KASKUS

Sejarah Nilai Phi

Maaf gan kalo

Ane cuma nge-share siapa tahu berguna bagi agan

Spoiler for Phi:


phi adalah sebuah konstanta dalam matematika yang merupakan perbandingan keliling lingkaran dengan diameternya.

Nilai dalam 20 tempat desimal adalah 3,14159265358979323846. Banyak rumus dalam matematika, sains, dan teknik yang menggunakan π, yang menjadikannya salah satu dari konstanta matematika yang penting.
adalah bilangan irasional, yang berarti nilai π tidak dapat dinyatakan dalam pembagian bilangan bulat.

Nilai π yang lazim digunakan adalah 3,14 atau 22/7 namun untuk lebih tepatnya, sudah dicari sampai > 1,241,100,000,000 tempat desimal. Nilai π sampai 10 tempat desimal adalah 3,14159265358.

Sejak dulu, para ahli matematika telah mencari nilai π yang benar. Inilah Kronologinya:
Abad ke-19 SM bangsa Babilonia menetapkan bahwa π = 25/8 = 3,125.
Abad ke-17 RM, pakar matematikan dari Mesir, Ahmes menghitung π = 256/81 = 3,1605.
Abad ke-9 SM, astronom India, Yajnavalkya menghitung bahwa π = 339/108 = 3,1389.
Abad ke-3 SM, Archimedes dari Yunani menyatakan bahwa 3+10+71<π<3+1/7, atau π terletak antara bilangan 3,1408 dan 3,1428.
Tahun 263, Matematikawan China Liu Hui menghitung bahwa π = 3,141014.
Abad ke-15, Ghyath ad-din Jamshid Kashani dari persia telah menghitung nilai π yang akuran sampai 16 digit.
Tahun 1600, matematikawan Jerman Ludolph van Ceulen menghitung π dengan akurasi sampai 32 digit. ia sangat bangga atas hal ini sampai di pahatkan di batu nisannya.
Tahun 1873, seorang matematikawan amtie William Shanks menyelesaikan 20 tahun menghitung π dengan akurasi 707 digit.
Tahun 1910, matematikawan India Srinivasa Ramanujan , merumuskan deret π yang digunakan matematikawan saat ini untuk menghitung nilai π.!


Jadi, misalkan kita punya roda yang diameternya 1 meter terus kita ukur kelilingnya dengan cara melekatkan seutas tali pada sekeliling roda tersebut, maka panjang tali yang dibutuhkan adalah sekitar 3.14159 meter. Nilai perbandingan antara keliling dan diameter lingkaran ini selalu konstan untuk setiap lingkaran yaitu 3.14159. Phi juga biasanya diartikan sebagai 1 putaran penuh lingkaran atau 1 phi = 360 derajat. 22/7 itu merupakan angka yang mendekati phi, tapi bukan phi yang sebenarnya. Phi sebenarnya adalah 3,14159265358979323846264338327...

Fakta-Fakta Menarik Mengenai Phi

Pada tahun 1706, seorang ahli Matematika bahasa Inggris memperkenalkan abjad Yunani phi untuk mewakili nilai yang dikatakan.
Pada tahun 1737, Euler resmi mengadopsi simbol π ini untuk mewakili bilangan.
Pada tahun 1897, legislatif dari Indiana mencoba menentukan nilai phi yang paling akurat. Namun ternyata kebijakan ini tidak berhasil. Sebagian besar orang pada waktu itu tidak mengetahui fakta bahwa lingkaran memiliki jumlah sudut yang tak terbatas.

Nilai dari phi adalah 22/7 dan ditulis sebagai π = 22/7 atau = 3,14. Nilai phi dengan 100 tempat desimal pertama adalah: 3,141592653589793238462643383279502884197169399375 105820974944 5923078164062862089986280348253421170679.

Phi tidak hanya sebuah nomor irasional tetapi juga bilangan yang sulit dipahami. Istilah phi sendiri diambil dari huruf Yunani "Phiwas". Itu juga merupakan Abjad Yunani yang ke-16. Seorang pengusaha di Cleveland Amerika Serikat menerbitkan buku pada pada tahun 1931 yang mengumumkan bahwa nilai phi adalah 256/81. Jika kita mencetak miliaran dari desimal phi, maka angka itu akan merentang dari New York City ke Kansas. Fakta menarik lain mengenai phi adalah kita tidak akan menemukan nol dalam 31 digit pertama dalam dari phi.

