Pemain bola indonesia di luar negri ditengah krisis pemain timnas

Disaat krisis pemain di timnas ternyata banyak pemain Indonesia yang berlaga di luar negri, mereka lebih memilih main diluar negri karena terdapat semua fasilitas yang mereka butuhkan, pelatihan yang baik, manajemen bagus, gaji besar.



Mereka ini anak bangsa keturunan Indonesia, darah sang garuda


Radja Nainggolan Cagliari/serie-A itali
Spoiler for foto:

Saat ini ada banyak pemain keturunan Indonesia yang berlaga di Eropa. Salah satunya adalah Radja Nainggolan, gelandang Cagliari yang memiliki darah Batak dari ayahnya.
Luzman Rifqi Karami
Bulan Januari 2010 menjadi tonggak bersejarah bagi pria keturunan Indonesia, Radja Nainggolan. Untuk pertama kalinya ia bisa berkarir di Serie-A. Klub lamanya, Piacenza yang berlaga di Serie-B meminjamkannya ke Cagliari. Sebelumnya ia sempat digosipkan akan berlabuh ke AS Roma.
Di Cagliari, pria kelahiran Atwerp, Belgia tersebut langsung menjadi andalan. Radja pun merasa senang dengan kepindahannya ke klub papan tengah Serie-A tersebut.

“Saya datang ke Cagliari dengan rasa antusias. Target saya ada bertumbuh dan berkembang di Seri A,” ungkap Radja Nainggolan yang lahir di Antwerp, Belgia seperti dilansir Goal.
“Saya dapat bermain di segala posisi di lapangan tengah. Saya merasa lebih baik di sisi kiri, tapi saya berharap bisa mendapatkan tempat di dalam tim ini,” harapnya.

Radja benar-benar memenuhi janjinya. Penampilan moncernya di Cagliari membuat banyak klub besar tertarik di antaranya Real Madrid dan AC Milan. Musim ini di Cagliari dia telah mencatat 15 penampilan dan mencetak 2 gol.

Ketua Umum Cagliari, Massimo Cellino sangat yakin jika Radja bisa mempertahankan performanya, ia bisa berseragam Madrid suatu saat nanti. “Saya puas dengan penampilan Nainggolan dan yakin suatu saat di akan mengenakan kostum Los Blancos. Tetapi dia masih muda, baru berusia 22 tahun dan kami akan menahan kepergiannya satu musim lagi,” ujar Cellino mengomentari performa apik Nainggolan.

Selain Madrid, Milan dikabarkan sebagai klub yang sangat tertarik mengincarnya. Dilaporkan La Gazzetta dello Sport, Milan ingin mendatangkan gelandang bertahan baru di bursa transfer musim panas untuk bisa mengisi tempat Gennaro Gattuso kelak. Pemain Belgia keturunan Batak itu menjadi salah satu opsi yang diambil Milan.

Pertimbangan Milan memasukkan nama Radja ke dalam wish list mereka tak lepas dari penampilan impresifnya bersama Cagliari di musim ini. Selain itu, usia Radja juga masih muda, yaitu 22 tahun, yang mana sesuai dengan ambisi Milan meremajakan tim.

Lebih Pilih Timnas Belgia
Radja memiliki keturunan Batak dari ayahnya. Ayahnya, Marius Nainggolan adalah orang Batak sedangkan ibunya, Lizi Bogaerd adalah kelahiran Belgia. Nama Nainggolan merupakan marga Batak dari ayahnya. Darah Batak yang mengalir dalam tubuhnya membuat Radja diharapkan bisa memperkuat timnas Indonesia seperti yang sudah dilakukan Irfan Bachdim dan Christian Gonzales.

Namun sayang harapan pecinta sepakbola nasional itu sepertinya sulit terwujud. Radja lebih memilih mengikuti darah ibunya. Radja telah mencatat 4 penampilan dan 1 gol bersama timnas U-21 Belgia. Ia juga sudah memperkuat timnas senior Belgia dan telah mengawali debut internasionalnya saat Belgia menghadapi Cile di Piala Kirin, 29 Mei 2009.

