KASKUS

Thumbs up Inilah Kesalahan Yang Perlu Kita Hindari Saat Mengatur Keuangan

Banyak diantara kita yang pasti mengalami masalah dalam mengatur keuangan, termasuk ane juga.
Entah kita terjebak dalam penggunaan kartu kredit yang berlebih atau pengeluaran yang berdesak lainya entah kita harus dirawat rumah sakit.

Masalah mengatur keuangan memang memiliki banyak faktor, entah faktor karena pengelolaannya ataupun faktor tak terduga.
Nah mungkin kita menyepelekan hal-hal mendasar yang bisa mengakibatkan kesalahan dalam mengatur keuangan seperti dibawah ini :

  • Kurang Waktu dalam Mengelola Keuangan

    Quote:

    Quote:Coba agan luangkan waktu entah pada saat weekend (sabtu dan minggu) untuk mengatur keuangan agan.
    Isi kegiatan ini, dari membayar tagihan kartu kredit, mencatat pengeluaran serta pemasukan dalam pembukuan selama seminggu ini. Ini adalah kebiasaan yang mesti agan agan biasakan. Mengapa? Jika agan semakin menunda hal ini, agan akan semakin sulit untuk menjadikan pembukuan keuangan sebagai kebiasaan agan


  • Malas Mencatat dalam Mengatur Keuangan

    Quote:

    Quote:Apa ada diantara agan agan ada yang berfikir "pentingkah mencatat keuangan?" setelah membaca poin ini?
    Kita sering melupakan pengeluaran pengeluaran sepele, seperti beli pulsa yang kadang berlebihan, atau membeli komik atau buku dan lain lain.
    Hal hal seperti ini lha yang membuat kita lupa diri dan akhirnya merusak keuangan kita.

    Namun ada cara jitu buat agan melacak kemanakah uang agan pergi,yaitu trik "amplop". Coba agan gunakan 1 amplop saja untuk pengeluaran agan seminggu.
    dan dengan cara itu agan bisa mengetahui berapa uang yg agan habiskan dalam seminggu. Dari itu agan bisa membatasi pengeluaran agan sebanyak uang yang terdapat dalam amplop.


  • Utang, Baik atau Tidak?

    Quote:

    Quote:Pasti banyak dipikiran orang orang kalau mendengar kata "utang" pasti sudah men-judge ,utang itu buruk dan di cap negatif.
    Tapi jangan salah, dengan utang kita bisa melanjutkan sekolah, bisa membeli apartemen yang kemudian kamu sewakan (sehingga pembayaran sewa bisa digunakan untuk membayar cicilannya), bahkan bisa menyediakan modal usaha untuk kita.

    Takut berutang kadang-kadang bisa membuat kita kehilangan kesempatan. Namun terlalu banyak berutang, apalagi jika utang tersebut melebihi kemampuan kita untuk membayar cicilannya malah bisa mengakibatkan kekacauan dalam kondisi keuangan kita. Intinya, utang tidak akan menghancurkan hidup seseorang, jika kita bisa memanfaatkannya.


  • Tidak Memikirkan Cara Pengolahan Uang Lain

    Quote:

    Quote:Banyak cara kita untuk mengatur keuangan lainnya, contoh seperti berinvestasi dengan cara asuransi, berinvestasi dengan emas dll. Berinvestasi cukup penting untuk kita apabila terjadi sesuatu yang mendadak.
    Mengapa? jika suatu saat agan kecelakaan dan diharuskan dirawat di rumah sakit, terlebih biaya yang harus dikeluarkan sangat besar. Dengan kita menggunakan asuransi, malahan kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menanggungnya, dan hal itu tidak akan merusak keuangan kita.




Apakah hal hal ini yang masih kita lakukan sampai saat ini?

