Isu Harta Soekarno US$ 180 Miliar di Bank Swiss Bikin Heboh Austria

Quote:
- Isu soal keberadaan harta mantan Presiden Soekarno yang tersimpan di sebuah bank di Swiss kembali menyeruak. Kali ini, penghembusnya bukan berasal dari Indonesia, melainkan dari Austria. Kok bisa?

Dalam koran Austria Kronen Zeitung edisi 17 dan 19 Desember 2012, terdapat artikel soal harta Soekarno tersebut. Ada seorang mediator bernama Gustav Jobstmann yang mengklaim dapat membantu mendapatkan harta yang tak disebutkan bentuknya itu.

Menurut Jobstmann, ada harta Soekarno senilai US$180 miliar yang tersimpan di sebuah bunker di Union Bank of Switzerland (UBS). Dia memiliki dokumen-dokumen pendukung soal harta tersebut.

Jobstmann bahkan menyebutkan sudah mengontak salah seorang keluarga Sukarno, Seno Edy Sukanto. Pihaknya berjanji bisa mendapatkan harta itu asal keluarga Soekarno bersedia menginvestasikan semua hartanya di Austria.

Dalam edisi online berbahasa Jerman, sang penulis artikel koran tersebut, Klaus Loibnegger, mengatakan, bila perkataan Jobstmann itu benar, maka bisa mendatangkan angin surga bagi warga Austria. Negara tersebut memang sedang membutuhkan banyak investasi. Tambahan US$ 180 miliar tentu sangat dinanti.

Koran Kronen Zeitung termasuk salah satu koran tertua di Austria. Mereka terbit sejak 2 Januari 1900.

Sang wartawan koran tersebut, Klaus Loibnegger, yang diwawancarai Indo Pos meyakini bahwa klaim Jobstmann adalah benar. Jobstmann memiliki sejumlah dokumen pendukung dan kredibilitasnya selama ini dikenal baik.

Benarkah isu ini? detikcom berusaha mengkonfirmasinya ke sejumlah perwakilan keluarga Bung Karno, termasuk mencari Edy Sukanto. Namun belum ada tanggapan secara resmi.

detik..com

Quote:Quote:WINA – Misteri harta karun milik Presiden RI Pertama Ir Soekarno mendadak booming di Austria. Salah satu koran tertua di negara tersebut, Kronen Zeitung, menerbitkan berita tentang harta proklamator Indonesia itu sebesar USD 545 juta yang tersimpan di Bank Swiss. Tidak hanya satu edisi, Kronen Zeitung mempublikasikan dua artikel tentang harta Soekarno pada edisi Senin, 17 Desember dan Rabu, 19 Desember.

Yang membuat artikel tersebut bernilai tinggi adalah adanya pernyataan dari seorang mediator bernama Gustav Jobstmann yang yakin dapat membantu mendapatkan harta bernilai lebih dari setengah miliar dolar itu. Pria asal Austria ini meyakini bahwa dirinya bisa membantu keluarga Soekarno mendapatkan harta tersebut dari Bank di Swiss. Gustav juga mengatakan bahwa dirinya sudah melakukan kontak dengan Seno Edy Soekanto, keluarga Bung Karno. Namun dalam artikel tersebut, Gustav meminta persyaratan yang harus disetujui pihak keluarga Soekarno, yakni menggunakan harta tersebut untuk diinvestasikan di Austria.

Mengetahui pemberitaan tersebut, INDOPOS (JPNN Grup) mengontak langsung Klaus Loibnegger, wartawan Kronen Zeitung yang menulis artikel tersebut. Menurut Klaus, Gustav merupakan sosok yang kredibel dan bisa dipercaya. Sebagai wartawan, Klaus juga tidak ingin menyajikan berita tanpa data dan fakta valid.

