KASKUS

Pasal 280 UU 22 tahun 2009 Tanda Nomor Kendaraan Bermotor

Agan2... mohon advicenya terkait dengan pasal 280 tentang TNKB,

"Pasal 280
Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di
Jalan yang tidak dipasangi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor
yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia
sebagaimana dimaksud dalam Pasal 68 ayat (1) dipidana
dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau
denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah)."

Pasal 68
"(1) Setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di Jalan
wajib dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan
Bermotor dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.
(2) Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor sebagaimana
dimaksud pada ayat (1) memuat data Kendaraan
Bermotor, identitas pemilik, nomor registrasi Kendaraan
Bermotor, dan masa berlaku.
(3) Tanda Nomor Kendaraan Bermotor sebagaimana
dimaksud pada ayat (1) memuat kode wilayah, nomor
registrasi, dan masa berlaku.
(4) Tanda Nomor Kendaraan Bermotor harus memenuhi
syarat bentuk, ukuran, bahan, warna, dan cara
pemasangan.
(5) Selain Tanda Nomor Kendaraan Bermotor sebagaimana
dimaksud pada ayat (3) dapat dikeluarkan Tanda Nomor
Kendaraan Bermotor khusus dan/atau Tanda Nomor
Kendaraan Bermotor rahasia.
(6) Ketentuan lebih lanjut mengenai Surat Tanda Nomor
Kendaraan Bermotor dan Tanda Nomor Kendaraan
Bermotor diatur dengan peraturan Kepala Kepolisian
Negara Republik Indonesia. "

yang mau saya tanyakan, apakah pasal 280 bisa menjadi dasar atas penilangan kendaraan bermotor yang hanya memasang 1 TNKB original dari kepolisian.

jika ada referensi peraturan yang lain, yang menyebutkan kendaraan bermotor harus/wajib memasang 2 TNKB pada posisi depan dan belakang.. mohon disharing...

saya penasaran karena semalam habis kena tilang pasal 280 ini, kemudian di bukti tilang saya disebutkan tidak memasang plat nomor. Padahal aktual saya memasang 1 TNKB original polisi, setelah saya debat " yang fair donk Pak, tolong di bukti tilang ditulis
1. tidak pasang plat depan
2. plat belakang dipasang TNKB sesuai ketentuan kepolisian "
dengan ogah2an bapak polisi hanya mau menulis poin 1 saja di bukti tilang setelah saya desak2

alasan penilangan denga pasal 280 menurut bapak polisi tsb adalah :
1. ketentuan polisi dapat TNKB dari polisi 2 jadi harus dipasang semua => analogi saya, jika dokter ngasih obat apakah semua obat langsung kita minum. harus sesuai dengan resep/ketentuan dokter kan. begitu pula TNKB harus menunjukan pasal/aturan yang jelas)
2. coba lihat motor yang lain, semua pasang TNKB dipasang depan belakang. => bingung mau comment apa, karena jawaban masih umum.
3. kalau mau ganti pasal, silahkan ke pengadilan saja nanti (kata lainnya tilang dulu, urusan bener salah nanti pas di pengadilan) ==> mental polisi yang sangat tidak bagus

setelah saya baca2 referensi di internet, saya baru mendapatkan untul pasal 280 mengatur bentuk TNKB belum menemukan jumlah TNKB yang harus dipasang.

mungkin agan2 disini bisa sharing terkait pasal 280 tentang TNKB


terimakasih

Pidana Pasal 280 UU 22 Tahun 2009 (UU Lalu Lintas) - Tidak memasang plat

UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009
Tentang LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN
Pasal 280:
Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di
Jalan yang tidak dipasangi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor
yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia
sebagaimana dimaksud dalam Pasal 68 ayat (1) dipidana
dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau
denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah)."
Pasal Pasal 68:
"(1) Setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di Jalan
wajib dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan
Bermotor dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.
(2) Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor sebagaimana
dimaksud pada ayat (1) memuat data Kendaraan
Bermotor, identitas pemilik, nomor registrasi Kendaraan
Bermotor, dan masa berlaku.
(3) Tanda Nomor Kendaraan Bermotor sebagaimana
dimaksud pada ayat (1) memuat kode wilayah, nomor
registrasi, dan masa berlaku.
(4) Tanda Nomor Kendaraan Bermotor harus memenuhi
syarat bentuk, ukuran, bahan, warna, dan cara
pemasangan.
(5) Selain Tanda Nomor Kendaraan Bermotor sebagaimana
dimaksud pada ayat (3) dapat dikeluarkan Tanda Nomor
Kendaraan Bermotor khusus dan/atau Tanda Nomor
Kendaraan Bermotor rahasia.
(6) Ketentuan lebih lanjut mengenai Surat Tanda Nomor
Kendaraan Bermotor dan Tanda Nomor Kendaraan
Bermotor diatur dengan Peraturan Kepala Kepolisian
Negara Republik Indonesia
. "

PERATURAN KEPALA POLRI NOMOR 5 TAHUN 2012
Tentang REGISTRASI DAN IDENTIFIKASI KENDARAAN BERMOTOR
Pasal 39 Ayat (5) dan (6):
(5) TNKB yang tidak dikeluarkan oleh Korlantas Polri, dinyatakan tidak sah dan tidak berlaku
(6) TNKB dipasang pada bagian sisi depan dan belakang pada posisi yang telah disediakan pada masing-masing Ranmor.

