KASKUS

Exclamation Gus Dur tidak pernah terlibat korupsi (Buloggate dan Bruneigate)...tapiiiii

Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemberdayaan Perempuan di era pemerintahan Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Khofifah Indar Parawansa, menyatakan Gus Dur tidak pernah terlibat kasus korupsi, apalagi dalam kasus Buloggate dan Bruneigate.

"Gus Dur tidak pernah diputuskan bersalah atas kasus Buloggate dan Bruneigate secara yuridis," kata Khofifah di Jakarta, Selasa.

Dikatakannya, lengsernya Gus Dur dari kursi kepresidenan sama sekali tidak terkait dengan kedua kasus hukum itu, namun akibat persoalan politik.

"Negara ini negara hukum, tetapi Gus Dur diturunkan karena politik, bukan yuridis," katanya.

Sidang Istimewa MPR yang menurunkan Gus Dur, kata Khofifah, digelar bukan karena Buloggate dan Bruneigate.

Bahkan, lanjutnya, bantuan Sultan Brunei yang dituduhkan dikorupsi belum pernah turun, baru berupa janji.

"Gus Dur terlalu transparan dalam mengelola negara, sehingga saat Sultan Brunei memberikan janji akan memberikan bantuan, sudah disampaikan kepada beberapa orang. Bantuan tersebut belum pernah turun sehingga tidak ada kaitan dengan korupsi, bersih, tidak bersih," katanya.

Oleh karena itu, kata Khofifah, jika ada pihak yang menyebutkan Gus Dur lengser karena korupsi, terlebih terkait Buloggate dan Bruneigate, maka itu sama sekali tidak benar.

Khofifah menyesalkan jika politikus Partai Demokrat Sutan Bathoegana benar-benar menyebut Gus Dur lengser karena kasus korupsi, seperti marak diberitakan beberapa hari ini.

"Atas nama Ketua Umum PP Muslimat NU, saya menyesalkan pernyataan Sutan Bathoegana soal Gus Dur," katanya.

Kalangan NU memang bereaksi keras terhadap pernyataan Sutan Bathoegana yang dinilai sebagai fitnah terhadap Gus Dur dan melecehkan tokoh kebanggaan warga Nadliyyin itu.

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj meminta Partai Demokrat memberi sanksi kepada Sutan. Sementara kalangan muda NU yang diwakili Gerakan Pemuda Ansor menuntut Demokrat memecat Sutan.

Sutan Bathoegana sendiri membantah mengeluarkan pernyataan itu. Ia pun membantah bermaksud menghina Gus Dur.

Sedangkan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum meminta maaf kepada keluarga Gus Dur, pengikut, dan warga NU.
(S024/Z003)

SUMBER



TS : .....kenapa turun di tengah jalan........?

aneh juga, inikan muncul dari dialog, terus kenapa yg tanya pertanyaan gak sekalian ikut di demo, itu namanya "memancing di air yg keruh" dah tau partai demokrat lg dirundung masalah nasih aja ada acara krtiik-mengkritik yg ujung-ujungnya.........................gak jelas.
ya jelas lah, pada gerah dan ga bisa ngapa-ngapain kalau gusdur masih menjabat, anggota dpr aja di bilang taman kanak kanak
itu karena si Amin Rais pengen jadi presiden
loh. bkn'y si sutan tuh dah klarifikasi yah omongan'y itu. yg blg ampe lengser karna korupsi kan lawan dialog'y si dhana itu klo ga salah. malah lepas tanggung jwb lg itu orang. bnr" pgn jatuhin PD ky'y.
Gus Dur kan salah satu guru bangsa, jadi ya harus dihargai.

Menghargai bapak bangsa kan perbuatan mulia, bagus itu.
soal turunnya GUS DUR?

kasian yg bikin logika, coba buktiin saja di pengadilan?!!!!

