tyandtAvatar border
TS
tyandt
Seperti Inikah 'Pelayanan' Instansi Pemerintahan di Indonesia?
Assalammu'alaikum wr.wb agan /wati sekalian, selamat pagi, siang, sore, malam, atau subuh emoticon-Hammer
Ane mau share tentang pengalaman ane sendiri waktu mau bikin kartu NPWP di Kantor Pajak Prat*ma Cim*hi ( orang Bandung/Cimahi mungkin tau )
Sedikit tentang ane, ane adalah cowo tulen, bukan banci, bencong apalagi :maho emoticon-Najis
ane lulusan tahun 2011 dari salah satu SMKN di Bandung emoticon-Cool
Sekarang ane tinggal di ruko daerah Bandung Barat, bareng sama emak ane. Walaupun rumah asli ane agak jauh dari ruko ini, tapi ga apa-apa lah toh buat usaha ini
Ruko ini disewa sama emak ane buat salonnya do'i, sedangkan ane, jualan es kelapa muda didepan ruko ( ga niat promosi gan, sumpah emoticon-Matabelo )
Langsung ke cerita aja oke?
#okeeee...
Jadi gini juragan sekalian, kejadian yg ane alami ini terjadi pas hari selasa 11/12/12
Waktu itu ane niat mau bikin NPWP untuk persyaratan kerja di salah satu perusahaan di Jakarta ( walau akhirnya ane ga lolos di tes terakhir emoticon-Mewek )
Ruko ane lumayan deket sama Kantor Pajaknya, sekitar jam 11 siang ane berangkat ke TKP pake motor kesayangan ane.
Ga berapa lama, nyampe lah ane di TKP, markir motor, dan k pintu masuk Kantor Pajaknya.
Di pintu masuk, ane nanya k bapak2, untuk bikin NPWP. Dengan ramahnya, do'i ngasih tau ane kalo untuk bikin NPWP tuh di loket 7 gan, do'i juga ngambilin tiket antrian buat ane ( bapak ini ramah mungkin karena untuk kenyamanan konsumen, jangan mikir bapak ini ramah k ane karena do'i perhatian, suka, sayang, apalagi cinta sama ane emoticon-Cape d... )
Sebagai warga negara yg baik, ane nunggu nomer antrian ane dipanggil sambil duduk dikursi yg disedain, tadinya sih mau duduk diatas paha mbak-mbak cakep, tapi takut digaplok gan emoticon-Ngakak .
Nunggu bentar, akhirnya nomer antrian ane ane dipanggil gan.
Disinilah terjadi percakapan antara ane dan petugas pembuat NPWP yg sedikit banyak postur tubuhnya mirip doraemon emoticon-Hammer
A : ane
P : penjahat. eeeeh petugas kamsudnya
kurang lebih percakapannya kaya gini juragan :
P : Ada yg bisa saya bantu?
A : iya pak, saya mau bikin NPWP
P : sebelumnya udah pernah bikin NPWP?
A : belum, pak
P : sekarang anda usaha apa kerja?
A : sekarang saya lagi usaha, pak
P : jadi bikin NPWP buat usaha?
A : nah gini pak, saya mau bikin NPWP buat syarat kerja, pak
P : loh? katanya tadi anda usaha?
A : iya pak saya usaha, tapi saya bikin NPWPnya 'buat' kerja
P : (nada tinggi) saya nanya lagi, 'sekarang' anda kerja atau usaha (sambil nunjuk-nunjuk ane)
A : 'sekarang' saya lagi usaha, pak. Tapi saya bikin NPWPnya 'buat' syarat kerja.
P : (masih nada tinggi) saya ga nanya 'buat' apa-apanya ! saya tanya lagi, 'sekarang' kamu usaha apa kerja? (sambil nunjuk-nunjuk ane)
A : usaha, pak. Tapi bikin NPWPnya buat persyaratan kerja paak
P : (nada makin tinggi masih nunjuk-nunjuk ane) saya udah bilang, saya ngga nanya 'buat' apa-apanya. tapi saya nanya sekarang ! sekarang kamu kerja apa usaha?!
-----
Terus terusan nanya seputaran itu sampe akhirnya ane ngalah, ane ngomong aja bikin NPWP buat usaha
Lalu ane dikasih formulir untuk di isi, sambil balik lagi ke tempat duduk tadi (bukan duduk dipaha si mbak)
Sebelum ngasih formulir k petugas tadi, ane telefon dulu k sekolah ane (karena sekolah ane yg nyalurin kerja k perusahaan yg ane minati) ane ngomong masalah NPWP, kata pihak sekolah, bikin NPWP buat karyawan. It's ok.
Ane kasih formulir tadi k si bapak sambil ngomong

A : pak, tadi saya nelfon sekolah yg nyalurin kerja, katanya bikin NPWP nya buat karyawan
P : kan daritadi saya sudah bilang, bikin NPWP nya 'buat' karyawan atau usaha (sambil masih nunjuk- ane). Saya tadi nanya sampe 4 kali !
A : dalem hati (wtf? tadi lu nanya nya tentang 'sekarang' gw lagi kerja apa usaha, tod! bukan bikin NPWP 'buat' apa-apanya)
mana pake tunjuk tunjuk segala, lagi !
Jujur ane malu gan, kalo ada cermin mungkin muka tampan ane udah mirip udang rebus emoticon-Embarrassment

Apa seperti itu pelayanan pajak Indonesia?
Bukankah seharusnya melayani warganya dengan ramah, seperti bapak yg di pintu masuk tadi?

Hal yg ane dapet dari pengalaman itu :
1. Mungkin ane kapok dateng k kantor pajak lagi atau instansi pemerintahan lainnya.
2. Apa harus pake nada emosi kalo ngelayanin konsumen/warga?
3. Harus pake tunjuk-tunjuk juga ya kalo ngelayanin konsumen? emoticon-Cape d...

Sekian curhatan ane, semoga bisa diambil baiknya oleh juragan semua.
Maaf kalo tritnya berantakan, soalnya ane OL dari hape emoticon-Cool
Assalammu'alaikum wr.wb
Diubah oleh tyandt 15-12-2012 01:15
0
3.3K
3
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan