Lightbulb cara menyambung / mengganti kabel earphone mp3 yang putus.

ane dulu sering beli headset gara2 mati sebelah, nah ini biasanya kabel dalamnya ada yang putus karena saking tipisnya. sensitif memang katanya gak boleh digulung/ ditekuk. klo ane biasanya gara2nya ketarik tidak sengaja kadang jg sering dipake sambil tidur

kebetulan nih kantong lagi cekak. lagi jg masa beli headset mlulu dan jg suara headset yg lama itu ok banget.
nah iseng2 ane sambung aja. berikut caranya :

1. beli kabel n jack/ atau pake yg bekas.
Spoiler for kabel n jack:


2. potong kabel tersebut agar kelihatan tembaganya.
Spoiler for potong kabel yang dibeli tersebut:


3. potong jg kabel headset agar kelihatan tembaganya.*karena kecil jd msti hati2.
Spoiler for kabel headset jg dipotong:


4. sambung kabel tersebut ke kabel yang beli. biasanya kabel headset ada3 warna (merah, hijau, kuning tembaga atau merah, biru, kuning tembaga, atau jg 2 merah, 1 kuning tembaga).
Spoiler for smbung kabel:


5. cara menyambung nya dapat dililit/ disolder. jangan lupa diisolasi (seal tape) agar lebih kuat.
Spoiler for jadi deh:
sekian tips dari ane.
klo BERMANFAAT di rate ya gan
menerima
menolak


update 11/4/13


kbetulan kemarin rusak lagi kabelnya yg warna putih (bawaan aslinya putus entah dimana). iseng2 ane ganti smua tuh kabel n mau gak mau disolder bagian speakernya nih penampakannya :
Spoiler for update:
am i PERTAMAX ?
thanks gan infonya. kebetulan beat ane kabelnya putus sebelah.
Quote:Original Posted By msicx420
am i PERTAMAX ?
thanks gan infonya. kebetulan beat ane kabelnya putus sebelah.

hehe ia gan...
ane udah beli berapa kali gan headset yg murah tp lumayan suara bassnya. ya alhasil rusak dikabel mlulu.
biasanya ada tuh kabel n jack yang agak bermerk di toko audio spt di kramat jati (JakTim). tergantung kreatif kita deh mau ganti smua kabelnya/ enggak (coz klo ganti smua harus disolder dan katanya komponen headset tidak boleh kena panas berlebih dari solderannya jadi mesti hati2 dalam penyolderannya).
malasahnya kalo putusnya di earbud nya gimana gan? Gw sering kejadian begitu.
Quote:Original Posted By cumiberry
malasahnya kalo putusnya di earbud nya gimana gan? Gw sering kejadian begitu.


mesti disolder gan. cuma ya itu gan... kadang earbudnya kecil banget n dilem mati jadi susah dibongkar... dan lagi klo soldernya kepanasan akan merusak komponennya.
yg penting kabel harus di kerik/ diamplas dulu yg ada lapisan emailnya (kadang main sambung aja sehingga arusnya gak tersalur karena lapisan email tsb).

so kreatif kita sendiri gan... selamat bereksperimen...
satu lagi kabel headsetkan ada 2 macam warna, untuk output audio kiri warnanya;1.warna tembaga, 2.warna merah. untuk audio kanan;1.warna tembaga, 2.warna hijau.

nah kabel'y ane lilit tp suara'y msh ga ada?
apa mesti di solder?
atau ad yang salah?
Quote:Original Posted By cozhero
satu lagi kabel headsetkan ada 2 macam warna, untuk output audio kiri warnanya;1.warna tembaga, 2.warna merah. untuk audio kanan;1.warna tembaga, 2.warna hijau.

nah kabel'y ane lilit tp suara'y msh ga ada?
apa mesti di solder?
atau ad yang salah?


dililit bisa gan tp kabel yg warna itu diamplas halus aja, sebab warna merah sama hijau itu biasanya email (lapisan tembaganya). jd gak bisa nyambung klo emailnya belum dikelupas, bisa diamplas/ dikerik tp karena halus lebih baik diamplas.
Quote:Original Posted By arheys89


dililit bisa gan tp kabel yg warna itu diamplas halus aja, sebab warna merah sama hijau itu biasanya email (lapisan tembaganya). jd gak bisa nyambung klo emailnya belum dikelupas, bisa diamplas/ dikerik tp karena halus lebih baik diamplas.


ntar cabut yg ijo aja gan
kalo yg merah meleduk loh
thanks gan
headset bawaan pabrik juga bisa putus, garagara dipake tidur mulu
Thanks bro, sebelumnya saya pernah coba tapi gak gagal karena gak tau klo kabel itu ada pelapisnya jadi sudah saya coba2 sambung gak pernah bunyi,,
ini sekarang baru beli headset lumayan mahal bagi saya,, eh rusak jga,,, hu hu cari info dapet dah di mari,,, coba coba saya sambung yeesss BERHASIL dah,, hu hu tahu gitu yg lama2 pasti masih bisa di perbaiki nich .. thanks bro
Quote:Original Posted By indra.gilang

ntar cabut yg ijo aja gan
kalo yg merah meleduk loh


gkgk keknya tim gegana agan satu ini...