Biodata Radja
Nama lengkap: Radja Nainggolan
Tempat, tanggal lahir: Atwerp (Belgia), 4 Mei 1988
Tinggi/berat: 177 cm/65 kg
Posisi: Gelandang
No punggung: 4 (Cagliari)


Arthur Irawan RCD Espanyol B/sepanyol
Spoiler for arthur irawan:

Arthur Irawan, (lahir di Surabaya, 3 Maret 1993; umur 19 tahun adalah seorang pemain sepak bola berkewarganegaraan Indonesia yang sekarang bermain untuk klub RCD Espanyol B, berposisi sebagai bek kanan maupun gelandang tengah.
Karier
Junior
Sebelum merumput bersama klub RCD Espanyol B, Arthur sempat tercatat membela klub Lytham Town yang merupakan klub divisi amatir Inggris. Kemudian pemandu bakat dari Espanyol melihatnya ketika bermain di sebuah pertandingan di Inggris. Mereka mengontak agen/manajer. Arthur ditawari tes, selama 2 bulan masa training dan tidak lama kemudian teken kontrak selama 4 tahun. Diboyong Espanyol, jelas merupakan sebuah lompatan positif bagi karirnya. Arthur Irawan telah memilih filosofi sistem pembinaan usia muda Espanyol untuk dijalani, dan sebagai lompatan terakhir ke kancah sepak bola elite Eropa.
Tantangan dia sekarang, menurut para pelatih, yaitu bagaimana pemain itu akan beradaptasi dengan tuntutan dan gaya sepak bola elite Eropa. Arthur telah memilih Espanyol dan proyeksinya ke depan.

Klub
Kabar terbaru Arthur menuju Segunda Division alias kasta kedua setelah Primera Division La Liga, dan peluang untuk mengisi tim inti semakin terbuka lebar dari bangku cadangan. Arthur sendiri bermain sebagai salah satu dari kuartet bek Espanyol B. Situs klub melansir bila Arthur bermain cukup baik dalam pertandingan tersebut.


Stefano Lilipaly Almere City/belanda
Spoiler for stefano:


Gelandang Almere City ini menjalani pekan yang mengesankan di Eerste Divisie Belanda. Lilipaly kembali memperlihatkan naluri mencetak gol yang baik. Setelah menjadi penentu kemenangan saat menghadapi De Graafschap, pemain naturalisasi ini mencetak dua gol di dua laga berikutnya. Saat dikalahkan ADO '20 4-1 pertengahan pekan lalu, Lilipaly mencetak gol dari titik penalti. Ia mencetak gol pertama Almere saat dikalahkan Sparta Rotterdam 3-2 akhir pekan kemarin.

Victor Igbonefo Chiangrai United/thailand
Spoiler for igbonefo:


Bek berpostur besar ini tetap menjadi andalan klub Liga Primer Thailand (TPL) Chiangrai United di barisan belakang. Pemain naturalisasi ini menghindari gawang Chiangrai dari kebobolan menjelang babak pertama berakhir ketika mengalahkan Suphanburi FC 3-1 di Piala Thailand kemarin. Pemain Suphanburi melepaskan tendangan yang tak bisa dibendung kiper Chiangrai, namun Igbonefo mampu menghalau bola sebelum melewati garis gawang. Keunggulan 1-0 ini memberikan pengaruh di sisa pertandingan.

AlfinTuasalamony C.S. Vise/belgia
Spoiler for alfin:


Sempat mengalami kesulitan di awal musim ini, Alfin kini sudah menemukan bentuk permainannya, dan mulai diandalkan sebagai bek kanan. Alfin, yang disebut-sebut dibidik tim junior Benfica, masuk sebagai starter ketika menggasak Roulers 5-1. Di pertandingan ini, pemain berusia 19 tahun itu beberapa kali ikut membantu serangan yang mengancam lini belakang lawan, dan ia tampil selama 90 menit.

Syamsir Alam (Penarol/Uruguay)
Spoiler for syamsir:

Striker Sociedad Anonima Deportiva (SAD) Indonesia yang berlaga di kompetisi Uruguay U-17 dan U-19 ini menjadi talenta pertama yang menarik perhatian klub Penarol untuk meminangnya. Kini pemain kelahiran Balingka, IV Koto, Agam, Sumatera Barat, 6 Juli 1992 menjadi skuad inti Penarol U-19. Grafik positif yang diperlihatkannya bersama Penarol meninggalkan sebuah harapan besar akan datangnya pengganti, Kurniawan Dwi Julianto dan Bambang Pamungkas di tim Merah-Putih.

