pasukan Napoleon pernah invade Inggris di daerah Pembroke? dan kalah gara-gara penduduk sekitar (kebanyakan ibu-ibu) kok bisa ya tentara reguler macam itu kalah sama sipil? :
2. Armada Belanda pernah nembus Inggris via Sungai Thames nah itu kenapa bisa dipukul mundur? :
3. Kerajaan/Kesultanan/Kekaisaran/Kekhalifan mana yang ekonominya paling kuat di medieval age? dan kota mana yang incomenya paling besar waktu itu selain Konstantinopel? Btw mungkin Konstantinopel kalo di zaman sekarang itu Singapura ya

Thanks om win
Quote:Original Posted By YLTO


1. Ok2. Btw lu keknya belum jawab 1 pertanyaan "apakah ekonomi indonesia overheating" ?

2. Kapasitas Indonesia? seperti apa aja kapasitasnya?

3. Mod misalnya gue orang US, gue punya banyak USD dan gue beli semua reserve currency "rupiah" yg ada di negara orang except Indonesia, nah trus gue exchange rupiah yg udah gue aggregate dengan Indonesia punya reserve currency "US dollar". Gue bisa melakukan manuver kyk gt?

4. Cara si Soros rob bank of england waktu tahun 1992 mirip ga ama yg lu dulu ceritain?


1.Semua ekonomi jg bisa overheating.

2. Apakah faktor2x produksi yang kita miliki sudah digunakan secara optimal atau belom, penambahan investasi/modal apakah bisa direalisasikan menjadi produksi atau tidak, etc.

3. Bisa kenapa gak, kamu pikir Soros melakukannya gimana ?

4. Mirip, cuman ada beda pada inisiasi dan analisa awalnya aja.

Kalo dengan Bath dia tau Bath mempegging nilainya dengan USD dan dia tahu bahwa Thailand tidak memiliki cukup USD untuk mengcover nilai tukar yang dipegging itu, so dia mengoreng Bath sampai pemerintah Thailand gak tahan lagi dan harus membiarkan Bath nilainya diatur mekanisme pasar.

Kalo Poundsterling kasusnya sedikit beda, saat itu Inggris bersaing dengan Jerman Barat, Mereka menjaga nilai tukar mereka dengan Jerman Barat agar ekspor mereka tidak kalah bersaing.

Namun pada 1990-1991 Jerman Barat melakukan Reunifikasi dengan Jerman Timur yang menyebabkan mata uang Deutche Mark nilainya jatuh.

Oleh sebab ini maka Inggris mengalami Defisit sebab sekarang produk2x mereka menjadi lebih mahal dipasar global dibanding produk Jerman.

Salah satu cara untuk mengcounter efek ini adalah dengan mendevaluasi nilai Poundsterling, salah satunya dengan Bank Sentral Inggris mencetak lebih banyak Poundsterling agar nilai tukarnya bisa turun.

Namun masalahnya adalah Inggris telah memiliki inflasi yang tinggi (3x lipat Jerman) dan bunga Bank yang tinggi di Eropa.

Mencetak Poundsterling akan menambah tinggi Inflasi dan mekanisme unutk menurunkan inflasi adalah meningkatkan Bunga Bank agar kelebihan uang dapat diserap pasar.

Namun jika ini dijalankan maka mereka akan mematikan para pengusaha yang bergantung pada kredit bank (Bunga bank yang tinggi akan meningkatkan resiko usaha yang dilakukan dengan pinjaman Bank dan jg kecenderungan masyarakat untuk menabung akan meningkat apabila bunga bank naik dan tidak menggunakan uangnya untuk berinvestasi).

Keragu2xan ini terendus oleh para spekulator dalam hal ini Soros sangat Yakin bahwa Inggris tidak mungkin membiarkan dirinya dikalahkan Jerman namun disaat yang sama dia jg yakin bahwa tidka mungkin Inggris membiarkan inflasi dan defisit.

So yang dilakukannya dia melakukan Shorting Poundsterling yg pada dasarnya betting bahwa nilai poundsterling besok akan lebih rendah daripada nilainya hari ini.

Dan secara natural karena Inggris saat itu mengikuti nilai DM melakukan mekanisme yang disebut EU-ERM (European Exchange Rate Mechanism) maka nilainya terus jatoh seiring dengan menurunnya DM.

Inggris berada pada posisi uyang sulit, disatu sisi mereka ingin menjaga tidak jauh dengan Jerman dan disisi lain tidak ingin inflasi, so satu2xnya jalan adalah mereka menaikan suku bunga dan membeli poundsterling yang dijual dipasar dengan cadangan devisa mereka which is in USD.