KESIMPULAN
1. Plat Nomor yang sah adalah yang dikeluarkan oleh Korlantas Polri (dalam hal ini Samsat)
2. Kedua Plat Nomor (depan-belakang) harus pada tempatnya dan dua-duanya harus dari Samsat
3. Jika tidak sesuai, misalnya yang asli dari Samsat hanya salah satu atau malah kedua-duanya tidak asli, maka akan dikenakan sanksi pidana Pasal 280 UU Lalu Lintas, dengan denda maksimal 500 ribu.


Pertanyaan selanjutnya, kalau plat nomor rusak (misalnya kesenggol kendaraan lain, jatuh dan patah, dll) atau hilang diambil orang iseng, bagaimana mekanisme penggantiannya???
Selama ini sih saya yakin pada bikin plat nomor pengganti dari kios-kios plat nomor di pinggir-pinggir jalan itu..
Quote:Original Posted By indhri
[B]UNDANG-UNDANG
Pertanyaan selanjutnya, kalau plat nomor rusak (misalnya kesenggol kendaraan lain, jatuh dan patah, dll) atau hilang diambil orang iseng, bagaimana mekanisme penggantiannya???
Selama ini sih saya yakin pada bikin plat nomor pengganti dari kios-kios plat nomor di pinggir-pinggir jalan itu..


kalo undang2 saya kurang paham sih gan, hehhehe
cuma mau menanggapi sebagian aja
kalo memang polisi benar2 mengesampingkan alasan "hilang atau rusak" plat nomor asli dari samsat, kemudian kita bikin plat nomor di "tukang plat nomor" pinggir jalan, pasti hasilnya gak asli dong dan gak valid (menurut samsat).

AKAN TETAPI, bagaimana kalo peraturan tsb BENAR-BENAR MUTLAK, tentu saja itu sama dengan MERAMPAS dan MENGAMBIL mata pencaharian bbrp masyarakat (atau semua tukang pelat nomor yg di pinggir2 jalan)
tentu saja polisi harus memikirkan solusi kembali utk peraturan tsb (mengenai pelat nomor)

jd jangan asal bikin undang2 baru, harus dipikirkan dulu apakah peraturan tsb sudah perlu? sudah pantas? sudah jelas dan tegas? dan yg terpenting, apakah dengan pembuatan undang2 yg baru tsb sudah memikirkan dampak apa yg akan muncul setelahnya?

sekian terimakasih
(semoga aparat kepolisian baca ini dan mau follow up ke petinggi2 kepolisian lalu lintas)
Sepertinya jawaban atas pertanyaan TS tlah terjawab, cman ingin menambahkan jawaban, jadi klo agan-agan kehilangan plat nomer, agan hanya perlu datang ke samsat terdekat untuk dibuatkan plat nomer baru, dngn syarat hanya perlu menunjukkan STNK saja
Quote:yg berwajib saja gak bisa menjelaskan isi pasal tersebut..
ane pasang plat pinggir jalan tapi ukuran, bentuk, dan peletakan plat sesuai. karena plat nomor dari samsat belum jadi selama 3 bln ini..bagaimana kita mau taat hukum kalo pembuat TNKB saja lemot.
boleh nanya dalam tema yg sama tapi topik berbeda dikit agan2?
masih ttg TNKB,kendaraan saya sudah bayar pajak tahunan dan kebetulan akhir tahun 2013 kemarin sudah saatnya ganti plat kendaraan 5 tahunan.tapi ternyata karena alasan yg tidak saya ketahui,plat nomor baru jadi dan bisa diambil setahun kemudian a.k.a akhir 2014, dan di stnk ada cap stempel yg menerangkan "plat diambil pada desember 2014"
ada nggak agan2 tahu aturan yg mengatur ttg keterlambatan plat ini? soalnya saya pernah juga telat turun plat sebelumnya tp saya ditilang polisi,debat panjang,pada akhirnya tetep juga saya ditilang. terima kasih gan sebelumnya
Quote:Original Posted By wonkndeso77
Sepertinya jawaban atas pertanyaan TS tlah terjawab, cman ingin menambahkan jawaban, jadi klo agan-agan kehilangan plat nomer, agan hanya perlu datang ke samsat terdekat untuk dibuatkan plat nomer baru, dngn syarat hanya perlu menunjukkan STNK saja


bayar ngak gan
Quote:Original Posted By indhri

Pertanyaan selanjutnya, kalau plat nomor rusak (misalnya kesenggol kendaraan lain, jatuh dan patah, dll) atau hilang diambil orang iseng, bagaimana mekanisme penggantiannya???
Selama ini sih saya yakin pada bikin plat nomor pengganti dari kios-kios plat nomor di pinggir-pinggir jalan itu..

