nambahin tips lagi...

JAKARTA/BANDUNG-SOLO PP

kali ini saya akan menjelaskan sedikit alternatif dari Jakarta atau Bandung menuju Solo... alternatif ini sangat bermanfaat bagi anda yg ingin menuju Solo pada sore hari atau jam pulang kantor, selain tentunya anda juga ingin merasakan sensasi naik bis Muria Raya (Jepara & Kudus) yg speednya banter dan fasilitas mewah yg membuat anda merasa nyaman... ada juga bis2 Muria Raya yg berangkat pagi...

alternatif ini juga sangat bermanfaat jika anda ingin menuju daerah selatan Semarang, seperti Banyumanik, Ungaran, Bawen, Salatiga, dst...

JAKARTA-SEMARANG-SOLO
1. dari Jakarta anda naik bis2 Muria Raya (Nusantara, Shantika, Bejeu, Muji Jaya, Haryanto) menuju Semarang, tepatnya kawasan Terboyo... tarif sekitar Rp120-140 ribu... jika anda ingin berangkat lebih sore, anda bisa menuju Terminal Rawamangun karena bis2 menuju Kudus & Jepara rata2 berangkat jam 18.30-19.30, sedangkan di terminal lain seperti Lebak Bulus biasanya jam 17.00-18.00... ada juga yg berangkat pagi (sekitar jam 07.00-09.00) dari Lebak Bulus dan Pulogadung...
2. turun di depan jalan masuk Terminal Terboyo Semarang, atau depan RSI Sultan Agung, lalu menyeberang jalan...
3. dari sana anda bisa naik bis Royal Safari atau Taruna (ekonomi AC 2-2 & 2-3) menuju Solo... tarif Rp15.000 (2-3) Rp20.000 (2-2)...

SOLO-SEMARANG-JAKARTA
nah, untuk arah sebaliknya dari Solo menuju Jakarta, jujur saja alternatif ini agak kurang efisien, karena untuk bis2 Jepara/Kudus-Jakarta anda harus booking dulu, dan tidak semua agen bis2 Muria Raya di Semarang menerima booking, ada juga yg booking tapi paling lambat diambil H-1... jadi pastikan dulu sebelum berangkat...
1. dari Solo anda bisa naik bis patas Rajawali, Ismo, Shantika, atau Muncul tujuan Terminal Mangkang... jangan naik Royal Safari tujuan Terboyo, karena bis menuju Jakarta tidak berangkat dari situ... tarif Rp20.000... saya sarankan berangkat sekitar jam 15.00-16.00, karena bis2 Muria Raya menuju Jakarta masuk Semarang sekitar jam 19.00-20.00...
2. sampai di Terminal Mangkang, lalu menuju loket bis pilihan anda menuju Jakarta... saya sarankan booking terlebih dahulu via telepon... lalu jika sudah pegang tiket, tinggal tunggu bis menuju Jakarta... tarif sekitar Rp120-140 ribu...
3, bisa juga dari Solo turun di area dekat pom bensin Krapyak, banyak agen2 bis di sana...
*tambahan :
1. bis2 Jepara/Kudus-Jakarta tidak ada yg berangkat pagi, hanya ada malam...
2. jika anda ingin naik Nusantara, dari Solo anda bisa turun di kantor Nusantara di Tugu (Restoran So Tasty), dari situ anda bisa naik bis ke Jakarta... atau bisa turun di agen Nusantara di Sukun...

BANDUNG
anda juga bisa memakai alternatif serupa dari Bandung... dari Bandung ada 2 pilihan menuju Semarang, yaitu Nusantara & Shantika... turun di Terboyo, lalu menuju Solo...
bis2 Bandung-Kudus/Jepara berangkat sekitar jam 18.00, sedangkan Nusantara ada yg pagi dari Bandung (jam 06.00), kelas patas... demikian juga dari Kudus menuju Bandung pagi jam 06.30, masuk Semarang sekitar jam 08.00...