"Saya mewawancara Gustav sekitar satu minggu lalu. Saya melihat banyak dokumen yang ditunjukkan dia. Gustav tidak mungkin sembarangan memberikan data atau dokumen kepada wartawan, karena ini menyangkut kredibilitas dia sendiri. Jadi, kalau Gustav mengatakan bahwa dirinya memiliki dokumen yang bisa membantu mendapatkan harta Soekarno, saya percaya dia bisa," terang Klaus kepada INDOPOS (JPNN Grup) saat ditanyakan perihal artikel yang dimuatnya di edisi Senin dan Rabu.

Saat ditanya mengenai validitas dokumen yang dimiliki Gustav, Klaus buru-buru menegaskan dirinya tidak memiliki kapasitas untuk menjawab pertanyaan tersebut. Namun, dari kaca mata seorang wartawan, Klaus punya keyakinan bahwa dokumen-dokumen yang dilihatnya dari tangan Gustav adalah orisinal.

"Saya bukan ahli dalam urusan meneliti dokumen. Tapi yang tadi saya katakan, kredibilitas Gustav yang membuat saya percaya kalau dia memiliki dokumen yang bisa membantu masalah harta Soekarno," tandasnya.

Untuk meyakinkan pernyataannya, Klaus mengajak koran ini untuk datang ke redaksinya pada Jumat (21/12) besok. Dia akan mempertemukan INDOPOS (JPNN Grup) dengan sang mediator, Gustav Jobstmann. "Gustav siap diwawancara dan dia terbuka sekali. Nanti Anda bisa tanya langsung kepada Gustav perihal apapun terkait isu ini," ungkap Klaus.

Menanggapi pemberitaan harta Soekarno di Kronen Zeitung, pihak KBRI/PTRI Wina melalui Kepala Fungsi Pensosbud, Djati Ismojo mengatakan bahwa harta Soekarno merupakan masalah pribadi atau individu. "Sah-sah saja jika ada yang klaim bisa membantu atau memiliki dokumen asli. Itu (soal harta) kan urusan personal atau pribadi, bukan pemerintah," ungkap Djati Ismojo kepada INDOPOS (JPNN Grup).

Lebih dalam dikatakan Djati, pihaknya sudah mengontak KBRI Bern, Swiss, untuk mengonfirmasi isu yang mengatakan bahwa ada Bank di Swiss yang menyimpan harta Soekarno sebesar lebih dari setengah miliar dolar. "Pihak KBRI di Swiss sendiri mengecek ke bank yang dimaksud. Tapi mereka tidak menemukan adanya harta milik Presiden Soekarno," tukas Djati.

Sekadar informasi, harta Soekarno yang dikabarkan berjumlah triliunan rupiah di Bank Swiss sudah lama beredar. Bahkan, ini bukan kali pertama pihak KBRI di Eropa mendapatkan kabar perihal ditemukannya dokumen asli yang bisa membantu mengambil uang tersebut. Sejauh ini, dokumen-dokumen yang muncul di internet ditengarai hasil manipulasi atau palsu. (ark)

http://www.indopos.co.id/index.php/b...ekarno-booming
Wew 180 m US$ apa USD 545 jt ? Kok Jumlahnya beda
Kok ga ada habis-habisnya ya soal isu harta bung karno

Dari agan FOX

Quote:Original Posted By fox_lyan
Gw iseng search nama "Seno Edy Soekanto" dapatnya gak jauh dari website teori konspirasi dan penipuan yak? Gak ada yang kredibel dan nih orang latar belakangnya juga gak jelas.

Btw. kalo pingin liat dokumen-dokumen-nya, silahkan buka blog ini http://bapeltassoedja.blogspot.com/2...1_archive.html

Gue kirain berita ghoib yg nyasar di bp...
kalo benar ada, itu milik rakyat indonesia tuh
pertamaxkah ini beneran gan
Harta Soekarno AGAIN ?
sekarang US$180 bio ?
zaman Soeharto pernah mengutus Azwar Anas menyelidiki, katanya jumlahnya "cuma" US$35 bio
Zaman Reformasi bergulir, 1998 lalu "melonjak" jadi US$250 bio...

