KASKUS

Thumbs up ++Penyulingan Air Laut Terbesar di Jepang++


Quote:




Quote:Alhamdulilah, makasih agan & aganwati, momod & mimin atas partisi pasinya menjadikan Thread ane menjadi HT yang ke #2..
Spoiler for HT #2:

Spoiler for mudah"an gak report ::

Tahun 1973, Fukuoka mengalami kekeringan parah. Bertekad tak ingin mengulangi bencana itu, mereka membangun pusat penyulingan air laut menjadi air minum terbesar di Jepang, Uminonakamichi Nata.

Setiap hari tempat yang akrab disebut Mamizu Pia ini menghasilkan 250 ribu m3 air untuk memenuhi 40 persen kebutuhan air di Fukuoka dan sekitarnya yang berpopulasi sekitar 2,3 juta jiwa. Air yang dihasilkan dari tempat ini dapat langsung diminum.

Air laut diubah menjadi air siap minum dengan menghilangkan garam dan zat-zat lain dengan cara reverse osmosis. Berikut ini langkah-langkah pengolahan air dari laut sampai ke rumah pelanggan:
Spoiler for 1.:

Quote:Pengolahan air di tempat ini menggunakan sistem reverse osmosis. Prinsipnya adalah memanfaatkan fenomena alam osmosis, yakni prpindahan air melalui membran yang hanya bisa dilewati air bersih, tapi garam tak dapat melewatinya, dibantu dengan meningkatkan tekanan.
Spoiler for 2.:

Quote:Beginilah maketnya. Di bawah laut terdapat pipa yang menyaring air asin untuk diolah menjadi air minum.
Spoiler for 3.:

Ilustrasi bagaimana pipa itu ditanam 14 meter di bawah permukaan laut agar instalasinya tidak menganggu ekosistem laut dan pelayaran di sekitar laut Genkai. Air yang masuk ke pipa sudah tersaring dengan alami oleh pasir dan batuan laut.
Spoiler for 4.:

Quote:Pusat kendali yang mengatur seluruh proses penyulingan air laut menjadi air tawar. Proses tersebut berlangsung selama 24 jam setiap harinya.
Spoiler for 5.:

Quote:Pipa berpori yang menyaring air laut dari dasar laut.
Spoiler for 6.:

Quote:Air yang masuk secara alami dari laut tanpa bantuan pompa, akan masuk ke penampungan raksasa di bawah tempat pengolahan.
Spoiler for 7.:

Quote:Dari pusat kendali ini semua hal dapat diatur tanpa harus mendatangi alatnya.
Spoiler for 8.:

Quote:Ini adalah membran penyaring yang sangat rapat.
Spoiler for 9.:

Quote:Alat ini adalah penyaring ultra dalam ukuran yang sebenarnya.
Spoiler for 10.:

Quote:Pengunjung tempat ini akan ditemani seorang pemandu yang akan menjelaskan cara kerja penyaringan air.
Spoiler for 11.:

Quote:Rangkaian sistem penyaringan air dilihat dari balik kaca.
Spoiler for 12.:

Quote:Pompa bertekanan tinggi yang penting dalam proses reverse osmosis.
Spoiler for 13.:

Quote:Pemandangan dari dalam tempat pengolahan air. Di bawah tanah kosong itu terdapat jalur air dari laut menuju ke penampungan.
Spoiler for 14.:

Quote:Air layak minum dari pusat desalinasi ini kemudian didistribusikan oleh Biro Air Kota Fukuoka ke rumah-rumah penduduk. Ini adalah ruangan pusat kendali di Biro Pengelolaan Air Kota Fukuoka. Garis-garis biru yang terdapat di layar adalah peta sambungan air ke seluruh kota. Layar diawasi 24 jam non-stop untuk memastikan tersedia air yang cukup untuk semua orang.
Spoiler for 15.:

Quote:Layar ini memberikan informasi lengkap mengenai penggunaan air di seluruh kota. Jika terdapat kerusakan atau kebocoran, petugas bisa mengetahui lokasinya dengan tepat.
Semoga Nambah Pengetahuan Bos
Semoga kita bisa belajar dari teknologi Jepang ini yang pada akhirnya bisa berguna bagi seluruh masyarakat Indonesia.