So yg Soros lakukan dan spekulator yang melihat aksi ini yach mereka terus membombardir Inggris dnegan poundsterling yang mereka miliki, Inggris terus bleeding cadangan devisanya sampai akhirnya mereka tidak tahan dan membiarkan nilai tukar inggris mengikuti nilai pasarnya.


kapan kata "gua" & "lu" pertamakali ditemukan gan?
gua ga mau tanya2 disini...
cuma mau ngeluarin pendapat tentang elu

elu moderator tergoblok yg ada di DC


knp?
karena elu mau aja digoblok2in orang goblok macem drtommy!!!
kenapa gaya moderasi tolol macem dia lu biarin???
banyak yg berlawanan dengan aturan trit elu di dtox tp dibiarin
menurut ko win, bunga di perbankan apa bisa dihapus ? lalu jika dihapus apakah ada penggantinya ? menurut pendapat pribadi ko win, bunga di perbankan itu apa ?

thx
tanya mod
bisa dijelasin dengan gambrang tentang paham Agnostic dan macam2 Agnostic?
Mod win.. Ini ada apa yah dgn tampilan kaskus.. Ak g bsa buka sub forum dc page 1 yg trlihat hanya 1 thread sticky teratas..hmm
win, ada gak apps auto reply untuk ym, tapi reply nya sesuai sama pesan yang diterima, misal pesan yg diterima "TEST", maka ym otomatis reply "TEST" juga.

Mau ikutan nanya juga
Menurut agan, apa makna dari lirik lagu Moon River?
Quote:Original Posted By fujihime
Mau ikutan nanya juga
Menurut agan, apa makna dari lirik lagu Moon River?


Itu dari film Breakfast at Tffanny, meaning dari lagu itu sebeanrya mengenai kehidupan yang sederhana, yg bebas tidak terbebani dengan apapun.


Quote:Original Posted By berwin

4. Mirip, cuman ada beda pada inisiasi dan analisa awalnya aja.

Kalo dengan Bath dia tau Bath mempegging nilainya dengan USD dan dia tahu bahwa Thailand tidak memiliki cukup USD untuk mengcover nilai tukar yang dipegging itu, so dia mengoreng Bath sampai pemerintah Thailand gak tahan lagi dan harus membiarkan Bath nilainya diatur mekanisme pasar.




apa untungnya sih Sotos melakukan hal kaya gini?
ga ngerti sumfeh
Quote:Original Posted By a.identity
tanya mod
bisa dijelasin dengan gambrang tentang paham Agnostic dan macam2 Agnostic?


gnostic itu artinya ajaran/pengetahuan. Gnostein yang adalah asal kata Gnostic artinya Tahu/paham.

Agnostic itu artinay Tanpa ajaran/pengetahuan, dalam konteksnya artinya mereka yang tidak tahu/tidak paham.


Gnostic itu adalah pemahaman mengenai sesuatu yg telah dipaparkan dalam bentuk pengetahuan.

Dalam konteks modern, bentuk2x ajaran spiritual yang memiliki kitab, tata cara deskriptif peribadahan, aturan2x baku yang tertulis ,dll itu masuk dalam Gnostic.

Sedangkan Agnostic adalah yang sebaliknya yang tidak memiliki kitab, gak ada tata cara peribadahan dan gak ada aturan baku.

Dalam sejarahnya kata2x Gnostic mengalami pergeseran makna dijaman Kekristenan setelah ada sebagian umat Kristen aygn tidak sejalan dengan ajaran Gereja Roma/Byzantium, mereka ini disebut kelompok Gnostic yang menyandarkan iman/kepercayaan mereka kepada kitab2x dan buku2x yang mungkin tidak dijadikan standar Gereja Roma/Byzantium.

Agnostic adalah sebuah pemahaman bahwa suatu nilai kebenaran tidak akan pernah dapat diketahui secara pasti melalui alam pikiran manusia atau ajaran2x yang diklaim. Dgn definisi ini Agnostic identik dengan Skeptic namun perbedaanya adalah Agnostic memilih bisa percaya pada sesuatu karena mereka memilih seperti itu sedangkan Skeptic cenderung utnuk tidak percaya sesuatu sampai itu dibuktikan.



mod,kenapa kalavari eropa pas perang napoleon udah jarang pemakaian tameng pada kalavari?apa tidak efektif buat menahan tembakan infantri?
iron clad itu yang pertama kali gunain usa apa prancis?
sekarang pusat dari perdagangan di dunia ada di mana,new york apa singapura?
Quote:Original Posted By unnatural11



apa untungnya sih Sotos melakukan hal kaya gini?
ga ngerti sumfeh


Cari untung kk, apa lagi emangnya.