BACA JUGA SUMBERnya

Kunjungi juga Thread Bermutu ane lainnya gan:
Waah ane gak pernah bikin jurnal pengeluaran ane gan maka dari itu keuangan ane krisis mulu
Mantep gan Threadnya ane Apalin nih poin poinnya
bagi mayoritas orang, pembukuan = mencatat pengeluaran



pembukuan tidak hanya sekedar itu
Quote:Original Posted By PusatDistribusi
bagi mayoritas orang, pembukuan = mencatat pengeluaran



pembukuan tidak hanya sekedar itu


ya betul.
pembukuan yang saya tau mencatat pemasukan dan pengeluaran, sehingga kita bisa tau sudahkah kita diarah yang benar sesuai tujuan finansial kita?
Quote:Original Posted By sasakiryuga


ya betul.
pembukuan yang saya tau mencatat pemasukan dan pengeluaran, sehingga kita bisa tau sudahkah kita diarah yang benar sesuai tujuan finansial kita?


Yah memang benar gan tujuan kita mencatat pemasukan dan pengeluaran memang untuk melihat kemana sajakah.

namun yg ingin disampaikan yaitu ketika kita sudah mengetahui berapa pengeluaran yg biasa kita keluarkan selama seminggu. Dan dari itu kita bisa memaksimalkannya, dan mencoba trik amplop
Quote:Original Posted By Ronygoklas


Yah memang benar gan tujuan kita mencatat pemasukan dan pengeluaran memang untuk melihat kemana sajakah.

namun yg ingin disampaikan yaitu ketika kita sudah mengetahui berapa pengeluaran yg biasa kita keluarkan selama seminggu. Dan dari itu kita bisa memaksimalkannya, dan mencoba trik amplop


saya udah gk mainan amplop

jalanin aja. fokus gedein income. pengeluaran sama.
thnks gan ,, ane masih banyk melakukan kesalahan dlm pengturan keuangan
aku ingin menghindari kesalahan dalam mengatur keuangan ini gan
Quote:Original Posted By sasakiryuga


saya udah gk mainan amplop

jalanin aja. fokus gedein income. pengeluaran sama.

wow. agan tipe yang sangat percaya diri yah..
bukannya ane mau bilang kalo itu salah, cuman ada baiknya agan juga melakukan hal hal seperti ini untuk berjaga" juga, dan ane kira ini banyak manfaatnya koq.

Quote:Original Posted By ganangfindy
thnks gan ,, ane masih banyk melakukan kesalahan dlm pengturan keuangan

Yoo sama sama gan. semoga bisa membantu agan yah
Memang banyak diantara kita yang masih salah dalam mengatur keuangannya , termasuk ane juga.
Quote:Original Posted By gadismanise
aku ingin menghindari kesalahan dalam mengatur keuangan ini gan


Monggo dicoba gan. Coba dengan trik amplop sangat ampuh lho gan
Quote:Original Posted By Ronygoklas


Monggo dicoba gan. Coba dengan trik amplop sangat ampuh lho gan


aku minta izin mencobanya ya gan
butuh waktu seminggu terlebih dahulu bukan
Quote:Original Posted By Ronygoklas

wow. agan tipe yang sangat percaya diri yah..
bukannya ane mau bilang kalo itu salah, cuman ada baiknya agan juga melakukan hal hal seperti ini untuk berjaga" juga, dan ane kira ini banyak manfaatnya koq.


Yoo sama sama gan. semoga bisa membantu agan yah
Memang banyak diantara kita yang masih salah dalam mengatur keuangannya , termasuk ane juga.


catet duit sih masih, ngitung duit tiap hari, cuma gk mainan amplop lagi.
komitmen aja. hidup dari gaji cukup-cukupin.
dan baiknya selama ini masih bisa nabung 25%.
semua udah diatur berapa duit makan berapa transpor.dsbnya.
Quote:Original Posted By gadismanise


aku minta izin mencobanya ya gan
butuh waktu seminggu terlebih dahulu bukan

Monggo gan.
mungkin bisa di tes selama sebulan, dan lama" menjadi kebiasaan kita gan
Quote:Original Posted By sasakiryuga


catet duit sih masih, ngitung duit tiap hari, cuma gk mainan amplop lagi.
komitmen aja. hidup dari gaji cukup-cukupin.
dan baiknya selama ini masih bisa nabung 25%.
semua udah diatur berapa duit makan berapa transpor.dsbnya.


