KASKUS

Quote:Original Posted By alam...
win, ane mau coba nanya..
1. bagaimana agama mula2 muncul dan dmn?
2. Siapa penemu mata bajak?
3. Peristiwa apa yg melandasi berpindahnya peradaban perbudakan ke feodal dan dari feodal ke kapitalisme?

trmksih win .


1. Kepercayaan terhadap sesuatu yang besar diluar diri manusia sudah ada sejak sebelum ada istilah agama, pemujaan terhadap objek2x dilangit atau alam sudah ada sejak jaman manusia masih tinggal digua2x.

2. Tidak tahu.

3. Di Eropa, Romawi terutama mereka membebaskan perbudakan setelah menggunakan Kristen sebagai agama negara, however non-Kristen masih dapat dijadikan budak namun di Inggris yang mengenal Magna Carta dan kemudian Habeas Corpus Act mendeklarasikan pembebasan semua orang di Inggris sebagai orang bebas dan tidak ada orang bebas yang dapat ditangkap dan diperbudak kecuali oleh hukum.

Ini yg kemudian melandasri perubahan masyarakat dari perbudakan menuju feodalisme walaupun penjual budak masih banyak sampai abad ke 19 namun mengenai siapa yang bisa dijadikan budak makin sempit.

Kalo dari Feodal ke kapitalisme adalah perubahan dari sistem ekonomi Merkantilisme dengan hak2x monopoli menuju sistem ekonomi pasar bebas dijaman pra-revolusi Industri.

Quote:Original Posted By berwin


Saya belom pernah posting mengenai Sun Tzu secara biografi tp saya rrasa umum aja.

Sun Tzu dikenal sebagai penulis sebuah buku seni perang yang sangat terkenal itu.

Tidak ada yang tahu dimana tepatnya dia dilahirkan namun tercatat dia dilahirkan dan hidup dijaman "Musim Semi dan Musim Gugur" (Chun Qiu Shi Dai), suatu masa di dalam sejarah cina dimana banyak kerajaan berdiri dan tumbang dalam waktu yang sangat cepat (atau negaranya sama namun penguasanya ganti).

Karena konflik yang sering terjadi ini Sun Tzu sering pergi mengamati jalannya pertempuran dan kemudian dia menuliskan intisari dari seni peperangan yang dipahaminya.

Kemudian dia pergi mengelilingi cina untuk mengabdi pada Raja2x yang berkuasa namun semua menolaknya karena dia melamar untuk posisi Instruktur militer namun tidak memiliki pengalaman militer sama sekali. Sampai akhrinya bertemu dengan raja He dari kerajaan Wu.

Raja He terkenal sebagai orang yang praktis, dia tidak suka mendengarkan argumen ataupun penjelasan yang bertele2x. Ketika Sun Tzu datang kekerajaanya dan mulai menjelaskan maksud dan tujuannya, Raja He langsung mengajak Sun Tzu pergi ke Istana Harem dimaan ada 180 selir kerajaan disana sedang duduk2x ditepi kolam, bercanda, bersolek dan sebagainya.

Raja He bertanya pada Sun Tzu apakah dia bisa membuat sebuah unit pasukan dari 180 orang selir ini. Sun Tzu menyanggupinya namun dia meminta Raja mendelegasikan otoritasnya dan meminjamkan pedang kekuasaanya yang adalah tanda otoritas militer.

Raja kemudian memanggil semua selir2xnya dan dikumpulkan dilapangan tengah, setelah itu diumumkan bahwa dia mengangkat Sun Tzu sebagai komandan dan menyerahkan pedangnya pada Sun Tzu, barang siapa melawan maka akan dipenggal.

Sun Tzu kemudian memberi instruksi pada selir2x itu untuk berbaris dan dibagi 2 kelompok masing2x dipimpin oleh seorang selir yang paling disayang raja He. Mereka masing2x diberikan tongkat yang digunaakn seperti tombak.

Segera setelah semua berbaris lalu Sun Tzu memberi instruksi agar mereka mengikuti perintahnya untuk hadap kanan. Semua selir2x itu hanya tertawa2x dan saling tersipu2x.

Sun Tzu berkata pada Raja, jika komandan memberi perintah namun pasukannya tidak mengikuti mungkin instruksi komandannya tidak dimengerti oleh sebab itu sang komandan harus membuatnya lebih mudah.

Kali ini Sun Tzu menggunakan bendera dan memberitahu agar mereka menghadap kearah mana bendera itu diarahkan.

