KASKUS

Cerita ANTU BANYU (hantu air) Palembang



Quote:
Jangan lamo lamo di Sungai, Agek ado Antu banyu”. artinya, Jangan lama lama di sungai, Nanti ada hantu air, kata kata itu sering di ucapkan oleh para orang tua di sumatera selatan khususnya di Palembang jika melihat anaknya keasyikan berenang di sungai musi.

Masa kanak kanak saya habiskan di Palembang, saya punya wak yang rumahnya berada di pinggir sungai musi. Pernah suatu ketika saya dan anak anak wak berenang menyebrangi sungai musi, di usia yang masih belia saya sudah pandai berenang, adalah aib bagi orang Palembang jika sudah besar tapi tidak pandai berenang.

Di saat liburan saya juga maen ke rumah nenek di Sekayu tepatnya di kampung kerengen, Musi Banyu Asin, yang bikin saya senang, rumah nenek dekat sekali dengan sungai musi, dari jendelanya yang lapang saya dapat melihat air sungai musi yang berwarna kecoklatan.

Warna sungai musi yang kecoklatan di yakini sebagai pertanda akan munculnya antu banyu, cerita tentang antu banyu di tuturkan dari lisan ke lisan, cerita ini mempunyai sejarah yang panjang, mungkin karena daerah Palembang atau Sumatera Selatan di kepung sama banyak sungai sehingga yang muncul adalah cerita Antu Banyu ( Hantu Air)

Bagaimana wujud sebenarnya dari antu banyu?

Dari serpihan serpihan cerita yang saya dapat, paling tidak antu banyu memiliki beberapa ciri, pertama, Hantu ini memiliki rambut yang panjang, kedua rambutnya keras seperti satang, ketiga suka mengincar anak anak atau pendatang, keempat muncul ketika air sungai musi berwarna kecoklat coklatan, kelima suka memakan ubun ubun kepala dan sumsum tulang belakang( Serem banget ya)

Selama berenang di sungai musi, saya dan anak anak wak tidak pernah merasakan takut dengan antu banyu, mungkin waktu itu saya belum punya gambaran yang jelas tentang makhluk yang menyeramkan ini, walau pun sudah pernah mendengar ceritanya

Apakah antu banyu pernah terlihat manusia? Tidak sedikit yang mengaku sudah pernah melihat hantu air ini namun sampai sekarang saya belum pernah mendengar ada yang berhasil memotret antu banyu. Ada juga yang berpendapat kalo Antu Banyu itu sebenarnya adalah makhluk purba, kalo memang demikian maka harus di adakan sebuah penelitian yang terencana dengan matang untuk dapat mengetahui sebenarnya antu banyu itu makhluk yang seperti apa?

Ada lagi pendapat yang lebih aneh, pendapat ini datang dari para penggemar film film Alien, mereka mengatakan kalo antu bantu adalah tamu yang tak di undang alias pendatang dari planet lain, dia memilih sungai musi karena memang sungai itu sangat cocok di jadikan tempat bersembunyi

Terlepas dari itu semua cerita tentang antu banyu akan tetap melegenda di benak masyarakat Sumatera Selatan…” Jangan lamo lamo di sungai, agek ado antu banyu” kata seorang ayah kepada anaknya, kemudian sang anak menjawab,” Yo ba, aku dak lamo lamo, paling jugo tigo jam”

Selain menyerang orang yang berenang antu banyu juga menyerang orang yang berperahu, dengan rambutnya yang panjang dan mirip satang antu ini mampu membuat sebuah perahu karam. Saya suka merinding kalo melihat air sungai musi ketika petang datang menjelang.

Karenanya setiap menjelang magrib sangat tidak di anjurkan untuk tetap berenang apalagi ada kepercayaan para setan dan arwah mulai bergentayangan di saat magrib. Cerita Antu Banyu ini saya dengar bersamaan dengan cerita buaya putih dan hantu selema( nama seorang gadis cantik di jaman belanda)

Ketika meninggal selema tidak di terima oleh bumi lalu oleh seorang ulama jasad selema di anyutkan di sungai musi sejak itu arwahnya gentayangan mendatangi setiap orang yang pernah di kenalnya. Ada beberapa tanda jika selema datang, pertama akan ada aroma kembang tujuh rupa, kedua ada ketukan perlahan di pintu, ketiga ada suara perlahan mirip sebuah bisikan,” buka, buka pintu, aku kedinginan di luar….


Quote: tapi menurut penuturan temen ane yang tinggal di pinggir sungai musi tepanya di daerah kimarogan antu banyu itu emang ada dan suka menampakkan diri saat habis magrib...banyak wisatawan2 sengaja datang ke palembang hanya untuk melihat bagaimana rupa antu banyu... hantu banyu sendiri bisa dengan mudah ditemui di daerah plaju patra,ki marogan,kertapati....pokok nya di pinggiran sungai musi antu banyu sering menampakan diri apalagi klo habis magrib....banyak yg uda meninggal dan mayat nya ga di temuin smpe skrg dan ada jga korban yang selamat dan menuturkan kalo dia di tarik oleh sosok antu banyu berbadan cungkring dan berambut panjang seperti kera, mungkin belum ajal dia pun bisa lepas dari maut tersebut

ya itulah segelintir cerita tentang antu banyu percaya atau tidak kembali ke masing2


wah ente yang bener aje gan
malem2 gini ceritanya malah hantu gt

s:
Quote:Original Posted By .zupper.
wah ente yang bener aje gan
malem2 gini ceritanya malah hantu gt

s:


ane ga boong gan tanya aje klo ada keluarga di Palembang
bukan di sungai musi be mang,tapi di sungai tempat arung jeram (dilubuk linggau tepatnyo)jugo ado




serem amat yah
yang bener gan?