Waah itu juga bagus gan.
Agan udah bagus juga dalam mengatur keuangan yah.. jadi pengen bisa juga haha
Quote:Original Posted By Ronygoklas

Monggo gan.
mungkin bisa di tes selama sebulan, dan lama" menjadi kebiasaan kita gan


Waah itu juga bagus gan.
Agan udah bagus juga dalam mengatur keuangan yah.. jadi pengen bisa juga haha


jauh dari harapan saya mah
kalo udah income 9 digit baru mayan d.
Quote:Original Posted By sasakiryuga


jauh dari harapan saya mah
kalo udah income 9 digit baru mayan d.


hahaha.. kalo udah 9 digit mah udah punya sekretaris untuk mengatur keuangan kita
Agan mo nanya sedikit nih,:

Bagi sebagian orang (termasuk ane), bukannya klo pendapatan yang kita dapat lalu kita pisahkan2 sbagai biaya dll dengan perhitungan kalkulator tentunya, itu gak bakal masuk akal untuk bisa sampe akhir bulan. Tapi kalo kita jalanin aja, ternyata malah bisa nyampe dan aman.

Apakahhal diatas itu mitos ato benar ya? karena kalo dirasa-rasain sendiri kayanya benar deh...
Quote:Original Posted By hate_myself
Agan mo nanya sedikit nih,:

Bagi sebagian orang (termasuk ane), bukannya klo pendapatan yang kita dapat lalu kita pisahkan2 sbagai biaya dll dengan perhitungan kalkulator tentunya, itu gak bakal masuk akal untuk bisa sampe akhir bulan. Tapi kalo kita jalanin aja, ternyata malah bisa nyampe dan aman.

Apakahhal diatas itu mitos ato benar ya? karena kalo dirasa-rasain sendiri kayanya benar deh...


Wah kalo semacam gitu sebenernya ada benernya yah gan.
coz disaat kita membuat sebuah perencanaan dana, kita akan memberikan anggaran yang lebih, untuk berjaga".

Berbeda ketika kita melakukannya tanpa perencanaan, ketika kita akan sadar bahwa dana tidak mencukupi kita akan berusaha untuk menutupinya dengan keuangan seadanya

Gimana betul gak gan?
Quote:Original Posted By Ronygoklas


hahaha.. kalo udah 9 digit mah udah punya sekretaris untuk mengatur keuangan kita


koq sekretaris ngurus yang ngatur?
yang ada akuntan pribadi
tapi 9 digit kecil mah lom bisa pake gituan, expense nya gk worted(gmana nulisnya ya hahaha).

Quote:Original Posted By hate_myself
Agan mo nanya sedikit nih,:

Bagi sebagian orang (termasuk ane), bukannya klo pendapatan yang kita dapat lalu kita pisahkan2 sbagai biaya dll dengan perhitungan kalkulator tentunya, itu gak bakal masuk akal untuk bisa sampe akhir bulan. Tapi kalo kita jalanin aja, ternyata malah bisa nyampe dan aman.

Apakahhal diatas itu mitos ato benar ya? karena kalo dirasa-rasain sendiri kayanya benar deh...


sifat alami manusia itu beradaptasi.

Quote:Original Posted By Ronygoklas


Wah kalo semacam gitu sebenernya ada benernya yah gan.
coz disaat kita membuat sebuah perencanaan dana, kita akan memberikan anggaran yang lebih, untuk berjaga".

Berbeda ketika kita melakukannya tanpa perencanaan, ketika kita akan sadar bahwa dana tidak mencukupi kita akan berusaha untuk menutupinya dengan keuangan seadanya

Gimana betul gak gan?


Iyaya gan, mo gak mo kudu arus segera adaptasi (nyelamatin diri)

Quote:Original Posted By hate_myself


Iyaya gan, mo gak mo kudu arus segera adaptasi (nyelamatin diri)



hahaha.. yohaaa.. dari pada hidup dengan cara masak mie.. kaya jaman Kuliah
×