Segera setelah semuanya siap Sun Tzu kemudian mengangkat bendera kearah kiri namun sekali lagi para selir hanya ketawa2x saja dan tidak mengikuti perintah Sun Tzu.

Kali ini Sun Tzu berkata pada Raja He, jika komandan telah menyederhanakan perintah namun pasukannay jg tidak mengikutinya maka pasukannya inkompeten dan harus dihukum.

Sun Tzu kemudian memerintahkan dua orang pengawalnya untuk membawa 2 selir favorit Raja He kehadapannya untuk dihukum mati.

Kedua selir itu kemudian memohon pada Raja He untuk tidak dipenggal dan Raja He berkata pada Sun Tzu agar tidak memenggal mereka.

Namun Sun Tzu kemudian berkata bahwa seorang pemimpin harus tahu mengenai Reward dan Punishment, jika tidak bagaimana mungkin dapat mengatur negara.

Raja He akhirnya dia saja dan Sun Tzu memenggal kedua selir favorit Raja He dihadapan para selir yang lain.

Setelah itu dia kemudian menunjuk 2 orang komandan lagi dari selir2x yang tersisa. Sekarang para selir2x itu sudah tahu apa akibatnya jika tidak mengikuti perintah Sun Tzu dengan benar, dan setelah itu semua instruksi Sun Tzu dapat dijalankan dengan baik laksananya pasukan yang seharusnya.

Sun Tzu lalu kemudian menyerahkan kembali pedang kepada Raja He dan bendera komando dan meminta Raja He untuk memeriksa pasukannya. Raja He sangat kagum atas hasil ini bahwa dalam 1 hari saja Sun Tzu dapat membuat pasukan dari selir2x kerajaan yang tidak pernah bisa diatur sebelumnya.

Sun Tzu kemudian dipekerjakan sebagai Instruktur Militer dikerajaan Wu. Wu sebelumnya adalah kerajaan kecil namun dibawah pemerintahan Raja He dan dibantu oleh Sun Tzu, Wu dapat mengalahkan Chu dah hampir menguasai seluruh Cina bagian selatan dan menjadi kekuatan dominan. Namun setelah 30 thn kerajaaN Wu akhrinya mundur dan kemudian dapat dikalahkan oleh kerajaan Yue.




Trims mod utk ceritanya. Saat militer Kerajaan Wu dibawah perintah Sun Tzu, apakah Sun Tzu ikut turun memimpin perang??
Kira2 situs apa yang menjelaskan mengenai Sejarah Peradaban Cina Kuno?? Bahasa Inggris/Indonesia.
Trims
berwin dari semua moderator kaskus u paling pintar menurut gw ada ga moderator kaskus yang lebih pintar dari u?
Quote:Original Posted By SamuelChang
berwin dari semua moderator kaskus u paling pintar menurut gw ada ga moderator kaskus yang lebih pintar dari u?


Saya mah gak pintar kk, cuman karena saya tahu suatu hal lebih dahulu dari kamu maka bukan berarti saya pintar.

Drtommy94 itu konon yang paling pintar.
Quote:Original Posted By AntonnyTan


Trims mod utk ceritanya. Saat militer Kerajaan Wu dibawah perintah Sun Tzu, apakah Sun Tzu ikut turun memimpin perang??
Kira2 situs apa yang menjelaskan mengenai Sejarah Peradaban Cina Kuno?? Bahasa Inggris/Indonesia.
Trims


1. Memimpin perang dalam arti dia ikut bersama pasukan namun bukan berarti dia jendral lapangan macem Guan Yu yang ikut bacok2xan sama musuh. Dia itu kaya Zhuge Liang yang duduk dikemah didepan peta dan maket medan perang lalu memberi instruksi pasukan harus bagaimana, kearah mana dan seberapa besar.

2. Saya udah beberapa thn jadi member di china history forum, tp bahasa Inggris gak ada yang bahasa Indonesia.
mod,tanya dong...ruh itu letaknya dibagian tubuh sebelah mana sih?
Quote:Original Posted By yellow.bastard
mod,tanya dong...ruh itu letaknya dibagian tubuh sebelah mana sih?


lo nanya mulu cuy
Quote:Original Posted By YLTO


1. a) Jelasin gue entropi dong scientifically mod!

b) Bisa kah kita meng-exploit sistem yg stabil menjadi tidak stabil? kalo bisa gimana caranya secara abstract?

