KASKUS

Asal muasal Misteri,Cerita, dan Legenda kota BOGOR

Adanya kerajaan Galuh Pakuan yang menggaib untuk sebagian paranormal, saat mereka sedang membawa barang pusaka, jika melewati daerah Bogor, biasanya isi pusaka akan mampir ke Kebun Raya Bogor, mungkin ini disebabkan karena adanya Istana Kerajaan Galuh Pakuan di dalamnya sehingga khodam pusaka sowan terlebih dahulu.

Dikalangan paranormal, kota Bogor sangat dikenal dengan nilai mistisnya yang sangat kental, seperti adanya kebun raya Bogor yang berada di tengah kota, Istana Bogor yang bersebelahan dengan Kebun Raya Bogor, Istana Batu Tulis yang pernah diisukan akan adanya harta karun didalamnya. Hal inilah yang membedakan Kota Bogor dengan kota lainnya di Indonesia, Karen di kota lain biasanya daerah yang mengandung mistis berada di luar kota atau cenderung dipelosok atau di daerah pegunungan yang terpencil.

Bogor sendiri asal namanya terkadang oleh banyak orang dikaikan dengan kata dalam bahasa Belanda yaitu “Buitonzorg”. Mungkin berasal dari kata “mboten jorok” yang dalam bahasa Jawa berarti tidak jorok atau tidak kotor.

Hal ini berbeda pandangan dari paranormal Miztix temui. “Bokor”, begitulah pendapat paranormal ditanya mengenai asal nama Bogor, karena dulunya di Istana Negara tersimpan benda semacam “bokor” yang cukup besar ukurannya, walaupun keberadaannya sekarang hanya dapat dilihat dengan mata bathin atau indera keenam, dikarenakan bokor tersebut telah raib secara gaib atau “menggaib”. Kata “bokor” bagi kebanyakan orang sulit untuk diucapkan, maka berubah mejadi “Bogor” yang memudahkan untuk pengucapannya.

Di dalam Kebun Raya Bogor jika kita mengunjunginya tidak hanya disuguhkan oleh pemandangan pohon-pohon yang besar dan tua juga di dalamnya terdapat makam tokoh terkenal yang oleh masyarakat setempat dikenal dengan nama Mbah Japra. Saat Miztix wisata ke Kebun Raya Bogor, Miztix sempat mampir ke makam tersebut dan berdialog secara bathin dengan Mbah Japra, bahkan sempat ditawari ilmu pellet olehnya, namun dengan halus Miztix menolaknya. Miztix kemudian melihat dengan ilmu terawangan yang Miztix miliki untuk melihat kondisi lingkungan di tempat tersebut. Di sana Miztix melihat adanya mesjid gaib yang ukurannya walaupun kecil tapi cukup indah dilihat secara bathin. Jaraknya kira-kira dua ratus langkah dari makam Mbah Japra. Di sekitar tempat tersebut Miztix melihat adanya istana kerajaan , kemudian Miztix mencoba menanyakan kepada penghuninya yang Miztix temui, mereka menjelaskan istana tersebut istana dari kerajaan Galuh Pakuan, mereka juga menegaskan bahwa kerajaan Galuh Pakuan bukanlah kerajaan Galuh atau juga kerajaan Pakuan. Di dekat tempat tersebut Miztix melihat ada dua dayang-dayang yang berparas cantik berhilir mudik. Kedua dayang-dayang inilah yang sering marah jika melihat ada yang berpacaran didalam Kebun Raya Bogor, oleh karenanya jika mereka yang berpacaran di Kebun Raya Bogor sering kali berakibat putus dari pacar. Tapi bagi Miztix ini juga untuk menguji kekuatan ikatan cinta bagi pasangan yang sedang mabuk asmara, mereka yang serius dan memiliki cinta yang kuat yang tidak akan terpengaruh oleh dayang-dayang cantik di Kebun Raya Bogor.

Adanya kerajaan Galuh Pakuan yang menggaib untuk sebagian paranormal, saat mereka sedang membawa barang pusaka, jika melewati daerah Bogor, biasanya isi pusaka akan mampir ke Kebun Raya Bogor, mungkin ini disebabkan karena adanya Istana Kerajaan Galuh Pakuan di dalamnya sehingga khodam pusaka sowan terlebih dahulu.

Ada suatu daerah di Bogor yang sering mengalami gempa kecil atau lini local yaitu daerah bernama Gunung Batu. Menurut terawangan Miztix, hal ini tidak terlepas dari terbentuknya daerah itu sendiri. Mungkin saksi hidup sulit untuk ditemukan, tapi sesepuh mungkin masih dapat menceritakan apa yang dilihat oleh buyut mereka. Konon jaman dulu pernah terjadi pertemuan antara kura-kura raksasa dengan ular besar yang berakhir dengan pertarungan di antara keduanya, bahkan menyebabkan sampai salah satu dari mereka mati. Kura-kura tersebut dililit oleh ular hingga mereka terkubur dan menjadi gunung batu. Sampai sekarang Miztix melihat keduanya masih bertarung maka tidak heran jika daerah Gunung Batu sering gempa kecil yang diakibatkan bergeraknya kura-kura dan ular tersebut yang sekarang telah berubah menjadi siluman. Miztix pernah bertanya kepada keduanya sampai kapan mereka akan bertarung?. Mereka mejawab sampai salah satu dari mereka ada yang mati.

Di Bogor ada bangunan tugu yang terkenal yaitu tugu Kujang, Pembangunan tugu yang berbentuk senjata tradisional masyarakat Sunda , Kujang. tidak lah semudah yang diperkirakan pada awalnya, sempat membuat pusing pimpinan proyeknya, lantaran berkali-kali Kujang yang akan diletakkan di atas tugu selalu jatuh. Setelah menanyakan hal tersebut pada orang pintar, maka mendapat petunjuk untuk mengarahkan bilah kujang kea rah Istana Bogor. Bilah Kujang pun diarahkan ke tempat yang disarankan dan ajaib kujang tersebut berhasil tegak dan sekarang dikenal dengan nama Tugu Kujang.