Fakta-Fakta Menarik Lainnya Lagi Mengenai Phi:
1. Yasumasa Kanada, seorang profesor di Universitas Tokyo membutukan waktu sekitar 116 jam untuk menemukan sebanyak 6442450000 tempat desimal Phi dengan komputer.
2. Pada tahun 1706, John Machin memperkenalkan suatu rumus untuk menghitung nilai phi yaitu : π/4 = 4*arc tan (1/5) – arc tan (1/239). Pada tahun 1949, ia juga menghabiskan waktu sekitar 70 jam untuk menghitung 2.037 tempat desimal phi menggunakan ENIAC (Electronic Numeric Integrator and Computer).
3. Seorang Ahli Matematika Jerman, Ludolph van Ceulen, mendedikasikan seluruh hidupnya untuk menghitung 35 tempat desimal pertama phi.
4. Pada tahun 1768, Johann Lambert membuktikan nilai Phi adalah sebuah bilangan irasional.
5. Pada tahun 1882, Ferdinand Lindemann yang juga Ahli matematika terkenal membuktikan Phi adalah bilangan yang sulit dipahami.
6. Ada orang yang hafal semua angka desimal phi. Orang tersebut membuat lagu dan musik berdasarkan digit dari phi. Dalam kehidupan ini, memang terdapat banyak fakta yang menarik dan menyenangkan mengenai phi.
7. Tanggal 14 maret diperingati sebagai Hari Phi. Lalu mengapa tanggal 14 Maret dirayakan sebagai hari Phi ? Karena dalam penulisan di barat tanggal tersebut ditulis dengan 3.14 yang merupakan pendekatan dari nilai Phi itu sendiri. Pada tanggal ini pula diperingati hari kelahiran Einstein, ilmuwan yang pernah meraih hadiah nobel bidang fisika karena teori foto elektriknya.

SUMBER

Quote:
Budayakan Komeng gan sama
sama Bagi yang ISO
Pi (π) atau phi (φ) gan?
beda lho...
Quote:Original Posted By haekal.dreamer

4. Pada tahun 1768, Johann Lambert membuktikan nilai Phi adalah sebuah bilangan irasional.
-----
6. Ada orang yang hafal semua angka desimal phi. Orang tersebut membuat lagu dan musik berdasarkan digit dari phi. Dalam kehidupan ini, memang terdapat banyak fakta yang menarik dan menyenangkan mengenai phi.

Nah loh, terbukti kalau pi adalah bilangan irasional, tapi kok bisa ada yang hafal semua angka desimal pi? Hafal, bukan hanya tahu. Padahal kalo bilangan irasional mestinya nggak ada yang tau desimalnya....
Quote:Original Posted By haekal.dreamer
5. Pada tahun 1882, Ferdinand Lindemann yang juga Ahli matematika terkenal membuktikan Phi adalah bilangan yang sulit dipahami.
"Sulit dipahami" itu gimana ya gan? Terus emang gimana pembuktian matematis dari "sulit dipahami"?
Quote:Original Posted By walangsuper
Pi (π) atau phi (φ) gan?
beda lho...

Nah loh, terbukti kalau pi adalah bilangan irasional, tapi kok bisa ada yang hafal semua angka desimal pi? Hafal, bukan hanya tahu. Padahal kalo bilangan irasional mestinya nggak ada yang tau desimalnya....
"Sulit dipahami" itu gimana ya gan? Terus emang gimana pembuktian matematis dari "sulit dipahami"?


ane kan cuma share gan
Quote:Original Posted By haekal.dreamer

ane kan cuma share gan

lha iya,
ane kan nanya gan..
lha iya,
Jangan diomelin gan, kasian kan tuh nangis
BTW, nice info gan !
Quote:Original Posted By walangsuper

lha iya,
ane kan nanya gan..
lha iya,


kezzzaammmmmm
Jangan dimarahi gan
bagus kan infonya
Tanggal 4 maret dikenal sebagai hari phi

Itulah intinya

Btw sains & teknologi HT nya banyak ya
ora mudheng
Setau ane nilah dari phi itu 22/7 atau 3,14
ane pusing dah kalo udah soal matematika
3,14 = phi

threat sains memang mantap
menarik sih.. tp cara pembuktiannya gmn yah gan??
nice info baru tau gan..
oo gitu gan,,ane baru paham nih ,,tq atas info nya ya
nice info nih,,saking rumitnya angka dan sebuah tetapan,, sampe lama banget nemuinnya
TS abis nonton life of Pi yaa?
terinspirasi dari film Life of Pi nih tsnya

apa namanya pising2 juga ya
×