Quote:Original Posted By gibsonosol
thanks gan
headset bawaan pabrik juga bisa putus, garagara dipake tidur mulu

Quote:Original Posted By kensin_m
Thanks bro, sebelumnya saya pernah coba tapi gak gagal karena gak tau klo kabel itu ada pelapisnya jadi sudah saya coba2 sambung gak pernah bunyi,,
ini sekarang baru beli headset lumayan mahal bagi saya,, eh rusak jga,,, hu hu cari info dapet dah di mari,,, coba coba saya sambung yeesss BERHASIL dah,, hu hu tahu gitu yg lama2 pasti masih bisa di perbaiki nich .. thanks bro


sep gan sama2...
ane jg sering pake sambil tidur...
kerjaan ente kok rapi bener?

kerjaan ane ajuuurrr...
hahah
yang penting bisa.
makasih infonya...
Makasih sharingnya mas bro....
Earphone ane jg lg ngadat nih....
gue ada earbud iPod yg jadul bgt (yg bodinya full plastic, bukan yg model skrg yg ada karet2nya), nah kabel di jacknya putus...

Dia ada 4 kabel, gue mutilasi kabel tumbal, dia juga 4 kabel, tp ada warna yg beda, gimana tuh?

tar gue cek warna yg beda, tumbalnya ilang euy
udah ane sambungin ko masih blm bisa ya gan
gan kalo kabel cewq cowoq nya ada yang jual gak dipasaran.
ane headset bawaan hp nya gan. ada 4 warna: merah, biru, ijo, kuning. kira-kira ada gak jack yang buat 4 warna?
Quote:Original Posted By stira
kerjaan ente kok rapi bener?

kerjaan ane ajuuurrr...
hahah
yang penting bisa.
makasih infonya...

Quote:Original Posted By tiger6293
Makasih sharingnya mas bro....
Earphone ane jg lg ngadat nih....


hehe thanks gan... selamat

Quote:Original Posted By Disfunction
gue ada earbud iPod yg jadul bgt (yg bodinya full plastic, bukan yg model skrg yg ada karet2nya), nah kabel di jacknya putus...

Dia ada 4 kabel, gue mutilasi kabel tumbal, dia juga 4 kabel, tp ada warna yg beda, gimana tuh?

tar gue cek warna yg beda, tumbalnya ilang euy


biar jadul yg penting suaranya yahud gan... kadang emang kabel difleksibel jacknya putus ditekuk" baru ada suaranya...
coba tes satu-satu aja kabel tumbal sambungin ke kabel earbudnya biasanya sih yg aliran - (min) warnanya tembaga biasa/ dibungkus kabel hitam. jangan lupa dikerik pake amplas halus kabel yg berwarna.
tes nya klo udah nyambung kira" 1pasang (+ & -) dengerin langsung ada suaranya atau tidak.

Quote:Original Posted By Ygon
udah ane sambungin ko masih blm bisa ya gan


udah dikerik dgn amplas halus kabel yg berwarna?? klo masih belum bisa mungkin ada jalur kabel lain yg putus jg (memang susah ngedeteksi lokasi putusnya kadang ditekuk-tekuk kabelnya kdng jg gak bisa).
coba ganti kabel aja gan n disolder kek update ane hari ini.

Quote:Original Posted By b04t76
gan kalo kabel cewq cowoq nya ada yang jual gak dipasaran.


cabel apa jack nya nih?? klo kabel yg ada jacknya n lubangnya ada yg jual koq, biasanya buat pemanjang... klo jacknya atau cwenya ada yg jual ditoko elektronik n toko elektronik audio biasanya ada...

Quote:Original Posted By fikriazis
ane headset bawaan hp nya gan. ada 4 warna: merah, biru, ijo, kuning. kira-kira ada gak jack yang buat 4 warna?


biasanya bawaan hp ada micnya (u/ tlp) nah mic ini biasanya kabel yg warna hijau... ane sempet bongkar wktu itu tapi belum berhasil gan... dibagian micnya ada komponen dan pembagi arus + (sperti jumper arus u/ mic nya)
masih penasaran sih...
Quote:Original Posted By arheys89



hehe thanks gan... selamat



biar jadul yg penting suaranya yahud gan... kadang emang kabel difleksibel jacknya putus ditekuk" baru ada suaranya...
coba tes satu-satu aja kabel tumbal sambungin ke kabel earbudnya biasanya sih yg aliran - (min) warnanya tembaga biasa/ dibungkus kabel hitam. jangan lupa dikerik pake amplas halus kabel yg berwarna.
tes nya klo udah nyambung kira" 1pasang (+ & -) dengerin langsung ada suaranya atau tidak.



udah dikerik dgn amplas halus kabel yg berwarna?? klo masih belum bisa mungkin ada jalur kabel lain yg putus jg (memang susah ngedeteksi lokasi putusnya kadang ditekuk-tekuk kabelnya kdng jg gak bisa).
coba ganti kabel aja gan n disolder kek update ane hari ini.



cabel apa jack nya nih?? klo kabel yg ada jacknya n lubangnya ada yg jual koq, biasanya buat pemanjang... klo jacknya atau cwenya ada yg jual ditoko elektronik n toko elektronik audio biasanya ada...



biasanya bawaan hp ada micnya (u/ tlp) nah mic ini biasanya kabel yg warna hijau... ane sempet bongkar wktu itu tapi belum berhasil gan... dibagian micnya ada komponen dan pembagi arus + (sperti jumper arus u/ mic nya)
masih penasaran sih...


Ya yang kabel + ujungnya ada jack cowok sama ceweq lengkap. Jadi kaya sambungan buat manjangin aja. Kira2 harganya brapa ya
wah bagus juga nih inponya....
ane juga sering headset ane mati sebelah....
trus ane sambungin kagak bener....
boleh dicoba tipsnya lain kali....