KASKUS

Heart [MYTH] Amaterasu, Dewi Matahari dalam Mitologi Jepang


-Salam Mitologi-

Halo agan dan aganwati semua!
Setelah beberapa hari ini kosong, malam ini saya akan menyajikan thread yang saya janjikan sebagai kelanjutan thread sebelumnya:
Izanami dan Izanagi, Dewa-Dewi Dalam Mitologi Jepang
Thread yang berkaitan:
Tsukuyomi, Dewa Bulan dalam Mitologi Jepang
Susanoo, Dewa Badai dan Laut dalam Mitologi Jepang

Inilah Kami (dewa) yang paling dipuja di Jepang sekaligus dewa tertinggi kepercayaan Shinto.
Get ready!

Quote:Quote:Amaterasu



Quote:Dalam sejarah Jepang dan kepercayaan Shinto, Amaterasu adalah dewi matahari yang memiliki peran sangat penting terhadap kehidupan. Dia juga dikenal dengan nama Amaterasu-Omikami atau Ohirume-no-Muchi-no-Kami. Namanya terdiri dari kata Amateru yang berarti "bersinar di surga". Konon, Kaisar Jepang adalah keturunan langsung dari Amaterasu.




Quote:Origins of Amaterasu

Kisah mengenai Amaterasu tercatat dalam sejarah kuno Jepang yaitu Kojiki dan Nihon Shoki. Dia terlahir dari Izanagi ketika sedang mencuci mata kirinya setelah pulang dari Yomi (Underworld). Amaterasu merupakan saudari dari Tsukuyomi dan Susanoo. Amaterasu merupakan Dewi Matahari yang sangat dipuja di Jepang.




Quote:Amaterasu dan Tsukuyomi

Amaterasu ditugaskan untuk menguasai bumi oleh ayahnya, Izanagi. Dia menjadi penguasa matahari dan surga bersama dengan saudaranya, Tsukuyomi yang menguasai bulan dan malam hari. Sebenarnya, dulu Amaterasu berbagi langit dengan Tsukuyomi. Namun ketika sebuah tragedi yang melibatkan Tsukuyomi terjadi kepada Uke Mochi (Dewi Makanan), Amaterasu menganggap Tsukuyomi jahat sehingga memisahkan malam dengan siang.




Quote:Pertengkaran dengan Susanoo

Hubungan antara Amaterasu dan Susanoo tidak selalu baik. Suatu ketika, karena kesal dengan tingkah Susanoo, Izanagi membuang Susanoo ke Yomi. Namun, karena dia masih memiliki beberapa urusan, dia pergi ke Takamagahara (Surga) untuk menemui Amaterasu. Amaterasu merasa curiga, namun Susanoo berkata bahwa dia hanya ingin mengucapkan salam perpisahan. Amaterasu tidak percaya dan meminta sebuah tantangan untuk menunjukkan kebaikan Susanoo.

Masing-masing dari mereka mengambil sebuah benda yang dimiliki dan berusaha menciptakan dewa atau dewi dari benda itu. Amaterasu menciptakan 3 wanita dari pedang Susanoo sedangkan 5 pria tercipta dari kalung Amaterasu. Keduanya merasa sebagai pemenang karena Susanoo menyatakan mampu menciptakan lebih banyak dari Amaterasu. Akan tetapi Amaterasu mengatakan bahwa barang tersebut miliknya. Kemudian Susanoo merasa kesal dan mengamuk. Dia mengancurkan persawahan Amaterasu dan melemparkan kuda poni (binatang yang dianggap sakral oleh Amaterasu) ke aula yang menewaskan pengawal Amaterasu. Amaterasu menjadi marah dan sedih. Dia bersembunyi di sebuah goa Ama-no-Iwato yang mengakibatkan matahari menghilang selama beberapa lama. Susanoo kemudian dibuang dari Surga.

Walaupun demikian, Amaterasu dibujuk untuk keluar dari goa oleh semua dewa, namun ditolak. Akhirnya, Dewi Keceriaan yang bernama Ame-no-Uzume membuat sebuah rencana. Dia meletakkan sebuah cermin perunggu besar dan meletakannya di sebuah pohon yang menghadap ke arah mulut goa. Kemudian Uzume berpakaian bunga dan dedaunan, membalikan sebuah ember cucian, menari di atasnya dan menabuh ember tersebut dengan kakinya. Akhirnya, Uzume melepaskan pakaiannya dan menari sambil telanjang. Semua dewa tertawa dengan keras dan membuat Amaterasu penasaran. Amaterasu akhirnya mengintip dari dalam dan sebuah cahaya (yang akhirnya dinamakan fajar), terpancar. Amaterasu melihat seorang dewi yang begitu cantik yang sebenarnya adalah pantulan dirinya di cermin. Dengan cepat, Dewa Ameno-Tajikarawo menarik Amaterasu dari dalam goa. Karena diliputi dengan keceriaan, Amaterasu berjanji untuk mengembalikan terang agar kegelapan hilang dari dunia. Uzume kemudian dikenal juga sebagai Dewi Fajar.

Sesudah itu, Amaterasu berdamai dan Susanoo menyerahkan pedang Kusanagi-no-Tsurugi sebagai hadiah penyesalan.