NOMOR TELEPON LOKET BIS
MUJI JAYA
Mangkang : 085229634888
HARYANTO
Krapyak : 081390380444
JAKARTA/BANDUNG-SURABAYA-MALANG PP

alternatif menuju Surabaya & Malang ini masih mirip dgn menuju Solo sebelumnya, yaitu menggunakan bis Muria Raya, lalu turun di Semarang untuk lanjut ke Surabaya... bisa juga turun di Kudus, terserah anda, kalau di Kudus tarif menuju Surabaya sedikit lebih murah... sekali lagi, alternatif ini sangat bermanfaat untuk anda yg ingin menuju Surabaya & Malang pada jam pulang kantor ataupun pagi hari, mengingat bis2 Jakarta-Surabaya-Malang berangkat sekitar jam 13.00-14.00... dan alternatif ini sedikit menghemat biaya (sekitar Rp185 ribu), jika dibandingkan bis Jakarta-Surabaya-Malang tarifnya sekitar Rp230-240 ribu...

JAKARTA-SEMARANG/KUDUS-SURABAYA
1. dari Jakarta anda naik bis2 Muria Raya (Nusantara, Shantika, Bejeu, Muji Jaya, Haryanto) menuju Semarang (Terboyo) atau Kudus... tarif sekitar Rp120-140 ribu... jika anda ingin berangkat lebih sore, anda bisa menuju Terminal Rawamangun karena bis2 menuju Kudus & Jepara rata2 berangkat jam 18.30-19.30, sedangkan di terminal lain seperti Lebak Bulus biasanya jam 17.00-18.00... ada juga yg berangkat pagi (sekitar jam 07.00-09.00) dari Lebak Bulus dan Pulogadung...
2, anda bisa turun di Semarang atau di Kudus (Terminal Kudus) untuk menuju Surabaya... pada hari2 biasa mungkin bisa naik dari Kudus, tapi pada hari2 libur atau peak season saya sarankan naik dari Semarang, takutnya bis sudah penuh dari Semarang...
3. dari Semarang atau Kudus bisa naik bis Jaya Utama/Indonesia menuju Surabaya... ada 2 kelas, AC Tarif Biasa 2-3 (tarif sekitar Rp40.000) atau Patas 2-2 (tarif Rp65.000, plus servis makan di RM Rasa Utama, Tuban)...
4. sampai di Surabaya anda bisa turun di Pasar Loak atau Terminal Bungurasih...

SURABAYA-KUDUS-JAKARTA
1. dari Surabaya bisa naik bis Jaya Utama/Indonesia menuju Kudus (Terminal Kudus)... mengingat bis2 Kudus-Jakarta biasanya berangkat sekitar jam 17.00-19.00, maka saya sarankan dari Surabaya berangkat jam 09.00 pagi... tapi sebelumnya tolong pastikan keberangkatan bis Kudus-Jakarta pilihan anda berangkat jam berapa, sekaligus booking via telepon... lalu perkirakan dari Surabaya sebaiknya anda berangkat jam berapa... saat ini rata2 perjalanan Surabaya-Kudus memakan waktu sekitar 7-8 jam...
2. sampai di Terminal Kudus, anda langsung menuju loket bis pilihan anda, lalu berangkat menuju Jakarta...
*tambahan :
1. bis2 Kudus-Jakarta tidak ada yg berangkat pagi, hanya ada malam...
2. jika anda ingin naik Nusantara menuju Jakarta, dari Surabaya anda bisa turun di jalan masuk ke kantor Nusantara di Getas Pejaten, pool Karanganyar (Demak), atau di pool Genuk (Semarang)... terutama jika anda ingin menghindari suasana terminal yg kurang aman dan nyaman...

SURABAYA-MALANG PP
dari Surabaya (Terminal Bungurasih) jika anda ingin lanjut ke Malang bisa langsung menuju area keberangkatan... untuk kelas patas saya sarankan Kalisari atau Menggala, sedangkan untuk ATB saya sarankan Restu... masih banyak PO lainnya, banyak pilihannya... tarif ATB Rp10.000, patas Rp20.000...
dari Malang (Terminal Arjosari), jika anda ingin menuju Jakarta via Surabaya dan Kudus, saya sarankan berangkat pukul 07.00 pagi...

JAKARTA-SEMARANG-SOLO-SURABAYA PP
mengingat saat ini kondisi jalur Pantura dari Semarang-Surabaya cukup padat dan sering terjadi kemacetan di beberapa titik, maka saya menawarkan alternatif Semarang-Surabaya via Solo... Semarang-Solo-Surabaya dilayani oleh Eka (patas) dan Sumber Kencono (ATB)...
dari Jakarta, anda turun di depan jalan masuk Terminal Terboyo atau RSI Sultan Agung, lalu menyeberang jalan dan dari sana anda bisa naik bis menuju Surabaya via Solo...
dari Surabaya menuju Jakarta, anda bisa naik bis ke Semarang via Solo, lalu turun di Sukun... dari sana anda bisa naik bis kota Banyumanik-Mangkang, lalu bisa turun di agen2 Kalibanteng, agen2 Krapyak, atau Terminal Mangkang...
jadwal Eka Semarang-Surabaya :
04.35, 06.50, 07.15, 09.00, 12.30, 16.00, 17.40, 20.00, 21.00
jadwal Eka Surabaya-Semarang :
01.17, 04.23, 06.05, 09.45, 10.45, 17.20, 19.45, 20.30, 21.46
untuk jadwal SK saya kurang tau, katanya ada setiap 1 jam sekali...