Mekanisme caranya kalo saya mesti jelasin panjang, tp intinya ini adalah spekulasi, tinggal masalah adu kuat aja.
Quote:Original Posted By xyus
menurut ko win, bunga di perbankan apa bisa dihapus ? lalu jika dihapus apakah ada penggantinya ? menurut pendapat pribadi ko win, bunga di perbankan itu apa ?

thx


1. Bisa ja.

2. Bagi hasil kalau semisal uang itu digunakan untuk keperluan yg produktif.

3. Nilai uang dari waktu.

Quote:Original Posted By Bocretia
kapan kata "gua" & "lu" pertamakali ditemukan gan?


Itu kata serapan ayng sebenarnya berasal dair bahasa Hokkien, umum digunakan diwilayah semenanjung pada abad ke 18-19 ketika orang2x Cina / pedagang/kuli dari Fujien datang kewilayah Semenanjung dan jg Nusantara.

Quote:Original Posted By berwin


Cari untung kk, apa lagi emangnya.

Mekanisme caranya kalo saya mesti jelasin panjang, tp intinya ini adalah spekulasi, tinggal masalah adu kuat aja.



jelasin dong win. pake perumpamaan yang sederhana aja
Quote:Original Posted By moonatomic
Mod, Modernisasi dan Westernisasi itu apa? Bedanya apa?

Trus, kapitalisme itu apa? apa sisi negatif dari kapitalisme, sehingga banyak kaum penentangnya?


Moderenisasi adalah proses transformasi dari keradaan ayng kurang maju menuju yang lebih maju. Dari yang Tribal-Tradisional menuju masyarakat Urban-Tekhnologi.

Westernisasi adalah proses mengikuti paham negara2x barat.

Bedanya kalo Moderenisasi gak ada barat gak ada timur, intinya adalah keadaan yang kurang maju dilihat dari standard tekhnologi dan ekonomi menuju ke yg lebih maju.

kalo Westernisasi mutlak mengikuti paham negara2x barat. Mau maju keg mau mundur keg, dsbnya.

Kebetulan karena negara2x yg maju secara kemakmuran dan tekhnologi adalah negara2x barat makanya Moderenisasi identik dengan Westernisasi.

Kapitalisme adalah paham ekonomi yg mengakui kepemilikan modal pribadi dan faktor2x produksi.

Sebelum munculnya Kapitalisme, kepemilikan modal dan faktor2x produksi itu dukuasai oleh negara atau sekelompok orang dalam sistem yg disebut Merkantilisme.

Sisi negatif kapitalisme adalah orang yang ahli ngumpulin duit bakal mengeruk terus keuntungan tanpa memperdulikan mereka2x yang tidak ahli ngumpulin duit dan karena sistem didunia ini semuanya butuh duit maka yang gak punya duit jadi gak bisa hidup didunia ini.

Quote:Original Posted By unnatural11



jelasin dong win. pake perumpamaan yang sederhana aja


Soros bisa "mempermainkan" Thai Bath dan GB Pound karena pada saat itu kedua mata uang ini melakukan "Pegging" (mematok nilai mata uang merka pada 1 mata uang tertentu).

Saat itu THB dipatok pada USD dan GBP dengan DM (Deutch Mark).

1 THB=0,4 USD (1 USD = 25 THB) dan 1 GBP = 2,7 DM.

Alasa mereka mematok ini adalah agar nilainya stabil dan dalam kasus Inggris agar mereka tidak kalah bersaing dalam ekspor produk mereka dengan produk Jerman.

Masalah dari nilai tukar yang kuat bagi negara eksportir adalah harga barang mereka aka jadi mahal.

Jika semisal 1 USD = Rp 5000 dan harga barang USD 10 maka kita hanya butuh Rp 50.000 untuk beli barangi tu.

Tapi kalau USD menguat (artinya jadi lebih mahal) dan nilai tukar bergerak 1 USD = Rp 10.000 maka sekarang kita butuh Rp 100.000 untuk mendapatkan barang yang sama.

Oleh sebab itu Thai dan Inggris menginginkan agar nilai tukar mereak fix disatu posisi dan tidak bertambah kuat agar produk mereka tidak kalah bersaing.

Dalam kasus Thai, waktu itu ekonomi Thailand mengalami pertumbuhan tertinggi di dunia, ekonomi mereka bertumbuh antara 7-9% pertahun selama 4 thn dari 1992-1996.

Akibat pertumbuhan ekonomi ini banyak perusahaan asal Thai yang melakukan ekspansi dengan modal Bank yg mengakibatkan Bank "mencetak" THB dalam jumlah besar.

Kata2x mencetak saya kasih tanda kutip dalam artian mereka tidak mencetak lembar kertasnya tp hal ini bisa dalam bentuk kredit.

