KASKUS

Thumbs up Ada yang tau KUE DONGKAL ?? *Jajanan Pagi Favorit Betawi*

Kue Dongkal



Emang gan nama kue ini "Dongkal" rada lucu juga .

Ada Yang tau Asal usul nya??

Jujur! Ane sendiri ga tau tahu artinya dan asal usul penamaannya.
Tapi yang jelas kue yang satu ini adalah favorit Ane Buat Sarapan Pagi karena cukup mengenyangkan.
*Dulu kebetulan deket rumah ane ada Ibu2 asli betawi (NO SARA!) yang tiap pagi jual kue ini..

Jajanan Pagi (seringnya emang adanya pagi doank) yang terbuat dari tepung beras dan gula merah ini memang sudah sangat langka,
bahkan anak muda Betawi sekarang saja banyak yang tidak kenal dengan kue dongkal.
Alhamdulillah ane Nyandu sama kue ini,
*emang ane Bukan asli Jakarta tapi ane Lahir & Besar di jakarta (Ortu ane 22nya orang rantau).

Klo agan2 mau coba , nih ane punya resep kue Dongkal kali aja ada yang mau bikinin (Bini, Pacar, Nyokap/mertoku) :




Resep Kue Dongkal

Bahan:

1 liter tepung beras (sebaiknya tidak menggunakan tepung beras kemasan tapi beras yang digiling sendiri)
1/4 kg sagu
1/4 kg irisan gula merah
Air dan garam secukupnya

Cara Membuat:

Kukus tepung beras menggunakan kain bersih hingga menggumpal.
Setelah dingin campurkan dengan sagu, aduk hingga rata.
Percikkan air garam ke adonan hingga adonan tidak menggumpal (buyar).
Masukkan adonan kedalam klakat (loyang yang terbuat dari bambu)/kukusan selang-seling dengan gula merah (lihat gambar).
Kukus hingga matang.
Sajikan dengan kelapa parut kukus yang dicampur sedikit garam.

*Untuk + 20 porsi
Nb: gula merah boleh ditambahkan sesuai selera



Rasa gurih manis dengan taburan kelapa parut kukus,..jajanan Sehat, Kenyang & hmm yuummy pokoke T.O.P B.G.T gan...!


Selamat Menikmati gan,..

Enaknya sambil Minum

Di Rate ..Biar pada tau
Kasih Tau gan..klo ada yg jual & Rasanya Mantap ! ane meluncur
itu jajanan pas ane msh SD dulu tuh gan..tp sayang skrg susah nyari nya..
Quote:Original Posted By hit_douglas
itu jajanan pas ane msh SD dulu tuh gan..tp sayang skrg susah nyari nya..


sampe smu kls 2 ane masih nemu nih kue..
pas mlipirr tinggal di Tangsel udah susah nyarinya
ane tau gan, itu makanan fav ane juga waktu ane masih kecil
ahaha skrng dah jarang beli gtuan.
Jarang banget malahan, karena dulu sering makan itu kan suka ikut ibu ane ke pasar.
Dan ane slalu minta beli jajan.
Skrng dah gede, jadi ga pernah ikut ke pasar lagi deh
oh yg rasanya manis manis gitu ya kalo ga salah

jadi pengen
Quote:Original Posted By GoldnSilver
ane tau gan, itu makanan fav ane juga waktu ane masih kecil
ahaha skrng dah jarang beli gtuan.
Jarang banget malahan, karena dulu sering makan itu kan suka ikut ibu ane ke pasar.
Dan ane slalu minta beli jajan.
Skrng dah gede, jadi ga pernah ikut ke pasar lagi deh


Udh Gede, agan yg kepasar jadinya ??
Quote:Original Posted By Revolutionbegin
oh yg rasanya manis manis gitu ya kalo ga salah

jadi pengen


Manis2 Mantep gan
bentuknya mirip sama tumpeng yah
jadi pingin nih
rasanya yg mirip2 kue putu ya gan?
Quote:Original Posted By kaitookid
bentuknya mirip sama tumpeng yah


Bikin / Cetak kuenya yg ane tau rata2 gitu gan

udh pernah nyobain gan ?
Quote:Original Posted By ajietulank
rasanya yg mirip2 kue putu ya gan?


Hampirr gan,..hmm klo kue putu kurang tapi ANU menurut ane

Quote:Original Posted By FatsaL234
jadi pingin nih


hehe,..Cobain gan,..beli / bikin kaga nyesel deh
mirip kue putu/kue labu
Quote:Original Posted By jport
mirip kue putu/kue labu


Kue Labu apaan tuh gan??

ane ga pernah nyobain gannn
jd penasaran nihh
hehehehe
Quote:Original Posted By default13
ane ga pernah nyobain gannn
jd penasaran nihh
hehehehe


Cobain gan,..Beuuuh *yg pasti sehat
kke tumpeng ya
wah enak tuh gan keknya
sayang ane gak tinggal di betawi
×