mekanisme penggantian TNKB hilang/rusak :
agan cukup datang ke samsat,bawa stnk n bpkb asli ke worksohp tnkb atau gak lsg ke bagian stnk..bilang aja mw ngurus tnkb rusak/hilang
biayanya sesuai pnbp,harus sepasang...cek di trit samsat soal pnbp utk tnkb brp
Quote:Original Posted By rextrixx


kalo undang2 saya kurang paham sih gan, hehhehe
cuma mau menanggapi sebagian aja
kalo memang polisi benar2 mengesampingkan alasan "hilang atau rusak" plat nomor asli dari samsat, kemudian kita bikin plat nomor di "tukang plat nomor" pinggir jalan, pasti hasilnya gak asli dong dan gak valid (menurut samsat).

AKAN TETAPI, bagaimana kalo peraturan tsb BENAR-BENAR MUTLAK, tentu saja itu sama dengan MERAMPAS dan MENGAMBIL mata pencaharian bbrp masyarakat (atau semua tukang pelat nomor yg di pinggir2 jalan)
tentu saja polisi harus memikirkan solusi kembali utk peraturan tsb (mengenai pelat nomor)

jd jangan asal bikin undang2 baru, harus dipikirkan dulu apakah peraturan tsb sudah perlu? sudah pantas? sudah jelas dan tegas? dan yg terpenting, apakah dengan pembuatan undang2 yg baru tsb sudah memikirkan dampak apa yg akan muncul setelahnya?

sekian terimakasih
(semoga aparat kepolisian baca ini dan mau follow up ke petinggi2 kepolisian lalu lintas)

tegakkan hukum meski langit runtuh
ane yakin agan familiar sama kalimat ini kan...scra harafiah,kerjaan plat nomor pinggir jalan itu rawan nyerempet pemalsuan lho gan..
apa perlu ditangkap semua??
klo mau,monggo silahkan uji materill aja ke MK
Quote:Original Posted By wonkndeso77
Sepertinya jawaban atas pertanyaan TS tlah terjawab, cman ingin menambahkan jawaban, jadi klo agan-agan kehilangan plat nomer, agan hanya perlu datang ke samsat terdekat untuk dibuatkan plat nomer baru, dngn syarat hanya perlu menunjukkan STNK saja

STNK asli ama BPKB asli gan
Quote:Original Posted By berbisikdoa
boleh nanya dalam tema yg sama tapi topik berbeda dikit agan2?
masih ttg TNKB,kendaraan saya sudah bayar pajak tahunan dan kebetulan akhir tahun 2013 kemarin sudah saatnya ganti plat kendaraan 5 tahunan.tapi ternyata karena alasan yg tidak saya ketahui,plat nomor baru jadi dan bisa diambil setahun kemudian a.k.a akhir 2014, dan di stnk ada cap stempel yg menerangkan "plat diambil pada desember 2014"
ada nggak agan2 tahu aturan yg mengatur ttg keterlambatan plat ini? soalnya saya pernah juga telat turun plat sebelumnya tp saya ditilang polisi,debat panjang,pada akhirnya tetep juga saya ditilang. terima kasih gan sebelumnya

itu motor apa mobil gan?daerah mana?
krn saat ini mmg stok tnkb lagi bermasalah gan...tendernya kelamaan,bny diulang2

Setiap saran, opini dan masukan yang saya tulis adalah murni Pendapat Pribadi.
Tidak mencerminkan pendapat resmi dari Kepolisian Negara Republik Indonesia.
Gunakan untuk memperoleh "second opinion" untuk masalah Anda.
Kebijaksanaan dari para pembaca sangat disarankan.
Quote:Original Posted By buduik.ketek


itu motor apa mobil gan?daerah mana?
krn saat ini mmg stok tnkb lagi bermasalah gan...tendernya kelamaan,bny diulang2

Setiap saran, opini dan masukan yang saya tulis adalah murni Pendapat Pribadi.
Tidak mencerminkan pendapat resmi dari Kepolisian Negara Republik Indonesia.
Gunakan untuk memperoleh "second opinion" untuk masalah Anda.
Kebijaksanaan dari para pembaca sangat disarankan.


motor gan,di jawa tengah.maaf late reply.lagi jarang dapet koneksi inet