SUMBER :

Kaskuser yang baik selalu meninggalkan komen yang baik pula

Spoiler for jgn dibuka gan..:


Quote:Makasih buat agan-agan yang ngasih ijo seger and komen" yang baik..
Spoiler for makasih:


Quote:Komeng" dari Kaskuser
Quote:Original Posted By majaja

itu jepang gan...di indonesia udah dikasi gratis malah kaga dipelihara
Instalasi Penyulingan Air Bersih Tak Terurus
Besar Kecil Normal
TEMPO Interaktif, Banda Aceh: Sejak diserahterimakan oleh pemerintah Kuwait,
Proyek penyulingan air bersih di Ulee Lheu, Banda Aceh, mandeg. Instalasi penyulingan air laut menjadi air minum pertama di Indonesia bantuan Kuwait itu terancam mangkrak dan menjadi besi tua.
"Sejak diserahkan pada April lalu instalasi hanya berfungi satu minggu, setelah itu tak ada lagi air minum dari sana,"
Dia prihatin dengan nasib peralatan yang mahal dan tidak mampu dipelihara oleh pemerintah daerah. Padahal itu adalah hibah dari Kuwait yang keberadaannya sangat membantu warga sekitar untuk mendapatkan air bersih.
Kuntoro Mangkusubroto, Kepala Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Aceh mengakui hal itu. "Kami dulu yang terima instalasi itu dan sudah diserahkan ke pemda untuk ditangani," sebutnya di Banda Aceh.
Dia mengatakan biaya untuk mengoperasikan instalasi cukup mahal. Instalasi dibangun dengan menghabiskan dana sekitar US$ 913 ribu.
Volume air ini dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk 3.500 orang bagi warga Meuraxa, Leupung, serta Desa Lampeuneuret.
Adi Warsidi
http://www.tempo.co/read/news/2006/0...ih-Tak-Terurus

Quote:Original Posted By zumishinigami
Taukah agan2 Semua... di Bali juga ada penyulingan Air Laut untuk minum.. di Daerah Jembrana... Namanya MEGUMI
ini Link beritanya gan... megumi


Quote:
Supported By

klik banner untuk mengunjungi Kampung ANTIK


KERENNN
Quote:Original Posted By XJ00
KERENNN


widihh cepet bgt gan...bantu ya gan..
=========================================================================== ======================================================================
UPDATE
INVESTASI: Jepang Kembangkan Penyulingan Air di NTB
Spoiler for Mesin penyulingan aironline casino:

Quote:MATARAM: Investor asal Kota Kitakyushu, Jepang akan mengembangkan penyulingan air bersih dengan teknologi canggih yakni metoda Photo voltaic Reverse Osmosis atau Pv-RO di Pulau Sumbawa dan Lombok, Nusa Tenggara Barat.
“Proyek uji coba penyulingan air metoda Pv-RO itu akan diawali di Pulau Sumbawa, kemudian Lombok. Sekarang tahapan penyiapan pemasangan peralatan,” kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda NTB M Nur Asikin Amin di Mataram, hari ini usai mendampingi Wagub NTB Badrul Munir menerima investor dari Kitakyushu, Jepang.
Investor Kitakyushu yakni Noriaki Shigeoka selaku pimpinan perusahaan Suido Kiko Kaisha LTD, perusahaan yang bergerak di bidang penataan lingkungan.
Saat menemui Wakil Gubernur NTB, Noriaki didampingi Presiden Direktur PT Bio Greenland Shigeki Yamane dan Manager Administrasi dan Personil PT Bio Greenland Tita Wahyuningtyas.
Tidak ada keterkaitan langsung PT Bio Greenland dalam proyek penyulingan air bersih itu, Noriaki selaku pimpinan PT Bio Greenland juga berasal dari Kota Kitakyushu, Jepang, sehingga bertindak sebagai fasilitator karena telah lebih dulu beraktivitas di wilayah NTB.
PT Bio Greenland telah mengembangkan tanaman jarak kepyar di Pulau Sumbawa dan Lombok, NTB, sejak 2009. Bahkan, telah membangun pabrik pengolahan biji jarak kepyar di Desa Samabuik, Kecamatan Sumbawa, Kabupaten Sumbawa.
Pertemuan di ruang kerja Wakil Gubernur NTB itu, juga membahas peluang kerja sama Pemerintah Provinsi NTB dengan Pemerintah Kota Kitakyushi, Jepang, di bidang pengelolaan lingkungan.
Asikin mengatakan, investor Jepang itu akan melaksanakan uji coba penyulingan air payau dan air laut menjadi air bersih dengan metoda Pv-RO, di Desa Labuan Sangoro, Kecamatan Maronge, Kabupaten Sumbawa.
“Sekarang sedang tahapan persiapan pemasangan alat, dan diperkirakan Juni mendatang sudah bisa digunakan. Setelah itu dilaksanakan di Pulau Lombok yang djadwalkan September 2012,” ujarnya.
Anggaran proyek penyulingan air bersih itu bersumber dari program dana hibah Badan Kerja Sama Jepang (JICA), yang dilaksanakan oleh Suido Kiko Kaisha LTD. (mw).

