KASKUS

"Sorgum" Tumbuhan Ajaib Pengganti Padi

Selamat Datang di Thread Pangan Alternatif

Spoiler for mengapa Pangan Alternatif?:


Pangan Alternatif Sebagai Solusi Menghadapi Krisis Pangan
SORGUM
salam tuk agan-sista semua. kali ini ane ingin berbagi info tentang tanaman sorgum yang bisa dibilang tanaman ajaib. kenapa ajaib? Karena tanaman sorgum dapat dibudidayakan di lahan yang kurang subur, air yang terbatas, bahkan di tanah berpasir pun sorgum dapat tumbuh dengan baik dan dapat beradaptasi pada tanah yang tergerus air.

selain itu sorgum merupakan tanaman yang mempunyai banyak kegunaan. Hampir seluruh bagian dari tanaman sorgum seperti biji, tangkai biji, daun, batang dan akar dapat dimanfaatkan. Produk-produk turunan seperti gula, bioetanol, kerajinan tangan, pati, biomas dan lain-lain merupakan beberapa produk yang dapat dihasilkan dari tanaman sorgum.

berikut adalah penampakannya:
Spoiler for Sorgum:


Perbandingan Nutrisi Sorgum dengan Serealia Lain

Dibandingkan beras, sorgum juga unggul dari segi kandungan mineral seperti Ca, Fe, P dan kandungan vitamin B1-nya.

pemanfaatan sorgum

dari ujung daun sampai ke ujung akar semuanya berguna.. ajaib bukan..

contoh hasil pengolahan sorgum:
Spoiler for sorgum:


bagaimana? agan-sista siap beralih ke Sorgum? demi menurunkan beban Impor negara kita, demi menjadi manusia yang lebih sehat karena makanan yang lebih bernutrisi, demi menolong petani, demi menghemat bahan bakar minyak, dan demi kesejahteraan kita bersama

terima kasih

diharapkan agan sista tuk membantu minimal memberikan komentar agar thread ini terus tersundul dan terbaca oleh kawan-kawan yang lainnya.



dihimpun dari berbagai sumber
selamat tuk agan yang mengejar pertamax.. ini tuk update
baru tau ane..nice info gan
Quote:Original Posted By hayamkampung
baru tau ane..nice info gan


ngejar iso ya gan? masa komennya gitu doank?
ini sebenarnya adalah alternatif yang bagus untuk Indonesia jikalau harga sembako naik..
banyak juga hasil olahan dari Sorgum kalo nggak salah bisa dimanfaatkan untuk membuat minuman keras,,,
CMIIW...
btw nais inpoh gan..semoga bisa sama semua kaskuser..
Quote:Original Posted By 327.4.723
ini sebenarnya adalah alternatif yang bagus untuk Indonesia jikalau harga sembako naik..
banyak juga hasil olahan dari Sorgum kalo nggak salah bisa dimanfaatkan untuk membuat minuman keras,,,
CMIIW...
btw nais inpoh gan..semoga bisa sama semua kaskuser..


yup betul gan.. nira nya bisa disuling tuk dibikin ciu..
nice share gan
ane pernah baca juga ini gan, ada tuh Bapak2 dari IPB (namanya ane gak ingat lagi) yg berjuang untuk memperkenalkan sorgum ini.
Bahkan di jadikan bahan bakarpun bagus gan



Posted with kaskusQR
ane baru denger namanya, baru liat bentuk tumbuhannya n baru tau kegunanaannya.. dkirain singkong doank yg pengganti nasi
nice inpo gan...
ane masih ragu gan kira2 enak gak di campur lauk mknan pedas atau kuah?
wah wah, ane baru tau nih gan, ada tanaman seperti ini
rasanya kayak nasi gak gam
Ane pengen coba ganti makanan pokok
kalo sudah banyak yang jual ane lebih milih sorgum gan, rasanya enak tpi kan gan
kalau dibandingin sama beras merah gmana gan?
data di atas beras merah kok ga masuk yah gan,
soalnya ane skrg udah ganti beras dengan beras merah, katanya karbohidratnya lebih kompleks.. CMIIW
Mulai tanam sampai panen berapa lama gan?
Quote:Original Posted By 2012.in.2012
ane pernah baca juga ini gan, ada tuh Bapak2 dari IPB (namanya ane gak ingat lagi) yg berjuang untuk memperkenalkan sorgum ini.
Bahkan di jadikan bahan bakarpun bagus gan



Posted with kaskusQR


betul gan.. profesor IPB yang mengembangkan sorgum dari ia muda dulu.. dapet penghargaan dari Dahlan Iskan dan Menristek
Quote:Original Posted By sandri116
ane masih ragu gan kira2 enak gak di campur lauk mknan pedas atau kuah?


enaknya sama gan.. tapi memang rasanya tidak sama dengan nasi
Quote:Original Posted By haerdiansyah
kalau dibandingin sama beras merah gmana gan?
data di atas beras merah kok ga masuk yah gan,
soalnya ane skrg udah ganti beras dengan beras merah, katanya karbohidratnya lebih kompleks.. CMIIW


klo agan sudah berganti ke beras merah ya baik itu.. yang penting bisa tak terlalu tergantung dengan beras putih..
×