BANDUNG
anda juga bisa memakai alternatif serupa dari Bandung... dari Bandung ada 2 pilihan menuju Semarang, yaitu Nusantara & Shantika... turun di Terboyo atau Kudus, lalu menuju Surabaya...
bis2 Bandung-Kudus/Jepara berangkat sekitar jam 18.00, sedangkan Nusantara ada yg pagi dari Bandung (jam 06.00), kelas patas... demikian juga dari Kudus menuju Bandung pagi jam 06.30, masuk Semarang sekitar jam 08.00...

NOMOR TELEPON LOKET BIS KUDUS
NUSANTARA
Kantor Pusat : 0291-438635
Terminal Kudus : 088802401236, 088803960181
Pool Karanganyar : 0291-435406
Pool Genuk : 024-6580423
SHANTIKA
Terminal Kudus : 081390753436, 081228388344, 0291-3330451
MUJI JAYA
Terminal Kudus : 0291-3328746, 3415776
BEJEU
Terminal Kudus : 081575118460, 085327779078
HARYANTO
Terminal Kudus : 08122852315
sorry oot min...
gan,PMin ane link yang daftar2 angkutan umum dong gan,yang ada di report touring..ane lagi gak bisa buka forum soalnya..inet lagi lemot sangat..hehe
Quote:Original Posted By junoon
nambahin tips lagi...

SOLO-SEMARANG-JAKARTA
nah, untuk arah sebaliknya dari Solo menuju Jakarta, jujur saja alternatif ini agak kurang efisien, karena untuk bis2 Jepara/Kudus-Jakarta anda harus booking dulu, dan tidak semua agen bis2 Muria Raya di Semarang menerima booking, ada juga yg booking tapi paling lambat diambil H-1... jadi pastikan dulu sebelum berangkat...
1. dari Solo anda bisa naik bis patas Rajawali, Ismo, Shantika, atau Muncul tujuan Terminal Mangkang... jangan naik Royal Safari tujuan Terboyo, karena bis menuju Jakarta tidak berangkat dari situ... tarif Rp20.000... saya sarankan berangkat sekitar jam 15.00-16.00, karena bis2 Muria Raya menuju Jakarta masuk Semarang sekitar jam 19.00-20.00...
2. sampai di Terminal Mangkang, lalu menuju loket bis pilihan anda menuju Jakarta... saya sarankan booking terlebih dahulu via telepon... lalu jika sudah pegang tiket, tinggal tunggu bis menuju Jakarta... tarif sekitar Rp120-140 ribu...
3, bisa juga dari Solo turun di area dekat pom bensin Krapyak, banyak agen2 bis di sana...
*tambahan :
1. bis2 Jepara/Kudus-Jakarta tidak ada yg berangkat pagi, hanya ada malam...
2. jika anda ingin naik Nusantara, dari Solo anda bisa turun di kantor Nusantara di Tugu (Restoran So Tasty), dari situ anda bisa naik bis ke Jakarta...

BANDUNG
anda juga bisa memakai alternatif serupa dari Bandung... dari Bandung ada 2 pilihan menuju Semarang, yaitu Nusantara & Shantika... turun di Terboyo, lalu menuju Solo...
bis2 Bandung-Kudus/Jepara berangkat sekitar jam 18.00, sedangkan Nusantara ada yg pagi dari Bandung (jam 06.00), kelas patas... demikian juga dari Kudus menuju Bandung pagi jam 06.30, masuk Semarang sekitar jam 08.00...