Bottom linenya adalah jumlah THB yang bisa digunakan untuk konsumsi meningkat karena permintaan Kredit.

Soros berspekulasi (atau memperhitungkan) bahwa tidak mungkin ada cukup USD yang dimiliki Thailand untuk menjaga nilai tukar mereak 1 THB = 0,04 USD.

Yg dia lakukan adalah dia membeli Bath dalam jumlah besar melalui mekanisme kontrak/opsi, dsbnya (bukan nuker di money changer di bank) untuk suatu nilai dimasa yang akan datang.

Setelah dia memiliki Bath2x itu dia memasang posisi jual bath2xnya,

Harga yang dia lepas dibawah nilai tukar yang berlaku.

Semisal jika saat itu nilai pasarnya adalah 1 THB = 0,04 USD

maka dia jual 1 THB = 0,03 USD.

Pemerintah Thailand harus membeli Bath2x ini kalau tidak mau posisi Bath jadi turun dari 1 THB = 0,04 USD menajdi 0,03 USD.

Artinya mereka harus melepas cadangan dollarnya untuk memastikan kalau 1 THB = 0,03 USD maka pasti akan selalu habis terjual dan harga 1 THB = 0,04 USD bisa terus berlaku.

Kalo dipasar ada 1 THB = 0,03 USD siapa jg yg mau ngikuti bank pemerintah 1 THB = 0,04 USD.

Soros dan para spekulator dan orang lain yg gak ngerti apa yang terjadi namun ikut2xan arus melakukan hal serupa.

Sampai disatu titik dimana posisi 1 THB = 0,03 USD tidak lagi ada yang membeli maka itu adalah titik dimana bank sentral sudah menyerah dan biasanya signal lainnya adalah peningkatakan suku bunga deposito.

Nah kamu pasti bertanya Soros dapet profitnya gimana ?

Gini, karena tahu bahwa harga akan cenderung turun yang Soros dan spekulator yang mau narik untung lakukan adalah dengan mereka berhutang dalam Bath.

Semisal 100.000 Bath, kemudian mereka menjual Bath dengan harga 1 THB = 0,03 USD .

Mereka mendapatkan 3000 USD

Namun aksi jual terus menerus membuat Bath jadi banyak dipasar dan ketika SUPPLY NAIK namun DEMAND TETAP akibatnya ekuilibirum harga akan bergeser turun.

Sekarang 1 THB = 0,02 USD.

atau 1 USD = 50 THB

Soros megang 3000 USD kalau ditukar dapat 150.000 Bath.

Dia ngutang 100.000 Bath, berarti dia ada profit 50.000 bath.

Atau strategi yang sama bisa dilakukan untuk melakukan profit dalam USD.

Karena tahu THB bakal melemah dari semisal 1 USD = 25 THB dan setelah dibombardir menjadi 1 USD = 30 THB

Maka Soros melakukan kontrak future/hedge untuk USD dengan bath.

Semisal dia melakukan kontrak dimaan 1 USD = 35 THB (ketika posisi 1 USD= 30 THB) dan ada yang mau, maka ketiak 1 USD = 50 THB.

Dia ttp dapat menukar 1 USD = 35 THB.

Dari contoh sebelumnya dia dah dapet profit 50.000 bath.

Kalau tanpa kontrak yg kedua dia hanya dapat 1000 USD kalau dengan kontrak yang kedua dia dapet 50.000/35= 1428 USD.

So dia mengandakan keuntungannay dengan 2 strategi diatas.

Singkat cerita, Soros dapet profit GBP 1 millyar dari aksinya dengan GBP dan USD 3,2 millyar dari aksinya dengan THB, MYR dan IDR.

Namun dia merugi dengan MYR karena Mahatir Muhammad melakukan tindakan yang sebagian orang bilang "Berani" dan sebagian lagi bilang "Nekat" utnuk menutup akses lalu lintas devisa dan penukaran Ringgit dipasar Internasional yang praktis mematikan kegiatan import malaysia dan sistem penukaran valasa Malaysia.



Quote:Original Posted By ngentodlosemua
gua ga mau tanya2 disini...
cuma mau ngeluarin pendapat tentang elu

elu moderator tergoblok yg ada di DC


knp?
karena elu mau aja digoblok2in orang goblok macem drtommy!!!
kenapa gaya moderasi tolol macem dia lu biarin???
banyak yg berlawanan dengan aturan trit elu di dtox tp dibiarin


Gaya moderasi siapapun pasti ada yang gak suka, kebetulan gaya moderasi Tommy gak cocok sama kamu.

Nanti kalo saya bali moderasi lagi pake gaya saya kamu ngambek lagi postingan/thread bakal banyak yg saya deletin.