KASKUS

cara kerja bank kapasitor(penghemat bensin)

assalamualaikum wr.wb
langsung aja deh. sesuai judulnya disini membahas tentang bank kapasitor sebagai penghemat bensin
Spoiler for open::

Quote:BANK KAPASITOR
bank kapasitor adalah suatu rangkaian listrik yang terdiri dari sekumpulan kapasitor dengan nilai yang sesuai dipasang paralel dengan sumber input
Spoiler for open::

fungsi utamanya adalah sebagai penyeimbang beban induktif pada alat-alat listrik yang menggunakan kumparan, jika tidak di seimbangkan si alat itu sendiri akan memakan daya dari input (sebab kenapa charger hp/laptop/dll kalau ga dicabut tetep nyedot listrik)

Quote:TERUS APA HUBUNGANNYA SAMA PENGIRIT BENSIN?
ya jadi hubungannya begini: Sumber arus listrik di mobil atau motor adalah Alternator, selanjutnya di supply ke Aki. Aki mensupply ECU (mengatur pengapian, Udara, Bensin), AC, Lighting, Audio, Power window dan 500an komponen lain. Jika Alternator tidak stabil, arus listrik yg masuk ke ECU, dan komponen lain menjadi tidak stabil, akibatnya pembakaran tidak sempurna, power drop, dan bensin tidak terbakar dengan sempurna.
agan tau kan kalau misalnya motor digerung/digas si lampu jadi makin terang? itu karena listrik AC yang masuk ke kiprok makin besar atau menjadi tidak stabil. maka dari itu pemasangan bank kapasitor yang diparalelkan dengan aki pada motor atau mobil dapat menghemat bensin.
untuk menentukan kapasitasnya bisa di search di google "perhitungan nilai kapasitor bank"

yah sekian dari ane semoga bermanfaat, maaf kalau repost. tapi tadi ngesearch ga ada tuh
bisa tolong tinggalkan jejak atau bantu atau boleh juga bagi-bagi .

wassalam
ada cara2nya ngak gan, penjelasan yang lebih lengkap
Quote:Original Posted By proxip
ada cara2nya ngak gan, penjelasan yang lebih lengkap

Contoh
Satu buah TL dengan daya = 15 W, tegangan = 220 V, Faktor daya = 0,35 Maka :
P = V.I.Cos θ
I = P/V.Cos θ = 15/220x0,35 = 15/77 = 0,1948 A » 194,8 mA
Konsumsi yang dibutuhkan secara teori apabila Cos θ nya 0,9 adalah :
I = P/V.Cos θ = 15/220x0,9 = 0,0757 A » 75,7 mA
Berapa % penghematan :
194,8 – 75,7 = 119,05 » ±61%
Cara mencari nilai kapasitor :
Cos θ1 = 0,35 » θ1 = Cos-1 x 0,35 = 69,50
Cos θ2 = 0,9 » θ2 = Cos-1 x 0,9 = 25,840
Daya Nyata P1 = 15W
Daya Semu S1 = V.I = 42,856 VA
S1 = P/Cos θ = 15/0,35 = 42,857 VA
Daya Reaktif Q1 = S.Sin θ
= 42,857.Sin69,5 = 40,143 VAR
P2 = P1 = 15 W
S2 = V.I = 220x75,75Ma = 16,665VA
Q2 = S.Sin θ = 16,665.Sin 25,84
= 7.26 VAR
Daya reaktif yang harus dihilangkan :
ΔQ = Q2 – Q1 = 7,26 – 40,143 = - 32,883 VAR
Jadi kapasitor yang digunakan untuk mendapatkan sudut (Phi) = 1 adalah :
C = Qc/-V2ω = - 32,882/2202x314 = 32,882/15197600 = 2,2 μF
Jadi untuk penghematan dengan beban diatas setelah dilakukan perhitungan kapasitor yang harus dipasang sebesar = 2,2 μF
buat tegangannya sesuaikan dengan input
sumber
bisa pake 1 buah kapasitor aja tapi bisa juga dibikin jadi rangkaian kaya ane.
bedanya kalau cuman pake 1 kapasitor penyimpanan muatannya segitu-gitu aja. tapi kalau dibuat rangkaian penyimpanannya lebih banyak
Quote:Original Posted By saha_we