Realisasinya ? NOL BESAR
sementara banyak diluaran orang2 tertipu dengan janji jika membiayai pencarian ini jika ketemu akan dapat sampai 10% nya
hasilnya.... epic FAIL
kalau beneran, darimana bung karno dulu dapat harta segitu banyaknya?
Quote:Original Posted By imanyauma
pertamaxkah ini beneran gan


Kalo baca yang ini
Quote:Sang wartawan koran tersebut, Klaus Loibnegger, yang diwawancarai Indo Pos meyakini bahwa klaim Jobstmann adalah benar. Jobstmann memiliki sejumlah dokumen pendukung dan kredibilitasnya selama ini dikenal baik.

Sepertinya serius ini gan
kalau di rupiahkan berapa tu gan?

harta milik sukarno yg bisa mencairkan malah orang australia....

kalau percaya kok ya kebangeten kalau ngga percaya wong yang liput media luar yg kalau di indonesia lebih di percaya...





Spoiler for :
Quote:Original Posted By Uthe18
Harta Soekarno AGAIN ?
sekarang US$180 bio ?
zaman Soeharto pernah mengutus Azwar Anas menyelidiki, katanya jumlahnya "cuma" US$35 bio
Zaman Reformasi bergulir, 1998 lalu "melonjak" jadi US$250 bio...

Realisasinya ? NOL BESAR
sementara banyak diluaran orang2 tertipu dengan janji jika membiayai pencarian ini jika ketemu akan dapat sampai 10% nya
hasilnya.... epic FAIL


Nah itu dia GAn,Berita yang meragukan
kl itu benar, ane yakin didapat dr Korupsi Kolusi dan Nepotisme
soekarno dpt dari mana tuh duit sebanyak itu
itu orang austria ndobol kali gan
wew 180 miliar dolar bisa bantu lunasin utang indo (kalo ada beneran)
lagian kalo ada beneran apa mau ditarek langsung ke indo ap ga bangkrut doloan banknya sama negaranya. eropa kan sekarang lagi krisis
Quote:Original Posted By l2.l2.l2
kalau beneran, darimana bung karno dulu dapat harta segitu banyaknya?


dari harta kerajaan-kerajaan yang dulu tersebar seantero nusantara gan
Quote:Original Posted By 0ralucu
kalau di rupiahkan berapa tu gan?

harta milik sukarno yg bisa mencairkan malah orang australia....

kalau percaya kok ya kebangeten kalau ngga percaya wong yang liput media luar yg kalau di indonesia lebih di percaya...





Spoiler for :


Orang Austria om.
Setuju dengan pendapat om.
Apalagi nilai segitu kalo beli kerupuk dapat berapa ya?
hmm, kok ada maharnya yah..
bisa dicairkan tapi dengan catatan 180m USD harus di investasikan di austria
hmm...

suruh aja austria nyari tuh duitnya,
kalo ktmu bikin perjanjian investasi disana gk rugi juga kan,,
daripada nyari sendiri udah duit keluar banyak taunya epic fail

Quote:Original Posted By Uthe18
Harta Soekarno AGAIN ?
sekarang US$180 bio ?
zaman Soeharto pernah mengutus Azwar Anas menyelidiki, katanya jumlahnya "cuma" US$35 bio
Zaman Reformasi bergulir, 1998 lalu "melonjak" jadi US$250 bio...

Realisasinya ? NOL BESAR
sementara banyak diluaran orang2 tertipu dengan janji jika membiayai pencarian ini jika ketemu akan dapat sampai 10% nya
hasilnya.... epic FAIL


mending austria aja suruh nyari, gratisan ini sapa tau ktmu
180 MILYAR DOLAR

di beliin beras bisa nimbun pulau jawa atuh
Quote:Original Posted By VIP.Person
Orang Austria om.
Setuju dengan pendapat om. :


yah sama saja...mau austria autralia...sama sama bule ....bukan WNI.
aku njaluk sak itiiiikkk ae oleh gak pak??gae mbayar cicilane indonesia neng IMF ben gak mendem utang..
kaga usah banyak cing cong,
kla memang ada eksekusi aja brur...