KASKUS

10 Dampak Positif Akibat Perang Dunia Ke - 2


10 Dampak Positif Akibat Perang Dunia Ke - 2


Spoiler for Di Jamin No Repost:




Perang Dunia 1 atau Perang Dunia 2 sama saja, sama-sama meninggalkan cerita pilu dan kelam. Meninggalkan trauma yang dalam, Sebagaimana yang telah kita ketahui, perang adalah perantara kekejaman yang besar bagi pribadi atau pun masyarakat. Perang adalah malapetaka sosial yang menimbulkan kepedihan besar dan meninggalkan luka yang dalam kepada manusia, yang perlu waktu lama untuk disembuhkan.

Tetapi dari semua cerita duka, ada dampak positif dari perang . Berikut dampak-dampak positif dari perang Dunia 2:

Spoiler for PBB:

1. Melahirkan PBB

Hasil lain dari Perang Dunia II adalah pembentukan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Setelah perang dunia pertama, Sekutu telah menciptakan Liga Bangsa-Bangsa (LoF), yang tujuannya adalah untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di Eropa. Ini adalah organisasi global pertama dalam sejarah, tetapi memiliki beberapa masalah, yang menyebabkan Perang Dunia II. Ketika mereka menciptakan PBB pada tanggal 24 Oktober 1945, Sekutu memastikan untuk meningkatkan PBB, terutama dengan memisahkan kekuasaan di antara lima negara besar (Inggris, Perancis, Amerika Serikat, Cina, dan Uni Soviet) bukan hanya dua atau tiga ,seperti dalam Liga Bangsa-Bangsa.

Spoiler for Negara Adidaya:

2. Terciptanya Negara Adidaya Baru.

Meskipun PBB memiliki lima negara besar, hanya ada dua negara yang secara ekonomi kuat setelah Perang Dunia II. Pasokan sumber daya alam dan ekonomi dari negara-negara Eropa Barat, khususnya Inggris, Perancis, dan Jerman terluka parah. Negara-negara ini sebelumnya mendominasi pasar perdagangan dunia, dan sekarang kedua negara baru yang relatif tanpa cedera selama perang mengambil tempat Uni Soviet dan Amerika Serikat. Uni Soviet hanya rusak di sisi barat; timur benar-benar terluka. AS hanya mengirimkan pasukannya ke Eropa, tidak satupun dari pertempuran telah terjadi di tanah Amerika. Perang ini benar-benar mendorong ekonomi Amerika, mengakhiri Depresi Besar dan memungkinkan AS untuk menjadi negara adidaya di pasar pasca perang global.

Spoiler for Wanita:

3. Melambungkan Peran Wanita.

Perang itu juga menghasilkan kemenangan besar bagi pendukung hak-hak perempuan. Selama perang, pemerintah setiap negara disusun orang untuk melayani di tentara. Karena laki-laki telah mengadakan sebagian besar pekerjaan saat ini, draft militer meninggalkan sebuah vakum di pabrik-pabrik, kantor, dan peternakan. Vakum ini diisi oleh perempuan, banyak dari mereka yang belum pernah bekerja sebelumnya. Sementara perang berlangsung, para wanita mengembangkan rasa percaya diri dan memperoleh rasa yang kuat untuk kemerdekaan. Pada saat pertempuran berakhir dan orang-orang kembali, wanita menolak untuk melepaskan pekerjaan mereka, banyak dari mereka menikmati dalam mencari nafkah mereka sendiri dan tidak harus bergantung pada suami mereka atau saudara-saudara atau anak. Pemerintah terpaksa untuk memungkinkan perempuan untuk bekerja dan untuk meningkatkan kesetaraan dalam membayar (meskipun gaji tidak sepenuhnya sama bahkan sampai hari ini). Perempuan terus memperjuangkan kesetaraan lengkap,berarti Perang Dunia II benar-benar sangat membantu dalam perjalanan mereka.

Spoiler for Merdeka:

4. Kesempatan Merdeka untuk Negara-negara terjajah.

Langsung atau tidak langsung,perang dunia2 memberikan kesempatan kepada-negara terjajah untuk merdeka,terutama di kawasan Asia termasuk Indonesia, India, Pakistan , Sri Lanka Filipina dan banyak lagi di kawasan Afrika.(khusus untuk Indonesia momen Perang Dunia 2 benar-benar bisa di manfaatkan oleh para pendahulu kita untuk Merdeka).