2. SDM yg seperti apa yg langkah dan banyak diminta?

3. a) Kenapa America disebut dengan Land of Opportunity?

b) Kalo America itu Land of Opportunity, Indonesia itu Land of What?

4.
Spoiler for "":

Minta analysis lagi mod
a) Gimana analysis dan prediksi lu setelah melihat chart ini terutama yg Unfunded liabilities?

b) US, pemerintahannya populis jg ya mod?


1. Entropi sederhananya adalah derajat kekacauan dalam suatu sistem.

Menurut hukum kedua termodinamika dialam semesta ini Entropi cenderung maksimum yaitu tingkat kekacauannya makin tinggi.

Sebagai contoh kalau kamu menyusun batu bata dengan rapih, seiring dengan berjalannya waktu maka nanti batu2x itu akan mulai mengalami keretakan, somplak, dsbnya dan menjadi tidak rapih lagi.

Atau es batu, es batu itu atom2xnya berada dalam kondisi yang Orderly namun seiring dgn waktu ketika mencair dan menjadi air biasa maka atom2xnya menjadi tidak teratur dan setelah jadi gas (uap air) makin bebas lagi atom2xnya.

Entropi dalam hal energi jg berarti ukuran dari energi yang tersedia untuk melakukan kerja, jika entropi maksimum maka tidak ada lagi energi bebas yang tersedia untuk melakukan kerja.

b. Saya kurang jelas disini maksudnya apa ?

2. Yg tidak banyak dimiliki orang pada umumnya.

3a. Rasanya udah saya pernah jelasin dan rasanya kamu yang bertanya waktu itu yang kamu jg kasih gambar seorang anak / imigran melihat patung liberty dan berkata land of opportunity.

Singkatnya, dijaman dahulu Amerika menjanjikan kebebasan dan peluang bagi imigran yg datang kesana. Selama kamu mau berusaha maka kamu dapat berhasil disana.

b. Gak tau, tidak pernah dengar ada istilah khusus.

4a. Palingan bakal di bank rolled lagi itu di cut benefitnya.
b. Kadang2x populis kadang2x gak.

Quote:Original Posted By yellow.bastard
mod,tanya dong...ruh itu letaknya dibagian tubuh sebelah mana sih?


Gak tau, ada dimana.

Mungkin ada didalam darah.
Quote:Original Posted By frabuku
lo nanya mulu cuy


cocotelah..
jawaban sebelumnnya mantap om
1.sekarang nanya lagi, kebebasa dalam berinternet menurut om itu gimana? soalnya gara2 ini banyak yang rasis, kayak FA.
2.kalau om punya haters apa tindakan dan sikap om thdp haters ini?

3.pertanyaan yang paling om malas jawab apa?
4.apakah kita masih bisa di kategorikan sabar, ketika ada orang yang melakukan hal yang kurang kita suka berulang2 kali(ex: 78 kali), dalam satu hari terus kita marah?

5. ekonomi syariah itu gimana om?apa keuntungan dan kerugiannya?saya dengar2 dari beberapa orang, katanya bisa jadi alternative ekonomi indonesia, apa betul?

6.cara meningkatkan kemampuan algoritma gmana om?

7. apakah ada jenis ekonomi lain selain syariah?
mod tanya no hp nya anneline,dari kmaren blom dapet2
berwin, mau nanya

1. kira2 dalam 1 hari, ngabisin berapa jam waktu buat baca2 pengetahuan baru ??

2. menurut lu, sosok pemimpin mana yang lebih hebat antara cao cao dan liu bei ?

tambahan dikit, yg bener itu liu bei ato liu pei si ?? (in english)
Quote:Original Posted By royalhunter
jawaban sebelumnnya mantap om
1.sekarang nanya lagi, kebebasa dalam berinternet menurut om itu gimana? soalnya gara2 ini banyak yang rasis, kayak FA.
2.kalau om punya haters apa tindakan dan sikap om thdp haters ini?
3.pertanyaan yang paling om malas jawab apa?
4.apakah kita masih bisa di kategorikan sabar, ketika ada orang yang melakukan hal yang kurang kita suka berulang2 kali(ex: 78 kali), dalam satu hari terus kita marah?
5. ekonomi syariah itu gimana om?apa keuntungan dan kerugiannya?saya dengar2 dari beberapa orang, katanya bisa jadi alternative ekonomi indonesia, apa betul?
6.cara meningkatkan kemampuan algoritma gmana om?
7. apakah ada jenis ekonomi lain selain syariah?


