Tips Memilih Laptop Murah untuk Main Game

Alhmdulillah HT ane yang ke-2


Dulu, laptop merupakan barang mewah yang harganya cukup tinggi. Namun seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi mobile computing, harga laptop kini semakin bersahabat di kantung. Namun sayangnya, bagi para gamer, laptop yang layak pakai untuk bermain game merupakan tipe teratas yang masih terasa mahal mengingat beberapa persyaratan game menuntut spesifikasi hardware cukup berat.

Sebenarnya anggapan tersebut tidak selamanya benar. Saat ini, banyak laptop dengan harga terjangkau di bawah Rp 9 juta yang sudah memiliki kemampuan cukup mumpuni untuk memainkan game terbaru.

Berikut adalah tips agar Anda tidak salah memilih laptop yang akan digunakan untuk bermain game, dan tentunya tanpa harus memaksa Anda membobol rekening tabungan.


Quote:1. Jangan terpaku dengan besar memori VGA

Kebanyakan user terpaku dengan besaran memori VGA. Hal semacam ini menjadi celah bagi penjual nakal untuk membujuk rayu konsumen membeli produknya dengan dalih memori besar. Padahal yang utama dari sebuah VGA adalah chipsetnya.

Perlu diingat bila seri chipset kartu grafis pada laptop adalah chipset grafis versi mobile sehingga tidak bisa dibandingkan dengan chipset grafis yang diperuntukkan untuk komputer desktop. Semisal bila Anda akan memilih laptop dengan kartu grafis Nvidia 560M maka performanya tidak akan sehebat GTX 560 versi desktop, walaupun jenis chipsetnya sama.

Perbedaan ini lebih dipengaruhi karena masalah panas dan konsumsi daya yang lebih ketat untuk laptop. Pastikan juga Anda tidak memilih laptop dengan VGA onboard (semisal Intel GMA) jika ingin menggunakannya untuk bermain game. Hal ini dikarenakan VGA onboard tidak akan mampu menjalankan game dengan mulus.


Quote:2. Pilih laptop yang menawarkan kemudahan upgrade komponen

Beberapa laptop menyediakan pilihan agar beberapa komponennya (seperti RAM, VGA dan hardisk) bisa diupgrade. Sebisa mungkin carilah seri yang mendukung untuk kebutuhan ini.

Bila memiliki dana lebih, Anda bisa mengganti komponen-komponennya tanpa perlu membeli laptop baru. Jadi, jangan lupa tanyakan pada penjual apakah penggantian komponen pada notebook tertentu dapat dilakukan dengan mudah atau tidak.


Quote:3. Perhatikan ukuran dan resolusi layar

Ukuran dan resolusi layar sering berhubungan erat, dan ini amat penting untuk sebuah game. Semakin tinggi resolusi layar, semakin berat tuntutan sebuah game akan chip grafis yang baik.

Jadi jika laptop Anda hanya dilengkapi chip grafis yang pas-pasan, maka layar dengan resolusi terlalu tinggi akan menyebabkan game berjalan dengan setting minimum dan agak lambat.

Ukuran layar sendiri juga penting, mengingat bermain di layar yang berukuran terlalu kecil jelas akan mengganggu keasyikan bermain game itu sendiri. Kami sarankan, minimal Anda memilih laptop dengan layar berukuran 14 inci atau 15 inci jika sering bepergian membawanya, atau dengan layar berukuran 17 inci, jika bermaksud menggunakannya sebagai pengganti desktop dan Anda tidak sering membawa-bawanya.


Quote:4. Pastikan konektivitas sesuai dengan kebutuhan

Untuk bisa bermain game dengan nyaman, Anda tidak akan bisa mengandalkan touchpad. Untuk itu Anda memerlukan keyboard dan mouse gaming yang berkualitas.

Pastikan laptop Anda memiliki port USB yang cukup untuk memasang mouse, keyboard, gamepad/joystick dan pendingin laptop, karena saat digunakan untuk menjalankan aplikasi yang berat seperti game laptop akan cepat panas.

Perhatikan juga apakah laptop Anda telah memiliki koneksi HDMI atau setidaknya VGA, sehingga sewaktu-waktu Anda bisa menghubungkan laptop ke TV atau monitor dengan ukuran layar yang lebih besar.


Quote:5. Spesifikasi tertinggi belum tentu berarti yang terbaik

Jangan terpaku dengan seri tertinggi laptop yang akan Anda beli. Ada baiknya untuk memilih laptop yang berada 1-2 seri lebih rendah dari seri teratas, karena performanya tidak akan terlalu jauh namun dengan selisih harga yang cukup banyak.


semoga infonya bermanfaat bagi agan yang lain

Spoiler for kaskuser yg baik:



thanks gan yg udah kasih cendol

Spoiler for sumber:


Merk yg patut jd pilihan: antara asus,lenovo,dell,toshiba & MSI

Spoiler for tambahan dari agan yg lain:
fefeefe<<< mantra gagal
double post
wew nice info gan,calon HT nih
Quote:Original Posted By joliani
wah nice tips bro




thanks gan
Quote:Original Posted By athecraz
fefeefe<<< mantra gagal
double post

yah
Quote:Original Posted By emaknya.entong
wah bagus inponya, kebetulan ane nyari leptop terus pas beli e gabisa maen pes13

aduh ngga ada tukang baju jersey kan disini gan

semoga infonya bisa membantu gan
Quote:Original Posted By athecraz
wew nice info gan,calon HT nih

moga aja gan
Wuiihh mantap gan.
Makasih info nya, ane pengen beli laptop. gak terlalu bagus juga gpp! yang penting awet gan.
Sangat bermanfaat gan! Ane terkadang sebel sama temen ane dy mau beli leptop yg murah berkualitas, ane pilihin eh dy milih pilihan nya sendiri. Ujung2nya ngadu ke ane dan nyesel beli leptop ga sesuai saran ane. Tp untungnya ane yg jualin sih leptop nya ke Om ane lumayan jd dapet jajan tambahan.
wah cukup bagus informasinya gan. tapi gimane caranya vga ini lebih bagus dari vga itu
mantap.. ane emang berencana beli laptop nih...
ijin bukmark gan
wah makasih sarannya gan, ane hampir aja beli laptop karena VGA
makasih pencerahannya
pejwan mudahan masih tersisa... calon HT kah???

untuk agan ini ane acungin jempol...
menurut ane laptop utk gaming itu ga usah merk2 mahal
karena brandnya yg buat mahal spek mah kadang sama itu tambhan hehehhe

laptop apaan gan yang vga nya bisa diganti? mau tau dong ane gan?
maksih gan atas infonya kebetulan adik ane lagi cari laptop untuk ngegame dengan budget yang minim
gan,ksh tau don merek dan tipe yg menurut agan ckup untuk rata" game serta harganya,PM ane jg gpp,makasih gann



Posted with kaskusQR
murah & berkualitas = prioritas, nice info
ane jual laptop yg cocok buat gaming gan, kunjungi ja lapak ane...
wah good tips gan,banyak orang yang ketipu gara2 nawarin versi yang baru
kalo skedar buat main game sih kompi pentium 3 jga dah cukup

game solitare n pin ball
thanks gan inpo nya.
lumayan nih laptop ane juga bsa buat maen game pes6
iya nih gan ane nyesel bnget udah beli laptop yg vga nya on board
Asus gan bagus2