Spoiler for Negara Terpecah:

5. Beberapa negara terpecah.

Akibat Perang Dunia2,ada beberapa negara yang berusaha untuk merdeka,tetapi banyak juga negara yang menjadi pecah atau terpecah di antaranya Korea, Vietnam dan Jerman.(untuk Jerman,negara ini telah bersatu kembali setelah robohnya Tembok Berlin).

LANJUT KE BAWAH GAN
Oke Next Gan

Spoiler for NATO:

6. Dibentuk NATO dan Pakta Warsawa.

Perang Dunia 2 juga melahirkan North Atlantic Treaty Organization atau disingkat NATO. NATO adalah sebuah organisasi internasional untuk keamanan bersama yang didirikan pada tahun 1949, sebagai bentuk dukungan terhadap Persetujuan Atlantik Utara yang ditanda tangani di Washington, DC pada 4 April 1949.

Spoiler for Colombo Plan:

7. Colombo plan.

Efect dari Perang Dunia2 juga adalah terbentuknya Colombo plan yang di sponsori Inggris. Colombo plan adalah organisasi regional yang mencakup konsep upaya kolektif antar pemerintah untuk memperkuat pembangunan ekonomi dan sosial negara-negara anggotanya di wilayah Asia-Pasifik . Fokus utama dari semua kegiatan Colombo Plan adalah pada pengembangan sumber daya manusia.

Spoiler for Point Four Truman:

8. Point Four Truman.

Peta perekonomian pasca perang Dunia 2 memang luluh lantak,dan efek itu sangat terasa sampai asia tenggara. Sehingga negara-negara kuat pada saat itu banyak membuat program untuk pemulihan terutama di kawasan asia Point Four Truman diarahkan untuk bantuan bagi negara-negara yang masih terbelakang, terutama di Asia.

Spoiler for Lap Kerja:

9. Menambah Lapangan Kerja.

Sebelum Perang Dunia II dimulai, sebagian besar dunia mengalami Depresi Besar, tetapi perang membawa lapangan kerja dan mengangkat ekonomi kembali normal. Setelah perang, teknologi mengalami dorongan besar. Banyak teknologi yang digunakan selama masa perang ditemukan nilai komersial setelah perang dan menaikkan standar hidup. Produksi mobil, pesawat terbang, radio dan bahkan bahan kimia tertentu melejit. Kelebihan produksi massal dan penggunaan mesin untuk melakukan tugas mantan tenaga kerja manusia, bersama dengan pelaksanaan hari kerja delapan jam,merangsang perekonomian, terutama di Amerika Serikat.

Spoiler for Makanan Kaleng:

10. Makanan kaleng.

Yang ini agak melenceng dari perang, tapi ini juga benar-benar efek dari perang dunia2. Selama perang, makanan disiapkan dan dimakan secara lokal. Gail Borden, mematenkan susu kental pada 1854 dan ketika perang dimulai dia menjual kopi Angkatan Laut yang terkondensasi sari. Pada 1862, puluhan ribu tentara sudah mulai makan makanan kalengan nya, biskuit daging, kopi kental dan susu kental. Pengusaha seperti Van Camp, Armour dan Swift memberikan nama pada kacang kalengan tunggal dan daging. Ketersediaan baru dari makanan kaleng membuat tentara merasa seperti dirumah.

Spoiler for Klik:
disetiap kejadian atau bahkan keputusan selalu akan ada dampak positif dan negatif..

hmm... tetapi khusus perang terlalu banyak yang negatif keliatannya gan...

weh bener juga sih
Quote:Original Posted By Shunjy
sadsadasasdsadsadasdadsad


iki opo iki
Quote:Original Posted By stratocruiser


iki opo iki


udh ane edit buat update 6-10 gan
wah bener bgt gan
nice share
sundul gan
masuk akal juga gan...
tapi menurut ane mah dimana2 perang gak ada dampak positifnya...
kalo menurut ane, perang itu kebanyakan negatif daripada positifnya gan...
poin 2 kayaknya bukan dampak positif deh gan
Bener juga gan....
salah satunya ya pas amerika ngebomb jepang jadinya kita memproklamirkan kemerdekaan.
ternyata emang ada dampak positif dan negatif nya ta
sebenernya ada pbb cuma simbolis doang.
tetep ja di dikte amrik gan.
ternyata ada positifnya jg
nice share gan
yg paling berdampak positif jelas kemerdekaan indonesia
sundul ah
nice inpon gan..
wow, tpi yang jelas itu jadi kesempatan buat indonesia gan