NOMOR TELEPON LOKET BIS
MUJI JAYA
Mangkang : 085229634888
HARYANTO
Krapyak : 081390380444

nambahin alternatif om, kalau mau ke Jakarta/Bandung dari Semarang sekitar Banyumanik naik Nusantara bisa pesan tiket di agen Sukun yang seberang ADA Swalayan dekat pintu tol Banyumanik, dari situ nanti dilangsir pakai medium bus/shuttle ke Restoran So Tasty
Quote:Original Posted By run..u
sorry oot min...
gan,PMin ane link yang daftar2 angkutan umum dong gan,yang ada di report touring..ane lagi gak bisa buka forum soalnya..inet lagi lemot sangat..hehe

cek PM...
Quote:Original Posted By 6.Lucio

nambahin alternatif om, kalau mau ke Jakarta/Bandung dari Semarang sekitar Banyumanik naik Nusantara bisa pesan tiket di agen Sukun yang seberang ADA Swalayan dekat pintu tol Banyumanik, dari situ nanti dilangsir pakai medium bus/shuttle ke Restoran So Tasty

oh, ternyata agen Sukun juga bisa buat ke Jakarta & Bandung yah???
tak pikir buat ke Jogja & Purwokerto doang...
ada nomornya gak om??? sama kalo bisa nomor telepon di Restoran So Tasty...
tengkiu...
JOGJA-SOLO PP

rute Jogja-Solo hanya tersedia bis2 ekonomi seperti Sedya Utama, Sri Mulyo, Antar Jaya, Suharno, Langsung Jaya, dll... dgn kondisi armada yg cukup mengenaskan, tidak ada yg AC, banyak pedagang asongan dan pengamen yg kadang2 suka memaksa, speed lambat, dan suka ngetem, ini membuat perjalanan tidak menyenangkan...
tak heran kalau penumpang lebih memilih naik bis2 Jogja-Surabaya seperti Eka, Mira, dan Sumber Kencono, tapi ini tentu saja membuat cemburu bis2 Jogja-Solo... sudah beberapa kali bis Surabaya diserang oleh bis2 Jogja-Solo sampai kaca pecah...
pada akhirnya bis2 Surabaya pun tidak mau mengangkut penumpang di pinggir jalan antara Jogja dan Solo, karena menghindari ribut dgn bis2 Jogja-Solo... jika ada penumpang yg ingin naik di pinggir jalan, bis2 Surabaya hanya akan membunyikan klakson atau menyalakan lampu dim sebagai bentuk permintaan maaf...

kali ini saya akan sharing cara naik bis rute Jogja-Solo atau sebaliknya...

JOGJA-SOLO
di Jogja, anda bisa menuju Terminal Giwangan... anda hanya bisa naik dari sini, tidak bisa naik di pinggir jalan... untuk menuju Terminal Giwangan dari berbagai tempat di kota Jogja anda bisa naik Trans Jogja atau bis kota... sampai di Giwangan anda bisa menuju area keberangkatan bis2 Surabaya (Eka, Mira, Sumber Kencono)...

SOLO-JOGJA
dari Solo, anda hanya bisa naik dari Terminal Tirtonadi... di Terminal Tirtonadi anda bisa menunggu dekat area kedatangan bis, tepatnya di sebelah barat lokasi kedatangan bis, atau sebelah kanan dari jalur masuk kedatangan bis, tepat di depan meja petugas Dishub yg akan meminta anda membayar karcis peron... di sana biasanya sudah ramai penumpang yg akan menuju Jogja...
jika anda jalan kaki, lebih baik masuk via jalur kedatangan bis (dari Jalan A Yani)... jika anda naik kendaraan pribadi, becak, atau angkot, anda akan masuk via pintu masuk terminal dan pokoknya cari arah menuju area kedatangan bis...
jika anda baru pertama kali masuk Terminal Tirtonadi memang agak sulit menemukan lokasi ini, solusinya adalah bertanya kepada pedagang2 di sana setelah masuk...
selain di Terminal Tirtonadi, jika anda ingin naik bis ATB (SK, Mira) anda juga bisa naik dari arah timur, seperti Jalan Ir Sutami, Kol Soetarto, Monginsidi, dan Setiabudi... sedangkan untuk patas Eka hanya bisa di Terminal Tirtonadi...
update:
sejak renovasi Terminal Tirtonadi sisi barat, anda tidak bisa memasuki area sebelah barat terminal kedatangan dan mau tidak mau harus masuk ke dalam gedung baru area keberangkatan... anda bisa naik bis2 dari Surabaya menuju Jogja di gedung baru yg nyaman dan bersih...