Quote:Imperial Regalia of Japan

Menurut legenda, Amaterasu mewariskan pusaka berupa cermin Yata-no-Kagami, kristal Yasakani-no-Magatama dan pedang Kusanagi-no-Tsurugi kepada Ninigi (salah satu keturunannya). Ketiga pusaka ini akhirnya menjadi Tanda Kebesaran Kekaisaran Jepang (Imperial Regalia of Japan).

Kuil Ise yang terletak di Honshu dibangun sebagai bentuk penghormatan untuk Amaterasu. Konon, cermin Yata-no-Kagami tersimpan di kuil tersebut. Bahkan sebuah upacara setiap 20 tahun sekali yang bernama Shinkinen Sengu diadakan untuk menghormati Amaterasu. Pakaian baru dan makanan dipersembahkan kepada Amaterasu sebagai praktek dari ajaran Shinto yang masih dibudayakan dari tahun 690.

Originally posted by:
©2012 baccu




Quote:NO REPOST



sumber
sumber





Buat agan2 yang mau berkunjung ke trit ane yang lain, silahkan klik gambar berikut





THREAD INI DIDUKUNG OLEH



klick banner untuk mampir ke markas STK

KOMENTAR KASKUSER

Quote:Original Posted By negativisme
Matahari kan bagian utama dari ajaran Shinto dan yg dipuja dalam upacara Seikerei...
jadi ini toh yg jadi inspirasi simbol bulat merah dalam bendera Jepang...

Nice


Quote:Original Posted By Pekoms
naruto inspirasinya dari sini nih


Quote:Original Posted By sudyindra
Lucu juga ya gan, komik Naruto mengangkat nama dewa2 nya sebagai cerita yang berbeda.
hooo gitu ceritanya

ane kira amaterasu itu sharingan doang wkwkwk
wah ternyata jurusnya itachi ada legendanya.. kirain asal kasih nama doang
Quote:Original Posted By Zombatter
hooo gitu ceritanya

ane kira amaterasu itu sharingan doang wkwkwk


Quote:Original Posted By Nessiteras
wah ternyata jurusnya itachi ada legendanya.. kirain asal kasih nama doang



lagi-lagi ane baru tau kalo selain Izanagi sama Izanami, Amaterasu juga jadi nama jurus di Naruto

nice info gan..
keren ya ternyata... cewek lagi..
keren gann ane jadi ga baca ceritanya,
malah inget ke naruto nya
wah ketemu lagi sama agan baccu

baru saja kemarin request, eh sudah dibikin

keknya kisahnya masih menggantung di bagian tengah
coba kalo Tsukuyomi sama Susanoo dimasukkin juga


saya bantu ya
Quote:Original Posted By erp168
nice info gan..
keren ya ternyata... cewek lagi..



agan erp ngincer pejwan mulu nih

Quote:Original Posted By FerZes
keren gann ane jadi ga baca ceritanya,
malah inget ke naruto nya


ada2 aja gan
Quote:Original Posted By c_inta
wah ketemu lagi sama agan baccu

baru saja kemarin request, eh sudah dibikin

keknya kisahnya masih menggantung di bagian tengah
coba kalo Tsukuyomi sama Susanoo dimasukkin juga


saya bantu ya


emang sengaja ane ga masukin Tsukuyomi sama Susanoo sist

biar ntar banyak yang penasaran dan selalu stay tuned di thread ane
sundul pejwan dulu biar rame
:sup



jurus" dari anime naruto terinspirasi dari sini toh.
baru tau ane gan.

kusanagi sword juga ada gan di naruto.
ane demen banget baca-baca legenda beginian..
ternyata amaterasu itu perempuan yah
yg ane tw amaterasu jurus ny itachi di komik naruto, trnyta ad legenda ny.
Quote:Original Posted By zotyvengeance
jurus" dari anime naruto terinspirasi dari sini toh.
baru tau ane gan.

kusanagi sword juga ada gan di naruto.

iya gan


Kusanagi salah satu Regalia Jepang gan

Quote:Original Posted By ohasanoe
ane demen banget baca-baca legenda beginian..
ternyata amaterasu itu perempuan yah

yoi gan

Quote:Original Posted By gibrany
yg ane tw amaterasu jurus ny itachi di komik naruto, trnyta ad legenda ny.

ada dong

apa jaman dlu udah ada baju sekeren itu ya gan??
Wew thread baru yg makin mantaps ajah gan TS. Jd matahari malah personifikasi dr dewi ya bukannya dewa. kalo cerita legenda jepang itu banyak gak yah, soalnya pernah baca2 thread mitos yunani busyeeet seabrek gan... Apa legenda n mitos dewa dewi jepang jg begitu?
nice inpoh gan
Quote:Original Posted By klimaks30
apa jaman dlu udah ada baju sekeren itu ya gan??


kimono udah ada dari dulu gan

Quote:Original Posted By ramon1979
Wew thread baru yg makin mantaps ajah gan TS. Jd matahari malah personifikasi dr dewi ya bukannya dewa. kalo cerita legenda jepang itu banyak gak yah, soalnya pernah baca2 thread mitos yunani busyeeet seabrek gan... Apa legenda n mitos dewa dewi jepang jg begitu?

iya om

yang pasti ga sepanjang Greek Myth

Quote:Original Posted By cupidshop
nice inpoh gan


nyimak dlu gan
gila serem banget gan,sedangkan kartun indonesia jarang banget menggunakan unsur sejarang
×