KASKUS

Inilah Senjata Tradisional Dari Indonesia



Kibarkan sang saka merah putih dulu gan...


Mau share mengenai beberapa senjata tradisional yang berasal dari Indonesia,bagi agan2 'n sista2 yang sudah tahu nikmatin ajah,bagi yang belum tahu jangan cuman ngomong "nais inpoh" "Ooooo..." "numpang pejwan" "asadsds" ato yg sejenisnya ,yang mo jualan silahkan tp jangan pake petromax,

Langsung jembreng ajah gan,,
Cekibrot bin cekiprit..

1. Keris


Keris adalah senjata tikam golongan belati (berujung runcing dan tajam pada kedua sisinya) dengan banyak fungsi budaya yang dikenal di kawasan Nusantara bagian barat dan tengah. Bentuknya khas dan mudah dibedakan dari senjata tajam lainnya karena tidak simetris di bagian pangkal yang melebar, seringkali bilahnya berkelok-kelok, dan banyak di antaranya memiliki pamor (damascene), yaitu terlihat serat-serat lapisan logam cerah pada helai bilah.

Penggunaan keris tersebar pada masyarakat penghuni wilayah yang pernah terpengaruh oleh Majapahit, seperti Jawa, Madura, Nusa Tenggara, Sumatera, pesisir Kalimantan, sebagian Sulawesi, Semenanjung Malaya, Thailand Selatan, dan Filipina Selatan (Mindanao). Keris Mindanao dikenal sebagai kalis. Keris di setiap daerah memiliki kekhasan sendiri-sendiri dalam penampilan, fungsi, teknik garapan, serta peristilahan.

Keris Indonesia telah terdaftar di UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia Non-Bendawi Manusia sejak 2005.

2.Sabit ( Clurit )


Celurit menjadi senjata khas suku Madura yang biasa digunakan sebagai senjata carok. Senjata ini sudah melegenda sebagai senjata yang biasa digunakan oleh tokoh bernama Sakera. Masyarakat Madura biasanya memasukkan khodam, sejenis makhluk gaib yang menempati suatu benda, ke dalam celurit dengan cara merapalkan doa-doa sebelum carok.

Sabit juga digunakan sebagai bagian dari simbol komunisme atau sosialisme revolusioner, yaitu palu arit. Dalam simbol tersebut, sabit melambangkan kelas buruh yang bekerja di sektor pertanian.

3.Kujang


Kujang adalah sebuah senjata unik dari daerah Jawa Barat. Kujang mulai dibuat sekitar abad ke-8 atau ke-9, terbuat dari besi, baja dan bahan pamor, panjangnya sekitar 20 sampai 25 cm dan beratnya sekitar 300 gram.

Kujang merupakan perkakas yang merefleksikan ketajaman dan daya kritis dalam kehidupan juga melambangkan kekuatan dan keberanian untuk melindungi hak dan kebenaran. Menjadi ciri khas, baik sebagai senjata, alat pertanian, perlambang, hiasan, ataupun cindera mata.

Menurut Sanghyang siksakanda ng karesian pupuh XVII, kujang adalah senjata kaum petani dan memiliki akar pada budaya pertanian masyarakat Sunda.

Kujang dikenal sebagai benda tradisional masyarakat Jawa Barat (Sunda) yang memiliki nilai sakral serta mempunyai kekuatan magis. Beberapa peneliti[siapa?] menyatakan bahwa istilah "kujang" berasal dari kata kudihyang (kudi dan Hyang. Kujang (juga) berasal dari kata Ujang, yang berarti manusia atau manusa. Manusia yang sakti sebagaimana Prabu Siliwangi.

4.Mandau


Mandau adalah senjata tajam sejenis parang berasal dari kebudayaan Dayak di Kalimantan. Mandau termasuk salah satu senjata tradisional Indonesia. Berbeda dengan arang, mandau memiliki ukiran - ukiran di bagian bilahnya yang tidak tajam. Sering juga dijumpai tambahan lubang-lubang di bilahnya yang ditutup dengan kuningan atau tembaga dengan maksud memperindah bilah mandau.

Menurut literatur di Museum Balanga, Palangkaraya, bahan baku mandau adalah besi (sanaman) mantikei yang terdapat di hulu Sungai Matikei, Desa Tumbang Atei, Sanaman Matikei, Katingan. Besi ini bersifat lentur sehingga mudah dibengkokan.

Mandau asli mempunyai penyang, penyang adalah kumpulan-kumpulan ilmu suku dayak yang didapat dari hasil bertapa atau petunjuk lelulur yang digunakan untuk berperang. Penyang akan membuat orang yang memegang mandau sakti, kuat dan kebal dalam menghadapi musuh. mandau dan penyang adalah merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan turun temurun dari leluhur.

5.Rencong


Rencong (Bahasa Aceh: reuncong) adalah senjata tajam belati tradisional Aceh, di pulau Sumatera Indonesia bentuknya menyerupai huruf "L". Rencong termasuk dalam kategori belati yang berbeda dengan pisau atau pedang.

Rencong memiliki kemiripan rupa dengan keris. Panjang mata pisau rencong dapat bervariasi dari 10 cm sampai 50 cm. Matau pisau tersebut dapat berlengkung seperti keris, namun dalam banyak rencong, dapat juga lurus seperti pedang. Rencong dimasukkan ke dalam sarung belati yang terbuat dari kayu, gading, tanduk, atau kadang-kadang logam perak atau emas. Dalam pembawaan, rencong diselipkan di antara sabuk di depan perut pemakai.

