Mitos Ular Lembu di Sungai Mahakam

moga moga gak
BOLEH KALO

Spoiler for ULAR:

Jurnal Segihan — Ular Lembu menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat yang mengaitkannya dengan peristiwa longsor di Desa Sebulu Ilir, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara pada 26 – 28 Agustus 2011. Bahkan ada rekaman video yang diklaim memuat penampakan ular lembu di Sebulu yang menarik sebuah rumah hingga ambruk. Video ini telah dibahas di blog ini pada artikel “Kontroversi Video Ular Lembu Menarik Rumah hingga Ambruk di Sebulu“.

Di samping fenomena masyarakat yang terlanjur meyakini kebenaran mitos akan eksistensi ular lembu di Sungai Mahakam, ada juga beberapa warga yang masih bisa berpikir logis tentangnya.

Muhammad, seorang warga asli Desa Segihan menceritakan kepada Jurnal Segihan, ia sendiri tidak pernah melihat langsung ular lembu. Ia hanya tahu kisah adanya ular lembu dari para orang tua yang menghikayatkannya dari orang-orang tua sebelum mereka. Konon katanya, ular lembu memiliki tubuh berdiameter sebesar drum, dengan panjang yang membentang selebar sungai Mahakam, yang kepalanya menyerupai hewan lembu (sejenis sapi).

Dilanjutkannya lagi, pada masa dulu yang mengaku pernah melihatnya hanya beberapa dari orang tua di Kecamatan Sebulu. Seiring dengan dijadikannya sungai Mahakam sebagai jalur ekspedisi ponton dan kapal yang mengangkut kayu dan batubara serta juga melintasi sungai di Sebulu, maka ular lembu dianggap mengasingkan diri atau tersingkir ke lokasi lain karena khawatir terlindas ponton.

Cerita tentang menyingkirnya ular lembu ini menimbulkan kontradiksi karena di tahun 2011, yang lalu lintas ponton batubara semakin padat dibanding puluhan tahun silam, justru dikabarkan ular lembu muncul di Sebulu dengan aktivitasnya menarik rumah hingga ambruk.

Pertanyaan menggelitik, apakah sekarang ular lembu sudah berani atau tidak khawatir lagi menghadapi resiko terlindas ponton? Lalu, mengapa baru sekarang ular lembu mempunyai sifat merusak rumah manusia? Juga, mengapa ular lembu tidak memangsa para penduduk yang biasa beraktivitas di tepi sungai untuk MCK?

Dari tanda tanya ini bisa diarahkan pemikiran bahwa hikayat ular lembu hanyalah sekadar legenda/cerita rakyat yang tidak ada eksistensinya di dunia nyata. Adapun sekadar pengakuan beberapa orang zaman dulu, meski disertai sumpah persaksian, maka tidak bisa menjadi alat bukti secara ilmiah.

Seseorang narasumber yang mengaku melihat penampakan suatu misteri yang aneh, langka, dan jarang terjadi yang tidak mempunyai dokumentasi dan publikasi serta tidak bisa disaksikan oleh sebagian besar masyarakat, kesaksiannya harus memenuhi persyaratan tertentu.

Saksi tersebut harus diuji tingkat kredibilitasnya, stabilitas emosi dan psikologi, tingkat kepercayaannya terhadap mistis dan takhayul, tingkat ilmu pengetahuan alam (sains) yang dimilikinya, dan faktor-faktor penguji lainnya. Tak hanya saksi yang diuji, proses penyampaian kabar dari mulut ke mulut pun harus diuji tingkat autentik dan akurasinya sehingga tidak terjadi distorsi atau kesalahan yang timbul dari keliru pemahaman.

Namun sayangnya, para saksi atau narasumber tersebut sudah meninggal dunia, sehingga tidak bisa dilakukan pengujian ilmiah. Jadilah kini kisah ular lembu berkembang dari mulut ke mulut dengan sumber berita: “konon katanya”.


yakin dah kalo ne thread no
nice infonya deh gan
wogh nice info gan
info yg bagus gan




makasih ya gan inponya..

nais inpoh gan....

