KASKUS

HAGFISH ikan purba pemakan bangkai

Mau Share aja nih gan tentang Hagfish

Ikan Hagfish adalah ikan purba pemakan bangkai yang dipercaya memiliki hubungan dengan mahluk vertebrata tertua yang pernah ada.
Ikan ini dikenal sebagai ikan yang memiliki cara makan yang menjijikkan. Bila ada bangkai yang teronggok di dasar laut, maka, ia akan mencari lubang di bangkai itu. Dari lubang itulah kemudian ikan Hagfish makan.

Saat makan pun, ikan Hagfish tak hanya melahap makanan dari mulutnya. Menurut penelitian yang dilaksanakan oleh para peneliti, ikan Hagfish ternyata juga makan melalui kulit dan insangnya.

Ini dia bentuknya ,, liat giginya gan



Tak heran bila ikan buta ini berusaha untuk menelusup ke dalam lubang bangkai mahluk yang telah mati. Pasalnya, saat ia bisa masuk ke dalam, ia akan menyerap nutrisi berkonsentrasi tinggi.
Selama ini, hanya binatang invertebrata (yang tak punya tulang belakang) yang menyerap makanan mereka dari kulit, seperti cacing atau moluska. Namun, tidak ada binatang vertebrata (bertulang belakang) yang bisa melakukannya.



"Kemampuan lain yang dimiliki mahluk ini selain mengeluarkan kotoran yang tebal dan panjang saat ia diganggu, adalah organ tubuh mirip taring di dekat mulutnya yang berguna untuk mengeksplor lingkungannya," kata Carol Bucking, peneliti dari University of British Columbia dan Bamfield Marine Sciences Center Kanada, seperti dikutip dari situs LiveScience.
Peneliti membuktikan hal itu dengan memberikan dua jenis asam amino yang merupakan blok protein dasar yang dianalogikan sebagai nutrisi yang biasa dijumpai pada bangkai ikan.
Hasilnya, ikan Hagfish punya mekanisme molekuler pada jaringan kulitnya sehingga mampu memindahkan asam amino tadi ke dalam tubuhnya. Hasil penelitian itu sendiri telah dipublikasikan pada volume terbaru jurnal Proceedings of the Royal Society B: Biological Sciences.



Dengan demikian sistem pencernaan ikan Hagfish merepresentasikan sebuah transisi antara sistem yang digunakan oleh hewa invertebrata air lain seperti cacing, dengan vertebrata yang memiliki sistem pencernaan khusus seperti manusia.




Baru-baru ini para ilmuwan berhasil memfilmkan bagaimana Hagfish mempertahankan diri dari predator.

Dalam video tersebut diperlihatkan bagaimana hewan primitif menyeramkan yang lebih dikenal dengan sebutan belut ingus ini menembakkan jet lendir, ke arah predator yang cukup bodoh untuk mencoba memakannya.

Adalah peneliti dari Massey University, Selandia Baru, yang merilis rekaman bawah air ini yang menunjukkan bagaimana Hagfish mempertahankan diri dengan memancarkan lendir yang menyubat insang predator.

Begitu diserang, hagfish melepaskan zat lendir lengket dari lebih 200 buah kelenjar lendir pada pori-pori nya, menyebabkan sang predator muntah dan buru-buru mundur.

“Video rekaman kami di perairan Selandia Baru telah membuktikan bahwa hagfish mengeluarkan lendir pada kecepatan yang sangat tinggi ketika diserang oleh predator seperti hiu atau ikan lainnya.” tutur Dr Vincent Zintzen ilmuwan yang memimpin proyek ini.

“Temuan ini membantu menjelaskan mengapa hagfish, ikan sangat primitif, telah berhasil bertahan selama sekitar 300 juta tahun,” tambahnya.

Cara Ekstrim Hagfish Meloloskan Diri Dari Pemangsa





Sumber : thesun.co.uk
wow tapi sekarang ikan itu blum punah kan gan???
buset ane pingin gan liat gigi dan mulutnya, bener2 jijik + ngeri
Quote:Original Posted By irfanco254
wow tapi sekarang ikan itu blum punah kan gan???

Belum gan

Quote:Original Posted By kaskuser.java
buset ane pingin gan liat gigi dan mulutnya, bener2 jijik + ngeri


ngeri bgt gan , ane juga takut
Absurd amat ya fotonya
udah kek monster gitu
Quote:Original Posted By goblinz
Absurd amat ya fotonya
udah kek monster gitu


namanya juga ikan purba gan
bentuk giginya serem amet dah
hi sis :

ikannya jelek ya.. tp ane ganteng loh
Quote:Original Posted By kevinchoc
bentuk giginya serem amet dah


iya gan seren bgt
Quote:Original Posted By Nessiteras
hi sis :

ikannya jelek ya.. tp ane ganteng loh


apaan bgt sih gan
ikanya serem banget gan

Nice share gan..
Serem bgt ikan2 nya
Quote:Original Posted By Lieliesss
Nice share gan..
Serem bgt ikan2 nya


iyya emang ..
sering pergi ke dokter gigi tuh ikan
rapi banget giginya + kelihatan tajam kayaknya
tapi ada sayangnya kok ndak pake begel sich
biar kelihatan unyu - unyu gitu
mengerikan bentuk ikannya
Quote:Original Posted By don1985
sering pergi ke dokter gigi tuh ikan
rapi banget giginya + kelihatan tajam kayaknya
tapi ada sayangnya kok ndak pake begel sich
biar kelihatan unyu - unyu gitu


hahaha kn gak ababil ikannya gan
Quote:Original Posted By ilhameko12
mengerikan bentuk ikannya


ikannya apa giginya
ngeri juga ada ikan pemakan bangkai yah :merinding