KASKUS

terserah,,, mau dari agama atau suku apapun tidak masalah
yang penting bisa bawa indonesia lebih baikk
emangnya selama ini indonesia punya presiden agamanya apaan?
yah idealnya indonesia jadi kaya gini karna keidealan doktrinnya
Quote:Original Posted By artileri.bata


gapercaya tuhan = doesn't believe in God
nyembah dewa2 = worshipping Gods

WTF ARE YOU FUCKING IDIOT??! dasar orang dongo

PULANG SANA GOBLOK!!!! JANGAN LUPA MINUM OBATNYA!! SEKALIAN TELEN BAYGON BIAR JUMLAH ORANG DONGO DI DUNIA INI BERKURANG!!


ye tolol..
lebih baik orang yg gapunya agama tapi percaya tuhan dan berprilaku baik. dari pada orang yg punya agama melakukan tindak kriminal atas nama agama itu memalukan agamanya sendiri ( fpi ) !!
cuman dinegara ini aje agama diatur .. dinegara ga ada itu.. ga perduli orang disana agamanya apa..
negara sono nggak mempermasahkan agama..
yg mereka pentingkan skill dan nasionalisme bukan agama !
agama itu pribadi dan individualisme cuman orang tsb dan tuhan !
kayaknya lagi seru
Quote:Original Posted By Pi-One

Silakan, toh itu artinya agan mengakui kalau agan emang nganggap presiden Indonesia harus muslim karena 'balas jasa' doang...


Karena beliau gak mau kehilangan daerah-daerah tertentu yang berpotensi lepas.



Agan ngerti gak sih pengertian demokrasi?
Apa korelasinya piagam madinah dengan demokrasi?


Wkwkwk...kalo cuman anggapan agan doang, emang owe pikirin gan...lucu ---- kalo beliau2 mau begitu gan, rasa2 mudah aja koq gan, apalagi beliau didukung mayoritas rakyat. Sekali lagi krn beliau benar2 mempraktekan ajaran agamanya. ----demokrasi itu cuman teori aja gan, di usa aja, yg katanya negara paling demokratis, pernah menolak memberi kursi kpd calon dr partai sosialis yg terpilih. Bahkan menghapus perwakilan yg seimbang setelah adanya wakil dewan dr kelompok komunis pd pemilihan di kota new york. Itu ya gan yg dinamakan demokrasi?
Quote:Original Posted By Pi-One

Gak, lu cukup bilang kalau lu fanatis buta.
Ditanya dari mana demokrasi awal, lu ngotot demokrasi berawal dari Islam juga? Sementara Yunani kuno, atau bahkan Buddha saja sudah menerapkannya dalam organisasi Sangha. Dan lu masih ngotot semua berawal di Islam?

Yah, thanks sudah menunjukkan fanatisme buta lu


Ternyata agan suka maksain pendapat jg ya? Paling enggak yg pertama owe harus tahu, adl sejarah agama owe dulu gan... Demokrasi mo di negara manapun, nggak bisa dipaksain hrs sama dgn teorinya. Yg penting menghasilkan output yg baik bagi negara dan rakyat yg bersangkutan.
Quote:Original Posted By artileri.bata


demokrasi pertama di dunia itu di Yunani Kuno, khususnya Athena, tahun 5 SM. dari namanya aja nama Yunani khan, demos+kratos


Demos + kratos, emang dr yunani gan...coz menurut negara2 barat, yunani punya pengaruh besar baik dlm sains maupun agama kristen.
Presidennya cuma islam ktp kok,
Ya prihatin doank,
Quote:Original Posted By librariez


Wkwkwk...kalo cuman anggapan agan doang, emang owe pikirin gan...lucu ---- kalo beliau2 mau begitu gan, rasa2 mudah aja koq gan, apalagi beliau didukung mayoritas rakyat. Sekali lagi krn beliau benar2 mempraktekan ajaran agamanya. ----demokrasi itu cuman teori aja gan, di usa aja, yg katanya negara paling demokratis, pernah menolak memberi kursi kpd calon dr partai sosialis yg terpilih. Bahkan menghapus perwakilan yg seimbang setelah adanya wakil dewan dr kelompok komunis pd pemilihan di kota new york. Itu ya gan yg dinamakan demokrasi?


Quote:Original Posted By librariez


Ternyata agan suka maksain pendapat jg ya? Paling enggak yg pertama owe harus tahu, adl sejarah agama owe dulu gan... Demokrasi mo di negara manapun, nggak bisa dipaksain hrs sama dgn teorinya. Yg penting menghasilkan output yg baik bagi negara dan rakyat yg bersangkutan.

Intinya agan gak tahu demokrasi itu apa?
Dan maksain pendapat? Agan gak tahu apa itu demokrasi, tapi mengklaim bawa-bawa agama agan duluan? Dan setelah ketahuan salah, malah mau melebar ke mana-mana?
Menurut ane siapapun presidennya, selama bs membawa perubahan yg lebih baik bagi bangsa Indonesia gak masalah mau dari suku, agama, ras apapun...

Kalo dibilang ideal inilah yang salah.. Indonesia punya banyak suku agama dan ras... Kalau dibilang idealnya ini itu, artinya dia gak menghormati perbedaan yang ada di Indonesia.. Karena idealnya presiden itu harus bisa menjalankan pemerintahan serta mampu membuat negara itu lebih baik lagi... Kalo idealnya harus agama ini, ras itu, suku ini, itu adalah salah...
Quote:Original Posted By diodoanggg


ye tolol..
lebih baik orang yg gapunya agama tapi percaya tuhan dan berprilaku baik. dari pada orang yg punya agama melakukan tindak kriminal atas nama agama itu memalukan agamanya sendiri ( fpi ) !!
cuman dinegara ini aje agama diatur .. dinegara ga ada itu.. ga perduli orang disana agamanya apa..
negara sono nggak mempermasahkan agama..
yg mereka pentingkan skill dan nasionalisme bukan agama !
agama itu pribadi dan individualisme cuman orang tsb dan tuhan !




ni orang tolol apa idiot ya.. gw khan cuman mau menunjukkan inkonsistensi dalam statement loe..

