KASKUS

Yusril ajukan uji materi soal Daerah Istimewa Surakarta ke MK




Pakar hukum tata negara yang juga pengacara Kraton Kasunanan Surakarta, Yusril Ihza Mahendra akan mengajukan uji materi terkait Daerah Istimewa Surakarta (DIS) ke Mahkamah Konstitusi. Uji materi itu akan diajukan pada awal tahun 2013.

"Sebenarnya masyarakat tinggal mengajukan uji materi undang-undang yang telah ada kepada Mahkamah Konstitusi (MK). Pengajuan uji materi perlu dilakukan sesuai jalur yang ada, tidak perlu harus berdarah-darah, karena aturan-aturan yang ada itu semuanya sudah jelas," ujar Yusril, di Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu (15/12).

Menurut Yusril, Daerah Istimewa Surakarta (DIS) sebenarnya sudah ada sejak dulu. Pemerintah hanya tinggal menghidupkan dan tidak perlu membentuk lagi. DIS lanjut Yusril, tak memerlukan undang-undang lagi.

"DIS itu tak perlu undang-undang lagi. Itu kan sudah ada jauh sebelum negara kita lahir. DIS juga merupakan sebuah pemerintahan yang secara berkesinambungan telah ada," tambahnya.

Yusril menuturkan, untuk mewujudkan DIS hanya dibutuhkan political will dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Yusril mencontohkan, provinsi Aceh sebagai daerah istimewa yang dibentuk oleh UU. Aceh saat ini memang menjadi istimewa, karena merupakan sebuah kerajaan yang pernah mengalami kepunahan.

"Surakarta dan Yogjakarta itu sampai sekarang kerajaannya masih ada tanpa terputus, lain dengan Aceh," pungkasnya.

sumber, komentar, entah ini politis atau ndak, pak yuzril emang mantab klo soal hukum

gak ngerti

ane gak ngerti yang penting ane pertamax

yang lain silakan ngecer
heran, kenapa yusril ngotot banget mengajukan uji materi terkait Daerah Istimewa Surakarta.......? selesain dulu konflik internal kraton....
Quote:Original Posted By berliantrading
heran, kenapa yusril ngotot banget mengajukan uji materi terkait Daerah Istimewa Surakarta.......? selesain dulu konflik internal kraton....


emang ada konflik internal apa gans? share dong
bukannya udah damai tu konfliknya, cmiiw
ntar lama2 semua daerah minta dijadikan daerah istimewa

Mantau infonya aja gan..
Biar up date pengetahuan saya gan..
Quote:Original Posted By mynameflex
ntar lama2 semua daerah minta dijadikan daerah istimewa


bisa jadi, ternate klo gak salah ada kerajaannya, masih aktif
wah ntar makin banyak antraian yang menjadi daerah istimewa nieh........
yg gtau kraton g usah banyak cangkem

SF

semakin dikotak2an, semakin integrasi susah diwujudkan
yang ane pernah baca kenapa yogyakarta jadi daerah istimewa, dan surakarta tidak menjadi daerah istimewa karena:

(1) peran aktif n penting sultan hamengkubuwono ix yang segera setelah proklamasi 17 agustus 1945 menyatakan diri bergabung dalam negara kesatuan republik indonesia

(2) kemudian presiden soekarno menyatakan bahwa yogyakarta sebagai daerah istimewa

(3) sunan pakubuwono xii tidak ikut menyatakan diri bergabung dengan negara kesatuan republik indonesia.

(4) ketika proklamasi, sultan hamengkubuwono ix berusia 33 tahun, memerintah sejak 18 maret 1940. sepertinya sultan hb ix lebih matang dalam membuat keputusan.

(5) ketika proklamasi sunan pakubuwono xii berusia 20 tahun, memerintah sejak 11 juni 1945 (dua bulan sebelum proklamasi). masih muda usia juga masih sangat muda memerintah.

sumber: googling
Semua daerah aja sekalian pake Istimewa.

Daerah Istimewa Garut, Daerah Istimewa Flores, Daerah Istimewa Sultra

lama-lama jadi kaya Martabak nih negeri, semua pake Istimewa
×