KASKUS

Star 8 Kecelakaan Massal Bus di Indonesia, ngeri gan

Habis baca thread agan buddcobain,Kendaraan Mistis di Indonesia ane langsung keinget cerita bus hantu waktu jaman SD dulu. Cerita bus hantu itu dikaitkan dengan peristiwa kecelakaan bus Flor*s, jadilah ane gugling gugling soal kecelakaan tersebut dan nemu berbagai kecelakaan lain dengan jumlah korban yang tidak sedikit.

1. Bus Flores tertabrak kereta
waktu kejadian: tahun 1981

Quote:Bus yang melayani trayek Surabaya-Madiun-Solo-Yogya dan Surabaya-Madiun-Solo-Semarang ini memang punya sejarah panjang sebagai Perusahaan Otobus (PO). Awal beroperasi pada 1981, Sumber Kencono (dulu Sumber Kentjono) hanya bermodal 5 armada, jauh dibawah Bus Flores yang merajai trayek Suroboyonan kala itu. Namun tragedi di Solo pada 1981 mengubah segalanya. Bus Flores yang mengangkut siswa SMP Wijana Jombang yang akan study tour tertabrak kereta api tak jauh dari Stasiun Purwosari, depan pabrik es Sari Petojo Solo. Flores menerobos lintasan rel yang tak berpalang tersebut, tak ayal sebagian besar siswa SMP itu tewas.
Tragedi ini membuat marah masyarakat, Bus Flores pun dijatuhi sanksi tidak boleh lagi melayani trayek Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) oleh DLLAJR Pusat. Alhasil Bus Flores hanya boleh melayani hingga wilayah Mantingan, daerah paling barat Provinsi Jawa Timur. Penumpang pun turun drastis, sebab banyak penumpang yang akan menuju Solo atau Yogya harus dioper ke bus lain. Pada saat itu lah nama Bus Sumber Kencono semakin berkibar, penumpang banyak beralih menumpang SK dari pada harus dioper di Mantingan.
Semenjak saat itu, SK semakin berjaya, walaupun kemudian hadir Bus Mira dan Eka yang merupakan turunan langsung dari Bus Flores. Fendi Haryanto pemilik Bus Flores, menutup Bus Flores setelah sebelumnya beralih trayek Surabaya-Ponorogo. Ia memilih untuk mengembangkan Bus Eka dan Bus Mira yang diambil dari nama kedua anaknya.
sumber: http://sosbud.kompasiana.com/2011/09...ti-393564.html


2. Akas tertabrak kereta Mutiara
waktu kejadian: 11 Mei 1978
korban jiwa: 18
Spoiler for gambar:

Quote:Bis akas yang menjalani rute Malang-Jember terbentur kereta api mutiara Surabaya. 18 orang tewas. Penjaga pintu kereta telah berusaha mengatasi bel yang macet tapi rantai engkol pintu lintasan tiba-tiba los. (dh) BEBERAPA penumpang berteriak: ada sepur, ada sepur! Tapi bis Akas N4108 GK terus meluncur. Siang hari 11 Mei itu hujan turun cukup deras. Barangkali Surai, si pengemudi, tak mendengar teriakan penumpang. Dan benar. Tak seorang pun sempat berfikir untuk menghindar lagi ketika bagian belakang kiri bis itu dibentur kepala kereta-api Mutiara dari Surabaya menuju Banyuwangi. Peristiwa itu terjadi di Jalan Raya Pondokdalem, menjelang kota
kecil Tanggul, Jember.

sumber: http://www.tempo.co.id/hg/mbmtempo/a...27.dh2.id.html


3. Bus Kramat djati Terbakar di Tol Jagorawi
waktu kejadian: tahun 1995
korban jiwa: 23
Spoiler for gambar:

Quote:Saat itu, bus Kramat Djati jurusan Jakarta-Bandung terbakar di ruas jalan Tol Jagorawi menewaskan 23 penumpangnya. Kejadian yang sangat mengenaskan itu, bermula ketika bus Kramat Djati yang dikemudikan pengemudi asal kota Bandung, Agus Abu Naser itu mencoba menyalip bus lain dari jalur kiri, jalur untuk berhenti darurat.