Quote:Original Posted By diodoanggg


agama ga menjamin majunya suatu negara..
agama itu hak pribadi seseorang.. liat jepang, korea cina.. negara yg gapercaya tuhan maju tuh.. mereka cuman nyembah dewa2 ga jelas.
sekali lagi gan.. skill itu penting untuk membangun suatu negara.. percuma agamanya kuat tapi skillnya ga ada dan ga ada etikanya.


masih belom jelas dongo?

Quote:Original Posted By diodoanggg


liat jepang, korea cina.. negara yg gapercaya tuhan maju tuh.. mereka cuman nyembah dewa2 ga jelas.


NEGARA YANG NYEMBAH DEWA2 GAK JELAS ITU = PERCAYA TUHAN DONGO, DEWA = TUHAN.. DASAR GOBLOK


Quote:Original Posted By Silverhert
Menurut ane siapapun presidennya, selama bs membawa perubahan yg lebih baik bagi bangsa Indonesia gak masalah mau dari suku, agama, ras apapun...

Kalo dibilang ideal inilah yang salah.. Indonesia punya banyak suku agama dan ras... Kalau dibilang idealnya ini itu, artinya dia gak menghormati perbedaan yang ada di Indonesia.. Karena idealnya presiden itu harus bisa menjalankan pemerintahan serta mampu membuat negara itu lebih baik lagi... Kalo idealnya harus agama ini, ras itu, suku ini, itu adalah salah...


itu sih udah menjadi rahasia umum bray

what a country
Quote:Original Posted By pacikun


itu sih udah menjadi rahasia umum bray

what a country


damn straight.. what a fucking country we live in..
kalo mau maju,pilih presiden indonesia yang ga punya agama saja
Milih presiden liat figur dan track recordnya, bukan liat agamanya. G relevan lagi sekarang liat agama, Koruptor banyak yg namanya merepresentasikan agama tertentu juga kok.
Ikut komeng ah... Harusnya debat ini harus udah closed, krn udh jelas di dunia ini, di negara manapun juga dan yg sedemokratis gmn pun juga, agama presidennya itu berbanding lurus dgn agama mayoritas warga negara tersebut. Cmiiw
Ane sih setuju2 aj kalo yang muslim yang jadi presiden (asal emang kompeten)..

Tapi ane melihat ada celah dari 4 argumen agan, soalnya agan mendasarkan logikanya pada TAP MPR (trutama poin pertama, tentang Tuhan yang Maha Esa). argumen 1 menjadi dasar argumen 2, 2 dasar 3, dst.. masalahnya pemahaman kata "Tuhan yang Maha Esa" itu bisa multi tafsir kalau ditanya ke orang Indonesia.. agama di Indonesia juga banyak, belum lagi menyebut kaum2 minoritas seperti Ahmadiyah, agama2 suku, Kejawen (dgn berbagai macam variasi), dll...

Jadi ane liat kalo presiden yang ideal itu orang muslim, itu sih relatif, tergantung konteks.. misalnya di Aceh, ane lebih emang lebih setuju kalo yg mimpin disana orang muslim, soalnya konteksnya khusus..

Cuma kalau presiden ya harus lebih hati2, jadi ane lebih condong ke argumen bahwa yang presiden itu dari agama apa saja ya sah2 saja, yang penting emang kompeten.. kalo ada orang Buddha sekalipun, asal hatinya untuk rakyat n dia kompeten kenapa tidak?

Terkait poin ke-4 dari agan, ane punya pendapat alternatif, coba deh liat ilustrasi ini: insinyur yang jago banyak dari jerman (emang bener sih), menjadi orang jerman adalah syarat mutlak untuk menjadi insinyur yang jago? kan enggk ya toh.. Nyatanya ada pak B.J. Habibie yang bisa jadi professor di sana.. so jadi insinyur lagi2 balik ke masalah kompetensi pribadi masing2 toh?
Kalau ditarik ke mslh agama, apakah orang yang pinter matematika itu harus dari agama X? kan gak toh, soalnya matematika itu ilmu yang bisa dipelajari semua orang...

Begitu juga menjadi pemimpin (dlm hal ini presiden), semua org dengan latar belakang agama apapun sah2 saja memimpin, asal emang kompeten.. karena ilmu pemerintahan, manajemen, kejelian, dan kualitas2 pribadi lainnya kan bisa dipelajari semua orang..

Lha tapi kalau yang menjadi pemimpin menjadi pemimpin untuk suatu umat tertentu, ane setuju harus dari agama itu sendiri. Misal: masak yang mimpin MUI pendeta, terus yang mimpin KWI org Budha, yang mimpin organisasi Budha orang Kejawen.. ya ntar bakalan kacau n aneh jadinya...
terus kalau udah ideal lu mau apa?
Agama apa aja boleh, asal sesuai dengan pancasila. Dasar negara kita kan pancasila, sila pertamanya "Ketuhanan Yang Maha Esa" cukup jelas, jadi seharusnya presiden Indonesia adalah orang yang memiliki/menyembah tuhan yang maha esa/satu. Kalau tuhan nya lebih dari satu, berdasarkan pancasila gak boleh

kobe

yang pasti pasti aja
×