KASKUS

Ternyata Inilah Penyebab Tangki Motor HONDA Sering Bocor..!!!

ASSALAMU'ALAIKUM WR.WB...

Langsung aja dah...

Solusi Tanki Bensin Honda Tiger, Mega Pro atau yang Lainnya Bocor karena Keropos.[/B]

Banyak Pengguna Honda Tiger mengeluhkan keadaan tanki motornya yang sering keropos dan bocor. Walaupun sudah ditambal dengan cara di-las, tetap masih bocor. Sebenarnya itu adalah misteri yang mudah diungkap.
Tanki Honda Tiger sekarang memang kualitasnya menurun, dan kurang berkualitas untuk kategori "Genuine Parts". Keropos yang terjadi di tanki Honda Tiger itu terjadi karena ulah air yang masuk kedalam tangki. "Lho kok, knp bisa??" mungkin itulah pertanyaan anda.

Sebenarnya banyak penyebabnya. Pertama, tutup tanki yang berada di atas tangki dan memiliki kualitas karet seal yang kurang bagus dapat menyebabkan air menyelinap masuk kedalam, apalagi bila anda mencuci motor dengan "cuci steam" yang mempunyai tekanan air yang kuat, itu akan membantu air menyelinap kedalam tangki. Kedua, lubang ventilasi udara yang terdapat di tutup tanki juga dapat dimasuki oleh air. Ketiga, uap udara luar yang mempunyai unsur hidrogen (H) itu dapat terperangkap di dalam tanki, embun yang biasanya terjadi di dedaunan pohon di pagi hari, ternyata dapat pula terjadi di tanki motor anda. Lama kelamaan embun itu menjadi banyak kalo tidak dikeluarkan, sehingga H2O yang terperangkap tadi berkumpul menjadi banyak dan mengendap di dasar tanki. Keempat, ini memang ketebalan plat tanki Honda Tiger itu tipis, dan saya pikir terlalu tipis seperti kaleng kerupuk, jadi gampang keropos.

Itulah sebabnya air masuk kedalam tanki dan tanki cepat keropos. Untuk mengatasinya gampang, hanya rawatlah Honda Street Fighter anda, itu saja. Lebih detailnya jaga agar jangan sampai air masuk menyelinap kedalam tanki lewat tutup tanki. Isilah bensin penuh agar ruang untuk embun jadi semakin sedikit, dan kalau bensin penuh ga perlu khawatir untuk kehabisan bensin. "Bagaimana cara mengatasi plat tanki yang tipis?" jawabannya : "terima saja apa adanya, bawaan lahir dari pabrik sih!"

Nah, anda dapat menguras tanki 6 bulan sekali atau seperlunya saja untuk menjaga agar karat dalam tanki tidak memperparah keadaan tanki, dan untuk mengeluarkan endapan kotoran yang ada dalam tanki. Hati hati, endapan tersebut dapat menutup dan mengotori saringan bensin yang letaknya ada di dalam tanki.
Bila keropos sudah parah, "wayah na wee.." harus ganti tanki baru seperti saya (tapi saya tidak sampai bocor)

Tapi kalau masih bocor halus/kecil dapat diatasi dengan cara mengoleskan sabun colek di wilayah yang bocor, cara ini cukup jitu, tapi kalau motor di cuci, ya mau tidak mau harus di oles lagi. Dari pengalaman saya selagi menguras tanki, saya terkejut melihat endapan air dan kotoran yang bercampur karat dari plat besi tanki yang banyak. Tanki motor pun menjadi berkarat, hanya saja belum bocor. Bensin sisa yang sudah terkontaminasi endapan, baiknya jangan dimasukkan lagi kedalam tanki, isi dengan bensin yang bersih. Bensin yang terkontaminasi tsb. dapat digunakan kembali untuk mencuci bagian yang kotor di luar tanki, karena menurut saya cukup efektif.

Untuk pengguna Honda Mega Pro yang mempunyai "penyakit" yang sama dapat melakukan hal serupa untuk merawat tanki motor anda. Selamat mencoba!!
Sumber1


Ada pula cara yg cukup murah yaitu dengan mengganjal tutup tangki dengan karet tutup tangki vespa, harganya cukup murah cukup 4500 saja per buah.

Setelah terbeli pasang karet tersebut di samping lubang pengisian tangki, jika kurang tebal bisa dipasang dua karet. Dengan begini karet tangki kembali rapet sehingga air tidak bisa masuk ke tangki.

Sumber2


[B]Tambahan dari TS:

Sebenarnya pabrik sendiri telah menyadari hal itu. sehingga di bawah kran tangki dibuat tempat untuk pembuangan air yang bisa dilepas. Rajin lah mengontrol tempat pembuangan air itu secara rutin agar resiko keropos karena air bisa diminimalisasi...



Maaf kalau Repost. Tapi ane rasa tidak mungkin.
Spoiler for Bukti No Repost:


SEMOGA BERMANFAAT...

Memberikan komentar adalah sebagian dari IMAN...
Jangan lupa dan nya kalau memang bermanfaat.



TERIMA KASIH


WASSALAMU'ALAIKUM WR.WB...
PERTAMAX...
Pindahan dari Forum Otomotif.

TIPS BERMANFAAT DARI PEMIRSA KASKUS.