Tragisnya, saat bus akan mencoba menyalip di jalur jalan paling kiri itu, terdapat sebuah sedan yang tengah mogok. Akibatnya bus langsung menabrak sedan yang membuat tiga penumpang sedan yang te-ngah menunggu perbaikan tewas seketika.

Yang paling mengerikan, benturan itu membuat bus terbakar dan melumatkan seluruh penumpangnya, kecuali sopir yang berhasil menyelamatkan diri.

Di antara korban yang tewas terpanggang itu, terdapat satu keluarga yang terdiri atas sepasang suami isteri dan tiga anaknya
sumber: http://www.suaramerdeka.com/harian/0...10/12/nas2.htm


4. Bus Mandalasari Terbalik
waktu kejadian: tahun 1989
korban jiwa: 25
Spoiler for gambar:

Quote:Bis Mandalasari dengan trayek Purwokerto-Jakarta mengalami kecelakaan di jalan tol Cikampek. Bis Slip & terbalik. Menelan korban 25 penumpang tewas, 18 luka parah, 23 luka ringan & 12 lecet-lecet. ANAK lelaki berumur tiga tahunan itu terus saja menangis sembari memanggil-manggil bapak dan ibunya. Tapi, yang dipanggil tak juga muncul. Tak seorang pun di Rumah Sakit UKI Cawang, Jakarta Timur, yang mengenalnya.Diduga, melihat pemisah jalur yang tiba-tiba muncul di STA 26, Cibitung, Bekasi, si sopir yang bernama Mulus itu terkejut. Injakan rem yang mendadak membuat roda slip dan terpelanting. Tanpa ampun, bis yang meluncur terbalik itu menghantam pilar jembatan penyeberangan. Maut pun datang menjemput.

sumber: http://www.tempo.co.id/hg/mbmtempo/a...8.nas9.id.html


5. Kecelakaan Beruntun Lorena & Putra Remaja di Bawen
waktu kejadian: 20 September 1990
korban jiwa: 28
Spoiler for gambar:

Quote:
Spoiler for Maut di Bawen:

smbr:http://www.tempo.co.id/hg/mbmtempo/a...9.nas6.id.html


>>bersambung>>
6. Akas Masuk Galian
waktu kejadian: 17 April 1977
korban jiwa: 33
Spoiler for gambar:

Quote:Kecelakaan bis akas di Probolinggo menewaskan 33 orang penyebabnya, menurut penumpang yang selamat, adalah kecepatan tinggi. Para sopir bilang itu juga disebabkan banyaknya pungli di jalan. PAK Su adalah pemilik warung kopi di sebelah timur jembatan Bung Karno di Malan Kulon, Probolinggo, Jawa Timur. Kamis pagi 17 April itu, ia melihat sesuatu yang kemudian dianggapnya aneh. Katanya, ada dua orang wanita cantik, berdiri berseberangan jalan dengan seorang laki-laki berpakaian serba hitam. Mereka bersama melambaikan tangan menyetop bis. Sebuah bis yang kemudian diketahui bernama Akas, memang sudah kelihatan meluncur mendekati jembatan. Tiba-tiba bis yang seharusnya berbelok kanan, setelah melalui jembatan kecil itu, ternyata malah langsung lurus dan menyimpang arah jalan. Untung tidak terjerumus ke jurang yang ada di sebelah kiri jalan. Tapi bis jurusan Ambulu-Ponorogo p.p. itu tak lagi dapat dikuasai oleh sopirnya, Soekarno (40 tahun). Kendaraan ini langsung menghantam ujung sebuah galian tanah. Moncong bis buatan Ford tahun 1972 itu menyeruduk dan masuk ke kedalaman tanah 0,65 meter. Seluruh badan bis miring ke depan.