SUMBER :

UPDATE
Wapres: Kemampuan Jepang Kembangkan Teknologi Patut Dicontoh
Quote:
Quote:Bandung (ANTARA) - Wakil Presiden Boediono menuturkan kemampuan bangsa Jepang dalam mengembangkan dan memanfaatkan teknologi bagi kemajuan bangsanya patut menjadi contoh.
"Sebagaimana kita ketahui, Jepang diakui sebagai salah satu negara yang memiliki keunggulan di bidang pengembangan dan inovasi teknologi," katanya saat menjadi pembicara kunci pada penutupan Indonesia-Japan Innovation Convention (IJIC) 2012 di Gedung Sabuga Bandung, Minggu.
Wapres memandang konvensi ini sebagai kegiatan yang strategis karena para pakar dan praktisi yang kompeten berkumpul mencurahkan pikirannya untuk merumuskan bagaimana meningkatkan kolaborasi antara Indonesia dan Jepang dalam bidang inovasi teknologi demi kemaslahatan kedua bangsa.
"Saya senang sekali bahwa dalam forum ini banyak pihak dari Indonesia yang terlibat, seperti para pakar dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan dari berbagai perguruan tinggi, serta para praktisi dunia usaha," kata dia.
Ia juga ingin menyampaikan penghargaan kepada para pakar di bidang teknologi dari berbagai lembaga, termasuk dari kalangan dunia usaha dan industri dari Jepang yang berpartisipasi dalam IJIC ini.
"Konsensus yang ada sekarang adalah bahwa inovasi teknologi adalah determinan utama kemajuan suatu bangsa. Jalur utama masuknya teknologi baru dalam kehidupan sehari-hari adalah melalui investasi," katanya.
Sebagian besar inovasi teknologi, kata Wapres, terjadi melalui adaptasi teknologi oleh dunia usaha yang kemudian menghasilkan produk untuk dijual di pasar dan riset dalam bidang teknologi canggih dan mutakhir merupakan hal yang penting.
"Namun bagi negara-negara seperti Indonesia, barangkali manfaat yang tercepat kita peroleh dengan mengadaptasi teknologi yang ada untuk memenuhi kebutuhan kita," ujarnya.
Ia mengatakan, Bank Dunia dalam laporannya tahun 2010, mengatakan bahwa transformasi dari teknologi menjadi inovasi pada dasarnya merupakan tugas swasta dan para wirausahawan.
"Jadi wirausahawan merupakan elemen penting yang bisa membawa peluang yang dibuka oleh teknologi menjadi manfaat nyata bagi masyarakat," kata dia.
Ia menuturkan, pada suatu kesempatan lain dirinya pernah menyebutkan bahwa Indonesia memiliki jumlah wirausahawan yang relatif kecil dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya.
Menurut survei kewirausahaan tahun 2008 oleh Bank Dunia, lanjut Wapres, wirausahawan di Indonesia hanya berjumlah sekitar 1,56 persen dari total jumlah penduduknya, dibandingkan dengan Malaysia yaitu 4 persen, Thailand 4,1 persen dan 7,2 persen di Singapura.
"Indonesia jelas membutuhkan lebih banyak lagi wirausahawan yang mampu berinovasi. Oleh karena itu, saya sangat mendukung agar kolaborasi antara Jepang dan Indonesia dalam pengembangan kewirausahaan terus ditingkatkan," kata dia.
Ia menuturkan, ada satu faktor penunjang penting dalam proses inovasi, yaitu adanya lembaga pendidikan dan penelitian yang handal dan Indonesia memiliki sejumlah lembaga pendidikan dan penelitian yang berpotensi besar menghasilkan teknologi untuk inovasi.
"Potensi ini harus kita dorong agar menjadi manfaat nyata. Masih banyak hal yang perlu dilakukan untuk makin mengefektifkan kinerja lembaga-lembaga yang ada," katanya.
Hal penting juga, katanya, membangun hubungan yang produktif antara perguruan tinggi dan lembaga riset dengan dunia usaha merupakan salah satu hal yang krusial yang perlu dilakukan.
"Pengalaman Jepang barangkali berguna untuk kita pelajari dan cermati," kata Boediono.
Indonesia saat ini, katanya, sedang memasuki tahapan pembangunan yang tidak lagi mengandalkan pada bahan mentah dan buruh murah.
"Sekarang kita memasuki tahap pembangunan yang harus lebih bertumpu pada pengetahuan, inovasi, serta kreativitas sebagai sumber pertumbuhan ekonomi. Pada tahap ini banyak tantangan yang harus diatasi," katanya.
Menurut dia, salah satu cara untuk mengatasi tantangan-tantangan itu adalah dengan melakukan kerja sama yang produktif dengan negara-negara yang lebih maju di bidang teknologi.
"Sementara itu negara-negara yang lebih maju dapat memperoleh manfaat dari kerjasama penelitian yang terkait langsung dengan potensi perluasan perdagangan dan investasi di Indonesia. Indonesia dan Jepang memiliki landasan kuat untuk kerjasama di berbagai bidang," katanya.
Ia menambahkan, Jepang dan Indonesia dapat memperoleh manfaat dari pengembangan hubungan kerjasama yang kuat ini, dengan memperluas kerjasama dalam menciptakan produk, proses dan pemasaran yang inovatif di antara kedua negara.
"Tantangan bagi Indonesia maupun Jepang adalah bagaimana mempertemukan berbagai peluang untuk memperkuat jalinan di antara lembaga riset, pelaku usaha, dan masyarakat, demi membawa keuntungan bagi kedua negara," katanya.
Ia mengatakan, konvensi ini telah mengidentifikasi delapan bidang dalam hal inovasi teknologi untuk dilakukan kerja sama.
Oleh karena itu, pihaknya mengharapkan pertemuan ini dapat merumuskan langkah-langkah kongkrit untuk kita tindak lanjuti bersama.
"Pemerintah Indonesia akan memberikan dukungan penuh, upaya itu agar hasil-hasil nyata segera dapat dipetik oleh kedua negara di bidang inovasi teknologi, kewirausahaan, perdagangan dan investasi," kata Wapres.(rr)