Masyarakat Aceh mempercayai bahwa bentuk dari rencong mewakili simbol dari basmalah dari kepercayaan agama Islam.Rencong begitu populer di masyarakat Aceh sehingga Aceh juga dikenal dengan sebutan "Tanah Rencong".

6.Badik ( Badek )


Badik atau badek adalah pisau dengan bentuk khas yang dikembangkan oleh masyarakat Bugis dan Makassar. Badik bersisi tajam tunggal atau ganda, dengan panjang mencapai sekitar setengah meter. Seperti keris, bentuknya asimetris dan bilahnya kerap kali dihiasi dengan pamor. Namun demikian, berbeda dari keris, badik tidak pernah memiliki ganja (penyangga bilah).

Menurut pandangan orang Bugis Makassar, setiap jenis badik memiliki kekuatan sakti (gaib). Kekuatan ini dapat memengaruhi kondisi, keadaan, dan proses kehidupan pemiliknya.

Badik Makassar memiliki kale (bilah) yang pipih, battang (perut) buncit dan tajam serta cappa’ (ujung) yang runcing. Badik yang berbentuk seperti ini disebut Badik Sari. Badik Sari terdiri atas bagian pangulu (gagang badik), sumpa’ kale (tubuh badik) dan banoang (sarung badik). Lain Makassar lain pula Bugis, di daerah ini badik disebut dengan kawali, seperti Kawali Raja (Bone) dan Kawali Rangkong (Luwu).

7.Kerambit


Berdasarkan sejarah tertulis, Kerambit berasal dari sumatera barat dan mulai digunakan ke daerah Jawa. Menurut cerita rakyat, terinspirasi oleh cakar macan. Seperti senjata sebagian besar kawasan nusantara, pada awalnya merupakan alat pertanian dirancang untuk menyapu akar, mengumpulkan batang padi dan alat pengirikan padi. Dirancang seperti itu menjadi lebih melengkung untuk memaksimalkan potensi pemotongan. Karambit akhirnya tersebar melalui jaringan perdagangan Indonesia hingga ke negara-negara tetangga, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina dan Thailand.

Di Jawa Kerambit digunakan sebagai senjata simpanan kaum tani agraria, Kerambit tidak dipakai oleh kesatria (kelas prajurit) yang dilatih di keraton atau istana. Jadi Kerambit adalah senjata rakyat biasa.

8.Bambu Runcing


Bambu runcing adalah sebuah senjata yang terbuat dari bahan baku bambu yang diruncingkan. Senjata ini dahulu konon digunakan oleh bangsa Indonesia sebagai alat perlawanan melawan penjajahan kolonialis Belanda.

Salah satu tokohnya yaitu K.H. Subchi dari Parakan, Temanggung yang dikenal dengan gelar Jenderal Bambu Runcing. Ia sebagai penasehat BMT (Barisan Muslimin Temanggung) yang kemudian dikenal menjadi Barisan Bambu Runcing.

Sumber : dihimpun dari beberapa sumber

Silahkan bagi yg mo nambahin..

Tersingkap! 3 Strategi Perang China
Apa Yang Agan Pikirkan Seusai Pesta Tahun Baru 2013..??
Lanjutan.. Masukan dari agan2..
9. Golok


Golok adalah pisau besar dan berat yang digunakan sebagai alat berkebun sekaligus senjata yang jamak ditemui di Asia Tenggara. Hingga saat ini kita juga bisa melihat golok digunakan sebagai senjata dalam silat.

Dulu golok sering dipakai sebagai senjata oleh para jawara ( jagoan ). Golok Betok adalah salah satu jenis golok yang paling terkenal, usianya diperkirakan kini mencapai umur kurang lebih 800 tahun.

Golok merupakan senjata tajam yang umumnya digunakan oleh masyarakat Betawi, Bagi mereka, keberadaan golok sangat dipengaruhi oleh kebudayaan Jawa Barat, namun diantara keduanya memiliki perbedaan yang bisa dilihat dari bentuk model dan pemberian nama.

Ada beberapa jenis golok yang di miliki suku Betawi yaitu golok gobag. Golok gobag merupakan golok yang terbuat dari bahan tembaga, dan memiliki bentuk pendek. Golok gobak memiliki bentuk ujung yang rata serta melengkung di bagian punggung golok. Biasanya gagang golok tidak memiliki ukiran, hanya terbuat dari kayu rengas dan orang Betawi menyebutnya dengan sebutan gagang jantuk.
itu kerambit keknya lucu buat jadi gantungan kunci motor .... skalian buat jaga2...
yang paling simpel ko ngga ada gan: golok

sebagai pesilat senjata favorit ane kerambit ama clurit. tapi tetep aja ane seneng ama semua senjata, apalagi yang asli indonesia. ahahai, nice share agan
pejwan dulu

keren gan indonesia walaupun gitu
ane punya badik n rencong gan




===================

yg berminat ikutan kuis berhadiah cendol, ayo kesini
kerambit keren juga tuh gan kecil2 tapi mematikan

tapi yang paling terkenal di buku pelajaran sejarah adalah bambu runcing gan
Badik 7cm
mantapppp
ane kaga puny smua gan
nais share gan...
kekna ane pengen kolekai mandau gan keren banget dan merupakan senjata tradisional dari kalimantan
soalnya ane ada darah dari kalimantan juga gan
Gas 3Kg mana gan?
wah snjatany keren2 pula gan
goloknya mana gan....ntar yang punya jakarta(betawi) protes...heheh
kayanya udah pernah deh tapi ane lupa
ni adalah salag satu cabang kebuyaan yang tdk boleh kita tinggalkan.

Keren-keren gan..
Bagus buat koleksi tuh...

Bambu runcing gan,, senjata bangsa Indonesia yang melegenda
×