tarif :
- ATB (Sumber Kencono, Mira) : Rp10.000
- Eka Patas : sekitar Rp13.000

sayangnya memang penumpang2 di tengah2 jalur Jogja-Solo seperti Kartasura, Delanggu, dan Klaten, tidak bisa naik bis2 Surabaya dan mau tidak mau harus naik bis2 "kaleng kerupuk" Jogja-Solo...
anda baru bisa naik bis2 Surabaya di pinggir jalan setelah bis2 Jogja-Solo tidak beroperasi, antara pukul 21.00-03.00...
permisi gan mau nanya...
ada gak bis rosalia indah yang langsung dari sby-tegal????
kalo ada biaya tiket brp?sama jamnya?
makasih
Quote:Original Posted By capung7610
permisi gan mau nanya...
ada gak bis rosalia indah yang langsung dari sby-tegal????
kalo ada biaya tiket brp?sama jamnya?
makasih


ada gan, cuma ikut bis yg dari jember-jakarta turun tegal, brkt malem/sore, tiket kemungkinan sih 160rb cb langsung tanya ke agennya aja gan.
bis lain ada coyo, ezri, sandy putra
permisi..

mau tanya dong klo jakarta-cikampek/purwakarta naik bis apa ya dr psr.rebo/kp.rambutan dan tarifnya brp ya? urgent nih butuh scepatnya...

trima kasih byk..
Quote:Original Posted By toshi10
permisi..

mau tanya dong klo jakarta-cikampek/purwakarta naik bis apa ya dr psr.rebo/kp.rambutan dan tarifnya brp ya? urgent nih butuh scepatnya...

trima kasih byk..


ke cikampek bisa naik bis warga baru, atau juga bisa ikut bis2 jurusan cirebon/kuningan spti luragung jaya dan sahabat, tarif kurang tau

jakarta - jogja

misi om harga tiket yg paling murah untuk rute jakarta jogja berapa yaa ? trus naik darimana dan bisnya namanya apa ??
makasih sebelumnya
Quote:Original Posted By ttiioo
misi om harga tiket yg paling murah untuk rute jakarta jogja berapa yaa ? trus naik darimana dan bisnya namanya apa ??
makasih sebelumnya


paling murah ada DAMRI ekonomi, tarifnya 65rb an brkt dari poolnya di Jl. Angkasa no.17A Kemayoran, Jakarta Pusat

atau mending naik sinar jaya AC ekonomi aja kelas bisnis 75rb, brkt dari terminal lebak bulus

cmiiw...........
Quote:Original Posted By K4MU


paling murah ada DAMRI ekonomi, tarifnya 65rb an brkt dari poolnya di Jl. Angkasa no.17A Kemayoran, Jakarta Pusat

atau mending naik sinar jaya AC ekonomi aja kelas bisnis 75rb, brkt dari terminal lebak bulus

cmiiw...........


kalo dr jogja ke jakarta naek apa gan yg paling murah ?
Quote:Original Posted By ttiioo


kalo dr jogja ke jakarta naek apa gan yg paling murah ?


sama gan, 2 bis itu yg paling murah utk jurusan jkt-jogja dan sebaliknya, yg lebih mahal banyak
klo dari jogja biasanya lebih mahal 5rb tarifnya.......cmiiw
gan boleh tau kalo di terminal arjosari itu semua PO buka tempat jual tiket gak gan ?
Quote:Original Posted By kreazuk
gan boleh tau kalo di terminal arjosari itu semua PO buka tempat jual tiket gak gan ?


setau ane sih ada gan, bus2 jurusan denpasar, jkt, bandung, jogja/purwokerto, cirebon, sumatra(ALS), ada agennya di terminal gan

nyari agen bis apa emang gan ?
nice inpo gan...bermanfaat bagi para backpacker modal jalan pas2an
Quote:Original Posted By K4MU


setau ane sih ada gan, bus2 jurusan denpasar, jkt, bandung, jogja/purwokerto, cirebon, sumatra(ALS), ada agennya di terminal gan

nyari agen bis apa emang gan ?


nyari bis yang ke denpasar gan ada gak ya ? kalo ada PO yang recomended PO apa gan ?
Quote:Original Posted By kreazuk


nyari bis yang ke denpasar gan ada gak ya ? kalo ada PO yang recomended PO apa gan ?


ada gan, yg recomended restu mulya, wisata komodo,gunung harta
Quote:Original Posted By K4MU


ada gan, yg recomended restu mulya, wisata komodo,gunung harta


okedeh terimakasih banyak ya gan