Kota Bogor dari dahulu terkenal dengan kota hujan, sering sekali terjadi hujan di tempat ini, pagi terang agak sorean sudah gelap berawan dan akhirnya hujan pun datang, seringnya hujannya tentu juga disertai petir. Petir dengan kekuatan terbesar memang bukan di Bogor tapi di Depok, tapi untuk yang terbanyak ada di Bogor, maka Bogor dikenal dengan kota petir nomor satu di dunia, padahal satu kelebatan petir terkecil dapat menghidupkan lampur pijar 100 watt selama 80 tahun nonstop maka energy yang sangat besar tersebut saying sekali jika dibiarkan mubazir. Riset mengenai petir ini telah dilakukan oleh ITB, LIPI, Jepang dan Perancis untuk mencari kemungkinan memanfaatkan energi yang ditimbulkan oleh petir untuk dapat digunakan sebagai energi listrik. Tapi sayangnya hal tersebut tidak berhasil dikarenakn petir di Bogor terjadinya secara acak, tidak pada tempat yang sama. Petir sendiri memicu terbentuknya ozon, maka kalo kita rasakan udara di daerah Bogor terasa lebih segar, karena ozon sendiri segar dipernapasan.

Mengapa Bogor banyak sekali terjadi petir? Ini yang menjadi pertanyaan banyak orang. Miztix berusaha memecahkan misteri tersebut, walaupun hanya sedikit yang berhasil Miztix temukan jawabannya. Konon sebagian paranormal mengatakan Bogor banyak sekali tersimpan harta karun berupa emas, yang dapat memicu petir. Juga banyaknya pertempuran gaib yang terjadi di Bogor. Hal yang paling penting juga banyak dilakukannya perbuatan yang dilarang agama, misalkan yang terjadi di Puncak Bogor. Tentu pembaca sudah mengerti apa yang dimaksud itu. Semoga saja iman para kyai dan santrinya yang banyak terdapat di sekitar puncak dapat meredam akibat buruk yang ditimbul. Oleh karenanya alam cukup adil dengan memberi hujan yang besar untuk membersihkannya, dan air kotor dikembalikan lagi pada yang berbuat berupa banjir, maka jangan menyalahkan banjir kiriman dari Bogor. Mungkin ini harus menjadi telaah oleh hati kita masing-masing apakan kita punya andil melalui perbuatan yang tidak baik saat berada di Puncak Bogor?

yah itu semua wallahualam gan, dan semuanya berbalik ke diri kita sendiri...
mungkin dari agan agan ada yg percaya ataupun tidak. itu semua hanya sebuah rahasia dari yang kuasa.
Akhirul kalam semoga sekelumit uraian diatas dapat menambah wawasan kita semua.

Spoiler for di klik gan:


Spoiler for mampir gan ke thread ane yang lain:

PERTAMAX

mana sumber nya gan?
Quote:Original Posted By chandrazt
mana sumber nya gan?


sumber
ane tahunya taman safari cisarua gan hehehe
ane suka kutipan di atas "alam cukup adil dengan memberi hujan yang besar untuk membersihkannya, dan air kotor dikembalikan lagi pada yang berbuat berupa banjir, maka jangan menyalahkan banjir kiriman dari Bogor"


Mantab GAN
ane baca dulu gan, kota lahir ane nih
Quote:Original Posted By vespa.hejo
ane suka kutipan di atas "alam cukup adil dengan memberi hujan yang besar untuk membersihkannya, dan air kotor dikembalikan lagi pada yang berbuat berupa banjir, maka jangan menyalahkan banjir kiriman dari Bogor"




Setuju dengan agan ini ..
dan ngomen tentang artikel diatas
didalam kebun raya memang betul ada kerajaan alam lain karena ane denger sendiri dari orang orang yang menyaksikannya sendiri. makanya jangan aneh kalo ada yang berbuat ganjil di sana akan kena akibatnya.

Quote:Original Posted By vespa.hejo
ane suka kutipan di atas "alam cukup adil dengan memberi hujan yang besar untuk membersihkannya, dan air kotor dikembalikan lagi pada yang berbuat berupa banjir, maka jangan menyalahkan banjir kiriman dari Bogor"




bener gan, orang jakarta suka suuzon aja ama kota bogor.
perasaan biasa2 ajt deh
Quote:Original Posted By kana.sayuri


Setuju dengan agan ini ..
dan ngomen tentang artikel diatas
didalam kebun raya memang betul ada kerajaan alam lain karena ane denger sendiri dari orang orang yang menyaksikannya sendiri. makanya jangan aneh kalo ada yang berbuat ganjil di sana akan kena akibatnya.



Iya gan, makanya ane kalo ngajak jalan cewe ane ato sapa ane gk mo takabur di dalem kebun raya bogor
baru tau gan
salah satu kota yg membuat saya betah,,belum lagi cerita segitiga gununng di bogor,, gn Halimun, gn salak n Gunung gede,ajib emang ini Kota
Galuh pakuan?Maksudnya kerajaan Galuh?

Kerajaan galuh lebih tepatnya di daerah Ciamis gan.Kalo di bogor itu kerajaan Pajajaran.Coba ente baca deh di www.westjavakingdom.info unt sumber soal Galuh dan Pajajaran.
Kota sejuk. Kuliner nya juga enak2 gan






Jasa Pembuatan Website
kota penuh kenangan ane waktu kuliah
×