Yericho Christiantoko C.S. Vise/belgia
Spoiler for christianto:


Yericho Christiantoko masih belum memperlihatkan permainan meyakinkan di barisan belakang C.S. Vise, sehingga belum bisa menembus tim senior. Yericho bersama rekannya, Yandi Munawar masih bergelut di tim junior Vise. Walau telah mencetak tiga gol di tim junior, Yandi dinilai masih harus bekerja keras untuk menembus tim senior.

Yandi Sofyan Munawar (CS Vise/Belgia)
Spoiler for yandi:

Koleksi 20 gol bersama SAD Indonesia saat berlaga di Kompetisi U-19 Uruguay menjadi referensi penting bagi CS Vise untuk menggunakan jasanya. Selain itu pemain kelahiran, Garut 25 Mei 1992 ini memiliki skill mumpuni untuk menjadi seorang penyerang. Adik kandung dari mantan striker timnas Zaenal Arif ini diprediksi bisa meneruskan kejayaan sang kakak saat bersama timnas Indonesia. Akurasi tendangan dan bisa menempati penyerang sayap menjadi kelebihan yang bisa dimanfaatkan CS Vise

M. Zainal Haq (Penarol/Uruguay)
Sama seperti Syamsir, M. Zainal Haq menyanggupi bergabung bersama Penarol yang terang-terangan membutuhkan jasanya di lapangan. Pemaon kelahiran, Sidoarjo, 5 April 1992 ini piawai bermain di sektor pertahanan. Namun kelebihan lainnya bisa beroperasi di pisisi gelandang. Termasuk pemain serbabisa inilah yang membuat Penarol tertarik membawa Zainal bergabung. Zainal juga memperlihatkan konsistensinya bersama timnas Indonesia sejak bergabung di Timnas U-16, Timnas U-17, Timnas U-19 dan telah menyumbang 5 gol untuk tim Merah-putih.

pertamax diamankan polisi
Yericho Christiantoko ini bukannya dah pulang kampung
gak ada fotonya gan
bentar ya gan lg belajar buat thread nih
ga ada foto gak greget gan
kacang lupa kulit tuh
ini semua gara2 orang2 yang mencampur adukan politik dengan sepak bola, aslinya indonesia punya potensi yang besar klo cuma buat aff aja
karena klo di indonesia bakat mereka ga bisa bertambah
sebenernya yg terjadi bukan krisis pemain..kita krisis pengurus pssi yg cerdas dan jujur
Radja Nainggolan kan lebih milih timnas belgia gan
ini bukti kalau di indonesia memang buruk buat karier sepak bola
radja nainggolan bukannya udah declare kalo dia ga mau membela negara indonesia ya gan ? tp membela negara lainnya
sedih gan, ngeliat squad kemaren padahal banyak pemain bagus.. firman utina, boaz, tibo dll
Menurut ane bukannya mereka ga nasionalisme tetapi keadaan sepakbola di Indonesia acak kadut gan...
Quote:Original Posted By .zupper.
radja nainggolan bukannya udah declare kalo dia ga mau membela negara indonesia ya gan ? tp membela negara lainnya


iya gan,, dia milih darah nyokapnya belgia.. indonesia ga menjamin dia sukses

Quote:Original Posted By joeindustries
Menurut ane bukannya mereka ga nasionalisme tetapi keadaan sepakbola di Indonesia acak kadut gan...

bener gan, sepakbola kita udah kena virus politik. jadi makin hancur

radja nainggolan
pemain bagus nih, kenapa gak dipanggil yah..
Quote:Original Posted By kevinchoc
radja nainggolan
pemain bagus nih, kenapa gak dipanggil yah..


ga mau dia gan, persepakbolaan indonesia lg carut marut

Quote:Original Posted By Kuncen..
sebenernya yg terjadi bukan krisis pemain..kita krisis pengurus pssi yg cerdas dan jujur
krisis pemain waktu aff 2012 gan,