serem juga baca nya ....
cerita hantu banyu itu jga ada di kalimantan tengah kapuas,dulu waktu masih kecil tiap sore,pasti berenang di sungai kapuas,kalo udah sore lgsg tuh ditakut2i biar cepet pulang
Quote:Original Posted By .EndyBe.
bukan di sungai musi be mang,tapi di sungai tempat arung jeram (dilubuk linggau tepatnyo)jugo ado


wkwkwkwkwk mungkin dio anyut kesano lor
Quote:Original Posted By Chokolatoz
cerita hantu banyu itu jga ada di kalimantan tengah kapuas,dulu waktu masih kecil tiap sore,pasti berenang di sungai kapuas,kalo udah sore lgsg tuh ditakut2i biar cepet pulang


sabar gan
Sebagai wong palembang
Ak nak bagi cerito jugo ye gan

Sebenenya sih hantu banyu itu bisa berada si mana saja bkan hanya di sungai yah pkoknya dimna ajalah asalkan ada airnya coz nanti klo gak ada air dia gak bisa nafas gan

Cerita antu banyu memang banyak gan
Dan ane pernah juga mendengar cerita itu dari sanak keluarga maupun teman
Salah satunya yaitu

Suatu hari
Ada seorang pemuda yang berenang di tepi sungai
Yah pokoknya berenang seperti biasalah gak tau dah pkek baju apa enggak
Dan saat sedang asyk-asyknya tiba-tiba berenang tuh pemuda langsung tenggelam gan

Dan saat tenggelam tidak ada satupun warga Yang bisa menolong
Sampai akhirnya pemuda itu ditemukan dalam kondisi meningggal dengan keadaan yang mengenaskan
Yaitu dengan keaadaan isi otak yang tidak ada lagi

Itulah cerutinya gan
Percaya gak percaya tapi itulah kenyataannya gan

Klo wujud hantu banyu sih banyak yang bilang klo dia itu bertaring,bercakar panjang,bersisik,kakinya bisa berupa ekor,rambut panjang tapi gak berkumis gan dan pastinya hidup di air coz Ko hidup di darat namanya hantu darat gan

Cuman sekedar berbagi lor maafkelah klo ak banyak ngoceh
Coz wong palembang gitu loh

KLlo dak seneng ketawo berarti bkan wong palembang tapi uwong gilo (maksud aku kebalikannyo)
wakwaokwaowa ai nian apo mang jangan mudike gek
Quote:Original Posted By riyanmufc


wkwkwkwkwk mungkin dio anyut kesano lor


ciyus?
buknny dari linggau dulu baru kpalembang antu banyunyo anyut
erita hantu banyu itu jga ada di kalimantan tengah kapuas
Quote:Original Posted By Vagabond008
Sebagai wong palembang
Ak nak bagi cerito jugo ye gan

Sebenenya sih hantu banyu itu bisa berada si mana saja bkan hanya di sungai yah pkoknya dimna ajalah asalkan ada airnya coz nanti klo gak ada air dia gak bisa nafas gan

Cerita antu banyu memang banyak gan
Dan ane pernah juga mendengar cerita itu dari sanak keluarga maupun teman
Salah satunya yaitu

Suatu hari
Ada seorang pemuda yang berenang di tepi sungai
Yah pokoknya berenang seperti biasalah gak tau dah pkek baju apa enggak
Dan saat sedang asyk-asyknya tiba-tiba berenang tuh pemuda langsung tenggelam gan

Dan saat tenggelam tidak ada satupun warga Yang bisa menolong
Sampai akhirnya pemuda itu ditemukan dalam kondisi meningggal dengan keadaan yang mengenaskan
Yaitu dengan keaadaan isi otak yang tidak ada lagi

Itulah cerutinya gan
Percaya gak percaya tapi itulah kenyataannya gan

Klo wujud hantu banyu sih banyak yang bilang klo dia itu bertaring,bercakar panjang,bersisik,kakinya bisa berupa ekor,rambut panjang tapi gak berkumis gan dan pastinya hidup di air coz Ko hidup di darat namanya hantu darat gan

Cuman sekedar berbagi lor maafkelah klo ak banyak ngoceh
Coz wong palembang gitu loh

KLlo dak seneng ketawo berarti bkan wong palembang tapi uwong gilo (maksud aku kebalikannyo)


wkwkwkwkw klo dak seneng ketawo bukan wong palembang

edop kelakar betok
Quote:Original Posted By Allianca
wakwaokwaowa ai nian apo mang jangan mudike gek


Nian mang cbolah klo kw dak percayo
Tapi mandinyo jangan dak becelano agek kw yang disangko hantu banyunyo

Peace gan


demi apo men antu banyu ado nian
Quote:Original Posted By Vagabond008


Nian mang cbolah klo kw dak percayo
Tapi mandinyo jangan dak becelano agek kw yang disangko hantu banyunyo

Peace gan




hahahaha
Quote:Original Posted By Vagabond008


Nian mang cbolah klo kw dak percayo
Tapi mandinyo jangan dak becelano agek kw yang disangko hantu banyunyo

Peace gan





wkwkwkwkwkwk inilah asik nyo wong palembang

nian apo mang cek , , , ,
gek ngolake pulok , , , ,

Quote:Original Posted By flamingshop
nian apo mang cek , , , ,
gek ngolake pulok , , , ,



hahahahahahaha aduuuh dak berenti ketawo kalo samo samo wong kito nih