Tradisi Tahun Baru Belanda, 40 Ribu Orang Berendam di Laut Utara


Amsterdam - Beragam kegiatan dan tradisi dilakukan di sejumlah negara untuk menyambut pergantian tahun. Salah satunya di Belanda yang diwarnai aksi 40 ribu orang yang berendam di Laut Utara, Belanda, yang diselimuti suhu dingin.

Aksi yang menjadi tradisi tahunan di Belanda ini berhasil mencatat rekor baru dengan jumlah peserta yang lebih banyak dari tahun sebelumnya. Tradisi ini selalu menarik minta banyak warga di Belanda.

"Ada sekitar 10 ribu peserta di Scheveningen dan rekor baru berhasil dipecahkan dengan jumlah peserta 40 ribu di seluruh wilayah Belanda," ujar juru bicara penyelenggara acara ini, Jiske Barten, seperti dilansir AFP, Rabu (2/1/2013).

Di sebuah resort di wilayah Scheveningen, Den Haag, sebagian besar peserta mengenakan topi Santa dan pakaian renang berwarna jingga yang menjadi warna nasional Belanda. Mereka berteriak dan tertawa saat merasakan dinginnya air yang bersuhu sekitar 8 derajat Celcius.

"Suhu udara di luar mencapai 8 derajat Celcius, namun dengan adanya hembusan angin nampaknya suhu udara mendekati nol derajat," jelas Barten.

Para peserta pun terlihat antusias dengan acara ini. "Memang sedikit gila, tapi ini sudah menjadi tradisi. Jika Anda warga Belanda, Anda harus melakukannya paling tidak sekali dalam hidup Anda," ucap salah seorang peserta, Sander Veltahuizen (29), yang mengaku sudah 11 kali mengikuti acara semacam ini.

(nvc/nrl)

Sumber : detik..com
abis berendem pada kisut tuh kulit..
eh, kirain pada mo ruwatan massal pake larung sempak buat buang sial

_______________
bujuk dah, dingin bener y itu berendam disana. g pada menggigil x y
betewe ada cewe nya ngga tuh, kalo ada asyik banget dong, bisa berendam bareng , astaghfirullah