Contoh
Satu buah TL dengan daya = 15 W, tegangan = 220 V, Faktor daya = 0,35 Maka :
P = V.I.Cos θ
I = P/V.Cos θ = 15/220x0,35 = 15/77 = 0,1948 A » 194,8 mA
Konsumsi yang dibutuhkan secara teori apabila Cos θ nya 0,9 adalah :
I = P/V.Cos θ = 15/220x0,9 = 0,0757 A » 75,7 mA
Berapa % penghematan :
194,8 – 75,7 = 119,05 » ±61%
Cara mencari nilai kapasitor :
Cos θ1 = 0,35 » θ1 = Cos-1 x 0,35 = 69,50
Cos θ2 = 0,9 » θ2 = Cos-1 x 0,9 = 25,840
Daya Nyata P1 = 15W
Daya Semu S1 = V.I = 42,856 VA
S1 = P/Cos θ = 15/0,35 = 42,857 VA
Daya Reaktif Q1 = S.Sin θ
= 42,857.Sin69,5 = 40,143 VAR
P2 = P1 = 15 W
S2 = V.I = 220x75,75Ma = 16,665VA
Q2 = S.Sin θ = 16,665.Sin 25,84
= 7.26 VAR
Daya reaktif yang harus dihilangkan :
ΔQ = Q2 – Q1 = 7,26 – 40,143 = - 32,883 VAR
Jadi kapasitor yang digunakan untuk mendapatkan sudut (Phi) = 1 adalah :
C = Qc/-V2ω = - 32,882/2202x314 = 32,882/15197600 = 2,2 μF
Jadi untuk penghematan dengan beban diatas setelah dilakukan perhitungan kapasitor yang harus dipasang sebesar = 2,2 μF
buat tegangannya sesuaikan dengan input
sumber


itu untuk tegangan AC pada jala rumah...

klo untuk DC gimana?....
Quote:Original Posted By Aditio.RM


itu untuk tegangan AC pada jala rumah...

klo untuk DC gimana?....


nah kalau untuk DC lebih gampang gan:
Quote:E=m.v.v

C=2E/V
E= penyimpanan/energi
C=kapasitas
V=voltase
m=massa
v=percepatan

contoh: kendaraan beratnya 350kg kecepatannya 28m/s dengan aki 12V
berarti E=350.28.28 =274400
C=2.274400/12 =45733 F
jadi butuh bank kapasitor 45733 farad. bisa pake kapasitor yang emang segitu kapasitasnya atau bisa juga dirangkai seri
Quote:Original Posted By saha_we


nah kalau untuk DC lebih gampang gan:

contoh: kendaraan beratnya 350kg kecepatannya 28m/s dengan aki 12V
berarti E=350.28.28 =274400
C=2.274400/12 =45733 F
jadi butuh bank kapasitor 45733 farad. bisa pake kapasitor yang emang segitu kapasitasnya atau bisa juga dirangkai seri


Berapa duit tuh gan capacitor 45.733.000.000 micro farad....
puyanggggg g ngrti sama se x saya itung2 listrik nihhhh
teory ini gak berlaku untuk jenis kendaraan yg menggunakan timing ignition dengan platina, dimana jenis pengapian AC
fungsi cap.bank ini adalh pemutakhiran dari sondensor pada sistem pengapian platina.
sedang kendaraan dengan ECU sistem pengapiannya DC. dengan cap.bank arus yg harusnya mengalir langsung ke sistem beban di kumpulkan terlebih dahulu di cap.bank. semakin besar kapasitasnya semakin besar juga daya tampung dan sistem beban yg dapat di supply.
sayangnya sistem cap.bank ini (pada sistem DC) hanya sebagai wadah sementara (gunakan logika tower air), yg merepotkan adalah menghitung jumlah beban continue yg mampu di supply oleh cap.bank. karena jika kapasitasnya kecil maka akan ada kemungkinan over capacity (bisa meledak tu capasitor).
teknologi ini berbeda dengan cap.bank pada sistem listrik AC yang fungsinya sebagai koreksi cos phi.

sori para master klo ane salah
to TS jika berkenan ijo2 or pejwan
Kalo di pasang di mobil aman gk ya kira kira?
Rencana pemasangan CapsBank ane di bawah kap mobil yg agak renggang tempatnya...tapi takutnya kan kalo perjalanan jauh pasti mesin panas menjadikan suhu di sekelilingnya (dalam kap mesin) panas.. Berpengaruh/amankah ke kapasitor bank nya gk ya?
ane bingung di konsep awalnya gan.. ane kira pembakaran bahan bakar (motor) bisa dilakukan tanpa aki... artinya rangkaian kapasitor agan sama sekali nggak ngelewatin sirkuit masuknya bensin (Q1) ke pengapian/ tempat pembakaran ke mesin (W) ke knalpot (Q2) kecuali emang kapasitor ini meminimalkan konsumsi daya aki gan.. apa ane yg nggak paham konsep ts bentar2 ane paham2in ulang