sumber: http://www.tempo.co.id/hg/mbmtempo/a...0.nas2.id.html


7. Bus Jawa Indah Meledak
waktu kejadian: tahun 1987
korban jiwa: 41
Spoiler for gambar:

Quote:Bis Jawa indah rute Kalianget-Banyuwangi terbakar di jalan raya tol Dupak, Surabaya. 41 penumpang mati hangus. Polisi belum memastikan penyebab kebakaran. 11 orang hanya lecet dan luka bakar.
...
Di dalam bis, musibah itu juga tidak terduga. "Kebakaran. Kebakaran," pekik para penumpang panik. Safiuddin, 25 tahun, tersentak. Ia duduk di belakang sopir, bersama istri -- Sumariyah -- dan Nurhamimah, anaknya. Dilihatnya ... wussshhhh ... api menyembur dari belakang, menyambar seluruh permukaan
dalam bis. "Saya lihat pintu samping sopir terbuka. Saya seret anak-istri keluar. Saya berlari, tapi saya tak tahu lagi apa yang bisa saya kerjakan. Lalu saya merangkul anak istri saya, sambil berteriak: Allahu Akbar ... Allahu Akbar," tutur Safiuddin.

Safiudin dan keluarganya termasuk yang beruntung. Puluhan penumpang lain tidak. Umumnya mereka terperangkap dan tak sempat keluar. Hanya dengan gunting besi, pintu bis sebelah kiri bisa dibuka. Para korban umumnya sudah melengkung, hangus. Beberapa di antaranya bahkan lengket dengan tempat duduk mereka.
sumber: http://www.tempo.co.id/hg/mbmtempo/a...3.nas7.id.html


8. Lima Puluh Empat Penumpang Terpanggang di Situbondo
waktu kejadian: Oktober 2003
korban jiwa: 54
Spoiler for Gambar:

Quote:Ketika bus mendaki tanjakan dekat pintu PLTU Paiton sekitar 19.30 WIB, sebuah truk trailer L 8493 F yang melesat dari arah berlawanan melanggar marka jalan. Tak pelak, tabrakan hebat pun terjadi. Kedua kendaraan terhenti. Sempat mesinnya mati, bus lalu mundur dan menabrak truk pengangkut mangga di belakangnya.
Api tiba-tiba memercik, membakar dan menjalar ke dalam bus. Penumpang pun panik. Menurut Moh. Bakri, sopir truk pengangkut mangga, semua penumpang lari ke belakang, tapi pintu hidrolik tak dapat dibuka. Untuk menyelamatkan penumpang, Bakri berusaha membantu membukanya. ”Tapi tidak bisa,” katanya. Ia mencoba memecahkan kaca bus, gagal pula. Sejumlah 54 penumpang (49 perempuan, 5 laki-laki) akhirnya tewas terpanggang di dalam bus. Demikian papar ketua tim Disaster Victim Identification (DIV) Polda Jawa Timur, Komisaris Besar Polisi Musaddeq.
sumber: http://www.tempo.co.id/hg/mbmtempo/a...3.pst1.id.html


Beberapa penyebab kecelakaan bus antara lain desain bus dari karoseri, perawatan bus, kondisi jalan, dan faktor manusia (pengemudi).
Masalah pengemudi ini memang yang paling menjadi sorotan. Bus dengan penumpang penuh kebut-kebutan, balapan dengan bus lain, memaksakan mengemudi dalam kondisi kurang fit.
Bila dilihat tidak hanya satu dua, tapi sangat banyak sopir bus yang kebut-kebutan. Hal ini berarti bukan sekedar masalah sopir, tetapi sumber permasalahannya adalah lingkup yang lebih besar. Mungkin manajemen PO atau manajemen transportasi Indonesia.
Ada manajemen PO yang menggunakan sistem kejar setoran. Bahkan bila armada mereka ngebut, maka semakin diminati penumpang.

Kecelakaan, apalagi kecelakaan massal memang sesuatu yang ingin kita hindari. Kita harus selalu berikhtiar memperbaiki sistem transportasi, dan selalu waspada dalam berkendara. Selain itu kita hendaknya juga menyadari bahwa kejadian apapun yang menimpa kita memang sudah sesuai dengan kehendak Allah dan ada hikmah dari setiap kejadian itu.

