KASKUS

Star Cerita di balik lilitan sorban stadion Rp 1 Triliun di Taman BMW




Stadion BMW yang rencananya akan dibangun Pemprov DKI tahun depan menggunakan desain menyerupai bentuk sorban. Menurut pengakuan empunya desain, sorban tersebut melambangkan budaya Betawi yang pada saat acara pernikahan dikenakan oleh pengantin lelaki. Penggunaan sorban tersebut juga mencerminkan bahwa stadion BMW memang milik warga Jakarta.

"Jadi kita lihat juga, budaya Betawi, penganten Betawi memakai sorban seperti ini," terang Tiyok Prastyoadi, arsitek yang memenangkan sayembara desain pembangunan Stadion BMW saat berbincang dengan merdeka.com, di kantornya kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, akhir pekan lalu.

Tiyok menjelaskan bentuk lilitan sorban tersebut, awalnya memang terinsipirasi niatan membuat stadion bertaraf internasional tanpa mengurangi kultur budaya. Selain sorban merupakan ciri khas, rupanya logo olimpiade berbentuk ring merupakan inspirasi dalam pembuatan bagunan stadion tersebut.

Tiyok mengartikan, ring dalam balok sorban yang nantinya akan melilit di atas stadion itu memiliki arti dinamis. Selain memiliki arti, lilitan sorban tersebut juga memiliki fungsi untuk pembangunan stadion BMW nantinya.

"Ini bentuknya dinamis, olahraga kan sifatnya dinamis, ini sudah kita hitung, ada kesan dinamis, stuktural dan juga ada unsur budayanya," jelas Tiyok.

Tiyok menambahkan, hasil presentasinya di depan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, ternyata dia juga meminta hal yang sama. Selain pada bentuk bangunan, Jokowi juga meminta oranmen-ornamen budaya Betawi yang menempel pada setiap pintu stadion untuk tidak menghilangkan budaya Betawi di stadion tersebut.

"Memang konsepnya seperti ini, kemarin prensentasi dengan pak Jokowi menginginkan menghidupkan kembali budaya Betawi," papar Tiyok.

Selain meminta ornamen Betawi di beberapa tempat stadion, Jokowi juga meminta setiap lahan yang tersisa dipergunakan untuk lahan hijau. Rencananya, untuk pengelolaan stadion, akan dibangun juga filter pengelolaan air, lampu hemat energi dan juga pusat olahraga air yang berpusat di pinggir Danau Sunter.

"Arahan gubernur juga menginginkan agar di sekitar danau dihijaukan. Jadi nantinya pemakaian air didaur ulang, lampu-lampunya hemat, intinya air bersih, masalah energi,air, penghijauan itu sendiri, kebersihan pengunjung dan pengggunaan energi sehemat mungkin," tandas Tiyok.

Menurut rencana, stadion ini akan dibangun mulai 2013 dengan biaya sekitar Rp 1, 05 triliun.

sumber, komentar, kok gak kayak serban, ada ada aja ne.... tetep ajib! cepet jadi ya!
niy stadion BMW singkatan dri apa
kayanx keren juga bentuknya
Masih menanti penjelasan,....
BMW, stadion apa, fungsinya, dll.

Kalau hanya stadion biasa kan udah ada diJKT,....?
maketnya keren euy, moga2 aja gak kayak hambalang nih proyek
Quote:Original Posted By pluralismuna
niy stadion BMW singkatan dri apa
kayanx keren juga bentuknya


mungkin kamsudnya Bersih, Manusiawi dan berWibawa gan
Quote:Original Posted By pluralismuna
niy stadion BMW singkatan dri apa
kayanx keren juga bentuknya

Bersih Manusiawi dan Berwibawa (BMW) - Motto Jakarta di kepemimpinan Gubernur Wiyogo Atmodarminto, nama taman di lokasi stadion akan dibangun
nice info gan....

keren uey, deket rumah ane nih.. ntar kalo stadionnya beneran jadi bisa rame wilayah sekitarnya...
tar kalo diklaim jadi markasnya pasukan bersorban gimana tuh gan??

tapi bagus juga tuh desainnya,
beda ama yg lain.
keren design nya...
itu yang didaerah Tg.Priuk bukan?
tapi...
apa gak masalah yah bikin stadion deket dengan laut gitu...
wah kayaknya bagus juga nih stadionnya,
buat gantiin yg di lebak bulus yah ???
mudah-mudahan setelah jadi benar2 dirawat.
mudah2an tahun depan sudah bisa mulai dibangun yaa ...
Quote:Original Posted By orenazionale

Bersih Manusiawi dan Berwibawa (BMW) - Motto Jakarta di kepemimpinan Gubernur Wiyogo Atmodarminto, nama taman di lokasi stadion akan dibangun


masalahnya, BMW (car manufacturer) akan merasa dapet iklan gratis kalo itu stadoin bener diberi nama BMW (slogan). Mungkin harus diganti namanya jadi BERSIWA?
mirip bird nest stadium beijing....
btw, kenapa harus bikin stadion baru, kenapa ga' merenovasi stadion yang sudah ada, biayanya lebih hemat....
Quote:Original Posted By ajyto


masalahnya, BMW (car manufacturer) akan merasa dapet iklan gratis kalo itu stadoin bener diberi nama BMW (slogan). Mungkin harus diganti namanya jadi BERSIWA?


bener juga sih, kesenengan merk itu gan, berasa iklan gratis aja
kalo gak salah stadion ini di buat karna stadion lebak bulus mau di hancur kan buat stasiun MRT..

CMIIW..
nape kagak model ondel2 sekalian yak
stadion si Pitung aja namanya
mantap tuh stadion...........................................
hampir mirip2 stadionnya allianz arena...................
Quote:Original Posted By tukangpulu
maketnya keren euy, moga2 aja gak kayak hambalang nih proyek


semoga gak kayak hambalang nasibnya...
×