1. Internet itu media komunikasi massa, kalau kamu mau posting di Internet selayaknya kamu memperlakukan diri seperti kamu mau posting di koran/majalah, etc. Bedanya di Internet kamu berlindung dibalik anonymitas setidaknya sebagian besar didunia masih seperti itu.

2. Perlakukan aja sebagaimana saya ingin dipelakukan, gimana jg Haters akan selalu ada, gak bisa buat semua orang suka pada sesuatu.

3. Yg pernah saya jawab sebelumnya.

4. Batasan sabar itu siapa yang bisa menentukan ?

5. Ekonomi dgn prinsip syariah.

Keuntungannya terutamanya adalah masalah stabilitas dan mengurangi spekulasi.
Kerugiannya adalah membuat ekonomi berjalan lebih lambat.

Sebagai alternatif memang bisa.

6. Banyak2x latihan matematika.

7. Banyak, ekonomi merkantilis, sosialis, kapitalis.



1.biji kanan ma biji kiri,fungsinya bagusan mana?
2.biji kanan ma biji kiri ente gedean mana?
3.kalo ente dikebiri,mau biji kanan apa biji kiri yg dibuang??
4.bijinya mbahbeye berapa?
Quote:Original Posted By Liong33
berwin, mau nanya

1. kira2 dalam 1 hari, ngabisin berapa jam waktu buat baca2 pengetahuan baru ??

2. menurut lu, sosok pemimpin mana yang lebih hebat antara cao cao dan liu bei ?

tambahan dikit, yg bener itu liu bei ato liu pei si ?? (in english)


1. Tergantung, gak tentu. Kalo menarik bisa lama kalo gak menarik gak dibaca sama sekali.

2. Dilihat dari yg bisa dihasilkannya Liu Bei lebih hebat.

Liu Bei itu penulisan Pin Yin yang benar, kalo di baca Bei itu terdengar mirip sama PEI tp huruf P nya dibaca agak mendem. Kalo penulisan Hokkiannya biasa jadi Lauw Pie.

Kalo belajar pin yin biasanya pasti diajarin

B, P , M, F dibacanya Be, Pe, Me, Fe.

Be dsini bacanya kaya Be dalam Bedak bukan Be dalam Beta atau kaya Benar sebagaimana orang jawa/jakarta ngomong bukan Benar kaya orang batak ngomong.



Menurut om, perilaku remaja indonesia sekarang baik ngga om?
Apakah berbeda dengan jaman remaja om dulu?
Buat survey om.
Quote:Original Posted By nandanurzaka
Menurut om, perilaku remaja indonesia sekarang baik ngga om?
Apakah berbeda dengan jaman remaja om dulu?
Buat survey om.


1. Baik atau buruk itu standardnya siapa, kelakukan jaman saya jg buruk kalo diukur pakai standard jaman ortu / nenek saya.

Untuk ngukur baik atau buruk kamu harus punya standard dulu/acuan dulu apa itu yang masuk kategori baik dan apa aja parameter yang masuk kategori buruk.

2. Tentu beda, setiap jaman jg beda.

Siapa Imam Mahdi dan Dajjal itu win?
Quote:Original Posted By WorLd.
Siapa Imam Mahdi dan Dajjal itu win?


Kalau kamu tanya siapa orang2xnya saya jg tidak tahu.

Kalau kamu tanya apa itu Imam Mahdi dan Dajjal, seharusnya kamu tanya di ABMM, disana banyak yang akan bisa menjawab kamu dengan sangat detil.

Saya kasih versi singkatnya saja.

Imam Mahdi adalah apa yang dipercaya oleh umat muslim sebagai Khalifah yang telah diberi petunjuk oleh Allah.

Ketika dunia ini dipenuhi oleh semua yang buruk dan jahat, Allah akan mengutus seorang Imam untuk menghancurkan kesewenang2xan dan kezaliman didunia ini serta membawa kembali kedamaian dan keadilan.

Dajjal sebaliknya adalah pemimpin dari kezaliman, simbol dari semua kejahatan yang ada dimuka bumi, ketika Imam Mahdi datang maka Dajjal akan muncul untuk mencoba memburunya.

Menurut kepercayaan Nabi Isa akan turun dan bersama2x dengan Iman Mahdi akan berperang melawan Dajjal dan membunuhnya.
×