tetep semangat posting gan
tsnya pasti keturunan babi, ane sumpahin mati digigit uler lembu ente gan biar mampus, lagian biarin aja sih itu menjadi hikayat orang2 mahakam sana gak usah pake mau dibuktiin secara ilmiah segala, dasar penganut yahudi ente gan :fuck, eh njing ts nih ye ane kasih tau bahwa setiap daerah, setiap kampung, setiap negara diseluruh dunia punya cerita mitos legenda masing2 yang patut kita sebagai pemuda cukup menghargai dan meyakininya dengan tujuan supaya moral dan ahklak tetap terjaga, nggak kurang ajar kayak babi seperti ente gan, kalo ente keturunan babi sih emang nggak bakalan percaya yang kayak begitu-begituan soalnya ente keturunan babi sih dan berotak sempit kayak kolor codot ngerasa pinter padahal GOBLOK :fuck BRUAKAKAKAKAK
Quote:Original Posted By Marjukentang
tsnya pasti keturunan babi, ane sumpahin mati digigit uler lembu ente gan biar mampus, lagian biarin aja sih itu menjadi hikayat orang2 mahakam sana gak usah pake mau dibuktiin secara ilmiah segala, dasar penganut yahudi ente gan :fuck, eh njing ts nih ye ane kasih tau bahwa setiap daerah, setiap kampung, setiap negara diseluruh dunia punya cerita mitos legenda masing2 yang patut kita sebagai pemuda cukup menghargai dan meyakininya dengan tujuan supaya moral dan ahklak tetap terjaga, nggak kurang ajar kayak babi seperti ente gan, kalo ente keturunan babi sih emang nggak bakalan percaya yang kayak begitu-begituan soalnya ente keturunan babi sih dan berotak sempit kayak kolor codot ngerasa pinter padahal GOBLOK :fuck BRUAKAKAKAKAK


kenapa ente marah2 gan..???
Jangan2 ente ular lembu yaa....
eh bangzhat..
nyantai aja tai kalo koment,, semua sejarah,, semua mitos,, gak ada satu orang pun yang gak boleh tau,, ane cuma share tod,, lo keturunan IBLIS,, STREEeeezz lo yak??
kalo mau protes, sekalian aja ente protes sama guru ente yang pernah ngajarin segalanya sama ente,, atau ente gak pernah sekolah??
soalnye dari kata-kata ente kaya orang gak berpendidikan..


Quote:Original Posted By Marjukentang
tsnya pasti keturunan babi, ane sumpahin mati digigit uler lembu ente gan biar mampus, lagian biarin aja sih itu menjadi hikayat orang2 mahakam sana gak usah pake mau dibuktiin secara ilmiah segala, dasar penganut yahudi ente gan :fuck, eh njing ts nih ye ane kasih tau bahwa setiap daerah, setiap kampung, setiap negara diseluruh dunia punya cerita mitos legenda masing2 yang patut kita sebagai pemuda cukup menghargai dan meyakininya dengan tujuan supaya moral dan ahklak tetap terjaga, nggak kurang ajar kayak babi seperti ente gan, kalo ente keturunan babi sih emang nggak bakalan percaya yang kayak begitu-begituan soalnya ente keturunan babi sih dan berotak sempit kayak kolor codot ngerasa pinter padahal GOBLOK :fuck BRUAKAKAKAKAK


wih..
Serem gan..

Ogah ke sana ah..
ane lahir di kalimantan timur, samarinda, pas kecil ane juga sering diceritain tentang ular yg segede drum ini gan, sama buaya putih yang ada di sungai mahakam
pakde ane jaman dulu sekitar th 80an awal jadi pedagang buku sekolah keliling sampe pelosok pedalaman Kaltim, melewati ganasnya rimba kalimantan, ane pernah dicritain pada suatu saat melewati hutan sambil bawa buku, malam2 beliau ketemu ular gede banget, dan dia yakin klo bukan berhalusinasi.

itu ular emang nyata gan, sisiknya aja segede tutup cangkir, panjangnya dari ujung ke ujung bukit, kepalanya di ujung suatu bukit dan ekornya di ujung bukit lainnya, kayaknya lagi nyeberang deh...pakde ane liatnya sampe mlongo dan lemes gan
Kalo itu kayanya cuma mitos
nice share gan
baru tau ane nih ular lembu
ouw ternyata salah satu mitos disana itu ular lembu ya, baru tau ane. nice info gan keep posting gan.....
nice share
klo mitos ya mitos, di betawi juga ada mitos lembu. mahkluk gaib yg ada disungai ciliwung
ngeri amat gan
pakde ane jaman dulu sekitar th 80an awal jadi pedagang buku sekolah keliling sampe pelosok pedalaman Kaltim, melewati ganasnya rimba kalimantan, ane pernah dicritain pada suatu saat melewati hutan sambil bawa buku, malam2 beliau ketemu ular gede banget, dan dia yakin klo bukan berhalusinasi.

itu ular emang nyata gan, sisiknya aja segede tutup cangkir, panjangnya dari ujung ke ujung bukit, kepalanya di ujung suatu bukit dan ekornya di ujung bukit lainnya, kayaknya lagi nyeberang deh...pakde ane liatnya sampe mlongo dan lemes gan
Ane si percaya aja gan,, soalnya setau ane ular yang badannya besar salah satunya Indonesia,, apalagi posisi mahakam dekat dengan katulistiwa,, iu sebagai bukti naluri binatang untuk hidup di daerah katulistiwa,,