“Bersemangatlah dalam hal yang bermanfaat bagimu. Dan minta tolonglah pada Allah dan janganlah malas. Apabila kamu tertimpa sesuatu, janganlah kamu berkata: ‘Seandainya aku berbuat demikian, tentu tidak akan begini atau begitu’, tetapi katakanlah: ‘Qodarollahu wa maa sya’a fa’al’ (Ini telah ditakdirkan oleh Allah dan Allah berbuat apa yang dikehendaki-Nya) karena ucapan’seandainya’ akan membuka (pintu) setan.” (HR. Muslim)

Jadi hati-hati di jalan ya gan, tolong bantu biar teman-teman kita yang lain juga bisa lebih waspada.
seremmmmm
Spoiler for Kisah Lengkap:


Spoiler for Kisah Lengkap:


Spoiler for Kisah Lengkap:
Spoiler for Kisah Lengkap:


Spoiler for Kisah Lengkap:
Biasanya kebanyakan karena kelalaian manusia nya dan juga sarana nya gan


Quote:MONGGO MAMPIR KE LAPAK ANE GAN
Spoiler for SILAHKAN MAMPIR:


Website : WWW.RF-VALENTINE.COM
Facebook Group : VALENTINE-X RF Group
itu yg nomor 7 rombongan bis dari Jogja tuh yg habis liburan di bali..
serem gan,,,smga dijauhii dari musibah ky bgtu...
aduh kalau baca-baca gini pengennya g bepergian deh, pengen selalu di rumah
ngeri + tragis
serem..., makanya ane takut klu naek bis.
Serem Gan...
itu ada yang Plng liburan dari Bali ya gan...
jadi ngeri dah naek bis
Quote:Original Posted By mirjut
seremmmmm


Quote:Original Posted By .ben.bon.
serem gan,,,smga dijauhii dari musibah ky bgtu...


Quote:Original Posted By Helwie
aduh kalau baca-baca gini pengennya g bepergian deh, pengen selalu di rumah


Quote:Original Posted By velosteel
ngeri + tragis


Quote:Original Posted By WanCinZ
serem..., makanya ane takut klu naek bis.


Quote:Original Posted By zagonk
jadi ngeri dah naek bis


emang serem, ajal bisa menjemput tanpa terduga gan.
tapi jangan jadi ngeri naik bus gan, kendaraan apa pun juga nggak menutupi terjadinya kecelakaan.
semoga kita terhindar dari kecelakaan begini gan
Serem2 bgt kecelakaannya gan.. Biar jadi pelajaran buat pengemudi kendaraan bermotor..
Quote:Original Posted By Xp4ng3r4nX
Biasanya kebanyakan karena kelalaian manusia nya dan juga sarana nya gan




iya gan. tiap trayek biasanya dikasi waktu jam tertentu harus dah sampai terminal, jadi sopir suka ngebut. trus kadang capek & ngantuk tapi dipaksa.
sarana bisa dari kendaraan dan sarana jalan. desain kursi harusnya bisa mengurangi resiko terjepit, desain jendela kacanya ada plastik biar kalau pecah nggah bahaya
Quote:Original Posted By waroengdroid
itu yg nomor 7 rombongan bis dari Jogja tuh yg habis liburan di bali..


Quote:Original Posted By th3b3nt0
Serem Gan...
itu ada yang Plng liburan dari Bali ya gan...


iya, sori diedit jadi nomor 8. SMK di Sleman pulang karya wisata dari Bali, lokasinya deket pembangkit Paiton
nice tread gan
Quote:Original Posted By redche
nice tread gan


makasih gan, kalau berkenan
btw, ada opini seputar kecelakaan bus nggak gan?
haduhhh jadi ngeri gan.
tapi ane tetep setia menggunakan jasa bis,
yang penting jangan lupa bedoa gan.