Selamat Datang gan di Thread sederhana ane..
Quote:
Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan
lubang dan kerusakan jalan yang menimpa
ibukota maupun kota kota lainnya. Kerusakan
jalan itu terkadang sering membuat kendaraan
kita rusak ringan hingga yang berat, bahkan
terkadang bisa mengancam keselamatan kita
sebagai pengguna jalan tersebut. Kerusakan bisa
terjadi karena faktor cuaca, kontur tanah yang
tidak stabil atau bahkan bisa menjadi kualitas
aspal yang rendah. Selain itu, volume
kendaraan yang melewati jalan tersebut sangat
tinggi, bahkan didominasi oleh kendaraan
besar. Ini membuat tekanan ke tanah semakin
tinggi, sehingga membuat lapisan aspal
menjadi tidak stabil dan bergelombang. Pada
beberapa kasus kerusakan jalan, beberapa
pengendara yang saya pernah tanya secara
lisan dan spontan, mereka mengeluhkan
lubang yang berdiameter besar dan dalam. Ini
patutnya menjadi perhatian khusus untuk
departemen perhubungan dan dinas pekerjaan
umum. Kondisi ini akan semakin
memprihatinkan dan bahkan akan
membahayakan bagi para pengendara yang
melewati jalan tentunya. Ada baiknya juga
kita tetap waspada dan berhati hati, apalagi
pada kondisi malam hari serta dalam kondisi
hujan.
Sumber
Nah berikut ini tipsnya agar kita tetap aman berkendara dijalanan yg rusak, terutama untuk pengendara sepeda, baik yg ada motornya maupun yg ada ontolna (versi cadel
1. Gunakan Ban dan Velg yg mumpuni. Karena menurut perhitungannya (ini perhitungan dari kitab Primbon lho gan, jadi jngn main2..

) semakin besar ukuran diameter ban atau velg kita, maka resiko kecelakaan karena lubang akan semakin kecil, (tidak berlaku untuk lubang sumur, bool, dan lubang sejenisnya..

).
Sangat disarankan untuk menggunakan Velg dengan kualitas baik, jangan gunakan velg racing khusus "Delman" atau "Kereta Kencana", biarpun diameter besar, tp bayangin aja kalo motor lo pake itu..

Ukuran dan tipe ban yang disarankan adalah menggunakan ban
Bulldozerkarena selain ukurannya yg besar, bisa juga untuk segala medan B-)
2. Selalu gunakan kelengkapan berkendara yang aman, sesuai standart SNI. Helm, Knee Guard, Armor, Sepatu. Jadi seandainya terkena lubang jalan, dan sampai jatuh, agan-agan sekalian tetap aman. Walaupun motornya ringsek, hancur, tp yg penting agan selamat

. Dan jangan lupa, kalau motonya uda rusak parah, ga ada lagi istilah "Selamat Sampai Tujuan". Agan tahu apa artinya?? "Mission Failed!!!"
3. Saat melihat lubang cobalah untuk menghindar, jangan dipaksakan untuk diterjang, walaupun uda kagok. Ada beberapa cara untuk melakukannya, dengan direm, untuk mengurangi hentakannya, atau dengan jalan perlahan, jika perlu turun dari motor, dan dituntun aja motornya kalau pas ada lubang.

Nyalakan lampu pada siang dan malam hari. Jangan pakai lampu petromak atau lampu disco y gan..

Kalau malam hari, pastikan lampu terang, sehingga seluruh area jalan dapat terlihat jelas. Sedangkan siang hari, sungguh terlalu kalau masih ga kliatan, uda siang, lampu nyala, masih aja ga kliatan
4. Berdoa sebelum berangkat, ini yang paling penting, serahkan semua kepada Tuhan. Karena walaupun smua tips diatas uda dilaksanakan, biarpun jalan halus mulus (malah licin jadinya

) kalau namanya musibah y uda diterima aja..
Semua tips diatas (kec no 4) percuma dilakukan, kalau ternyata sepeda yang mau dinaikin ga ada, mending naik odong2 aj gan, atau komedi puter..
Kiranya tips sederhana dari ane ini bermanfaat, untuk segala kekurangan, mohon dimaafkan, dan untuk kelebihan, mohon untuk dikembalikan, karena mak ane lagi nyariin di rumah.