Quote:Original Posted By doegal
Nice info gan ....
ane juga mau bagi2 pengalaman ( taro pejwan kalo bisa gan )

untuk tangki2 baru Hon*a emng tipis, apalagi tangki motor pertengahan taon 2000 an ( 2005 - 2010 ), tapi ane punya info buat ngakalin yang kaya begini yaitu pake resin, biasa dijual di toko bahan kimia, harga sepaket sekitar 50 ribu terdiri dari cairan utama, hardener sama serbuk, ini kalo dicampur bisa jadi keras kaya acrilyc, caranya kira2 begini :
1. Copot tangki dan kuras dengan cara lepas pelampung dibawah tangk, dan pastiin tangki kering
2. campur cairan utama sama hardener ( serbuknya kalo ane ga ane pake ) perbandingannya kudu pas, bisa dicoba dl dikit di bidang lain, makin banyak hardenernya makin cepet keras, nah ini kalo bisa jgn terlalu cepet
3. masukin adonan tadi ke dalam tangki, terus tangkinya diputer bolak-balik sampe rata di permukaan dalam tangki terutama 5 cm dari bawah, jgn lupa tutup bagian kran tangki terutama drat nya ( kl ketutup resin ntar pelampung ga bisa dipasang )
4. diemin sampe kering ( semalem aja kayanya cukup ), trus pasang lagi dah tuh tangki

penjelasan :
Yang bikin tangki bocor adalah air yg ngerembes ( spt kata TS ) dan air posisinya pasti dibawah, cairan resin ini ngelapis bagian dalam tangki sehingga ga ada kontak lsg antara logam tangki ama airnya jadi kemungkinan karat dan korosif bisa di kurangi dan pada saat buka bawah karburator atau buang air, air dalam tangki bisa keluar semua.

ini sekedar berbagi aja, cara ini biasa dipake anak2 klub, ane sendiri dulu aplikasiin ke macan ane dan sangat manjur macan ane taon 2006 sampe ane lepas akhir 2012 ga ada keluhan bocor

warning : hasil sangat dipengaruhi campuran adonan, makanya jgn takut coba2 di luaran dulu soal komposisinya


Quote:Original Posted By Baronkqeyfar
Emg bener gan..
Tangki bocor salah satu penyebabnya yaitu Suka mengisi bbm ga full..
Minimal agan2 yg punya Honda harus mengisi tangki full sebulan 2x..
Ane buktiin kok, mega pro 2007 ane ama mega pro 2010 adik ane..
Adik ane suka ngisi bbm 10rb, ga pernah full, ane selalu isi full seminggu sekali..
Hasil nya ga sampe 2taun, adik ane sibuk ngelas sana sini tu tangki..ane malah lancar jaya..
Malah klo dibandingin keiritan nya, isi full sama yg isi stgh tangki, lebih irit pemakaian yg full..
Ane ga tau faktor penyebab ny apa...tp itulah pengalaman ane gan..

Taro pejwan bila berkenan..



nice share gan... honda ane udah diganti tanknya pake fiber
Quote:Original Posted By zing_rays
nice share gan... honda ane udah diganti tanknya pake fiber


Saling share Tips aja gan..
bener gan.. punya temen ane juga gitu sering kemasukan air tangkinya terutama kalo lagi hujan...
bagaimana klo tangkinya dri plastik/aluminium? mungkin bs awet! bisa ga ya diterapkan
nice share n tread gan .... bermanfaat bagu riders kaya ane


Spoiler for JANGAN JADI KORBAN PENIPUAN LAGI:
ohh, ternyata kurang kenceng toh tutup tangkinya pantes aja bocor sm keropos , boleh di coba tuh tambahan karetnya
Setuju gan..
Beberapa temen ane yang punya motor honda rata-rata penyakit nya sama. tangki nya sering bocor..
ane kira, mobil gan. rupanya motor gan. btw, makasih bangt infonya
nice info gan, smg bermanfaat
kalo daleman tangki di chrome bisa ga gan?
temen ane juga pernah gan ngalamin gituan .

iya tuh gan, tangki bensin motor Win "si Doel" bokap juga bocor
thanks gan sharenya, nanti ane sampein ke temen ane yang pake honda
Quote:Original Posted By cobracun
kalo daleman tangki di chrome bisa ga gan?


Coba aja gan, Resiko bukan TS yg nanggung..
Quote:Original Posted By zing_rays
nice share gan... honda ane udah diganti tanknya pake fiber


nice tips gan,
cukup membantu nih !!
Boleh lah nya...
Emg bener gan..
Tangki bocor salah satu penyebabnya yaitu Suka mengisi bbm ga full..
Minimal agan2 yg punya Honda harus mengisi tangki full sebulan 2x..
Ane buktiin kok, mega pro 2007 ane ama mega pro 2010 adik ane..
Adik ane suka ngisi bbm 10rb, ga pernah full, ane selalu isi full seminggu sekali..
Hasil nya ga sampe 2taun, adik ane sibuk ngelas sana sini tu tangki..ane malah lancar jaya..
Malah klo dibandingin keiritan nya, isi full sama yg isi stgh tangki, lebih irit pemakaian yg full..
Ane ga tau faktor penyebab ny apa...tp itulah pengalaman ane gan..

Taro pejwan bila berkenan..
temen ane dulu punya mega pro baru gans,
dapet 3 bulan, tangki bocor, sampe tembel pake timah berkali2,,

mudah karatan tangki nya



Panduan Belajar Forex Gratis !