SUMBER :
buset kalau ada gitu gak kekurangan air bersih ya gan

di negara ini malah dikelilingi laut tapi rakyatnya kekurangan air bersih..
keren gan, tp yang minum apa ga ragu ya kalo udah ga asin lg
lagi-lagi jepang melaju jauh pemikiran soal ide-ide cemerlangnya buat kemajuan negaranya..
mudah-mudahan ada orang pemerintahan yang ngajakin kerja sama, secara laut di wilayah Indonesia kurang banyak gimana buat di manfaatin jadi air layak pakai
nice inpo gan

buatkemajuan negara

keren gan, teknologi mereka memang sangat maju....
Quote:Original Posted By badb0i
buset kalau ada gitu gak kekurangan air bersih ya gan

di negara ini malah dikelilingi laut tapi rakyatnya kekurangan air bersih..



miris gan
disini sudah ada apa belum ya ?
Wah...infonya mantab gan.....
Kira2 buat jakarta bisa ga ya....
keren...moga indonesia menerapkan teknologi seperti ini
bisa aja nih jepang
thread bermanfaat ane rate 5 yah

kita sudah mulai butuh nich... nampaknya
investasi teknologi yg gak main2 neh
mg2 nanti makin bs terjangkau biayanya
ayo Indonesia jgn sampai kalah
wuih keren, calon HT ini..

harusnya di Indonesia bisa nerapin ky gini cz sebagian dari luas negara ini kan laut, tp dsini msh byk gunung2 yg airnya masih alami sih..
Khusus utk orang indonesia yang pny anggapan "INDONESIA NEGARA KEPULAUAN LAUT GEDE TP KRISIS AIR, AIR LAUT AJAH DI SARING SUSAH AMAT"..

Emang susah, nyatanya.. Butuh dana yang gak sedikit..
jadi penting utk orang yang asal berkoar...
Ajib gan., gada matinya ni negara.

numpang buka lapak gan: Nokia Lumia 800 "Segel resmi Nokia & Garansi Resmi Nokia" 2,9Jt http://www.kaskus.co.id/thread/509a3...umia-800-segel