mbok ya demokrat lebih bijak kenape, NAZAR ama SONDAK dah sah terbukti , eh si anas ama juragannya gak guling2 di kekuasaaan
Sebaiknya politikus lebih ngejaga bacot dikit kalo udah nyinggung2 Alm.Gusdur, ntar kalo ada pengikut setianye Alm.Gusdur ga terima ma statement ente, bukan kagak mungkin didalem kepala ente ketanem Paku+Jarum
Pejabat" di demokrat kebanyakan turun jabatan karena terlibat kasus korupsi, jadi si setan batu sembarangan saja samain gusdur dengan kader" demokrat.
Harusnya yang tanya juga hati2, dan yg kasih statement harus lebih hati2, apalagi kalo ga tau mslhnya,.,Tuntut aja Sutan,.,
Quote:Original Posted By m0m0n..
Sebaiknya politikus lebih ngejaga bacot dikit kalo udah nyinggung2 Alm.Gusdur, ntar kalo ada pengikut setianye Alm.Gusdur ga terima ma statement ente, bukan kagak mungkin didalem kepala ente ketanem Paku+Jarum


gak apa dah gan kalo di kepala botaknya si batu itu ada paku+jarum
biar ngerasain dan cepet beres dah tuh manusia, empet ane liatnya kalo ngomong udah kayak manusia yang paling bener aja
niat Gus Brur mau membubarkan MPR dan DPR itu persoalan yang sangat yuridis...bicara tentang konstitusi dan hukum tata negara...
DPR = taman2 kanak2 berarti anak SD, SMP, SMA lebih mending jadi anggota DPR daripada anggota DPR itu sendiri DPR nya jadi susah korupsi waktu Gusdur menjabat
Quote:Original Posted By jojocircus
niat Gus Brur mau membubarkan MPR dan DPR itu persoalan yang sangat yuridis...bicara tentang konstitusi dan hukum tata negara...


halah....sekarang pada pengen bubarin DPR, kenapa era gus dur pada mencaci!!!!

su ck

gus dur pasang badan malahan, sekarang sapa yg mau pasang badan bubarin DPR ?
Quote:Original Posted By jamorama


halah....sekarang pada pengen bubarin DPR, kenapa era gus dur pada mencaci!!!!

su ck

gus dur pasang badan malahan, sekarang sapa yg mau pasang badan bubarin DPR ?


hahaha,

bener gan

GUSDUR terang2an pasang badan buat mbubarin DPR karena cara2nya yang jelas2 mementingkan golongan diatas kepentingan rakyat.

miris ngeliat yang skarang om
Tanpa bermaksud kurang ajar, Emang GUS DUR kan kenyataannya LENGSER karena KASUS-KASUS itu kan?

Terlepas terbukti benar secara YURIDIS ato TIDAK, (bisa jadi untuk menghargai GUS DUR sehingga tidak perlu sampai ke PEMBUKTIAN secara YURIDIS yang malah bisa SEMAKIN MEMPERMALUKAN PRIBADI GUS DUR)
Quote:Original Posted By mfzubaedi
Tanpa bermaksud kurang ajar, Emang GUS DUR kan kenyataannya LENGSER karena KASUS-KASUS itu kan?

Terlepas terbukti benar secara YURIDIS ato TIDAK, (bisa jadi untuk menghargai GUS DUR sehingga tidak perlu sampai ke PEMBUKTIAN secara YURIDIS yang malah bisa SEMAKIN MEMPERMALUKAN PRIBADI GUS DUR)


ada bukti ???
klo ga ada, pelajari lg kasus2nya
apa lg kalo ga tau, mending diem aja

andai kata dekrit presiden Abdurrahman Wahid dilaksanakan
bukan tidak mgkn birokrasi berjalan bener2 transparan dan bersih
sudahlah ..faktanya emang demikian khan? kita dulu khan yang rame2 demo gus dur karena soal itu. Soal tidak dibuktikan dipengadilan karena faktor stabilitas saja. Nggak usah pada amnesia ...
Quote:Original Posted By mfzubaedi
Tanpa bermaksud kurang ajar, Emang GUS DUR kan kenyataannya LENGSER karena KASUS-KASUS itu kan?

Terlepas terbukti benar secara YURIDIS ato TIDAK, (bisa jadi untuk menghargai GUS DUR sehingga tidak perlu sampai ke PEMBUKTIAN secara YURIDIS yang malah bisa SEMAKIN MEMPERMALUKAN PRIBADI GUS DUR)




semakin lama gus dur menjabat sebagai presiden semakin cepat bubarnya DPR.
semakin cepat gus dur dilengserkan semakin aman posisi DPR.

silakan cari tau dulu kenapa sampai keluar statment dari gus dur kalau dpr itu seperti taman kanak kanak.

berita diatas sepertinya sudah menjawab pertanyaan anda tuh.
Alm Gus Dur gak pernah terlibat korupsi pada waktu itu jadi kalau ada yang mengatakan gus dur turun karena korupsi ya harus di hadapkan ke meja hijau tuh
yang pasti ucapan gus dur bahwa dpr adalah taman kanak kanak sudah terbukti jelas sekarang
×